Bebek Rendah Kolesterol

Sebenernya, udah ada jadwal buat posting berbahasa Inggris di Blogger English Club (BEC). Temanya juga udah “manggil” banget. Tapiii, kok ya masih kebayang2 Madura yak? Jadi, maaphh buat para punggawa BEC. Sepertinya, Jumat ini daku kagak ngerjain PR dulu. Maaapph, maapphhh *sungkem ke Dani, mba Nita dan Mas Ryan* Sebagai gantinya, aku mau cerita2 soal traveling *jyaah* ke Madura, kemarin. Duile bu-ibuuu, cuman ke Madura ajah dibilang traveling *lempar bebek sinjay* *haus penggunaan kata ‘traveling’ di blog inih* Berangkatlah daku bareng 3 gelintir bolo plek ke Madura. Destinasi kita? Yaaa… karena bebek sinjay udah terlampau mainstream, maka kita plesir cuzzz menuju BEBEK SONGKEM. Weitsss, namanya unik yak? Yo’i broh,… karena karakter nih bebek emang ‘anti-mainstream’ bangets. Udah sering denger kan, hosip-hosip yang menyebutkan kalo bebek adalah TERSANGKA UTAMA MEMBLUDAKNYA ANGKA KOLESTEROL, ASAM URAT, dll-nya dalam bodi kita? Makan bebek bikin galau maksimal?? Nnnaaah…si bebek songkem ini udah paham kegalauan emak(s) semua. Sooo… dibikinlah menu bebek yang RENDAH kolesterol! Bahkan, tagline-nya JUARAAAA bangeeettss! Bebek Pilihan Para Dokter! Oh-yeaah! :)) ok-2 ok-3 ok-4 oke-1

Kenapa dinamai Bebek Songkem? Dalam bahasa Jawa, songkem sama artinya sungkem, sering dikaitkan dengan sungkem pada orang-orang yang kita hormati, seperti orangtua, kyai dan tokoh. Di setiap desa di Madura, minimal ada seorang kyai, yang dengan sukarela mengajari ngaji anak-anak desa tanpa digaji. Sebagai bentuk tanda terima kasih wali murid pada kyai tersebut, maka pada hari-hari tertentu, wali murid membawakan oleh-oleh spesial berupa bebek atau ayam. Bebek ini dimasak dengan cara dikukus tanpa air selama kuranglebih 3 jam dengan posisi leher dan kepala bebek ditekuk menunduk seperti orang sungkem. Sebagai ganti air, dipakai batang pohon pisang. Karena cara mengukus dengan menggunakan pohon pisang belum ada istilahnya. Nah, di kampung bebek songkem tadi, cara masak seperti itu diberi istilah “songkem”, karena masakan spesial ini khusus diberikan kepada kyai atau orang yan gsangat kita hormati. Bebeknya dibuat berposisi “nyongkem”.   Piye rasane, Mak?? Enyaaaakkk…!! Ada aroma ‘entah-apa-sebutannya’ yang gak bakal kita temuin di masakan2 lain loh. Mungkin, itu berasal dari batang pisang (gedebog) yang jadi pendamping si bebek dalam menghadapi panas-membaranya api kompor nan bergejolak *jiyaah* Sambel mangganya dooong, juara..!! Yang paling asik dari makan di sini adalah, no worry deh, soal kolesterol dll-nya. Ini lumayan banget untuk mengobati hati yang gundah-gulana. Jadi, jadiii, mau kulineran bebek, tanpa digelayuti rasa bersalah? Yuk, cuzzz mareee ke : Bebek Songkem Pak Salim Jl. Raya Ketengan 85 Burneh Bangkalan Madura (031) 799.5523 0877.5092.0092 dll

IMG_0552

IMG_0553

Advertisements

65 comments

  1. Ryan · January 23, 2015

    Wah. Padahal menantikan EF nih. Hahaha.

    Saya kurang suka bebek sih Mba. Tapi sepertinya menarik. Penasaran sama “sesuatu” yang tak dapat didefinisikan sama Mba itu.

