Siang Dipendam, Malam Balas Dendam

images

Baliho Iklan pagi (kiri) piring kosong melompong Baliho Iklan malam (kanan) piring dengan aneka makanan yang mak nyussss Sumber foto: http://sibocan.blogspot.com/2013/07/siang-dipendam-malam-balas-dendam-kata.html

Masih ingat iklan “Siang Dipendam, Malam Balas Dendam, Tanya Kenapa?”

Iklan ini out of the box banget. Kalau di pagi hari, tampilan balihonya adalah piring-mangkok yang kosong melompong. Trus, ketika malam mulai menjelang, alat-alat makan tadi langsung BERUBAH! Yang tadinya zonk, jadi berisi aneka penganan yang menggugah selera.

Well, suka enggak suka, beginilah “penyakit” yang kerap menyergap kita di bulan Ramadhan. Ketika puasa, bener-bener deh, itu nafsu dipendam habis-habisan. Ketika adzan Maghrib berkumandang? Dooooh, kayaknya semua isi dunia mau dijejel-jejelin ke dalam perut! Hahaha.

No wonder, banyak orang yang justru makin menggenduuuut abis puasa Ramadhan. Nggak usah jauh-jauh deh, contoh manusianya. **ambil kaca, lihat bayangan di cermin** *elus-elus perut*

Yep. Duluuuu, saya memang masuk dalam barisan ‘siang dipendam, malam balas dendam’ ntuh. Maklum lah. Gejolak kaum muda *tsah* Rasanya, ada euforia tersendiri, manakala bisa menghabiskan kolak, es sirup, nasi padang, semur daging, urap-urap, dan segala macam ragam hidangan yang terserak di atas meja makan.

Seiring bertambahnya usia, pola pikir harus diubah dong ya. Masak iya, bodi jadi makin menggelambir dan mirip karung beras sih? Errrr, emangnya itu bodi mau dizakat fitrahin? 😛

Walhasil, saya coba menggali dan meresapi sepenuh hati, kenapa ya, kok bodi bertransformasi jadi sak hohah setelah puasa Ramadhan?

  1. Tidur setelah Sahur

Habis sahur, enaknya? Tidur…! Hehehe. Yang setuju sama saya ngacung dong. Hihi. Ini habit yang syusyaaaah banget dienyahkan dari muka bumi. Abis sahur, lanjut sholat subuh, mata ini rasanya pediiiih banget. Entahlah…sulit buat diajak melek. Kasur juga melambai-lambai minta segera disamperin. Konspirasi jahat para penghuni semesta. 😦

Padahaaaal, sistem pencernaan kita nih jadi sulit bekerja kalau kita langsung bobok cantik, ganteng maupun jelek, setelah makan. Ini nih, yang bikin asam lambung meningkat sehingga terjadilah gangguan asam lambung. Kalau tidur abis sahur, pas bangun-bangun rasanya gimana? Jadi malessss banget gitu kan? Yoi, mood jadi hengkang, entah kemana. Dan, yang paling ngeri nih, tidur abis sahur (makan) bikin perut kita maju tak gentar! Hiks.

  1. Ogah Berolahraga

Puasa-puasa kok olahraga? Kan ntar haus? Laper? Batal dong, puasanya. Santai bro. Yang kudu kita lakukan adalah olahraga ringan di jam-jam tertentu. Misal, beberapa jam menjelang buka puasa. Kan bisa tuh, lari-lari santai keliling kompleks. Itung-itung sembari ngabuburit. Olahraga saat sore juga bertujuan agar kita tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

Senam enteng2 ajah, jelang buka puasa

Senam enteng2 ajah, jelang buka puasa

  1. Kebiasaan Buka Puasa yang Lebay Akut

Buanyaaaak kebiasaan yang entah darimana asal muasalnya, dan terus kita lestarikan sampai detik ini. Kebiasaan beli baju pas Lebaran nooh, sampe sekarang masih misterius kan, siapa yang pertama mulai? Gitu juga dengan tradisi kebanyakan masyarakat Indonesia yang suka lebay manakala nyiapin buka puasa.

