Apa Nostalgi(l)a Upacara Bendera?

Tadinya enggak berencana posting tentang HUT Indonesia. Tapi, jadi kepikiran untuk nulis, karena oh karenaa…. di kantor aku ada upacara, guyss!

Setelah kurleb 3 tahunan mengais rezeki di mari, eh, baru kali ini loh, ada Upacara Bendera. Namapun pemalas akut ya, aku tentu saja ngerasa yang, “DAAAANGG! Waktunya males-malesan di rumah euy. Kok malah disuruh bangun untuk kumpul di kantor jam 6 pagi. Hadeh, hadeh, hadeh.”

Apalagi, semalam ada malam tasyakuran di kampung gitu, kan. Walhasil, subuh tadi, eikeh masih yang ngantuk to the max. BawaannyaΒ ogah move on dari kasur. Mana Sidqi juga syusyaaah banget dibangunin. Ya wis. Akhirnya, sambil merem melek, eikeh berangkat dah ke kantor.

Subhanallah… Ternyata temen2 udah pada stand by di mari loh. Gilingan, semangat banget yak, mereka berupacara ria. Demi ngeliat bolo plek yang udah berjajar rapih, eikeh pun jadi ikutan SEMANGAT!!

UPACARA

UPACARA-2

UPACARA-3

UPACARA-4

Apalagi, pas bendera dinaikkan tuh, trus lagu “INDONESIA RAYA” berkumandang, masya Allah…aku ikutan nyanyi jugak! Sekalian bernostalgia dengan momen-momen upacara jaman SMP dan SMA… Dimana, biasanya niiih, yang jadi pengibar bendera adalah kakak kelas yang kece beraaats! Wakakakka.

Iya looo.. aku duluuu zaman mudanya, demen banget ama yang namanya upacara. Baris duluan deh. Ambil posisi favorit, enggak terlalu depan, enggak terlalu belakang, Jadi acara ngecengin kakak kelas bisa lancar jaya πŸ™‚

Astaghfirullaaah… Istighfar maaak πŸ™‚

Beneran niiih. Jadi kebawa ‘nostalgia upacara zaman dulu’ hahaha. Kalo kelasku yang ditunjuk jadi petugas upacara, makaaa…. aku selalu minta jadi petugas pembaca UUD! Hahaha. Kesempatan buat ngeksis booo πŸ™‚

Ya ampyuuun, ini kenapa kok malah ngebahas masa lalu siih?

Kalo yang pas aku ngantor di pabrik rokok ntuh, mekanisme upacaranya adalah, ada perwakilan dari masing-masing divisi. Karena aku (waktu itu) termasuk yang paling muda, jadi sering ketiban sampur buat mewakili divisi PR.

Agak gondok-gondok gimanaaaa gitu sih… Tapii, terbayarkan sudah rasa males jayaku ituuuh, karena para perwakilan yang upacara dikasih PAYUNG gratisan dari panitia upacara! Yipppiii!!!

Kalo kamu, memori upacara apa yang terkenang sampai sekarang?

Advertisements

33 comments

  1. rita asmaraningsih · August 17, 2015

    Dulu…waktu aku masih diwajibkan upacara 17-an memakai pakaian PDUB berwarna putih (Pakaian Dinas Upacara Besar)…rasanya gimana gitu…ada rasa bangga bisa ikut upacara mengenang detik2 proklamasi… Merinding ketika menyayikan lagu indonesia Raya.. Terbayang dulu itu ketika jaman perjuangan hingga merah putih berkibar tgl 17 Agustus 1945 sesuatu yang penuh perjuangan meraih kemerdekaan..

    • bukanbocahbiasa · August 17, 2015

      Benerrr ya mak. Iyaaa, pas nyanyi Indonesia Raya, sensasinya luar biasa πŸ™‚

  2. Emaknya Benjamin br. Silaen · August 17, 2015

    Memori yg masih saya kenang, pernah hampir pingsan saat upacara bendera. Sangking lama berdiri, panas pula, jadi saya merasakan bintang berkeliling dikepala saya. Untung bisa jongkok sebentar ga sampai pingsan beneran hehe.

    • bukanbocahbiasa · August 18, 2015

      Duuuh, emang mbaaak. Kemarin pas upacara di kantor ada TIGA yang pengsan πŸ™‚
      Satu di antaranya laki-laki.
      Surabaya makin panassss mbaak

  3. Febriyan Lukito · August 17, 2015

    Apa ya Mbak nostalgila nya saya? *mikir*

    Kayaknya sih lebih ke nungguin detik2 pengibaran dan penurunan buat tugas sekolah. Hahaha. Skrg masih gak ya?

