5 Blog untuk Melatih Critical Thinking

Siapapun Anda, apapun profesi yang Anda geluti saat ini, WAJIB BANGET senantiasa praktikkan critical thinking. Apalagi, kalau menggeluti dunia digital, dengan jadi Blogger/ content creator/ Podcaster dll. Sudah pasti, critical thinking adalah INGREDIENTS yang harus ada dalam tiap MENU yang bakal Anda sajikan.

Emangnya kenapa kalau nggak ada critical thinking-nya?

Yaaakk. Hasilnya adalah sebuah konten yang hambar. Ibarat masak Indomie, tapi bumbu micinnya ga ada #eh. Wkwkwkwkw

Terus terang, untuk bisa ber-critical thinking, dibutuhkan latihan, latihan dan latihan. Kadang, lantaran DL yang bertubi-tubi, kita kerap menghadirkan artikel yang “tidak bernyawa”. Yang penting sesuai brief klien. Yang penting keyword-nya udah masuk. Yang penting ngga telat posting sesuai jadwal. Iya apa iyhaaaa? 😛

Nah, mumpung (sebagian dari) kita lagi PSBB, yang mana artinya (relatif) lebih banyak waktu selo, yuk cuss kita ubek-ubek blog berikut. Saya adalah pembaca setia blog ini, dan lumayan banyak belajar seputar critical thinking dari para narablog. Apa aja?

(1). InsanAyu.com

Kimi’s Akademos, itu tagline-nya. Menggambarkan kecintaan sang blogger pada ilmu pengetahuan, utamanya psikologi. Yep, doi alumnus Psikologi UI. No wonder, beberapa postingan-nya banyak mengulas tentang serba-serbi ilmu kejiwaan ini.

Yang menarik adalah, Kimi nih kalo ngeblog ngalirrrr banget. Aku kayak lagi ngobrol hadap-hadapan ama doi. Pilihan diksinya juga menarik. Kalo dia mulai cerita soal alm Ayah dan anggota keluarga lainnya, daku sering banget auto-mewek ~~

(2). Lifeessentially.net

Do net yhaaa, bukan dot com 🙂 (hampir) SEMUAA artikel doi tuh berkelas, tapi disajikan dengan gaya bertutur yang assoy geboy. Phebie (sang blogger) bisa membahas hal-hal yang kelihatannya ilmiah/ ruwet/ complicated dengan cara yang sangat enjoy!

Kayak postingan tentang Metode Konmari nih. Betaaah banget bacanya. Dan ya itu tadi, doi beneran men-challenge dirinya sendiri dengan selalu melakoni critical thinking dan membuahkan narasi yang maknyus! Top markotop!

(3). RomeoGadungan.com

Putra asal Aceh, kuliah di Bandung, kerja merantau ke Jakarta, meraih kesempatan ambil S-2 di Aberdeen Skotlandia, sempat lumpuh karena kena GBS, dan sekarang menggawangi salah satu start up yang sangat prospektif! WOW. Itulah deskripsi seorang Tirta, yang mengampu blog ini. Saya belajar banyak tentang kehidupan, semangat, kerja keras + cerdas, termasuk bagaimana cara menyembuhkan patah hati 😀 dari RomeoGadungan.

Ter-WAJIB BACA!

(4). mbot.wordpress.com

Mas Mbot ini HRD di kantornya. Ngga heran doi punya banyaaakkkk stok cerita super-duper-menarik yang siap bikin kita ngikik sampe ngakak kejengkang. Lucu, hilarious, tapi ya banyak manfaat yang bisa kita dapatkan. Sembari ketawa-ketiwi, tetep dong, kita bisa melatih critical thinking, dengan ubek-ubek blog ini.

(5). Blog KAMUUUUU!

Yap, siapapun Kamu, yang sedang nyasar ke blogpost ini…. terima kasih banget sudah menemani hari-hariku dengan aneka konten. Ada yang langsung hakdesshh, ada yang masih sopan-sopan tapi mengulik atensi, apapun itu, intinya KITA SEMUA adalah blogger/ content creator yang saling menyemangati untuk selalu berpikir kritis. Yuk lah, kita sama-sama mewujudkan prinsip yang diusung AS Laksana: Sebuah tulisan semestinya menjadi kapak bagi laut beku di dalam diri kita.

42 thoughts on “5 Blog untuk Melatih Critical Thinking

  1. ameliatanti says:

    Para penulis blog yang memorable ini, mungkin ya karena sebagian besar tulisannya itu tematik ya jeng

    Kalo aku juga suka kagum dengan para traveler yang tulisannya dan foto fotonya juga bernyawa

  2. Lithaetr says:

    Sebuah tulisan semestinya menjadi kapak bagi laut beku di dalam diri kita. Kata-katanya luar biasa kakak. Memang kalau membaca blog itu semakin menambah wawasan kita kak. Semakin membuat kita untuk ingin tahu lebih banyak dan mencari tahu juga kebenaran tulisannya. Tulisan kakak, semakin membuat saya harus belajar dan introspeksi lagi, apakah tulisan saya sudah mampu mengajak orang lain untuk berpikir kritis.

