lifestyle, medis, parenting, Review

Nutrisi untuk Ibu Hamil dan Janin

Nutrisi yang Oke untuk Ibu Hamil dan Janin

Uhuiii, apakah saya lagi hamil?

Hehe. Beluuuum. Sampai detik ini, belum ada makhluk unyu yang mengisi rahim saya. Jadi, status saya ya masih sebagai ibu dari seorang anak, bernama Sidqi. Belum ‘isi’ lagi euy.

Biarpun tidak dalam kondisi hamidun, bukan berarti saya ngga boleh share info soal kehamilan dong ya? Karena, kehamilan itu momen yang AJAIB pakai banget. Indah dan syahdu rasanya, ketika Allah menitipkan satu (atau lebih, kalau kembar) makhluk yang berbagi jatah nutrisi selama berada di bodi kita.

Begitu dikasih ucapan “Selamat, Anda hamil…” maka detik itu juga, kita harus melakukan banyak hal dengan berbagai pertimbangan. Jaga kesehatan jiwa dan raga, itu yang paling utama. Karena ada belahan jiwa yang hidup bersama dengan kita kan? Beberapa calon bunda, bahkan sedari awal memegang komitmen penuh untuk meninggalkan hal-hal negatif selama kehamilan berlangsung. Ada tuh, teman saya yang heavy smoker woman banget deh. Begitu dokter menyatakan bahwa ia hamil…. voila! Hobi ngerokok ditinggalkan jauh-jauh. Thumbs up!

Dari hasil ngobrol dengan para dokter kandungan di RSIA Kendangsari, saya dapat insight menarik. Pada dasarnya, ibu hamil harus memenuhi asupan zat gizi mikro seperti:

  1. Energi, yang diperoleh dari makanan pokok (1700 kkal per hari) ditambah selingan dari susu sebanyak 120 kkal per hari.
  2. Protein, dari protein hewani dan nabati yang terdapat pada makanan (67 gram per hari) ditambah dari susu sebanyak 5 gram sehari.
  3. Asam folat dari sayur dan buah (600 mcg per hari) ditambah dari susu sebanyak 471 mg per hari.
  4. Zat besi dari sayur (35 gram per hari), ditambah dari susu sebanyak 16 mg per hari.

 

Lalu, apa saja ya bahan pangan yang sebaiknya dikonsumsi wanita hamil?

KACANG MERAH

Mengandung antioksidan, zat besi dan protein. Tubuh membutuhkan tambahan zat besi untuk memproduksi hemoglobin lebih banyak lagi. Selain itu, zat besi juga penting untuk perkembangan kognitif bayi.

SEREAL

Kaya akan serat, karbohidrat dan asam folat yang menurunkan risiko melahirkan bayi cacat. Serat juga membantu mengatasi masalah konstipasi dan ambeien yang sering dialami saat hamil. Asam folat sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin, khususnya pada minggu-minggu awal kehamilan.

SALMON

Mengandung protein dan asam lemak esensial omega 3. Salmon juga mengandung DHA yang penting dalam perkembangan otak janin. Hindari mengonsumsi salmon mentah, karena kemungkinan adanya kontaminasi bakteri pada makanan mentah.

DAGING AYAM

Merupakan sumber protein yang penting untuk pembentukan otot. Selain itu, daging ayam juga mengandung berbagai vitamin dan mineral, antara lain vitamin B yang penting dalam proses metabolisme tubuh.

KACANG TANAH

Jika Anda tidak punya alergi pada kacang tanah dan produk turunannya, kacang adalah sumber protein dan folat yang baik baik. Asam folat penting terutama pada awal kehamilan, untuk mencegah kecacatan otak atau tulang belakang pada janin.

DAGING SAPI MASAK

Sumber utama zat besi dan protein yang sangat dibutuhkan saat hamil, untuk pembentukan otot, struktur tulang, enzim dan sistem imun. Zat besi dibutuhkan untuk pembentukan hemoglobin darah serta menurunkan risiko kelahiran prematur.

ASPARAGUS

Rendah kalori dan mengandung banyak vitamin, mineral dan serat. Asparagus juga mengandung asam folat.

BERAS MERAH

Kaya mineral dan vitamin. Kandungan Vitamin B6-nya memainkan peran penting untuk menghadapi morning sickness. Seratnya penting untuk menjaga kadar gula darah.

 

PISANG

Memiliki kandungan potasium yang tinggi dan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Potasium juga membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam sel-sel tubuh. Jika Anda kram, bisa jadi Anda kekurangan potasium. Pisang juga mengandung vitamin B6 yang diperlukan dalam metabolisme protein, lemak dan karbohidrat. Vitamin B6 juga dapat meredakan mual dan muntah.

