Perkuat GRIT untuk Mengarungi 2021 yang Kian Cethar!

“Hah? Nyapo melu lomba koyok ngono? Nggilani!”

Masih saya ingat, kalimat tajam nan menusuk yang disampaikan paman saya via telepon. Waktu itu, saya sedang otw ke bandara Juanda. Mau mengikuti kompetisi Duta Parenting yang dihelat salah satu brand susu formula. Adik kandung ibu saya itu mengungkapkan sebaris kalimat dalam bahasa Jawa yang artinya, “Hah? Ngapain ikut lomba kayak gitu? Menjijijikkan!”

Saya tidak tahu, beliau sedang bercanda, sekedar nyeletuk, atau serius dengan kalimatnya. Yang saya tahu, hingga detik ini, saya masih ingat betul, intonasi ~ diksi yang dipakai ~ plus kekehan yang terdengar di akhir perbincangan kami.

Continue reading

Pengalaman = Guru Terbaik; 2020 = Guru Killer buat Kita Semua


Jika pengalaman adalah guru terbaik, maka, tahun 2020 adalah guru killer/mentor galak yang sering banget kita benci, tapi heiii, beliau telah mengajarkan banyak hal pada kita. Seperti siapa? Yap, seperti Han Ji Pyeong, si lesung pipi yang galak, sarkas dan cursing everybody dengan matanya yang ulala itu 😀

Galakin aku Mas Ji Pyeong, galakin akoooohh
Continue reading

Tips Aman Beli Barang di Tempat Belanja Online Anti Penipuan

Sebelum adanya internet, kita terbiasa berbelanja dengan mendatangi toko yang menjual barang – barang yang kita butuhkan dan membayarnya di tempat secara langsung. Dengan model transaksi seperti itu, pembeli lebih bisa menjamin barang yang ia beli secara pasti, karena barang yang kita bayar akan langsung berada di tangan kita, berbeda jika kita berbelanja di tempat belanja online

Jika kita membeli barang di tempat belanja online, barang yang kita beli tidak bisa langsung kita pegang saat itu juga, melainkan kita harus membayar terlebih dahulu barang yang kita inginkan, lalu penjual akan mengirimkannya menggunakan jasa kurir. 

Continue reading

Ketahui Tips Penataan Rack Server yang Tepat

Ruang server sebagai salah satu aset penting bagi sebuah perusahaan, merupakan sebuah ruangan yang dirancang khusus untuk menampung seluruh pangkalan data yang beroperasi melalui jaringan server komputer milik perusahaan. Bisa dibilang ruang server ini merupakan pusat data perusahaan. Rata-rata departemen IT banyak menghabiskan waktu dan tenaga untuk mengelola server dan jaringan, serta melakukan pemeliharaan rutin terhadap perangkat-perangkat yang ada di dalam ruang server.

Nah, salah satu perangkat vital yang ada di dalam ruang server adalah rack server. Perangkat ini memiliki berbagai bentuk dan desain bergantung pada kebutuhannya, lho! Nggak hanya itu, harga rack server juga cenderung bervariasi di pasaran, seperti misalnya harga rack server 42u dapat dibanderol dari harga Rp8 juta sampai Rp 12 juta. Setelah membeli rack server, tentunya kita harus tahu bagaimana cara menata rack server agar lebih mudah dikelola. Yuk simak cara-cara mengatur penataan rack server di bawah ini!

Continue reading

Simak Inspirasi Desain Interior Kantor Kekinian Untuk Ruang Kerja Idaman!

Tahu nggak? Rata-rata pegawai menghabiskan waktu di kantor sampai 8 jam per hari, lho! Bahkan bisa lebih kalau kerjaannya melebihi jam kerja dan harus lembur. Tentunya kita nggak mau bikin pegawai jadi stress karena kelamaan mendekam di kantor, kan? Oleh karena itu, penting banget nih untuk membangun suasana yang baik di kantor agar pegawai jadi lebih semangat dan betah di kantor!

Caranya? Tentu saja lewat desain interior kantor yang tidak hanya cantik dipandang, tapi juga nyaman ditempati!

Takut bingung memilih desain yang tepat? Nggak usah khawatir! Zaman sekarang, desain interior kantor ada banyak gayanya, lho. Tergantung dengan konsep perusahaan yang ingin ditanamkan kepada pegawai dan klien, kita bisa membuat desain interior kantor yang dapat mewakili citra perusahaan sekaligus menciptakan suasana dinamis di kantor.

Continue reading

Program Kelas ASIK, Kontribusi Astragraphia untuk Industri Kreatif UMKM Indonesia

Apa kesan dan pesan tentang tahun 2020?

Kemungkinan besar, mayoritas dari kita akan menjawab: 2020 adalah tahun yang mengerikan, menyedihkan, membuat stok air mata kian menipis, emosi jiwa membahana meledak-ledak, lantaran tantangan dan aneka kesulitan hidup yang tak kunjung reda.

