Mandi Air Hangat Dapat Meredakan Flu

Flu atau juga dikenal dengan influenza, adalah penyakit yang pada umumnya terjadi pada manusia. Gejala awal influenza biasanya ditandai dengan demam, pilek, batuk, sakit kepala, dan nyeri pada bagian sendi. Meskipun flu terbilang penyakit ringan, namun flu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari dan sangat mempengaruhi kualitas hidup seseorang.

Salah satu cara alami untuk meredakan flu adalah dengan mandi menggunakan air hangat. Mandi menggunakan air hangat sudah dilakukan sejak lama untuk meredakan flu. Tidak hanya itu, air hangat juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh baik untuk fisik maupun untuk mental. Pada artikel ini kita akan membahas bagaimana air hangat dapat meredakan gejala flu dengan efektif.

Mengapa Mandi Menggunakan Air Hangat Dapat Meredakan Flu?

Mandi menggunakan air hangat dapat meredakan flu lantaran udara lembab dari air hangat dapat melembabkan tenggorokan, saluran hidung, dan mengencerkan lendir. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kita dapat ketika mandi menggunakan air hangat untuk meredakan flu dan meningkatkan daya tahan tubuh:

1.Melembabkan Saluran Pernapasan

Salah satu manfaat utama dari mandi air hangat untuk meredakan flu adalah kemampuannya untuk melegakan saluran pernapasan. Pada saat flu, saluran pernapasan biasanya menjadi iritasi dan meradang, yang menyebabkan batuk dan pilek. Mandi menggunakan air hangat membantu dalam mengurangi iritasi pada saluran pernapasan dengan cara menciptakan lingkungan yang lembab sehingga memungkinkan lendir yang mengganggu saluran pernapasan akan lebih mudah terlepas.

2.Meringankan Ketegangan Otot

Flu terkadang menyebabkan tubuh terasa nyeri dan tegang, terutama pada bagian otot. Mandi air hangat menjadi salah satu cara yang dapat meringankan ketegangan otot dengan cara memperbaiki sirkulasi darah dan melemaskan otot.

Air hangat juga membantu meregangkan pembuluh darah, sehingga memungkin darah untuk mengalir secara lancar ke area yang tegang dan nyeri. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, setelah mandi dengan air hangat dapat dilakukan pemijatan pada bagian tubuh yang nyeri dan pegal

3.Menghangatkan Tubuh

Saat sedang terkena flu, tubuh sering kali merasa dingin dan tidak nyaman. Mandi menggunakan air hangat dapat membantu meningkatkan suhu tubuh dan mengurangi rasa dingin dengan menggantinya dengan rasa nyaman dan hangat. Tidak hanya membuat tubuh merasa baik secara fisik, namun juga dapat meningkatkan suasana hati karena air hangat membuat tubuh merasa nyaman dan rileks.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mandi Air Hangat

1.Gunakan Air Hangat Bukan Panas

Air yang digunakan dalam mandi air hangat adalah air dengan suhu yang hangat dan nyaman, jangan terlalu dingin juga jangan terlalu panas. Suhu yang tepat untuk mandi air hangat adalah 37-40 derajat celcius.

Air yang terlalu panas dapat membuat rasa lelah yang dapat memperburuk gejala flu. Selain itu, jika air terlalu panas dapat menyebabkan tubuh kehilangan minyak alami dari kulit dan membuatnya kering dan iritasi.

2.Tambahkan Minyak Esensial

Menambahkan minyak esensial tertentu ke dalam air hangat untuk mandi juga dapat meningkatkan manfaat. Misalnya jika menambahkan eucalyptus yang memiliki sifat antiseptik dan ekspektoran yang dapat membantu membersihkan saluran pernapasan yang dapat meredakan batuk dan pilek. Selain eucalyptus, minyak peppermint juga dapat memberikan manfaat sebagai sensasi pendingin yang dapat menyegarkan dan mengurangi rasa lelah.

3.Menambahkan Garam Epsom

Garam epsom sudah sejak lama digunakan untuk mengurangi nyeri pada otot dan meningkatkan relaksasi. Menambahkan garam epsom ke dalam air hangat yang digunakan untuk mandi pada saat sedang flu dapat meredakan ketegangan otot dan meningkatkan kenyamanan. Garam epsom juga dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan pada tubuh sehingga dapat meredakan rasa sakit dan nyeri yang disebabkan oleh flu.