Yakaliii, mau buka puasa macem gini

Yakaliii, mau buka puasa macem gini

Coba deh, di hari-hari non-Ramadhan, emangnya kita rutin makan kolak pisang dengan santan yang demikian kental? Menggelontor kerongkongan dengan aneka es, entah es sirup, es oyen, es blablabla lainnya? Yang sarat dengan kandungan gula, plus zat-zat kimiawi entahlah, yang bakal menyisakan residu plus penyakit di sekujur bodi?

Nnaaah, ini yang kudu direvisi. Buka puasa itu secukupnya saja. Lambung kita justru akan shock, kaget dan terjengkang *widih* manakala kita “menyiksa”-nya dengan gerojogan material penganan dan minuman yang lebay surelebay.

  1. Buka Bersama yang Sarat Lemak

Haduuh, ini lagi! Ajang bukber alias buka bersama. Modusnya sih silaturahim, dll. Padahal, acara ini rentan bikin angka kolesterol kita meningkat tajam! Ya kan? La wong buka bersama mesti di tempat-tempat yang elit bin prestisius. Yang dipesan makanan-makanan ala #horangkayah. Pantesan jarum timbangan terus menerus bergerak konstan ke kanan.

  1. Makan Lagi abis Tarawih….

….dilanjut Tidur. Hahahha. Emang sih, abis tarawih suka laper kan? Karena itu kita tergoda buat makan berat lagi. Lah kok abis makan, mendadak ngantuk yak? Ngorok, deh. Penjelasannya balik lagi ke nomor 1. Sama kayak habit habis sahur, lanjut tidur.

Trus, trus, gimana dong kakaak?

Kita simak dulu penjelasan Dr Ir Annis Catur Adi Msi. Doi adalah Ketua Departemen Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Gini. Kata doi nih, kalau setelah puasa, berat badan naik 5-10 persen, ya wajar saja. Apalagi kalau terjadi pada orang yang berat badannya normal. Penyebabnya kayak uraian saya di atas tadi. Nafsu makan enggak terkontrol. Intinya, siang dipendam, malam balas dendam deh.

Biar enggak galau, apakah BB (Berat Badan) kita jadi obesitas atau masih taraf normal, silakan cek dengan mengukur Indeks Massa Tubuh (IMT)

rumus-menghitung-massa-tubuh-imt

Jika hasilnya adalah 18-25, berarti berat badan kita normal.

Nilai 25,1-27 menandakan bahwa berat badan kita berlebihan

Kalau angka lebih dari 27 berarti kita obesitas.

***

Solusinya?

Oke. Setelah mengupas penyebab, sekarang kita masuk ke bagian, “Bagaimana Mengatasi Ini Semua?”

Semua itu, intinya ada di pola konsumsi kita.

Ayo kita atur konsumsi air, sayur dan buah untuk meredakan sekaligus melawan kegemukan.

Did you know, guys…. Bahwa air itu berpotensi menjadi katalis, yang penting untuk menurunkan berat badan. Selain itu, air bisa mengendalikan nafsu makan. Karena volume air dalam lambung bisa membikin kenyang. Eh, harus digarisbawahi yaaa… Air ini, adalah air mineral. Bukan air kopi, air teh, soft drink dan air-air bergula lainnya. Malah jadi bengkak deh tuh bodi 🙂

Air itu komponen utama dalam tubuh manusia. Iya lo, komponen UTAMA yang berperan sangat penting!

Pada pria dewasa, 55% sampai 60% berat tubuh adalah air, dan 50 – 60% pada perempuan dewasa 50% sampai 60%. Kita semua tentu udah paham dong yaa…. Tanpa air, nggak mungkin ada proses tumbuh dan berkembang pada makhluk hidup manapun! Reaksi kimia dalam tubuh juga nggak bisa berlangsung, jika tidak ada air.

Sayangnya niih, ternyata belum banyak yang bersahabat akrab dengan air. The Indonesian Hydration Regional Study (THIRST) pernah bikin riset nih. Ada 46,1% subyek yang diteliti mengalami kurang air atau hipovolemia (kondisi kekurangan cairan) ringan. Meh! Daaaan, fakta ini lebih tinggi pada remaja (49,5%) dibandingkan pada orang dewasa (42,5%). Doh doh doooh.

