Jadi “Monster” Pas Berhaji

Sejak 2010, postingan ini udah ada di compie dan blog multiply (yang sudah rest in peace). Yup, artikel ini saya tulis beberapa saat setelah saya pulang haji. Gara-gara baca blog ini plus dapat tags dari jeung ini, saya tampilkan di blog dah. jadi, critanya ini mengenang “tulisan di masa dulu”. Nah, di postingan berikutnya, akan saya tulis “tulisan masa sekarang”. Cekidot 🙂

Nggak banyak orang Indonesia yang berangkat haji di usia muda. Padahal, haji adalah Ibadah Fisik banget! Bayangin aja, selama Haji, kita kudu ngelakoni Thowaf (muterin bangunan Ka’bah selama 7 putaran), plus sa’i (jalan cepat antara bukit Shofa dan Marwah) juga selama 7 kali. Bangunan Masjidil Haram yang luas banget itu, juga kudu ditempuh dengan berjalan kaki. Kebayang kalo yang harus ngejabanin itu semua adalah nenek-nenek berusia 70-an tahun, lumayan bikin encok rematik jadi kumat bukan?

Syukurlah, saya diberi kesempatan oleh Tuhan untuk berhaji di usia yang masih lumayan “pagi”: 29 tahun. Walaupun bobot bodi saya lumayan bikin ngos-ngosan—berat saya 69 kg dengan tinggi badan 155 cm, tapi, saya kan masih muda banget jadi saya optimis dan super-pede dengan perjalanan Haji pertama saya ini.

Image

Ya Allah… pengin ke sini lagiiii….

 

Ternyata, di Mekkah, saya kudu nginep di maktab (penginapan) di kawasan Syisya yang berjarak sekitar 6 kilo dari Masjidil Haram. Untungnya, gara-gara lokasi yang cukup jauh, saya dapat cash back dari pemerintah RI senilai 700 reyal. Selain itu, untuk menjangkau Masjidil Haram cukup naik bus Saptco 2 kali, dengan rute: Syisya-Terminal Mahbaz Jin, lalu ganti bus lagi, dengan jurusan Terminal Mahbaz Jin-Masjidil Haram. Busnya gratis pula. Jadi, pemerintah Indonesia menyiapkan sejumlah armada bus dengan rute yang disesuaikan berdasarkan lokasi maktab. Karena maktab saya bernomor 203, maka saya kudu naik bus nomor 2, jurusan Syisya. Nah, di Syisya itu bercokollah ribuan umat manusia yang juga pengin naik bus gratisan dengan destinasi yang sama: Masjidil Haram. Namanya aja bus gratisan, butuh perjuangan ekstra untuk bisa nangkring manis di dalam bus, baik dalam perjalanan dari maktab ke Masjidil Haram, maupun sebaliknya.

Apa aja kendalanya? Tentu perkara antre. Untuk bisa nangkring manis di dalam bus, kita musti baris-berbaris di sekujur line yang disediakan petugas haji di kawasan Bab Ali (pintu Ali) di Masjidil Haram. Antrinya bak ular naga panjangnya bukan kepalang! Tapi namanya manusia itu susaaahh banget diatur. Ternyata selama di Arab Saudi, beberapa dari kita justru menjelma menjadi “Monster”. Meski sama Pak Ustadz bolak-balik diceramahin bahwa kita kudu melatih kesabaran selama Berhaji, wew, ternyata slogan “Orang Sabar Disayang Tuhan” kagak berlaku manakala kita antre bus.

Pernah tuh, saya antre dengan rapih-jali, tiba-tiba seorang manusia slonong boy di sebelah saya, ia dengan cueknya nyerobot! Sabar, sabar Bu Haji… saya cuman bisa membatin. Eeh beberapa detik setelah itu, muncul segambreng manusia yang nyerobot juga. Terang aja, kami yang udah hampir mati berdiri saking lamanya antre, langsung muntab. “Woooiii… antre woooiii!”, kami pun koor neriakin si tukang serobot. Entah pura-pura budeg atau emang budeg beneran, tuh orang kagak ngeh dan nggak meduliin teriakan kita. Langsung aja saya samperin mereka, “Pak, antre tuh baris ke belakang, bukan baris ke samping. Di sekolah pernah ikut upacara bendera gak seh?”

