Jangan Sampai Kekurangan Zat Besi! Ada Maltofer nih, Rasa Cokelat Swiss yang Enak Banget

Aku tuh emang orangnya pelor yak, nempel langsung molor, alias gampang banget bobok bin ngantukan 😀 Di satu sisi, rasanya bersyukur banget, karena itu artinya aku gampiiiill bobok dalam situasi dan kondisi apapun, haha.

Akan tetapi…. belakangan ini, entahlah, rasanya sindroma gampang ngantukan ini semakin menjadi-jadi. Hufftt!! Apa aku malnutrisi yak? Kekurangan zat besi, gitu? (eh iya, walopun gemuk bukan berarti tubuh banyak nutrisi lho. Soale, bisa aja selama ini yang aku konsumsi justru menu-menu yang tidak bergizi alias junk food *sigh* :P)

Ndilalah, aku diajak mba Fika Anaira dan mba Ika Puspita untuk datang ke event Maltofer Indonesia Woman Community, so happy and grateful, semoga semoga semogaaaaa aku bakal dapat banyak pencerahan setelah ikutan acara ini.

Maltofer-2

***

Acaranya berlangsung Sabtu (6/4) di Hotel Grand Darmo Surabaya. Super rameee dan meriah, karena selain bloger, hadir juga emak-emak kece yang tergabung di komunitas EPING alias Exclusive Pumping Surabaya. Pada ngajak  bocil niih, duh kalo lihat ginian jadi inget memori pas hamidun belasan tahun silam, ahahahah.

Masih inget banget nih, ketika hamil Sidqi tahun 2006, aku kan rajin kontrol ke dokter SpOG. Saban pulang kontrol selalu tuh diresepin aneka suplemen, yang paling aku ingat adalah suplemen zat besi. Dokter kandunganku wanti-wanti banget, “Kudu diminum lho Bu, suplemen zat besinya, jangan sampai ibu hamil kekurangan zat besi, karena bisa bahaya untuk janin.”

Ya udah dong… aku patuh sama nasihat bapak dokter. Setelah kuminum… blaaahhh, rasanya kenapa gini amat yaaak? Hadeeehh, kayak ada “zat (beraroma) besi” yang nyangkut di kerongkongan gitu, cuyy! Apalagi kalau lagi sendawa, hadeeeehhhhh

Untunglah, sekarang ada MALTOFER yeaaayyyy *tebar confetti* Aku coba dooong, suplemen Maltofer yang surprisingly bisa langsung diemut kayak permen gitu, asik asiiik. Begitu masuk mulut, nyiaaauuwww, ini siiihh ENAAAKK BANGEETT! Beneran kayak ngemut cokelat Swiss!

Jadi gaes, Maltofer adalah suplemen zat besi. Fungsi utamanya untuk kalangan yang mengalami defisiensi/kekurangan zat besi laten dan anemia (gejala defisiensi zat besi)

Maltofer juga bisa dimanfaatkan untuk pencegahan defisiensi zat besi dan asam folat pada masa sebelum, selama dan setelah masa kehamilan serta selama masa menyusui.

Udah rasanya enak, manfaatnya segabruk… Yang terpenting, Maltofer ini diproduksi oleh Combiphar! Tahu dong kalau Combiphar adalah perusahaan consumer healthcare modern terkemuka di Indonesia.

Maltofer dapat dikonsumsi bersamaan dengan makanan maupun obat-obatan dan dapat dikonsumsi dari segala usia (bayi baru lahir maupun ibu hamil. Maltofer tidak memberikan luka lambung apabila dikonsumsi dalam jangka waktu lama. Daaaaan, yang paling bikin hepiiii, rasa coklat Swiss-nya itu lhooo… Aku jadi semangat banget mengonsumsi Maltofer!

 

 

***

Di acara ini, semua peserta juga berkesempatan uji kadar hemoglobin (Hb).

Ukuran score Hb normal ini tergantung usia dan jenis kelamin. Pada wanita dewasa di atas usia 18 tahun, kadar hemoglobin normal yaitu 12 sampai 15 g/dl. Kemudian, untuk pria dewasa diatas usia 18 tahun, kadar hemoglobin normal yaitu 13 sampai 17 g/dl.

Ketika kondisi hemoglobin seseorang lebih tinggi atau lebih rendah daripada jumlah normal, dapat menjadi tanda adanya gangguan kesehatan. Lantas apa hubungannya hemoglobin dengan zat besi? Hemoglobin adalah metaloprotein (protein yang mengandung zat besi) di dalam sel darah merah yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Maltofer

Daaaann, persis seperti dugaanku. Score kandungan zat besi dalam tubuhku tuh minus 😦 😦

Howaaaaaa, kudu rajin konsumsi Maltofer niih, supaya sehat paripurna senantiasa.