THIRST juga mengungkap bahwa prevalensi hipovolemia ringan pada daerah dataran rendah yang panas lebih tinggi dibandingkan dengan di dataran tinggi yang sejuk.

Ironisnya, 6 dari setiap 10 subjek yang diteliti (sekitar 60%) tidak mengetahui bahwa diperlukan minum lebih banyak bagi ibu hamil, bagi ibu menyusui, bagi orang yang berkeringat dan bagi orang yang berada dalam lingkungan atau ruang dingin.

Hanya sekitar separuh dari subjek orang dewasa dan remaja yang mengetahui kebutuhan air minum sekitar 2 Liter sehari. Waduhh waduuuh *tepokjidat*

Kagak mau kan mengalami aneka macam penyakit akibat kurang cairan? Yo wis. Berarti, meskipun lagi puasa, kita kudu banget memenuhi kebutuhan tubuh kita akan air. Jumlah air minum yang dibutuhkan tubuh memang bergantung pada ukuran tubuh, tahap pertumbuhan (usia), jenis kegiatan, dan suhu lingkungan.

Khusus untuk kaum remaja-dewasa dengan aktivitas sedang, kita butuh 7-8 gelas air sehari. Piye tuh, ngaturnya? Ikutan saran Mas Ferdy Hasan aja dong deh ya.

aqua 2421

Yeppp, 2-4-2! #AdaAQUA 

Minumlah 2 gelas saat berbuka (setelah Adzan berkumandang). Lalu 4 gelas di malam hari, dan 2 gelas di kala sahur.

Saya ulangi lagi yaaa… Supaya memenuhi kebutuhan tubuh akan air, maka kita kudu meminum: 2 gelas air sesudah berbuka, 4 gelas air saat makan malam hingga menjelang tidur, dan 2 gelas air minel pada saat sahur

Tunggu, tungguuu…!

Yang 4 gelas ketika malam itu, gimana pengaturannya?

Gini. Bisa 1 gelas ketika (sebelum) makan malam… lalu 2 gelas setelah makan malam, 1 gelas menjelang tidur. Atau, formasinya dibolak-balik juga boleh.

IMG_20150619_053343

Om… Tanteee… Mas…. Mbaaak… Jangan lupa… 2-4-2! ^^salam dari duo kece, sidqi dan faiz^^

Jangan lupa, sebelum tidur, kita kudu minum AQUA deh. Kenapa? Kan ntar bakal kebelet pipis. Jadi, bisa bangun jam 3 pagi buat sahur! Hahaha :)))

Puasa yang baik dan benar akan membuat fisik dan jiwa kita menjadi sehat. Tentu, kalau dilakukan dengan metode yang tepat. Enggak ngawur. Karena, kalau prinsip “Siang Dipendam, Malam Balas Dendam” masih kita usung, ya itu artinya puasa kita belum sempurna.

Ini nih, manfaat puasa  Dibaca seksama ya manteman  Sumber: alamnoor.com

Ini nih, manfaat puasa
Dibaca seksama ya manteman
Sumber: alamnoor.com

Ramadhan tinggal beberapa hari lagi. Semoga kita masuk golongan yang BERHASIL di bulan Ramadhan ini. Berhasil mengalahkan hawa nafsu. Berhasil menambah derajat iman dan taqwa. Berhasil untuk menjadi diri yang jauuuuh lebih baik, dari hari ke hari.

Rasulullah s.a.w bersabda: Sesungguhnya di dalam Surga itu terdapat pintu yang dinamakan Ar-Rayyan. Orang yang berpuasa akan masuk melalui pintu tersebut pada Hari Kiamat kelak. Tidak boleh masuk seorangpun kecuali mereka. Kelak akan ada pengumuman: Di manakah orang yang berpuasa? Mereka lalu berduyun-duyun masuk melalui pintu tersebut. Setelah orang yang terakhir dari mereka telah masuk, pintu tadi ditutup kembali. Tiada lagi orang lain yang akan memasukinya” [Bukhari-Muslim]

InsyaAllah, bersama-sama kita bisa masuk surga, melalui pintu Ar-Rayyan, dengan amal puasa yang kita lakukan. Ada “AMIN” Saudara-saudara?

