lifestyle, medis, Review, sehat

Menandai 10 tahun Berkiprah di Ranah Syariah, Prudential Luncurkan PRUprime Healthcare Syariah

“Hah?? Ibu saya kena kanker paru? Kata dokter kemarin, diagnosanya TB paru? Kenapa sekarang diagnosanya jadi kanker paru?”

Suara saya mendadak parau. Lutut lemas seketika.

“Iya, Ibu. Karena kemarin sudah dilakukan CT scan dan hasilnya seperti ini,” dokter memberi penjelasan dengan pelan, tertata, namun bagaikan ribuan jarum akupunktur yang telak mengenai jantung.

K a n k e r.

Ini 6 huruf yang sungguh mengerikan.

Kanker paru.

Ini kombinasi dua kata yang mengisyaratkan “kiamat kecil” bagi kami.

Oke. Takdir telah tertulis. Ibu saya –yang sehari-harinya demikian energik, anti makanan instan, berpengawet, dan tipikal sosok yang super aktif serta selalu menebar positive vibes—harus menjalani hari-hari senjanya dengan bertarung melawan kanker.

UTI FAT SAKIT

Saya menghapus bulir air yang mengalir dari rongga mata. Kupegang kartu asuransi untuk pensiunan PNS seperti Ibu. Hanya kartu ini yang beliau punya. Kartu yang tak menunjukkan kesaktiannya bila terjerat penyakit seberat kanker.

“Ibu Nurul, mohon maaf, untuk kamar di kelas utama, asuransi yang dimiliki Ibunda Anda hanya meng-cover 100 ribu per malam, dan biaya dokter per hari juga 100 ribu. Jadi, setiap harinya, Anda harus menambah biaya rawat inap 300 ribu dan tambahan biaya visit dokter 100 ribu. Itu untuk spesialis paru. Nanti kalau butuh dokter patologi anatomi dan spesialis lainnya, ada tambahan biaya lagi per visit. Silakan DP atau uang mukanya diurus dulu di administrasi ya Ibu….”

***

Don’t get me wrong. Saya bukannya mengungkit-ungkit semua biaya yang timbul ketika Ibunda dirawat di Rumah Sakit. Sungguh, rupiah yang saya keluarkan tak ada seujung kuku apabila dibandingkan dengan segenap pengorbanan selama Ibunda menjadi single parent, mengasuh, mendidik, dan membesarkan kami sekuat tenaga.

Yang saya garis bawahi adalah: Mengapa saya tak berjodoh dengan asuransi kesehatan yang bisa meng-cover biaya pembiayaan RS secara komprehensif?

Beberapa dari kita mungkin pernah mendengar istilah SADIKIN. Ini singkatan dari “Sakit Mendadak Miskin”. Sudah menjadi rahasia umum, bahwa biaya RS demikian mencekik. Orang dalam kondisi ekonomi menengah, tiba-tiba bisa jadi bangkrut dan miskin mendadak, lantaran terjerat cobaan berjudul “Tagihan biaya opname di RS”.  Berdasarkan data Tower Watson Global Medical Trend Survey Report tahun 2014, di Indonesia, biaya kesehatan meningkat sekitar 79% selama periode 2010-2014.

Sekedar info saja. Untuk biaya opname Ibunda saya di RS selama hampir  2 bulan (Agustus-September 2016) menggerus tabungan kami, setara dengan harga sepeda motor matic terbaru. Sekali lagi saya tegaskan, saya ikhlas. Saya akan melakukan apa saja demi Ibu mendapatkan perawatan terbaik. Hanya saja, peristiwa itu menjadi wake up call buat saya. Bahwa asuransi jiwa rawat inap adalah hal urgent yang tak bisa ditawar-tawar.

***

Hamdalah, di suatu pagi yang cerah, Allah memperjalankan saya menuju Tunjungan Plaza 5.

Hah, mau shopping?

Tidak, saudara. Justru, saya datang ke lokasi prestisius kebanggaan warga Surabaya ini, demi mengikuti edukasi seputar asuransi yang dihelat Prudential Syariah.

 

DIREKTUR
Nini Sumohandoyo, selaku Corporate Marketing, Communications and Sharia Director Prudential Indonesia,

Sekedar informasi, Prudential Indonesia memperingati tahun kesepuluhnya beroperasi di industri asuransi jiwa syariah. Menandai momentum ini, perusahaan asuransi–yang menjadi bagian dari Pridential plc, grup perusahaan jasa keuangan terkemuka di Inggris—tersebut meluncurkan PRUprime healthcare syariah. Ini adalah produk asuransi jiwa rawat inap komprehensif yang berbasis syariah.

Yap. Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia. Prudential membaca potensi pertumbuhan yang tinggi dan berkomitmen untuk mendukung pengembangan perekonomian syariah yang merupakan bagian dari rencana pemerintah.