Hal ini juga menimpa para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Coba deh, manteman jalan-jalan sebentaarrr aja di pusat perbelanjaan/mall di kota Anda. Trus pantengin, betapa banyaaakk tenant yang mendadak tutup/bangkrut. Lagi-lagi alasannya karena pandemic. Operational cost yang terlampau tinggi, tidak berbanding lurus dengan omzet. Ya gimanaaa, para konsumennya kan juga kudu ngirit budget. Plus kita juga disarankan untuk tidak kluyuran ngemall, kan. Beberapa tenant food and beverages di mall favoritku Royal Plaza, juga terdampak banget!

Continue reading

WOWLabs, Platform untuk Kreator Konten dari Smartfren

Smartfren meluncurkan WOWLabs, sebuah wadah kokreasi untuk mengumpulkan generasi konten di Indonesia. Melalui wadah ini Smartfren ingin memberikan dukungannya supaya generasi muda di Indonesia agar dapat selalu berkreasi tanpa batas, mewujudkan ide – ide dan karya mereka sehingga dapat mengubah wajah Indonesia. Saat ini melalui platform tersebut, Smartfren telah menggandeng brand dan kreator lokal, yakni Show the Monster, Hana Madness, Pijak Bumi, Stayhoops, dan Ahha Official Store untuk bersama-sama membuka berbagai peluang berkreasi dan berkontribusi untuk Indonesia yang lebih baik.

Melalui WOWLabs ini, Smartfren dan brand serta kreator lokal tersebut akan bersama-sama kokreasi produk limited edition. Saat ini, produk yang sudah tersedia adalah sepatu limited edition buatan Pijak Bumi dan kaus kaki buatan Stayhoops yang keduanya dibuat dengan desain karya Addy Debil.

Continue reading

SeOn, Aplikasi Pembelajaran Online dan Sistem Informasi Sekolah

Apakah Ibu/Bapak wali murid tetap merasa tenang, damai, sentosa dengan pola belajar online seperti sekarang? Atau, sudah mulai menunjukkan gejala metamorfosa jadi  segalak Harimau Sumatra? Wkwkwkw. Yeah, harus diakui, walaupun IKHLAS dengan kondisi yang serba tidak stabil ini, gimanapun juga, kita kan manusia biasa. Tak dapat dipungkiri, STRES ujug-ujug hadir, mampir dan ga tau jalan pulang. Jadinya, kita kerap terjerat rasa “HIIIHHH, ini gimana siiihh, belajar online kok kayak gini?!” trus banyak keluhan lain, semisal kuota internet yang mendadak amblas, lantaran kudu ikut meeting online di aplikasi yang boros kuota banget.

Buat saya, yang paling bikin kezel itu, model pembelajaran yang tidak integrative. Misalnya, guru kasih materi pakai zoom. Trus PR-nya suruh ngumpulin via WhatsApp. Kadang kudu pakai email ataupun google drive. Udah gitu, ulangan kudu pakai aplikasi lain lagi. PALA EMAK PUYENGGG euyy!

Continue reading

Menyusun Planning Masa Depan bersama AXA Mandiri

Dalam menentukan masa depan memang tidak dapat dipastikan akan berjalan seperti yang direncanakan. Namun, semua itu tidak dapat dijadikan alasan untuk menghiraukan pentingnya membuat planning masa depan. Upaya tersebut untuk menghindari kesalahan atau kejadian salah langkah di kemudian hari yang akan membuat Anda menyesal. 

Planning masa depan dapat dilakukan dalam berbagai hal. Seperti dengan memakai asuransi, juga termasuk dalam salah satu cara untuk menyusun planning masa depan. Untuk itu, mengapa saya dalam postingan ini membahas tentang planning masa depan dengan asuransi AXA Mandiri yang terpercaya

Continue reading

Rangkul Start Up, Dayamaya Bakti Kominfo Dukung Masyarakat di Kawasan 3T

START UP! Belakangan ini, seriiing banget kita dengar istilah Start Up. Apalagi buat penggemar drakor 😀 Teman-teman tentunya pernah baca di timeline kan, seputar tayangan drama Korea yang mengisahkan perjuangan anak muda dalam membangun usaha rintisan (start up). Nah, kali ini saya nggak bakal cerita soal Dal Mi, Do San, ataupun oppa Han Ji Pyeong, si pemilik lesung pipi legendaris itu kok, wkwkw. Saya mau bahas seputar Start Up yang dibesut oleh kelompok masyarakat dan berkontribusi optimal untuk pertumbuhan kualitas kehidupan di Kawasan 3T alias daerah terdepan, terluar, dan tertinggal.

Jadi begini, gaes. Kalau bicara potensi, kita semua mafhum bahwa setiap manusia punya potensi alias kemampuan untuk memberikan kebermanfaatan bagi sesama. Yap, mengacu pada sabda Rasul, “Khairunnaas anfauhum lin naas” yang artinya Sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak manfaatnya untuk sesama manusia.

Maka dari itu, saya angkat topi dengan kiprah Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI)  Kementerian Komunikasi dan Informatika, yang menggelar program Dayamaya

Continue reading