Sumber penulisan: 

LEMBAR FAKTA – PUASA SEHAT BERSAMA AQUA 2+4+2

http://sibocan.blogspot.com/2013/07/siang-dipendam-malam-balas-dendam-kata.html

https://duniatehnikku.wordpress.com/2011/08/21/22-hadits-tentang-kemuliaan-bulan-ramadhan/

alamnoor.com

Jawa Pos, edisi Sabtu, 11 Juli 2015

https://tips.123sehat.com/kesehatan/ibu-hamil-kandungan/persiapan-kehamilan-asupan-gizi-sebelum-kehamilan/

Advertisements

51 comments

  1. dani · July 13, 2015

    Postingannya keren as olweis mbakyu. Ngikik pas bagian badan sak hohah. Hahahaha. Puasa ini makanku lebih dikit (rasanya sih ya) tapi kok berat badan dan lingkar perut gak turun-turun yaa. Hahahaha. Kurang minumjuga sih keknya. Maturnuwun ilmunya Mbakyu! 🙂

    • bukanbocahbiasa · July 13, 2015

      Hihihiii, maaaciiih ya Dani. Iya tuh, kayaknya kurang minum air mineral. kalo banyak minum kopi/soft drink/teh ya bakal sami mawon Dan 🙂

      • dani · July 13, 2015

        Nah. Itu minum teh. Kopi ama softdrink laga sama sekali. Teh pun nyeduh sendiri. Bukan yang kemasan jadi si Mbakyu.

      • bukanbocahbiasa · July 13, 2015

        Akupun juga penggemar teh dulunya 🙂 Trus, gegara sempat divonis ada gejala kadar gula darah berlebihan, akhirnya aku STOP teh samsek. Kadang sih, nyeduh teh, tapi tanpa gula.
        Yang aku rasakan, kalo minum teh itu seriiiing beser, trus rasanya dehidrasi gitu lo Dan. Setelah tanya sodaraku yg dokter, kata doi niiih, teh memang mengandung zat yg bikin kita justru haus di kala puasa. Doi engga rekomen kita minum teh pas sahur.

        Eh, kapan mudik Sby?
        Jangan2 skrg dah ada di Rungkut?
        Ayoooo, kopdar karo mas2 TC ITS 🙂

      • dani · July 13, 2015

        Emang mbakyuuuu. Kalo minum teh pas sahur rasanya keriiing banget
        Btw kalo kopdar marilah kita kopdar bersama blogger saja. Sayah tak sanggup kopdar bareng mas mas tc.

      • bukanbocahbiasa · July 13, 2015

        lanjutttt di twitter ^_^ *mari kita kupasss rahasiaaaa, mengapa dani tak sanggup kopdar dengan anak2 TC* *ala feni rose*

  2. Sandi Iswahyudi · July 13, 2015

    Hihi beberapa poin saya masih melakukan. Minum air juga pas sahur doang. Semoga di sisa puasa tinggal beberapa hari ini, bisa semakin baik lagi

  3. arifah wulansari · July 13, 2015

    Ternyata dirimu juga mengenal bahasa sak hohah to mak? Aku jd keinget sm ibuku dulu juga sering bgt ngomong pkr istilah sak hohah :D. Btw postingan mak nurul selalu keren ^^

    • bukanbocahbiasa · July 13, 2015

      Hiyahahhaa…. iyaaa sak hohah, trus opo maneh yo maak, pokoke bahasa Jawa itu sulit dicari padanan yang emotionally correct dlm bahasa Indonesia 🙂

      • Mbak Avy · July 15, 2015

        sak ndayak… sak kampung… lan sak panunggalane hihihihi (ini mbak arifah yang tau deh…)

  4. Nurul Fitri Fatkhani · July 13, 2015

    Postingannya selalu keren nih.. sukses ya mbak 🙂

  5. rizka · July 13, 2015

    Betul, air menurunkan berat badan. Minum yng banyak, makan dikurangi..hihihi. Bulan puasa lumayan perut mundur beberapa senti 😀