4.Tidak Berlama-lama di Dalam Air

Meskipun mandi menggunakan air hangat dapat meredakan flu, penting untuk tidak berlama-lama di dalam air. Jika terlalu lama di dalam air dapat membuat rasa pusing dan kelelahan yang dapat memperparah flu. Adapun waktu ideal mandi air hangat yang dianjurkan adalah 15-20 menit. Terlalu lama terkena air hangat juga dapat membuat kulit kering dan iritasi.

5. Pakai Water Heater Ariston

Tips selanjutnya yaitu memakai water heater Ariston untuk memanaskan air. Water heater ini mampu memanaskan air hingga 300 Liter dan cocok untuk mencukupi kebutuhan keluarga. Ariston water heater dirancang dengan teknologi khusus dari Italia yang mempermudah proses pemanasan air.

Perhatikan Hal-hal Berikut Setelah Mandi Air Hangat

1.Perbanyak Minum

Pada saat mandi menggunakan air hangat, tubuh akan mengeluarkan banyak keringat sehingga tubuh akan kekurangan cairan. Direkomendasikan setelah mandi menggunakan air hangat banyak meminum air putih agar tubuh tidak dehidrasi. Minum air putih juga dapat melonggarkan lendir pada tenggorokan sehingga membuatnya lebih ‘plong’.

2.Istirahat yang Cukup

Pada saat terkena flu, tubuh akan memerlukan waktu untuk menyembuhkan diri. Jadi, pastikan tubuhmu mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Tidur dan istirahat yang cukup membantu mempercepat proses penyembuhan gejala flu. Mandi menggunakan air hangat membuat kualitas tidur semakin baik dan merasa nyaman.

3.Konsultasikan ke Dokter

Meskipun mandi menggunakan air hangat dapat membantu meredakan flu, bukan berarti menjadi pengganti perawatan medis. Jika gejala flu tak kunjung membaik setelah mandi menggunakan air hangat, usahakan langsung konsultasi ke dokter untuk perawatan lebih lanjut. Dokter dapat memberikan saran perawatan ataupun resep obat medis.

Cara Mandi Air Hangat yang Efektif

Buat kamu yang masih bingung, gimana sih cara mandi air hangat yang efektif? Di bawah ini adalah langkah-langkah mandi air hangat agar mendapatkan hasil yang efektif!

1.Tentukan suhu air yang nyaman, jangan terlalu panas

2.Tambahkan minyak aromaterapi agar memberikan kenyamanan dan rasa rileks

3.Sebelum mandi, minum air putih terlebih dahulu agar tubuh tetap terdehidrasi

4.Batasi durasi mandi tidak terlalu lama

5.Lakukan Pat Dry setelah mandi untuk menjaga tubuh agar selalu lembab.

Kesimpulan

Air hangat memiliki sifat menenangkan untuk tubuh yang mengalami sakit akibat flu. Ketika tubuh terkena air hangat pembuluh darah akan melebar memperbaiki aliran darah dan meningkatkan sirkulasi peredaran darah. Hal ini akan membantu melegakan pernapasan dan mengurangi gejala sesak napas yang seringkali menyertai flu.

Selain meredakan flu, mandi menggunakan air hangat juga dapat mengurangi gejala demam. Ketika tubuh terasa demam, air hangat dapat membantu menurunkan suhu tubuh secara berkala. Mandi menggunakan air hangat juga menjadikan perasaan nyaman dan memudahkan tubuh untuk memerangi virus yang dapat menyebabkan flu.

Tentu saja mandinya pakai air water heater dong! Apa sih, water heater dan apa kegunaanya? Water heater adalah sebuah produk yang memiliki kegunaan memasak air dengan cara yang praktis dan simpel. Jadi, buat kamu yang sering mandi air hangat secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh dan tidak mau ribet, water heater menjadi solusi utama dalam memasak air dengan cara yang praktis dan simpel. Segera dapatkan produknya hanya dari Distributor Ariston terlengkap dan terbesar di Indonesia.

Author: @nurulrahma

aku bukan bocah biasa. aku luar biasa

Leave a comment