Dalam edukasi sekaligus media and bloggers conference yang digelar di Pakuan Center TP 5 (16/5) Nini Sumohandoyo, selaku Corporate Marketing, Communications and Sharia Director Prudential Indonesia, menjelaskan, “Setelah satu dekade beroperasi di industri asuransi jiwa Syariah, Prudential akan terus memegang teguh komitmennya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya perlindungan keuangan, dalam hal ini yang berbasis syariah. Prudential juga terus berkomitmen untuk berkontribusi pada pertumbuhan perekonomian syariah negara serta memberi kembali kepada masyarakat,” jelas Nini.

Karena itulah, di momentum Prudential Syariah 10th Anniversary, diluncurkan manfaat PRUprime healthcare syariah .

Nini menjelaskan, “PRUprime healthcare syariah merupakan produk asuransi rawat inap berbasis syariah yang membayar biaya rumah sakit sesuai tagihan, dengan jangkauan global dan manfaat yang dapat berkembang. Produk ini diluncurkan karena Prudential senantiasa mendengarkan dan memahami kebutuhan masyarakat Indonesia yang menginginkan perlindungan berdasarkan prinsip dan nilai-nilai universal syariah.”

Yap. Always listening. Always Understanding. Inilah yang menjadi tagline sekaligus brand DNA Prudential. Tentu banyak (keluarga) pasien yang “menjerit” dengan melejitnya tarif RS. Biaya dokter. Biaya obat. Belum lagi, kalau ada tindakan semacam kemo, operasi, harus dirawat di ICU, dan sebagainya.

Maka PRUprime healthcare syariah hadir dengan beragam keunggulan inovatif. Salah satu keunggulan PRUprime healthcare syariah adalah fitur di mana Prudential Indonesia akan membayar biaya rumah sakit sesuai tagihan. Jadi, berapapun tagihan RS, berapa kali pun dokter akan visit pasien, semua itu tak ada yang perlu dikhawatirkan. Nasabah tak perlu pusing dengan biaya tagihan, dan bisa lebih fokus terhadap perawatan serta pemulihan ketika di RS.

Beragam Keunggulan PRUprime healthcare syariah

Selain membayarkan biaya RS secara total jendral, masih banyak keunggulan yang diusung PRUprime healthcare syariah. Ada manfaat yang terus berkembang, dimana Prudential Indonesia akan memberikan penambahan sebesar 10% dari batas manfaat tahunan awal jika tidak ada klaim yang dilakukan selama satu tahun polis berjalan. Yap, ada No claim bonus. Ini yang sangat menarik, karena biasanya premi asuransi hangus begitu saja, apabila tidak ada klaim dari nasabah. Penambahan bisa diberikan hingga maksimal 50% dari batas manfaat awal, sehingga perlindungan dapat terus terjaga di tengah biaya pengobatan yang terus meningkat setiap tahunnya. Luar biasa. Ini tentu benefit bagi mereka yang senantiasa menjaga kesehatan. Fitur penambahan ini merupakan yang pertama di industri asuransi jiwa syariah.

PRU
Edukasi bersama Blogger dan Media 

Masih ada lagi?

Ya! Ada keunggulan unik lainnya, yaitu PRUprime limit booster. Sejumlah dana tambahan yang digunakan apabila seluruh batas manfaat tahunan telah terpakai. Apabila digabungkan dengan batas manfaat tahunan, maka fitur ini dapat memberikan dana tambahan hingga Rp 35 miliar, yang merupakan nilai perlindungan rawat inap tertinggi di Indonesia.

Intinya, PRUprime limit booster adalah fasilitas yang dapat digunakan untuk meningkatkan Batas Manfaar Tahunan perlindungan rawat inap nasabah. Nilai PRUprime limit booster dapat meningkat, apabila ketika menjalani rawat inap, nasabah memilih untuk menempati kamar RS di bawah plan. Selisih dari harga kamar akan ditambahkan pada PRUprime limit booster nasabah.

Untuk yang sering traveling ke luar negeri PRUprime healthcare syariah layak dijadikan pilihan. Ada perlindungan global (Global Coverage) yang ditawarkan, termasuk nasabah bisa melakukan perawatan inap dalam kondisi darurat di Amerika Serikat. Apabila Anda termasuk yang kerap berobat di negeri jiran, ada baiknya segera mengontak Prudential Syariah. Produk ini pun memberikan fasilitas perawatan secara cashless di jaringan rumah sakit yang luas di Indonesia, Singapura dan Malaysia, di mana nasabah cukup menunjukkan kartu PRUprime healthcare syariah tanpa harus mengeluarkan uang sendiri.

Bagaimana bila peserta yang diasuransikan meninggal dunia? Ada manfaat Santunan Dana Marhamah, atau santunan kasih sayang, yang diberikan oleh Prudential.  

