Lebih Baik Berhaji di Usia Muda atau Senja?

Kalau pertanyaan itu ditujukan ke saya, udah pasti jawabannya “Enak di usia muda.” Udah pernah saya singgung di postingan “Jadi Monster Pas Berhaji” ini, kalau HAJI (termasuk Umroh) tuh ibadah yang menuntut kesigapan dan ketangguhan FISIK banget. Yaaa, tentu masalah ruhiyah harus total jendral juga, supaya dampak hajinya merasuk dalam jiwa/iman. Tapiii, yang namanya sa’i, thowaf, dan aneka detail umroh/haji lainnya butuh fisik yang paripurna.

Alhamdulillah, ALLAH takdirkan saya berhaji di usia 29 tahun. Well, pastinya ada plus minus ya, haji umur (relatif) muda gini. Coba ini saya jabarkan apa aja.

Continue reading

Seru Banget Liburan ke Lembang bareng Keluarga!

Tahun 2020 banyak tanggal merah, gais! Berbekal semangat balancing our life, yuk lah bikin planning untuk liburan. Nggak usah jauh-jauh, deh. Ke Jawa Barat aja, tepatnya Kawasan Lembang. Tahu sendiri kan, kalau di Lembang itu hawanya dingiiiin bin sejuk. Dijamin, urat syaraf kita yang selama ini menegang karena urusan kerjaan, bisnis, dan hal-hal duniawi lainnya, bisa kendur sejenak. Ini sekaligus bisa menjadi terapi jiwa, ye kan?

Continue reading

Enam Hari di Bandung

Ibu mertua saya (biasa dipanggil “Uti”) siap-siap berangkat Umroh. Yang “nraktir” beliau adalah adek ipar yang domisili di Bandung. Otomatis, daku ketiban amanah buat nemanin untuk cuss ke Bandung. Naik Argo Wilis, dengan waktu tempuh sekitar 12 jam! Hufttt, lama juga yhaaa hehe. Untunglah armadanya nyaman banget. Aku juga udah siap-siap aneka perbekalan, untuk memadamkan kelaparan selama perjalanan.

Continue reading