JERUK

Tidak hanya tinggi kandungan vitamin C dan asam folatnya. Jeruk juga sumber potasium atau kalium. Pada penelitian, kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah, pada penderita tekanan darah tinggi. Vitamin C juga membantu pembentukan sistem imun tubuh, sehingga tidak mudah sakit,

ALPUKAT

Mengandung banyak asam folat, potasium, vitamin C, vitamin B6, serat dan antioksidan. Alpukat adalah makanan lezat yang dapat disantap sebagai camilan yang juga kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal, dan dapat membantu menurunkan kolesterol. Asam lemak tidak jenuh dibutuhkan antara lain untuk pembentukan otak, mata, sel syaraf dan jaringan lemak janin.

BROKOLI

Antara lain mengandung asam folat, dapat menurunkan resiko melahirkan bayi dengan cacat pada bagian tulang belakang. Jenis sayuran ini juga kaya akan berbagai vitamin dan mineral. Brokoli juga mengandung kalsium yang penting untuk perkembangan tulang, gigi dan otot.

STROBERI

Pilihan tepat untuk mendapatkan asupan asam folat, untuk mencegah kecacatan pada bayi. Selain itu, vitamin C dalam buah ini bagus untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

APEL

Kaya akan serat dan vitamin C. Kandungan pectin-nya berfungsi mencegah diare dan konstipasi, juga dapat membantu menurunkan kolesterol.

SUSU

Aneka jenis susu, seperti kedelai, sapi, dan almond adalah sumber kalsium, protein serta vitamin D yang baik. Kekurangan protein ketika hamil dapat meningkatkan risiko ibu melahirkan bayi dengan berat badan rendah.

***

Selain mengonsumsi aneka penganan bernutrisi, para bunda juga harus melengkapi dengan nutrisi yang sesuai selama masa kehamilan. Alhamdulillah, ada inovasi tokcer dari Sari Husada, yakni SGM Bunda Presinutri+

Ini adalah minuman khusus ibu hamil, yang membantu bunda memenuhi nutrisi yang sesuai selama masa kehamilan. Tahu sendiri dong ya, ibu hamil rentan terserang morning sickness alias muntah-muntah yang kerap terjadi di pagi hari. Waduh, kalau muntah melulu, zat gizi yang sudah dikonsumsi jadi terbuang lagi dong.

Karena itu, bunda sebaiknya mengisi masa kehamilan ini dengan kebahagiaan paripurna. Semoga kehamilan lancar jaya damai sentosa, dengan rutin mengonsumsi sahabat para bumil, yaitu SGM Bunda Presinutri+.

Kalau kerap terserang morning sickness dan sebangsanya, gimana?  Ya jangan malas untuk rutin mengonsumsi yaitu SGM Bunda Presinutri+.  Karena SGM Bunda Presinutri+ mengandung:

Kalsium (360 mg/saji), Fosfor (186 mg/saji), Vit. D3 (105 UI/saji)

Kalisum berperan dalam pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi

Zat Besi (15.9 mg/saji)

Zat besi merupakan komponen hemaglobin dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh

Asam Linoleat (Omega 6)(400 mg/100 g)

Kolin berperan sebagai bahan pembentu fosfatidikolin, bagian penting dari membran sel

Asam Folat (471 mg/saji)

Asam Folat membantu memelihara pertumbuhan dan perkembangan janin.

Ada tiga rasa SGM Bunda Presinutri+ yang bisa Bunda jadikan sahabat selama masa kehamilan. Yaitu : Stroberi (150 gr) Jeruk (150 gr)  dan Coklat (150 gr)

Cara membuat pun gampil banget. Cukup Larutkan 3 sendok makan (30 gram) SGM Bunda Presinutri+ ke dalam 180 ml air matang hangat, aduk hingga larut. Siap untuk dikonsumsi.

***

Jadi, gampang kaaaan, untuk bisa menjalani hari-hari kehamilan dengan membahagiakan? Tipsnya, selalu positive thinking, bersyukur dengan segala skenario yang digoreskan Tuhan, take it easy, keep woles, jangan mudah baper, dan selalu konsumsi menu bernutrisi. Termasuk, rutin menambahkan SGM Bunda Presinutri+ dalam daftar menu sehari-hari.

Selamat ya Bunda… semoga kehamilan lancar bahagia, bersalin juga sehat paripurna.  Kapan-kapan saya injak jempol kakinya yah hahahahaha…. (*)

 

 

 

Advertisements

7 thoughts on “Nutrisi untuk Ibu Hamil dan Janin”

  1. Sekarang cuma ada 3 rasa ya mbak? Dulu ada rasa mangga kalo ga salah. Pantesan pas kemarin pingin switch dr rasa stroberi ke mangga, kok mangganya ga ada. Haha. Btw yg stroberi enak, menurutku kayak rasanya es krim. Eeaa 😆

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s