***

Lanjuuut ke acara inti, yaitu talk show Bersama dokter Taufiqur Rahman, SpA. Temanya: Peran Penting Zat Besi dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

 Aku menyimak semua pemaparan dokter Taufiqur Rahman, SpA. Kamu bisa follow IG nya di @info_pediatri yak. Dokternya baiiiikk banget, menceritakan tentang serba-serbi zat besi. Penting buat wanita (baik hamil maupun nggak), dan tentu saja zat besi sangat sangat sangaaaaattt penting untuk 1000 hari kehidupan pertama.

 

Pentingnya Zat Besi Bagi Ibu Hamil

1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) sangat penting untuk tumbuh kembang anak terutama perkembangan otak yang normal. Karena nutrisi ibu sangat berperan penting dalam 1000 HPK dan kondisi kurang gizi pada 1000 HPK tidak bisa diperbaiki di masa kehidupan selanjutnya. Kekurangan zat besi pada ibu mempengaruhi status zat besi dan perkembangan otak pada janin, serta memungkinkan terjadinya peningkatan resiko defisiensi besi dan perubahan perilaku bayi. Oleh karenanya, zat besi penting bagi ibu hamil.

IMG_5453

Dampak dari anemia defisiensi besi pada kehamilan

 Selama kehamilan, kebutuhan penyerapan zat besi akan meningkat secara signifikan. Peningkatan kebutuhan akan zat besi terjadi hampir 10x lipat pada kehamilan trimester ketiga. Biasanya makanan dengan kandungan kaya zat besi saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan zat besi selama kehamilan. Defisiensi zat besi terjadi hingga 40% pada ibu hamil di trimester ketiga. Mayoritas wanita hamil dengan anemia dikarenakan kekurangan zat besi.

Karena efek dari anemia yang paling merugikan adalah terhadap perkembangan otak pada bayi yang sifatnya akan permanen, diantaranya :

  • penurunan IQ dan kemampuan akademis di sekolah,
  • fungsi motorik yang buruk,
  • gangguan perilaku sosio-emosional,
  • penurunan perkembangan otak akan bersifat permanen sampai remaja.

Jadiii ibu-ibu dan parents semuanyaaaa, jangan sampai kekurangan zat besi yaaaa, baik untuk anak-anak maupun kita semua.

Maltofer tersedia dalam 4 pilihan yaitu :

1. Maltofer Fol, yang diperkaya dengan asam folat untuk ibu hamil.

2. Maltofer Chew, berupa tablet kunyah IPC pertama di Indonesia untuk segala usia

3. Maltofer Syrup, berupa kemasan sirup isi 150 ml dengan kandungan 1 mL=10 mg Fe untuk anak dan dewasa

4. Maltofer Drops, berupa kemasan tetes isi 30 ml untuk bayi dan anak

Untuk mendapatkan info lengkap tentang produk maupun konsultasi, bunda bisa mengikuti media sosial Maltofer yaitu :

Website : www.maltofer.combiphar.com

Facebook : Maltofer Indonesia

Instagram : @maltoferid

 

 

Advertisements

43 thoughts on “Jangan Sampai Kekurangan Zat Besi! Ada Maltofer nih, Rasa Cokelat Swiss yang Enak Banget

  1. yuniarinukti says:

    Aku baru ngerti kalo anemia itu pengaruh kekurangan zat besi. Selama ini anemia ya anemia aja. Harus makan banyak rempelo hati. Ngikutin apa kata orang tua deh, disuruh makan hati, makan, kunyah, telan. Yang penting sabar aja ya. Jangan terlalu diambil hati hehe

  2. mamaci says:

    anakku juga dari 6 bulan dikasih maltofer drop. Alhamdulillah doyan banget, malah heran dia selalu mangap-mangap minta nambah. Naaah kalau lagi menstruasi, aku juga biasanya minum zat besi (seringnya nyicip yg anakku ini) hahaha rasanya gitu yaaa kaya mocca. Kalau ada yg kunyah dan enak gini kaaan aku ingin cobaa ah, makasih loh infonya mbak 😁

  3. Syarifani Mulyana says:

    Ternyata gampang ngantukan bisa ada indikasi kekurangan zat besi ya.
    Bener banget suplemen zat besi rata rata emang ada rasa besinya gitu, beda sama Maltofer ini. Aku kok jadi penasaran sama tablet hisapnya Maltofer ini. Kaya ngemut permen cokelat gitu ya.

