A to Z Mengapa Saya Masih Ngeblog (dan Sebaiknya Kamu Juga)

Selamat Hari Blogger Nasional!

Senang bangeett, hobi sekaligus profesi yang saya geluti selama lebih dari 10 tahun, punya Hari Spesial di Negara tercinta. Yap, spesifik Hari Blogger Nasional, lho. Bukan Hari Youtuber, Hari TikToker, atau Hari Kreator Konten.

Demi apaaaa, Bahagia bangett kan?

Bahagia saya makin meluap-luap, manakala menggoreskan random things yang langsung  berseliweran di batok kepala, mengapa saya BANGGA dan tetap menggeluti blogging things ini.

Cekidot ya Teman-teman 😀

A : Aku Ngeblog, Maka Aku Ada. Yap, terinspirasi dari quote “Cogito, ergo sum” aku berpikir, maka aku ada; boleh saya simpulkan bahwa ngeblog adalah sebuah jalan ninja, yang menunjukkan pada dunia, “Heiii! Ini lho aku, tulisanku, pendapat dan gagasan yang aku sampaikan via blog!” Intinya suara kita didengar. Tanpa barrier apapun.

B: Belajar Tiada Henti. Menjadi blogger, artinya kita nggak boleh puas dengan kondisi sekarang. Kudu mau upgrading skills, karena ilmu dan terminologi seputar blogging senantiasa berkembang pesat. Tapiii, kalau manteman misalnya ogah mengulik seputar DA, PA, DR, dll, ya nggak apa-apa. Tetep konsisten nulis biasa aja kan juga butuh belajar?

C : Cinta. Ahaaii! Melakoni sesuatu secara ajeg selama bertahun-tahun, pastinya butuh CINTA. Yap, cinta itulah yang membuat seorang (calon) ibu tidak keberatan menggotong janinnya ke sana ke mari selama 9 bulan 10 hari. Cinta yang membuat ayah bekerja keras demi menafkahi keluarga. Cinta pula yang menjadikan saya dan teman-teman tetap konsisten blogging.

D: Dedikasi. “Wah, enak ya, jadi blogger, Cuma nulis?” Wait! Simpan kalimat itu, kisanak. Blogger itu bukan “Cuma” nulis doang. Ada banyak dedikasi, pengorbanan, loyalitas yang harus tersalurkan dengan semestinya, manakala kita memutuskan untuk jadi blogger.

E : Enjoy ALL the process. Kok blogku traffic-ku segitu gitu doang ya? Kok nggak ada yang share blogpost-ku sih? Sabaar. Blog memang butuh kesabaran sedalam Danau Baikal. Maka dari itu, kita kudu ENJOY alias menikmati semua proses yang kudu dijalani. Pelajari dengan antusias, eksekusi hasil belajar kita, lakukan dengan enjoy!

F : Family, Friends, and Fun! Yappp, saya bersyukur dikelilingi keluarga, sahabat, dan hal-hal yang menyenangkan dalam hidup. Biasanya ini yang saya goreskan dalam blog. Yeah, ofkors, ada peristiwa pahit yang juga datang tanpa diundang. Kalaupun kudu terabadikan, maka saya memilih untuk mengulasnya dari Point of View yang berbeda. Anggap saja, ini pil pahit yang kudu saya telan sebagai obat, semoga teman-teman yang berkunjung ke blog bisa ambil pelajaran dari sana.

G : Good Cause. Dengan ngeblog, suara kita tersampaikan ke seluruh penjuru dunia! Manfaatkan ini untuk berbagi hal-hal yang baik. Isu yang mungkin terabaikan, bisa kita angkat dalam postingan blog, sekaligus meningkatkan awareness banyak orang. Ngeblog iya, dapat pahala jariyah, iya juga. Aamiiin!

H : Humble. Menjadi blogger, mengajarkan kita untuk selalu Humble. Rendah hati, terus berupaya menjadi insan yang baik luar dalam. Karena bagaimanapun juga, isi hati kita tertuang melalui tulisan. They say, bahwa teko hanya akan mengeluarkan isi di dalamnya.