    • bukanbocahbiasa · January 23, 2015

      Huhuhuhu… *mewek* Kalo aku ganti jadi ES **english Saturday** boleh ya? Pliss :)) Ga tau, hari ini lagi ga mood nge-English iiih. Mungkin besok agak mendingan deh 🙂 *alesan*

      • Ryan · January 23, 2015

        Hahaha. Gak usah diganti gak apa Mba. Posting kapan aja. Bsk juga masih boleh. Tetep EF kok.

  2. santi · January 23, 2015

    ga doyan bebek sama rawon mbak… huhuhu, padahal mantunya orang surabaya. piye jal? 😦

  3. vikaw · January 23, 2015

    harganya brp?

    • bukanbocahbiasa · January 23, 2015

      Nnaaah, itu yang ngebedain aku dan dirimu Mak :)) Aku lupaaaaaa *nangis* coba ceki-ceki ke sini ya: http://www.bebeksongkempaksalim.com/

      • vikaw · January 23, 2015

        hehehe..billnya selalu disimpan, padahal suka ngenes kalo lihat total tagihan.

        Sinjay juga buka baru mak di ruko dekat frontage road jl a. yani itu, kalo Kaza Mall kan nun jauh disana.. Lumayanlah kalo tiba2 ngidam bebek gak perlu jauh ke Madura. Bentar lagi mungkin Songkem ada disby 🙂

  4. nyonyasepatu · January 23, 2015

    Madura itu rajanya bebek ya 🙂

    • bukanbocahbiasa · January 23, 2015

      Yoi mbak Noni. Kalo kita ke dari suramadu arah ke bangkalan, 1 kilometer kemudian, isinya aneka warung bebek…! Buanyaaak bangettts

      • nyonyasepatu · January 23, 2015

        Iya, dulu seringnya diajakin ke bebek yang rame banget itu antrinya. Lupa nama

      • bukanbocahbiasa · January 23, 2015

        Bebek Sinjay kali mbak. Itu yang paling rame emang. Kalau bebek songkem ini emang gak seheboh sinjay… Tapi yang jelas, doi “jualan” bebek yang baik utk kesehatan tubuh :))

  5. dani · January 23, 2015

    Mbakyuuuu. Posting besok-besok boleh kok EFnya. Yayayaya? Hahaha.
    Btw aku bolak balik pengen ke Madura gak kesampaian. Soalnya males kalo dah nyampe sana kehabisan sinjay eh ini ditawarin alternatipnya. Bakalan berangkat beneran aku. *amiiin *semoga dikabulkan

    • bukanbocahbiasa · January 23, 2015

      Kalo k Madura jangan siang2 Dan. Mending berangkat dari Sby jam 10-an gitu. Sampe sono udah siap buat maksi deh.
      InsyaAllah yaaa..BEC-nya daku posting besok. Ni masih kramotak :))

  6. ira nuraini · January 23, 2015

    ini juga yummmy ya mak…aq pernah ke sini gara2 pas ke sinjay ternyata tutup dan baru buka lagi siang, akhirnya melipir ke bebek songkem ini…drpd udah jauh2 nyebrang lautan tapi gagal kuliner’an.. 😀

    • bukanbocahbiasa · January 23, 2015

      Hihihi. Kalo nasinya masih punel-an Sinjay sih mak… Tapi somehow, org2 seperti dirikuh ((yang obessss inih)) mencari alternatif culinary spot yang gak terlalu bikin guilty-feeling, hihihi. Thanks to Songkem :))

  7. susanti dewi · January 23, 2015

    cuma ada di Madura y? jadi ngiler nih… 🙂

    • bukanbocahbiasa · January 23, 2015

      Di Surabaya juga ada siy Mak. Tapi sensasinya lebih sedaaapphh kalo langsung makan di Madura :)) Kayaknya baru Sby-Madura aja deh

  8. winditeguh · January 23, 2015

    aku suka bebek. bebek enak yang kutahu cuma bebek slamet xixixi. jadi pengen nyoba bebek songkem, penasaran seenak bebek slamet ngga ya

  9. HM Zwan · January 23, 2015

    cuma bisa ngeces,kalo balik ke jombnag mesti ke surabaya nginep tapi belum juga kesampean ke madura hehehe