  3. Oline says:

    Wah jadi pengen mampir ke blognya Lifeessentially, aku lagi suka banget sama Konmari.
    Terima kasih juga ya mba Rahma.. sudah mengisi konten juga di blogku sebagai pengunjung setia 🙂

  4. Andy Hardiyanti says:

    Baca satusatu nama blog yang direkomendasika, ealah kok gak ada yang saya kenal atau pernah saya kunjungi ya? terus sampai di poin 5…ahahahah blog saya? aih iya yaa.. blog mana lagi yang bisa melatih critical thinking selain blog sendiri. Wkwkwkwk

  5. annienugraha says:

    Wah makasih banget referensinya Mbak. Nanti mampir ah ke tautan yang disebutkan di atas. InshaAllah dengan banyak membaca tulisan orang lain, kita juga akan memperkaya diksi dan skill dalam menulis.

  6. katerina says:

    Di luar sana, critical thinking kadang masih diartikan sebagai pemikiran yang argumentatif atau kritis terhadap orang lain. Padahal bukan ya mbak. Seorang critical thinking hebatnya mampu menyimpulkan sebuah konsekuensi dari apa yang dia ketahui, tahu bagaimana cara memanfaatkan informasi yang telah didapatkannya untuk menyelesaikan masalah, dan mencari sumber informasi yang relevan untuk disampaikan pada dirinya-sendiri. Para pemilik blog yang mbak sebut di atas, pastilah orang2 hebat, aku pun jadi penasaran ingin mengunjungi blog mereka 🙂

  7. Susi says:

    Baeqlah. Saya tersanjung karena jadi yang kelima.
    Blog yang digarap dengan bahasa kocak perlu sering dikunjungi agar bisa kembali ceria. Saya penasaran apa yang dikatakan HRD tntang pegawainya, asal jangan aib saja.

  8. naniekoe says:

    Dari 4 blog yg direkomendasikan, ku hanya tau blog mbot 😁 itupun dulu banget berkunjungnya sekarang ga oernah lagi.

    Makasih rekomendasinya mbak, sudah masuk catatan akan dibaca satu per satu

  9. Aisyah dian says:

    Thankyou recomendasinya mbak, habis ini mau kunjungi satu-satu ah. Biar dapat inspirasi dari blog lain. Hihihi trus buka home recomedasi ke lima ahahaha masih jauh panggang dari api

  10. Ghina says:

    Hallo mbak rahma, ih ini list blognya kok aku nggak tahu nih. Kurang jauh nih mainnya yaa. Aku buka satu-satu kmrn dan emang tulisannya bagus-bagus. Makasih ya untuk list blognyaa. Jadi punya referensi bacaan blog baru nih

  11. halochichie says:

    Aku paling demen nih blog nomer 5 “Blog Kamuuuuuu” hehehheee… Btw aku jadi penasaran pengan baca 4 blog sebelumnya itu deh, karena memang belum pernah mampir kesana.

  12. Damar Aisyah says:

    Auto googling blog ini Lifeessentially.net. Bagus emang. Enak dibacanya karena emang ngalir banget. Btw bukanbocahbaisa ini yo renyah lho, Mbak. Kemriyuk. Aku seringnya mringis sendiri kalau baca blog-mu. Konsistensinya luar biasa. Salut padamu.

  13. Nurul Sufitri says:

    Wah, blog2 orang keren semua itu ya mbak. Kapan2 aku mau baca ah siapa tau menginspirasiku dala kehidupan, Aku mau mampir ah ntar pas lagi santai. TFS ya mbak. Yang kocak2 perlu…yg serius juga perlu.

  14. Ruli Retno Mawarni says:

    Ah mbak, setelah baca blogger2 keceh di atas itu aku auto minder, tapi akhirnya bersemangat lagi setelah liat poin 5. Jadi pengen berkarya lebih asik lagi utk dibaca orang

  15. Aprillia Ekasari says:

    Asyeek blogku termasuk wkwkwkk ge er
    Ini gara2 postingan ini aku jadi difolbek sama Mas Mbot, makasih lho huwakakaak 😀
    Kalau 3 blog lainnya blm pernah ku baca kyknya, ntr ku mampir ah.
    Aku kangen baca2 blog personal, skrng kebanyakan isinya sponsred hehe

  16. Aqmarina says:

    Wah aku suka relomendasinya mbak!! 😍jadi pengen kepo semua blog yang udah mbak rekomendasikan hehe! Terima kasih mbak! Top markotop hehe

    Oiya, duh rekomendasi nomor 5 haha, nice surprise haha😂💕

  17. niaharyanto says:

    Wah, aku belom pernah baca deh tulisan-tulisan dari 4 blog yang disebutkan di atas. Mampir ah, kepengen juga bisa melatih critical thinking-ku. Dan iya, setuju banget deh quote: Sebuah tulisan semestinya menjadi kapak bagi laut beku di dalam diri kita. Duh, aku jadi kepengen mengobrak-abrik hatiku sendiri jadinya.

  18. hidayahsulistyowati says:

    Blog nya Mbot aku pernah beberapa kali baca, menarik memang. Aku langsung jleb saat baca asal posting, tapi jadi tesanjung di list ke-5, wkwkwkk…. Iyaa ya kudu dikhususkan waktu buat nulis yang nggak receh. Tapi ntar takutnya malah gak jadi update, curhaaat, hahahaa

  19. lendyagasshi says:

    Aku pikir kak Nurul bakalan menuliskan blog bukanbocahbiasa (dot) com.
    Ternyata blog masing-masing…iiihh…((bersemu merah))
    Semoga semakin banyak refrensi bacaan, kita akan semakin kaya.

  20. nadsabila says:

    Waahh dapet ilmu baru, sebagai content writer yang baru bener2 terjun ke dunia artikel beserta deadlinenya… hihi. By the way pengantar soal artikel yang ‘kurang bernyawa’ karena DL, itu nyentil juga 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s