Lain waktu, ada nenek-nenek yang ngantri di belakang saya. Hmm, enak nih, kalo nenek-nenek biasanya sopan. Lah, ternyata dugaan saya meleset! Biar kata nenek-nenek, dia tetep dengan pedenya dorongin badan saya yang segede gaban ini. Saya pun nyolot, “Rese deh! Nek, saya tuh bisa jalan sendiri, nggak usah didorong-dorong kenapa?”. Dan dengan manisnya, tu nenek malah melengos.

Setelah antre-mengantre yang super ngeselin itu, kami menanti detik-detik yang menegangkan untuk keluar dari Bab Ali. Jadi, para petugas itu membentengi kami yang lagi ngantre ini dengan sebingkai rantai. Manakala rantai penghalang itu dibuka…. Gruduuuuggg, para jamaah haji ini lepas begitu saja, kayak kuda dikeluarin dari kandangnya! Lalu, kita musti dorong sana-dorong sini, demi mendapatkan posisi wenak di dalam bus. “Kalo lo pengin dapat tempat duduk di bus, maka lo kudu agresif!” gitu kata salah satu temen sekamar saya. Jadilah, sikut sana, sikut sini sambil lari-lari ngejar bus.

Image

Nah loooo, gue berdiri kan di Bus Saptco! Kepaksa nyengir euy 🙂

 

Dapat kursi di dalam bus bagaikan secuil surga yang dilemparkan Tuhan ke muka bumi. Jadilah, kalo pas lagi hoki dan dapat tempat duduk, saya merem-meremin sekujur indra penglihatan, dan pura-pura bego ajalah, biarpun ada jamaah lain yang meminta belas kasihan untuk ikutan numpang duduk. Tapi, kadang, suka terbersit perasaan pengin nolong juga, apalagi kalau yang pasang tampang ‘melas jaya’ itu adalah nenek-nenek yang kliatan lemes banget gara-gara kurang oksigen pas antre di Bab Ali.

Belum lagi kalau kebetulan kita satu bus dengan jamaah dari negara lain, misalnya Turki atau Iran yang badannya segede alaihim. Tenaganya jos markojosss! Jangan coba-coba sikut-sikutan ama mereka, dijamin kita bakal dikepret.  Pernah nih, saya coba berusaha “asertif” dengan tetep keukeuh ambil giliran saya untuk naik bus. Apa yang terjadi kemudian? Saya disikut, plus dapat bonus lirikan tajam yang seolah-olah mengatakan, “Apaan lo? Orang Indonesia bodi kontet kayak gitu mau coba-coba lawan gue?”

Eniwei, justru suka-duka selama antre bus yang kayak ular naga panjangnya; sikut-sikutan antar jamaah; dan watak asli kita yang keluar selama di sana, adalah hiburan yang lumayan memorable selama saya berhaji. Kalau udah kumat betenya gara-gara capek antre dan lari-lari kejar bus, saya coba alihkan dengan ngobrol bareng mas-mas Temus alias Tenaga Musiman, yang jadi petugas transportasi di Arab Saudi. Mas-mas ini adalah orang Indonesia, kebanyakan mahasiswa Al-Azhar University, Kairo, Mesir, yang memanfaatkan libur kuliahnya dengan cari ceperan di Arab. Lumayan enak diajakin ngobrol, bahkan saya kerap diajarin beberapa kosakata Bahasa Arab. Maklum, sopir bus gratisan itu kebanyakan orang Sudan yang ga bisa berbahasa Inggris. Efek positifnya bisa ditebak.  Saya gak perlu bingung-bingung manakala nyuruh sopir bus buat berhenti di depan maktab. Bonusnya adalah, tatapan mata kagum dari penumpang lainnya, “Wah, ternyata mbak ini bisa bahasa Arab tho? Lulusan pesantren mana yak? Pasti dia hafal Quran juga.” Hehehe… saya pun turun dari bis dan melenggang dengan jumawa.(*)

Advertisements

17 comments

  1. Pingback: Hajiku, Hajimu, Haji Kita | bukanbocahbiasa
  2. Pingback: [Tags by Okke - Sepatu Merah] Posting Blog – Lain Dulu Lain Sekarang | bukanbocahbiasa
  3. irowati · November 21, 2013

    Pingin bgt pergi haji, tp mgkn blm wktx , dr tmn sy pd wkt disna, dia bercerita smua dimudahkn oleh Allah, dr naik bus sp lempar jumrah dsb,pdhl wkt itu dia bersama ibux yg sdh tua, dan ibux bercerita dg ceriax…alhamdulillah diberi kemdhan, pdhl kaki si ibu ini msh memakai pen kr pth tulang dan bbrp penyakit tua yg lain, tp alhamdulillah disna tak satupun penyakit yg kambuh..subhanallah…

    • bukanbocahbiasa · November 22, 2013

      Alhamdulillah Mbak, memang pertolongan Allah kerap datang tanpa kita sangka… insyaAllah, tahun depan semoga Allah mengundang kita untuk umroh Mbak… Aamiiiin….