I : Ide bertebaran dan harus kita tangkap! Mau nulis apalagi ya? Nggak ada ide, nih? Sering ngerasa stuck seperti itu? Tenanggg, Anda tidak sendirian 😀 Menjadi blogger memang butuh kepekaan, untuk menangkap ide, yang terbang ke sana ke mari, bagaikan laron di musim penghujan. Lagi-lagi, butuh sikap humble, enjoy the process, dan CINTA.

J : Jujur. Boleh-boleh aja seseorang ngeblog demi menyalurkan Hasrat Halu atau delusi. Lalu ia “mem-branding diri” sebagai anak konglomerat dengan gaya hidup yang WAH. Sekali, dua kali posting… mungkin masih bisa. Setelah itu?

Nah, poin yang ingin saya ungkapkan: JUJUR lah Ketika ngeblog. Jadilah diri sendiri, jangan pura-pura jadi seseorang yang sama sekali bukan Anda. Karena berbohong itu timbulkan multiplier effect. Satu kebohongan pasti diikuti kebohongan berikutnya. Susah kan kalau kudu bohong melulu?

K : Kreativitas. Creative is intelligent having fun! Demikian Albert Einstein pernah berujar. Yap, jelas terpampang nyata, bahwa untuk menjadi blogger dibutuhkan kreativitas. Bagaimana kita mampu berpikir ‘out of the box’ tapi eksekusinya teteup ‘inside the box’. Kreativitas sangat bisa dilatih. Sama seperti otot, ia akan berkembang manakala kita rajin berlatih (dan konsumsi nutrisi yang bagus buat otak)

L : Lifestyle, yap most of the time saya ngeblog tentang gaya hidup diri sendiri. Kadang meng-capture gaya hidup orang lain, dan men-jlentreh-kannya di blog. Mungkin buat beberapa orang, terkesan ‘nggak penting’, tapi oh well, bukankah dalam hidup definisi ‘penting nggak penting’ juga relatif?

M : Mood booster. Manakala saya bete/ngelangut/terpuruk, ada beberapa hal yang saya lakukan. Gelar sajadah, curhat pada Sang Maha. Kalo udah, saya buka postingan-postingan jadul, biasanya seputar pengalaman ajaib yang saya  dapatkan manakala konsisten blogging. Dan, heiiii…. Voila!! Tiba-tiba rasa mellow itu lenyaaapp begitu saja. Bergantikan bibir yang basah dengan ucapan ‘Hamdalah’ serta sayup-sayup terdengar petikan Surat ar-Rahman, “Nikmat Tuhan mana lagi yang kamu dustakan?”

Baca: Traveling ke Kantor Google di Amerika

N : Nulis aja dulu! Saya bingung kudu ngeblog dari mana dulu? Banyaaakk sohib-sohib yang curhat seperti ini. Oh, well, jawaban saya simple banget: Nulis aja dulu. Apa yang mau ditulis? Cerita Keseharian aja. Hari ini MAKAN apa aja. Ulas/ review menu yang dimakan. Atau, MASAK sendiri? Nah, ini malah makin sip. Tulis ingredients, cara membuat, tips dll nya.

O : Opini tersampaikan dengan baik. Ngeblog artinya menjadikan diri ini makin terorganisir. Makin piawai melatih kepekaan, menangkap ide, menyampaikan opini dengan gaya masing-masing. Gaya curcol alias curhat colongan? Boleh bangeettt! Justru banyak yang suka, karena pembaca seolah sedang diajak bicara.

P : Passionate dan Peka. Yap, selain bermodal CINTA dan segabruk hal yang saya sampaikan di abjad sebelumnya, kita kudu ngeblog dengan passionate. Bermodal passion yang kuat, tak ada yang berhak menghentikan laju blogging kita. Lagi-lagi, peka adalah kata kunci, agar kita bisa makin aware dengan sekitar. Lalu menuangkan dalam sebentuk postingan di blog. Coba cek kanan, kiri, sekeliling kamu. Kira-kira adakah hal menarik yang bisa jadi bahan tulisan?

Q : Quality vs quantity? Ada yang berprinsip “Gapapa ngeblog sebulan sekali, yang penting berkualitas”.

Ada juga yang mengusung pendapat, “Aku sih prefer ODOP (One Day One Posting) meskipun tulisan gitu-gitu aja, yang penting selalu update.”

