Moms Harus Tahu, Apa Saja Perbedaan Flek Hamil dan Haid

Halo, Moms, kita semua tahu bahwa menjadi Perempuan tuh adaaa aja hal-hal yang harus dibahas, utamanya menyangkut Kesehatan, ya. Contoh kecil, perkara keluarnya flek darah dari vagina. Ini bisa beraneka ragam penyebabnya, apakah indikasi penyakit tertentu? Yang jelas, flek darah paling normal dialami wanita adalah karena menstruasi. Atau bisa juga flek darah karena kondisi tertentu ketika hamil. Kedua hal ini memang mirip ya, Moms. So, kita harus bisa mengidentifikasi kedua hal tersebut, supaya tidak salah paham.

Sebelumnya, kita harus memahami terlebih dahulu, apa sih definisi flek? For your info, Moms. Flek adalah perdarahan ringan. Biasanya hanya berupa tetesan darah yang keluar (dalam jumlah tidak banyak) dari vagina. Kebanyakan Perempuan mengidentifikasi flek darah sebagai tanda awal menstruasi. Padahal, flek tidak melulu terkait datang bulan yah Moms. Justru flek darah bisa menjadi tanda awal terjadinya kehamilan. Dan biasanya ini berlangsung pada 10-14 hari setelah terjadinya pembuahan. Jangan sampai kita keliru menginterpretasikan flek ini ya, apalagi untuk Moms yang sudah mempraktikkan Cara Agar Cepat Hamil

Yuk Kita Pahami Perbedaan Flek Hamil dan Haid

Haid atau menstruasi sering kali ditandai dengan munculnya flek darah, begitu pun dengan kehamilan. Flek kehamilan disebut juga dengan bercak darah implantasi. Proses implantasi ini merupakan proses penempelan embrio (hasil pembuahan) ke dinding rahim, yang biasanya terjadi beberapa hari setelah pembuahan (fertilisasi).

Flek kehamilan umumnya tidak berbahaya, jadi Moms nggak perlu khawatir, ya. Yang menjadi catatan adalah, tidak sedikit Perempuan yang menganggap flek ini sebagai tanda menstruasi, padahal ini adalah flek hamil. Apa saja beda keduanya?

(1). Waktu Terjadi

 Perbedaan flek haid dan flek hamil yang pertama dapat dilihat dari waktu terjadinya. Siklus menstruasi umumnya berulang per 28–35 hari, sehingga keluarnya darah haid cenderung terjadi secara rutin di waktu yang sama setiap bulannya, kecuali pada wanita yang siklus menstruasinya tidak teratur. memang mengalami ketidakteraturan siklus menstruasi.

Sementara itu, flek tanda hamil biasanya muncul di luar siklus menstruasi. Flek tersebut akan keluar sekitar 10–14 hari setelah terjadinya pembuahan.

(2). Warna dan Tekstur Darah

Ini menjadi indikator perbedaan flek hamil dan haid. Ciri flek tanda awal kehamilan umumnya berwarna cokelat atau cokelat tua. Sedangkan flek haid awalnya berwarna cokelat muda atau merah cerah, kemudian berubah menjadi merah gelap. Tekstur flek haid biasanya tampak seperti gumpalan darah. Sedangkan flek kehamilan yang terjadi akibat implantasi tidak disertai gumpalan.  

(3). Durasi Keluarnya Darah

Flek kehamilan biasanya hanya berlangsung selama beberapa jam atau paling lama tiga hari. Sedangkan flek tanda haid akan terjadi kurang lebih selama 5–7 hari atau lebih disertai dengan semakin banyaknya jumlah darah yang keluar.

(4). Gejala yang Menyertai

Flek haid cenderung menimbulkan kram perut yang lebih berat ya Moms. Juga keluar gumpalan darah, dan terjadi selama kurang lebih 7 hari. Adapun gejala lain yang menyertai flek tanda kehamilan adalah: Mual-mual (morning sickness),  Nyeri pada payudara serta Nyeri punggung bagian bawah.

Nah untuk para moms, yuk kita download Aplikasi Ibu Hamil  . Ada banyak fitur berfaedah yang bisa kita manfaatkan. Di fitur Milestone, Moms bisa mengecek tumbuh kembang janin, bayi, dan balita dari minggu ke minggu. Bukan hanya itu, Moms bisa join Komunitas, lho! Fitur ini menjadi wadah untuk Mums saling sharing, mengikuti berbagai kegiatan Teman Bumil, sekaligus menambah penghasilan! Tunggu apa lagi, segera download sekarang juga ya.

Author: @nurulrahma

aku bukan bocah biasa. aku luar biasa

3 thoughts on “Moms Harus Tahu, Apa Saja Perbedaan Flek Hamil dan Haid”

  1. sepertinya Aplikasi Ibu Hamil ini akan sangat bermanfaat terutama bagi ibu muda yang baru pertama hamil sehingga bisa mendapatkan seputar ilmu kehamilan yang tentu akan sangat bermanfaat

  2. dulu sempet panik pas kluar flek saat hamil.. apalagi aku masih traveling di usia 6 bulan… cuma langsung istirahat sih, tau batas aja kapan hrs berhenti, kapan lanjut jalan.

    dan memang beda sih fleknya.. trutama krn flek hamil biasanya ga ada gumpalan apapun. sekarang mah banyak aplikasi yg membantu banget ibu hamil ya mba.. prasaan pas aku hamil blm ada hahahahaha. atau akunya aja nih yg telat info :D. tapi untungnya ada mama mertua waktu itu . yg bantuin banget dan ngajarin selama hamil.

  3. ilmu baru buat aku nih, selama ini memang belum tau flek kehamilan seperti apa, aku kira-kira pasti seperti flek saat haid gitu, ternyata ada perbedaannya ya

    dan enaknya sekarang ada aplikasi kehamilan melalui aplikasi Ibu Hamil yang bisa membantu ibu hamil untuk memantau kesehatannya, jadi para suami siaga juga siap siap ketika si ibu mengalami gejala-gejala tertentu ya

Leave a comment