  4. giftalvina says:

    Saat hamil, dokterku juga meresepkan maltofer untuk menambah zat besi, apalagi HBku rendah, meski demikian untuk kasusku saat itu mau ngga mau sudah harus infus venofer karena HBnya hanya 6 hehe.

  5. Eta Rahayu says:

    Wah bisa sampe minus ya mbak zat besi dalam tubuh? Baru tahu aku kalo bisa minus gitu. mumpung masih muda kudu banyak zat besi nih aku biar strong menghadapi hidup hehehe makasih tips buat minum penambah zat besinya mbaaak

  6. fainun says:

    Waktu hamil dulu, fokterku juga ngeresepin ini.. Apalagi emang hbku biasa rendah.. Sekarang varian maltofer makin banyak ya, anak-anak juga bisa senang dikasih yang chewy

  7. Travlingku says:

    Maltofer dengan rasa cokelat untuk membantu yang kekurangan zat besi.. Ini berasa kayak makan cokelat tapi untuk multivitamin gitu ya? Senengnya, saya suka sebel kalau disuruh minum penambah zat besi, karena enggak enak. Tapi kalau rasa cokelat begini mah saya doyan.

    Terus diproduksi oleh Combiphar yang sudah jelas, jadi makin yakin nih, kalau kurang zat besi minum maltofer saja.

  8. widyanti yuliandari says:

    Haha…aku ingat rasanya. Dulu langganan anemia sih. Apalagi suplemen yg segede-gede gaban itu Kak. mana kalau hamidun kadang morning sick kan. Duhhh…disuruh nelan suplemen segede itu dg aroma gak enak, sungguh derita banget. Pinter nih yg bikin maltofer.

  9. Shiva says:

    Aih, aku jadi inget waktu anakku diminta terapi zat besi selama 3 bulan. Haduh, lumayan susah memotivasinya supaya mau minum zat besi sirup. Wah, kalau sekarang ada rasa cokelatnya bisa-bisa dia minta nambah terus.

  10. Eni Martini says:

    Bahaya ya kekurangan zat besi, bumil dan busui kadang riskan nih karena asupannya terbagi dua. Alhamdullilah, aku aware sejak awal jadi aman, tapi mau nih kalau ada cokelat yang bermanfaat untuk asu[an zat besi..enak

  11. Dedew says:

    Wah baru tahu ya kalau tukang ngantuk bisa karena kekurangan zat besi, duh jangan-jangan eykeh ni. Kemarin pas di Semarang acaranya ngga bisa ikutan

  12. niaharyanto says:

    Iya nih, yang rasa cokelat kayaknya anak-anakku suka deh. Dan kalo buat aku, kayaknya kudu nyoba juga Maltofer ini. Gangguan BAB kalo minum suplemen yang biasa anoyying banget. Semoga yang ini enggak

  13. aswindautari says:

    Waktu hamil dulu pernah kekurangan zat besi. Pernah gempur minum penambah zat besi tp kok rada gak enak ya.. Asik banget nih inovasinya… Coklat yg ada zat besinya. Mau donk.. Kalo gini kan enak dilidah n enak di kesehatan hehe

  14. Zefy Arlinda says:

    sayang ya kalau kita tidak peduli dengan zat besi di badan kita, apalagi untuk bumil dan bayi, penting banget kan. apalagi kalau rasanya sama dengan cokelat swiss, asikkkkkkk

  15. Munasyaroh says:

    Di acara tersebut sempat incip Maltofer, sempat merasa gimana gitu karena pada dasarnya gak suka obat, tapi akhirnya setelah tau rasanya coklat jadi pengen nambah lagi

  16. Aprillia Ekasari says:

    Oh ini kmrn temenku nanya, siapa yang posting di FB obat penabah darah/ zat besi yang kyk coklat rasanya. Ternyata maltofer ini ya…
    AKu blm nemu di apotek sini, coba bsok kalau ke Jkt aku coba cari.

  17. Ria Fasha says:

    Nah aku waktu hamil juga di wanti wanti banget ama bidan untuk selalu minum penambah darah setiap hari sejak awal hamil hingga menyusui. Ini selain bikin kita fit juga bagus untuk calon debay

  18. lendyagasshi says:

    Oh…salah satu ciri kekurangan zat besi adalah gampang ngantuk yaa..?
    Huhuu~
    Aku juga pelot banget..

    Makanya kalo ada kerjaan, lebih baik jangan deket-deket kasur dulu…nanti blek sek..

  19. Rahmah Chemist says:

    Kalau lihat kemasannya sepertinya enak nih Maltofer
    Maklum saya suka eneg duluan sama obat
    Bismillah saya coba…

Leave a Reply to fridawibowo2017rida Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s