Mana yang benar? Semua benar! Blogging itu bebaskeun wae lahh. Terserah mau pegang prinsip yang mana, yang penting ngeblog jalan terus!

R : Riset. Untuk bisa menghasilkan posting yang ‘bernyawa’ dibutuhkan riset ke banyak hal. Riset ke dalam diri sendiri, ngobrol dengan inner-self, menggali meaning dari peristiwa yang pernah kita alami. Yap, artikel kita juga akan mudah menemukan pembacanya, manakala ditulis dengan riset keyword yang paripurna!

S : Silaturahmi online. Sejak pandemic, saya sama sekali tidak pergi ke luar kota/ negeri. Dan itu artinya, (untuk sementara) saya tidak bisa hahahihi dengan saudara/kerabat/sahabat yang tinggal berjauhan. Alhamdulillah, kami tetap bisa keep in touch melalui blog! Tante saya kerap berkomentar, “Nduk, aku udah baca tulisanmu yang tentang itu lhoooo….”

T : Traveling ke destinasi yang tidak pernah terbayangkan. Menjadi blogger, artinya bersiap-siaplah dengan segambreng keajaiban dalam hidup. Termasuk, ngetrip ke berbagai penjuru Bumi. So far, saya bisa ngebolang ke Amerika Serikat, Arab Saudi, dan Thailand gegara ngeblog! GRATIS! Lagi-lagi, Nikmat Tuhan (dan nikmat ngeblog) manakah yang kamu dustakan?

U : Uang. Uang memang bukan segalanya, tapiii… segalanya butuh uang. Bahkan pipis di mall juga kudu bayar pakai uang, kan? Segala puji bagi Tuhan Semesta Alam, yang telah memperjalankan saya untuk menjadi blogger. Beragam rezeki saya dapatkan dari kegiatan blogging ini. Tentu bukan sesuatu yang sim salabim. Dibutuhkan persistensi, kerja keras, semangat, dan pantang menyerah untuk survive di kancah blogosphere.

V : Visi yang akan dicapai. Blogging itu ibarat Marathon, bukan sprint. Artinya, selain butuh CINTA, passion, dan lain-lain, tentu saja kita kudu punya VISI. Tujuan yang ingin digapai manakala ngeblog. Lebih ciamik apabila visi kita bukan hanya orientasi dunia, melainkan juga orientasi akherat. Ngeblog adalah jalan yang kita pilih untuk menebar kemanfaatan sekaligus sedekah jariyah, amal yang insyaALLAH akan terus mengalir, meski kita telah berkalang tanah.

W: Waktu dan wawasan, elemen berharga untuk ngeblog. Tentu untuk bisa ngeblog dengan baik, kita kudu bermodalkan waktu dan wawasan. Jangan sampai sia-siakan waktu. Kalau lagi ‘buntu’, istirahatlah. Ambil jatah rehat, tenangkan pikiran, dan isi tangki inspirasi kita dengan hal-hal baik yang nantinya bisa menjadi ‘bahan bakar’ ketika ngeblog. Dan sebagai blogger, sudah tentu kita kudu meningkatkan wawasan dengan banyak baca serta mempertajam pisau analisa.

X : X-traordinary Things berawal dari ngeblog. Salah satu rekan (sebut saja Namanya Kemchi) membaca postingan saya tentang profil Bu Sum, tukang pijat yang mengelola panti asuhan sederhana di Surabaya. Spontan, Kemchi berkirim WA, ”Rul, Ibu ini udah umroh ta?”

“Belum, bro. Kenapa?”

“Tolong tanyain kalo aku mau umrohin beliau gimana? Trus kira-kira mau berangkat kapan?”

MasyaALLAH TabarokALLAH…. Saya masih merinding, tatkala mengingat #throwback tahun 2019 silam. Indah nian skenario Allah. Saya nulis blog tentang Bu Sum –> Kemchi baca –> Allah menggerakkan Kemchi untuk kontak saya –> Tukang pijat naik umroh, bermula dari postingan blog!

Baca: Tukang Pijat Naik Umroh

Y : YOLO, You Only Live Once! Hidup Cuma satu kali. Isi dengan kenangan-kenangan indah, abadikan lewat tulisan dalam blog.