  10. nengwie · January 23, 2015

    Saya ngga terlalu suka makan daging Bebek, soalnya berasa bau amis gitu…
    Kangmas apalagi, “lari” dia kalau liat menunya Bebek hehe

    • bukanbocahbiasa · January 23, 2015

      Duluuuu pas SD, aku juga enggak doyan bebek, Mak.
      Trus, ibuku masak suatu menu, dan nyuruh aku makan.
      Mungkiiin, karena abis pulang sekolah kan laper bingits tuh.
      Akhirnya aku makaan dengan lahaaapp, trus aku bilang gini, “Ayamnya enak bu?”

      “Ayam? Loh, yang kamu makan itu bebek?”
      Deziiiighhh ((&&%^%&$*

      Sejak saat itu, aku doyaaaan ama bebek hahahah :))

      • nengwie · January 23, 2015

        Atau mungkin pada ngga bisa masaknya kali ya mak..jd masih saja berasa amisnya…

        Eeeee ternyata anak-anak gadis saya doyan makan bebek goreng pake saus asam manis, ya mau ngga mau buatin buat mereka sebulan 2 kali, saya mah mendingan telur dadar sajalah sama sambel terasi 😄😄😁😁

  11. inda safitri · January 23, 2015

    Kalau yg ini maahhhh, saya bisa nambah nambah mak nurul, sedep gituuu

  12. Dian E. Suryaman · January 23, 2015

    Deket rumahku ada bebek juara bangetttt…hayuk merapat…

    • bukanbocahbiasa · January 23, 2015

      Bebek apa Mak? Dikau Sumenep kan ya?? Aku paling kalo ke Madura cuman ke Bangkalan aja sih Mak…Belum pernah ke Sumenep.

      • Dian E. Suryaman · January 23, 2015

        Nah…sok atuh diagendakan ke Sumenep 🙂 Bebek Takoer namanya..kapan-akapan aku bikin ripiunya hehehe

  13. jampang · January 23, 2015

    baru nyoba bebek sinjay.

    waduh…. ternyata themes yang mau saya pake udah dipake mbak juga neh 😀

    pake enggak pake enggak pake enggak pake enggak pake enggak pake enggak pake enggak pake enggak

    • bukanbocahbiasa · January 23, 2015

      Hayuks ke Madura lagi Bang. Themes plane ini yak? Banyak juga kok yang make. Pake ajaaaaah, namapun themes gretongan :))

      • jampang · January 23, 2015

        lagi diuji coba dulu mbak sebelum di pake beneran 😀

  14. Nadia Khaerunnisa · January 23, 2015

    duuu…pengen tapi jaauh, maak 😀 ahaha

    • bukanbocahbiasa · January 23, 2015

      Kapan2 main dah ke Madura 🙂

      • Nadia Khaerunnisa · January 23, 2015

        haha bisabisa, tapi kalo pas balik lagi udah laper lagi gimana *anaknyarakus* 😀

  15. Tatit Ujiani · January 23, 2015

    Mbak nUrul bikin aku ngeces. Belum pernah kuliner ke Madura. 😦

  16. Tatit Ujiani · January 23, 2015

    Mbak Nurul bikin aku ngeces. Belum pernah kuliner ke Madura 😦
    http://tatit-ujiani.blogspot.com/

  17. GloryGrant · January 23, 2015

    Waduh, gambarnya bikin ngiler. Hihihi.

  18. Lidya · January 23, 2015

    kalau aku kurnag suka bebek

  19. sofia zhanzabilaw · January 23, 2015

    Untungnya aku gak begitu suka daging bebek, jadinya gak sampe pengen ngeces mbak… Tapi penyajiannya itu kok bikin perut keroncongan yaa…

  20. Dwi Puspita · January 23, 2015

    hemmm enaknya kriuk2nya kelihatan banget..ke Madura mbak..main2 kerumah daku donk hehehe

  21. ysalma · January 24, 2015

    Saya taunya baru Bebek Pak Ndut, penasaran sama yang rendah kolesterol ini, tapi sapa yang mau ngongkosin ya. Madura ternyata rumahnya wisata kuliner bebek ya.