  4. arifah wulansari · September 8, 2014

    Wah bersyukur bgt ya mak bs berhaji di usia muda. Doain aku juga bs segera nyusul naik haji di usia muda juga ya maksay…mumpung msh sehat dan kuat pgn bgt brkt haji, sayang rejeki blum mencukupi utk pergi kesana. Semoga Allah segera beri kemudahan utk brkt ke tanah suci ky mak nurul..amin^^

    • bukanbocahbiasa · September 8, 2014

      Amiiin, amiiin ya robbal alamiiin…
      Tips sederhana mak. Kalo ada tetangga/teman/sodara yang berangkat haji, nitip duit untuk sedekah mak. Terserah jumlahnya berapa.

      Duit ini bisa dialokasikan utk sedekah ke para cleaning service di Masjidil Haram. Atau, dibeliin Qur’an Wakaf, lalu minta tlg ditinggal di Masjid Haram. Atau, bisa juga untuk “duit jajan” jamaah haji sodara kita itu. Semacam itulah. InsyaAllah, “undangan Allah” segera datang buat kita yaa.. Amiiin….

  5. Nunung Yuni Anggraeni · September 8, 2014

    Subhanallah….ngiri….sudah haji di usia muda. Saya sudah mau kepala 4 belum haji juga. Masih nunggu antrian. Senangnya…semoga suatu saat nanti aku sampai sana juga ya…Aamiin..

    • bukanbocahbiasa · September 8, 2014

      Amiiin, amiiin… Udah daftar di Depag kan mak? InsyaAllah, kalau “undangan Allah” sudah datang, kapanpun kita bisa berangkat.

      Antrian itu kan hanya “urusan” manusia & para pegawai Depag.

      Kalau Allah mengizinkan, tidak ada yang mustahil 🙂

  6. Ika Koentjoro · September 8, 2014

    Alhamdulillah aku juga berkesempatan haji diusia muda mbak. Itupun udah kerasa capek banget ya. Nggak ngebayangin kalau yang udah sepuh2. Biar capek tetep seneng dan pengen lagi 🙂

    • bukanbocahbiasa · September 8, 2014

      “Undangan Allah” memang kerap datang tanpa kita sangka-sangka ya Mak.
      Ho’oh, ternyata segala kegiatan haji itu butuh fisik, mental dan tentu jiwa ikhlas yang seluas samudera.

      Yo’i mak, pengin bangeeet bisa ke Baitullah. Minimal umroh deh yaa

  7. bundasugi · September 8, 2014

    Subhanallah, Seneng ya mak yang udah berkesempatan ke Baitullah.
    Pingin juga dapet kesempatan, sebelum usia lanjut. Makin kemecer kalo ngebaca tulisan kayak gini. Makasih ya mak sharing pengalamannya. Semoga juga dimudahkan pula, cepet kesampaian ke sana. Amin.

    • bukanbocahbiasa · September 9, 2014

      Aamiiin, aamiiin… sama-sama saling mendoakan ya mak…

  8. Lusi · September 8, 2014

    Para ustadz selalu menganjurkan untuk berhaji di usia muda karena ini ibadah fisik. Manusia selalu pakai “tapi” termasuk saya heheheee…. Doain antrian siskohat saya lancar ya. Mau berdoa biar cepat nggak tega sama yg antrian diatas saya. Semoga kuotanya saja yang nambah :))

    • bukanbocahbiasa · September 9, 2014

      Siaaap, siaaap, semoga ALLAH memudahkan langkah Mak Lusi sekeluarga utk beribadah di Baitullah, dan menjadi Haji yang mabrur, amiiin…

  9. dWi (@Ki_seKi) · September 9, 2014

    aaaah emak ini, smoga yang belum ke rumah Allah disegerakan ya maaak…yang mau rumahNya lagi dimudahkan rejekinya jg.
    aamiin 🙂

  10. Pingback: Ajak Anak ke Museum Rokok, Yay or Nay? – bukan bocah biasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s