Z: Zoom untuk Tambah Ilmu dan Gathering Bloger. Apalah artinya nge-blog tanpa meet up? Gathering, kumpul seru-seruan dengan teman blogger? Bukan hanya ajang untuk selfie hore, gathering adalah sebuah pertanda, bahwa bloggers betul-betul manusia biasa 😀 Karena lagi pandemi, banyak keterbatasan yang membuat kita belum bisa meet up di dunia nyata. Thanks to technology digital yang makin massif. Kita tetap bisa seseruan, upgrading skills, menambah ilmu, melalui zoom meeting dan aneka derivasinya.

Jadiii, sudah ngeblog tentang apa hari ini? 😀

Published by @nurulrahma

aku bukan bocah biasa. aku luar biasa

123 thoughts on “A to Z Mengapa Saya Masih Ngeblog (dan Sebaiknya Kamu Juga)

  1. Daebak, lengkap list-nya, mba 😍

    Saya senang doing blog, salah satunya karena saya bisa kenal sama mba Nurul Rahma dan belajar banyak dari pengalaman yang mba Nurul bagikan 🥳 Seru juga baca cerita-cerita mba Nurul, dari saat pergi ke Amerika, atau saat mba gathering dengan teman-teman. Keikut happy bacanya 😆 Semoga mba Nurul bisa terus doing blog, yaaaah ~

    Dan selamat Hari Blogger Nasional, mba Nurul serta teman-teman 🧡

  2. waaa….aku gak akan brenti ngeblog mbak Nurul,

    karena berkat ngeblog saya kenalan dengan Mbak Nurul dan teman2 yang lain

    saya juga selalu updet karena sering dapat job terkait

    dan pastinya dapat duittttt 😀 😀

  3. Selamat hari blogger nasional mbak Nurul

    Ya ampun keren ini mah, blogger emang ada aja idenya. dari A sampai Z menyangkut dunia blogging dijabarkan di sini

  4. Selamat hari blogger mba, duh bagus banget tulisan hari ini.
    Aku belum nulis khusus hari ini, semoga malam ini bisa update blog setelah kelas.

  5. Sejatinya yang namanya perempuan itu harus mengeluarkan semua uneg-uneg di kepalanya. Entah itu caranya curhat pake mulut, atau pakai tulisan. Kalo gak kayak gitu, otak perempuan itu bisa starving. Hahahaha. Selamat Hari Blogger mba.

  6. Uwowwwww, terbaiqueeeee pokoknya maaahhh, ini blogger favorit pertamaahh sayah duluhhh!

    Ebentar Mba, saya kayaknya agak ngantuk nih, masa baca ‘kudu ENJOY’ jadi Kinder JOY? wakakakakaka

    Btw, selamat hari blogger Mba, luar biasa banget, semua abjad udah diambil, sampe bingung mau pake abjad yang mana hahahaha

    1. Kalau alasan saya ngeblog, buat curhat, dan setelah tau bisa dapatin duit, makin semangat, wakakakak.
      Atuh mah si Rey ini, kalau udah dengar masalah duit, langsung gercep.

      Yang jelas ngeblog memang sungguh penuh makna buat saya, termasuk bisa kenal Mbak Nurul penulis blog bukanbocahbiasa yang dulu sering saya baca-baca blognya 😀

  7. MasyaAllah, keren mbak, dirimu. Bisaan saja nyari alasan dari A-Z. Kalau sudah jadi kebutuhan melepaskan diri darinya itu pasti sulit. Sukses terus ya, mbak. Semoga dengan adanya blog ini bisa menjadi salah satu jalan kita memberikan manfaat buat orang lain, walaupun sederhana. Selamat hari blogger, mbak.

  8. Wah udah sekitar 10 tahun ya Mbak dan masih tetap eksis sampai sekarang. Keren. Saya juga merasa bangga dan bersyukur bisa jadi blogger. Btw ulasannya lengkap banget nih dari A-Z dan eh aku juga ikutan merinding nih baca kisahnya Tukang Pijat pergi umrah berkah dari tulisannya Mbak, maa syaa Allaah..

