STOP Penyebaran Pneumonia pada Anak!

STOP Penyebaran Pneumonia pada Anak!

Halo Bunda-bunda semuanyaaa, bagaimana kabar hari ini? Semoga tetap sehat dan menikmati hidup, ya. Eitss, enjoy our life itu super duper penting lho, karena untuk bisa menjadi Bunda yang hebat dan tangguh, kita kudu BAHAGIA ye kan. Kalau Bunda sehat  + Bahagia + bersyukur, insyaALLAH bakal makin semangat untuk memberikan yang terbaik bagi keluarga. Sip markosip kan?

Bisa dibilang, Bunda memang punya peran yang signifikan banget dalam Kesehatan dan tumbuh kembang anak-anak. Pastilah Bunda punya insting untuk senantiasa melindungi dan make sure kalau anak-anak kita sehat walafiat kan. Nah, kali ini, saya mau jabarkan tentang penyakit PNEUMONIA pada anak. Hmm, sounds familiar, atau baru denger nama penyakit ini?

Ibu Ma’ruf Amin saat Webinar tentang Pneumonia

Definisi Pneumonia pada Anak

Sebenarnya, apa sih penyakit Pneumonia?

Pneumonia adalah, infeksi paru-paru yang disebabkan oleh kuman, bakteri, virus, atau jamur, maupun parasit pada salah satu atau kedua belah jaringan paru-paru.

Kantong udara atau alveoli pada paru-paru kan seharusnya berisi udara. Pada penderita pneumonia, alveoli ini berisi cairan atau nanah, sehingga menyebabkan kesulitan bernapas, dan berakibat kekurangan oksigen yang  masuk ke tubuh.

Kita perlu mengetahui Gejala Pneumonia Pada Anak

Yaitu:  batuk berdahak yang berwarna putih, kekuningan atau kehijauan, demam, bernapas cepat, sesak nafas disertai cekungan dinding dada

Yang lebih bikin miris lagi, pneumonia ini bisa menular, melalui udara, batuk dan bersin, maupun benda pribadi penderita.

Setiap tahunnya ada 1 juta anak yang meninggal karena penyakit mematikan tersebut.

Di Indonesia, berdasarkan riset kesehatan dasar tahun 2013, kementrian kesehatan RI, Pneumonia merupakan penyebab kematian tertinggi nomor 2 pada balita.

Pada acara tersebut, semua mendukung pesan kunci yang ingin dikampanyekan, yaitu: STOP, dimana:

STOP Pneumonia Pada Anak

S adalah memberikan ASI Eksklusif enam bulan, jadi ibu-ibu kudu meng-ASI-hi/ menyusui buah hati, serta memberikan MPASI sampai 2 tahun.

ASI ekslusif adalah cara terampuh mencegah Pneumonia pada anak. Yuklah kita persiapkan kesehatan fisik dan mental untuk ibu hamil dan ibu menyusui agar bisa meng-ASI-hi anaknya secara paripurna.

Ayah dan elemen keluarga lainnya, kudu suportif banget, agar sang ibu bisa memberikan ASI ekslusif kepada sang anak dengan bahagia dan lancar.

T adalah Tuntaskan imunisasi untuk anak, terlebih dukungan pemerintah sungguh luar biasa terhadap vaksin yang dibutuhkan anak-anak, bahkan masyarakat bisa mendapatkan secara gratis di puskesmas-puskesmas atau fasilitas kesehatan yang ada.

O adalah Obati anak ke fasilitas kesehatan yang ada, jika sakit, jangan sampai abai terhadap penyakit anaknya

P adalah Pastikan kecukupan gizi anak dan hidup bersih serta sehat, masalah gizi ini masilah menjadi sebuah masalah besar, khususnya bagi masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan, padahal gizi anak itu penting buat tumbuh kembangnya, juga dibarengi dengan kebiasaan hidup bersih dan sehat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s