    • bukanbocahbiasa · July 13, 2015

      Tosss duluuu mak 🙂 Alhamdulillah, aku juga turun 4 kilos. Moga2 abis Lebaran kagak “balik modal” ya mak. Hahahah

  6. Praktis ya minum pakai aqua 😀

    • bukanbocahbiasa · July 13, 2015

      benerrrrr mak Fenny
      AQUA udah yang paling passs di hati 🙂

  7. kekekenanga · July 13, 2015

    Mbaknya… Berat badanku naik 2,5 kilo seteelah 4 tahun.
    Dan sekarang turun 2 kg dalam waktu 3 minggu puasa, syeedihhh..
    Karena aku kl puasa makan nasi hanya ketika sahur, kalau berbuka cuma makan gorengan, lontong dan es buah, setelah itu taraweh trus tidur huhuuu

    • bukanbocahbiasa · July 13, 2015

      Anugerah terindah adalah…. makan banyak teteuppp kuyusss hahahaha 🙂 Itu mah, berkat untuk dirimu mak. Yang penting, airnya nggak kurang alias dehidrasi ya mbaaa

      • kekekenanga · July 13, 2015

        hahaha iya juga sih yah, mungkin setelah menikah dan hamil baru bisa semok hahaa..
        ehh iya sih semenjak puasa tuh jadi jarang minum airputih, soalnya udah kembung sama teh manis, es buah dan sirup2 gitu 😦

  8. Nur Aliah · July 13, 2015

    waaahh postingannya keeeyeeeennn…jiper duluan ekyeeee…ikut lomba ini jadi tambah pengetahuan ya..good luck maaakk..

  9. Fahmi (catperku) · July 13, 2015

    wahahah, tidur abis sahur~ emang bikin males pas udah bangun 😀 tapi ya gimana lagi~ susah banget nahan kantuk 😀

  10. riawani elyta · July 13, 2015

    tulisannya keren dan rame, suka lihat komiknya juga 🙂

    • bukanbocahbiasa · July 13, 2015

      Tengkiuuuu mak 🙂
      Sama-sama menyemangati biar minum AQUA-nya semangaaat! 🙂

  11. Liza-fathia.com · July 13, 2015

    alhamdulillah aku kurusan maak…

    • bukanbocahbiasa · July 13, 2015

      Ihiiirrrr… Alhamdulillah 🙂
      Mari kita galakkan minum 2-4-2 AQUA 🙂

  12. Orin · July 13, 2015

    aku makan dikit lho padahal Mak, sahur jg jarang bgt makan nasi, tapi kok ya tetep aja nduuud *curcol* bhuahahahah

    • bukanbocahbiasa · July 13, 2015

      Airnya kudu dibanyakin teh Orin. Akupun juga masih ada masalah dgn lemak dan gelambir. Tapiii, baiklaaah, mari kita berjuang sekuat tenaga sepenuh jiwa!

      • Orin · July 13, 2015

        minum mah udah banyaaaak, makanya kembung duluan jd ga kepengen makan apa2 lagi hahaha. Emang udah mesti begitu kali ya *anaknya pasrah bgt*

  13. dWi [nining] (@Ki_seKi) · July 13, 2015

    alhamdulillah belakangan aku termasuk org dgn berat badan gampang naik dan gampang jg turunnya hihihihi *siyulsiyul*
    soal pola minum 2-4-2, 4nya ini yg rada susah, sering “kelempoken” nih mbak kalo 4 gt hihihihi

    • bukanbocahbiasa · July 13, 2015

      Iiiih, blessing banget tuh mbaaak ^^envy^^

      Strategi 4 gelas ya seperti yang daku jabarkan di atas mbaksay 🙂
      Bisa 1 gelas ketika (sebelum) makan malam… lalu 2 gelas setelah makan malam, 1 gelas menjelang tidur. Atau, formasinya dibolak-balik juga boleh.

  14. nyonyasepatu · July 13, 2015

    Ahh aku mau juga turun berat badan pas puasa tapi koq gak ngaruh ya huhu, padahal suami turun ampe 5 kg dia.