FOTO BARENG

Prinsip Syariah yang Mengundang Berkah

Dalam kesempatan ini, H Ahmad Nuryadi Asmawi, LL.B, MA selaku Dewan Pengawas Syariah Prudential (yang ditunjuk oleh Dewan Syariah Nasional-MUI) menjelaskan signifikansi prinsip syariah dalam kehidupan kita. Termasuk, ketika akad berasuransi, alangkah indahnya bila kita mengedepankan prinsip tabarru’ (saling menolong)

 “Allah akan membantu orang yang membantu orang lain. Karena itu marilah kita saling berderma dan tolong-menolong dalam kebaikan. Termasuk saling derma, bantu dan doa ikhlas karena Allah ta’ala. Saling bantu bertambah mutu, ini yang mendasari prinsip asuransi syariah,” ujar Bapak Ahmad.

Dengan menjadi nasabah asuransi syariah, maka sejumlah berkah bisa kita raih. Berkah dalam proteksi dan investasi. Allah senang dengan kerjasama yang terjalin antar insan. Tersimpul jalinan batin, dijauhkan dari pelbagai musibah, hidup lebih bercahaya dan ceria.  “Dampaknya tidak ada rasa benci, curiga, dengki, di antara kita. Sekali lagi, semua amal perbuatan kita bergantung pada nawaitu (niat awal). Masing-masing nasabah ikut program ini dengan tujuan kerjasama dan saling menolong dalam kebaikan. Tidak ada ghoror (penipuan/kecurangan), kita beritikad untuk saling sedekah dan meringankan beban sesama. Yang dikedepankan adalah konsep saling menolong dan manfaat untuk pemegang polis,” ungkapnya.

Ingin Bergabung Sebagai Nasabah?

Dengan semua keunggulan yang ditawarkan, tentu siapapun tertarik untuk bergabung sebagai nasabah. Bagaimana caranya? Sangat mudah, Anda cukup datang ke kantor Prudential, atau hubungi 98.000 tenaga pemasar berlinsensi syariah Prudential Indonesia, yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

PRUprime healthcare syariah tersedia sebagai manfaat tambahan (rider) untuk produk PRUlink syariah assurance account. “Nasabah cukup membuka account asuransi syariah dan siap mendapatkan berbagai manfaat dari PRUprime healthcare syariah,” ujar Paradikma Subawa, Product planning and development, Prudential Indonesia. Kontribusi dan biaya asuransi untuk PRUprime healthcare syariah tergantung pada usia, jenis kelamin dan plan yang dipilih.

Asuransi ini terbuka untuk siapa saja, baik Muslim maupun Non-muslim. “Prudential Indonesia percaya bahwa prinsip-prinsip syariah berlaku universal sehingga kami menggunakan tema ‘Syariah untuk semua’ dalam mengedukasi masyarakat,” imbuh Nini.

 

Yap. Kita tahu, kelahiran, kematian, rezeki, sakit, adalah takdir yang telah tertulis di lauhul mahfudz. Tak ada yang berharap bakal terjerat sakit. Akan tetapi, sebagai umat yang beriman, kita harus mempersiapkan diri dengan proteksi. We always expect the best, but we have to be ready for the worst.

Jangan sampai, Anda terjerat tagihan RS yang menggunung. Saatnya untuk menunjukkan cinta pada diri sendiri, dan keluarga dengan mendapatkan manfaat PRUprime healthcare syariah. 

Info lebih lanjut, kunjungi:

https://www.prudential.co.id/corp/prudential_in_id/solutions/riders/PRUprime_healthcare_syariah.html

https://www.facebook.com/prudential.indonesia/

 

 

Advertisements

26 thoughts on “Menandai 10 tahun Berkiprah di Ranah Syariah, Prudential Luncurkan PRUprime Healthcare Syariah”

  1. Bikin tenang kalau ada asuransi 🙂
    Keluarga juga pakai Prudential, dari suami sampai anak2. Yang dipakai asuransi jiwa dan kesehatan. Dulu pakai asuransi pendidikan juga, yg unit link. Sudah beberapa kali merasakan manfaat asuransi 🙂

  2. tenang bin tentrem kalo ada asuransi prudential syariah ini y mbak nurul..saya juga merasakan manfaatnya saat rawat inap…yg sakit fokus sama penyembuhan..yang nunggu gak kelimpungan nyari uang sana sini..semua sudah diurus sama prudential…:)

  3. Tentang asuransi selama ini aku masih maju mundur karna banyak yang bilang riba’. Tapi setelah tau ada yang syariah gini setidaknya jadi ada titik cerah tentang asuransi ya mbak.

  4. Soal asuransi masih agak ragu, soalnya sering ditakut2in ibu. Katanya nanti ribet urusnya, nggak semanis promonya. Tapi mudah2an prudent nggak ya. 😊

  5. Asuransi memang diperlukan untuk mengantisipasi keadaan yang tak terduga. Saya kemarin kecelakaan di jalan dan untungnya punya asuransi sehingga tidak terbebani.

    1. Betul, kak. Analoginya mirip Payung. Kita bawa payung utk mengantisipasi kalau bakal hujan. Kalopun ga hujan, ya payung itu tetep kudu dibawa dan dimiliki 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s