    • bukanbocahbiasa · August 18, 2015

      Entahlah Ryan.
      Kalo anakku karena doi masih kelas 3 SD belum ikut upacara di sekolah siy

  4. dani · August 17, 2015

    Selalu merinding setiap lagu Indonesia Raya berkumandang tapi mengumpat kapan selesainya pas giliran amanat pembina upacara. Ngomooong terus. Apalagi dulu jaman di Mandiri yang BUMN dan harus ikut upacara yang mana itu amanat ngebacain pidato mulai dari presiden sampe gubernur BI. Huahahaha

    • bukanbocahbiasa · August 18, 2015

      Haduuuh, kemeeeng kabeh iku Daaan πŸ™‚

      Aku juga paling sebel kalo pembina upacara ngomong kemana2 enggak jelas poinnya apa. Kagak tahu kalo kaki kita udah kesemutan πŸ™‚

  5. Dwi Puspita · August 18, 2015

    belum pernah jadi pengibar bendera mbak..cuma bagian baca UUD ama pancasila doang..hahahha

    • bukanbocahbiasa · August 18, 2015

      Pas SMP, aku pernah yang bagian bawa bendera kuwi mbak.
      Tapi enggak bisa kalo disuruh ngibarin hihihi *cemen*

  6. Windi Siregar · August 18, 2015

    Hahahahaha… aku dulu seringnya jadi pembaca UUD ama Pancasila. Jadi dirijen juga pernah sekali. Pengen jadi pengibar bendera, tapi apa daya tinggi badan tidak memungkinkan :))

    • bukanbocahbiasa · August 18, 2015

      Kayaknya kalo pengibar bendera lokal SMP/SMA gapapa deh mbaaak, tinggi badan enggak terlalu menjulang.
      Yang penting, tampang kece dan dirimu udah memenuhi syarat πŸ™‚

  7. Lidya · August 18, 2015

    gak ada memori upacara kalau aku πŸ™‚

    • bukanbocahbiasa · August 18, 2015

      Mosok tho Mak Lid?
      Hihihi. Walopun memori yang ngeselin, ngebetein, njengkeliiin gitu?

  8. ira nuraini · August 18, 2015

    anak sekolah sekarang masih rutin upacara tiap senin ga ya..? kalo anak sekolah jaman dulu kan sampe apal di luar kepala itu UUD45…

    • bukanbocahbiasa · August 18, 2015

      Entahlah mak. Semoga masih rutin dong ya. Benerrrr bangetss, kemarin aja pas UUD 45 dibacain, aku ikutan komat/i –> langganan baca UUD zaman sekolah dulu πŸ™‚

  9. nyonyasepatu · August 18, 2015

    bawa bendera dong πŸ™‚
    Dan pernah itu petugas benderanya kebalik pasang benderanya haha

    • bukanbocahbiasa · August 18, 2015

      Yang pas kebalik pas Mbak Noni bertugas atau orang lain? Hihihi…. pasti seluruh peserta upacara ngikik dong yaaa…
      Petugasnya pucet pasi 😦

  10. Akbar Maulana · August 18, 2015

    hahaha kalau aku selalu bernostalgia jadi tim pemandu suaranya bang hehehe

  11. affandie · August 18, 2015

    Ngecengin kaka kelas? wkwkwkwkwk.. siaapakah itu?

  12. dWi [nining] (@Ki_seKi) · August 18, 2015

    astaghfirullah, memori upacara yg akan selalu aku ingat sepanjang hayatkuuuu adalah *jengjengjeeeeng* aku ngompol di tengah lapangan, trus pura2 pingsan buat lari..lari dari kenyataaan berharap* T_T

    alhamdullillah teman2ku kok ya berhati malaikat semuaaa, besoknya nggak ada loh yg ngebahas kejadian itu, satu orang pun hihihihi

    • bukanbocahbiasa · August 18, 2015

      Ini komen tercethaaaarrr nih mbaaa, hyahahaha… O jadi gitu ya? Yang pingsan itu boleh jadi pengin escape from reality aja?
      Sakjane mereka enggak pingsan beneran gitu yak? πŸ˜›

  13. kekekenanga · August 18, 2015

    hahaha.. aku upacara di kantor hari selasa tanggal 18 nya Mba (hari ini)
    jadi kemaren masih bisa bangun ciang πŸ˜€

    Memori upacara mah waktu SMP, pas lagi mengheningkan cipta aku becanda trus nggak bisa tahan ketawa, jadinya ngakak ditengah2 keheningan lapangan wkwkkw..

    jadi deh di setrap disuruh hormat bendera 😦

    • bukanbocahbiasa · August 19, 2015

      Nutrifood kereeen yo mbaaak!

      Hihihi, umur2 SMP-SMA emang seruu kalo udah rumpiiii ama temen2 cewek πŸ™‚

  14. kekekenanga · August 18, 2015

    Oiyaa… satu lagi selain jadi dirigen paduan suara *awas jangan salah baca jadi jirigen”
    aku juga pernah loh jadi pemimpin upacara hahahaa… perkasa banget nggak tuh πŸ˜€

    • bukanbocahbiasa · August 19, 2015

      KEPADA PEMBINA UPACARA, HORMAAAAAAT GRAAAKKK!!

      Suaramu membahana badaiii geledeeek gitu mbaaak? πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

      • kekekenanga · August 19, 2015

        hahahaa iya Mba.. gegara anak2 cowo dijaman ku itu pada pemalu wkwkwkkk

  15. Fahmi (catperku) · August 19, 2015

    glek, udah lupa kapan terakhir ikutan upacara bendera~~ -,-“

  16. cK · August 23, 2015

    Pas SMA daftar jadi PMR jadi bisa berdori di belakang dan gak perlu pake topi (tujuannya dangkal banget).

  17. alrisblog · August 23, 2015

    Terakhir upacara 17 Agustus ketika masih pakai pakaian putih abu2. Udah lama banget. Momen yang gak terlupakan saat ada yang kentut kencang banget waktu mengheningkan cipta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s