    • bukanbocahbiasa · July 13, 2015

      Wiiih, kereeen nih suaminya mbak Noni. Aku enggak boleh kalah! *kompetitip* Tapiii, mbak Noni bodinya kan udah cihuyy, ngapain pake mau diturunin segala mbaaa?

  15. Lidya · July 13, 2015

    aku makan sedikit aja kenyang sekarnag, sahur apalagi gak makan nasi

  16. evrinasp · July 13, 2015

    saya juga suka tidur lagi abis sahur mak, soalnya kalo engga tidur siangnya jadi pusiang, itu sebabnya badan saya melar habis puasa haha

  17. Ophi ziadah · July 13, 2015

    Sak hohah wkwkwkwk
    btw itu duo model nan cute yg mejeng belakang aqua sapa mak. kenaliin dung *halaaah emak2 ga jelas

  18. khairiah · July 13, 2015

    wah sama ternyata kebiasaan kita

  19. leyla hana · July 13, 2015

    Judulnya “gue banget” tuh 😀

    • fardelynhacky · July 13, 2015

      Aku jugaaaaa, ahahahaha….
      Tapi sedang berusaha untuk lebih baik inih. tahun ini buka puasa gaka pakai balas dendam lagi kayak dulu. Makan besar abis salat magrib.
      Sukses ya mbaaaaak kontesnya. Semoga kita menang yaaa, hihiiii

  20. Febriyan Lukito · July 13, 2015

    242 kirain mah 212 mbak. Hehehe. Mantap postnya mbak. Moga sukses ya buat menurunkan berat badannya. 😀
    Yang lebay buka puasa sih kayaknya banyak ya mbak. Apalagi kalau buka bersama.

  21. Grace Melia · July 13, 2015

    Hahaha. Aku banget nih, Mak. Walau nggak ikut puasa, tapi kalau pas hari di mana aku gak makan siang, malamnya pasti kalap. Salah ya padahal. :v

  22. bundashidqi lia · July 14, 2015

    uhuk.. iya nih abis subuh selalu ketiduran, buka lebay akut, tapi ndutnya lari ke debay, emaknya ttp kurus 😀

    • bukanbocahbiasa · July 14, 2015

      Enyaaaak bingits dong mak. Akyuu juga maauuu. Eh, nama anak kita sama ya. Sidqi 🙂 Sayangnya, aku blum punya anak cewek. Masih satu nih 🙂

  23. niaharyanto · July 14, 2015

    Aduh, ini aku banget nih dulu. Siang dipendam, malam balas dendam. Sampe kamerekaan kata orang sunda mah. :)))

  24. Winda puspita · July 14, 2015

    Merasa tertohok baca ini karena aku semuaa hahhaha.. Dan air putih itu belum dilakukan pantes aja yaaa aku ndudd..maacih infonya mak

  25. fanny fristhika nila · July 14, 2015

    wuahahaha…. jd malu ni baca ini..trutama yg tidur abis sahur ;p Kalo yg lain2nya aku bisa kontrol mba… sebelum sahur aku minum 1 gelas air, ama 2 pill jintan hitam, trs baru makan dan minum segelas… abis subuh br tidur lg ;p..tp pas buka sih aku cuma minum air putih ama makan kue sedikit…justru selama puasa ini aku cepet bgt kenyang..makan kurma 2 biji aja udh kekenyangan…

    tp ya itu, tidurnya ini yg ga nahan ;p

  26. Hilda Ikka · July 15, 2015

    Yang berlebihan emang gak baik ya Mbak, apalagi pas buka puasa. Aku kebanyakan minum es sampe radang nih. 😦

  27. bayutrie · July 28, 2015

    wah….. itu saya banget puluhan tahun yang lalu waktu masih tinggal dengan ayah dan ibu dan waktu ngekos kuliah tuh mbak 🙂 tapi sekarang alhamdulillah sudah meninggalkan ke-jahiliyahan itu dan bisa menikmati ramadhan dengan lebih manusiawi dan bermartabat 🙂 eh, salam kenal ya mbak. tuliasannya enak2 dibaca 🙂

  28. echaimutenan · July 28, 2015

    Iya kadang2 dirapel semua malem sampe kembung hihiihi
    2 4 2 *catet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s