  22. yantist · January 24, 2015

    Waktu ke Bangkalan disuguhin tante menu bebek buat makan siang. Enggak tau sih itu bebek sinjay atau bukan. Sampai sekarang masih ngiler pengin nyoba bebek sinjay. Jadi lebih enak bebek sinjay ya Mak? Xixixi.. Pengin nyoba bebek sinjay aja deh 😀

  23. hildaikka · January 24, 2015

    Di Surabaya juga banyak sih orang jual Bebek Songkem. Tapi apa rasanya bakal sama dengan yang ini ya? :\

    • bukanbocahbiasa · January 24, 2015

      Kalo makannya sambil nyebrang lauuuut, (bayar 60 ribu PP buat tol) dijamin sensasinya lebih endeuuuss yang di Bangkalan :)) Masih di Jogja ya dek? Duuuh, aku mupeeeng bolang ke Jogja 🙂

  24. sirdatoe · January 24, 2015

    duh bebek….mau dong..:)
    kolestrol…?! halah….nanti abis makan aja di fikirin..:)

  25. Arif Rahman · January 24, 2015

    Jadi ngiler sekaligus lapar liat foto2nya.. 🙂

  26. xaveria · January 25, 2015

    Kalo madura dan surabaya jago banget bebeknya. Emak-emak dari luar kota Surabaya wajib coba deh. Apalagi dicocol pake sambal pencitnya. nendaaaang
    *Tapi, percuma saya udah nggak bisa ngerasakno maneh*

    • bukanbocahbiasa · January 25, 2015

      Loh, hamil ga boleh makan bebek tah? Waaa… baru tahu eikeh

  27. nenglita · January 27, 2015

    Kenapa harus baca blogpost ini pas lagi lapar sik -__- aku jadi penasaraaaannn…

  28. Titik Asa · January 28, 2015

    Namanya lucu juga Mbak, pake ada sungkemnya begitu…

    Salam,

  29. khalidafitri · February 3, 2015

    hayaah…jadi laper euy…bebek enak sih, apalgi rendah kolesterol cucok deh

  30. Ahmed Tsar · February 5, 2015

    baru tahu cara masak bebek pake gedebok pisak, bisa dicoba dong di rumah, nggak ada resep rahasianya kayaknya ntuh, Rendah kolesterol pula..

  31. 1langitbiru · February 6, 2015

    Yummy banget laya’nya, nih! Sayangnya jauuhh..

  32. katalogibu.com · February 7, 2015

    aku pngn banget makan bebek..tp gk boleh banyak2.hehe
    katanya sih mengandung kolesterol yg tinggi..dan gk baik untuk kesehatan.. 😦

    • bukanbocahbiasa · February 7, 2015

      Karena itulah, si bebek songkem ini diciptakan, supaya para emak2 kagak paranoid lagi, kalo mau nge-bebek hehehhe

  33. Ayodeal · February 13, 2015

    Wah pengen juga yang kayak gini, bebek tapi rendah kolestrol. 🙂

  34. Heni Puspita · February 13, 2015

    Udah lama ga makan bebek. Terakhir makan pas dulu masih melihara bebek bertahun2 lalu hi hi

  35. Halo Muda · February 17, 2015

    Rasanya kayak gimana ya, bebek rendah kolestrol?

  36. Kalau di Cimahi, kuliner bebek yang enak itu jarang mbak :p kebanyakan ya ayam, ayam, dan ayam 😀

  37. Astri Hapsari · May 5, 2015

    huwaaaa aku jadi pingin ke surabaya makan bebek ini

  38. kartina ika sari · May 9, 2015

    Asyikkkk Surabaya banyak kulinernya…jadi penasaran sama rasa bebek ini …yg pasti dimakannya ga bikin keliyengan ya..krn ga ada kolesterol 😉

    • bukanbocahbiasa · May 9, 2015

      Beneerrr mak ikaa… Ni bebek pusatnya Di madura.. Tapi Ada cabang jugak d sby

  39. Dwi Puspita · October 16, 2015

    wih..enak iki mbak…luwe aku mbak….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s