  9. Setiap baca tulisan Nurul, saya rasanya pengen langsung nelpon, ngajak ketemuan terus membahas apa yang ditulis hahahaha. Sayangnya kita terpisahkan ratusan kilometer yak. Coba kalo deketan. Ngobrol dari Sabang sampai Merauke pun dijabanin.

    BTW, untuk versiku. Ngeblog awalnya cuma hobi dan menyalurkan kelebihan energi dalam bentuk tulisan. Kemudian dapatlah insight dari berbagai sumber sejak 2017. Serius. Belajar dari berbagai guru. Hingga saat ini. Aaahh ngeblog tuh memang asik. Seasik saat dapat tawaran kerjasama terus nerima honornya #ngekek

  10. Ya Allah aku pikir A to Z cuma judul semata, ternyata beneran dari A sampai Z diulas hahaha, jadi panjang, tapi karena Mba Nurul yang nulis jadi betah bacanya
    Memang alasan ngeblog banyaak , aku pun juga, ada beribu alasan (lebay, padahal cuma bisa diitung jari hihi). Apalagi kalau tahu Mbak Nurul dah bisa kemana-mana banyak pengalaman jadinya karena ngeblog kan aku jadi pengin dan ga ada alasan lagi untuk ga ngeblog sampai hari ini …

  11. Saya belum jadi bloger yang sesungguhnya mba Nurul. Karena hingga detik ini saya belum pernah ikut zoom, meet up, kopdaran dengan bloger di dunia nyata.
    Duh, masih banyak yang harus saya pelajari dalam dunia bloging ini.
    Selamat Hari Bloger Nasional.

  12. dan karena event blog lah sy bisa ketemu langsung sama mba Nurul dengan suaranya yang adem, senyumnya manis, dan baik hatiiiii banget. Aku setuju kalimat mulai aja dulu. Banyak teman yang ngontak pengen dapat duit dari blog, aduh aku bilang nulis aja lah dulu. hehehe. Pokoknya fun aja dengan kegiatan ngeblog. Karena ngeblog harus dilandasi cinta eaaaa. Selamat hari blogger nasional mba Nurul 🙂

  13. Alasan A to Z -nya bener-bener mewakili alasan saya tetap ngeblog sampai sekarang. Senang sekali bisa dapat banyak ilmu, banyak teman dan yang pasti bisa buat otak kita jalan terus, ya…

  14. Jujur dulu aku ga suka nulis atau baca. Lama lam mikir nanti hari tua aku gimana ya? Akan aku isi dengan apa? Akhirnya aku memutuskan utk menulis saja dan salah satu platform menulis adalah di blog

  15. A-Z lengkap dan kumplit ya mbak kerennn pake banget..karena manusia diciptakan untuk berpikir yang bisa dituangkan dalam bentuk tulisan salah satunya..dan tanpa banyak bicara melalui tulisan kita bisa menunjukkan pada orang lain tentang apa yg ada dalam benak pikiran ..semangat terus mbak ngeblognya..

  16. Maa syaa Allah, tulisannya ngilmu banget Mbk, suka banget dengan kata-kata “Jujurlah ketika ngeblog. Jadilah diri sendiri jangan pura-pura jadi seseorang yang sama sekali bukan anda.” 🙏🏾Salam dariku Mbk penulis pemula😊.

    1. Iya ya jadi diri sendiri leih baik daripada bangun citra yang sekiranya kyk kebalikan dan gak sesuai sama kita. Nanti malah capek gtu rasanya.

  17. Kereeeen, A-Z alasannya :D. Aku td penasaran bagian X mau ditulis apa 😄👍. Bener2 kliatan seriusnya mba terhadap blog :D.

    Buatku blog itu lebih ke obat. Obat di saat jenuh, di saat pikiran capek dan butuh hiburan. Ntah kenapa dengan menulis, hal2 yg bikin stress tadi bisa reda. Dulu aku nulis apapun yg mengganggu, sekarang juga masih, tapi blog yg hanya utk curhat ga jelas, itu aku private hanya aku yg bisa baca. Sementara blog yg utk publik, ya ttg traveling dan kuliner. Ga akan nulis apapun selain itu sih :).

    Bener sih mba, dengan aktif menulis di blog, kita itu jadi lebih humble, karena sadar diri pas baca tulisan orang lain yg jauh lebih baguus, duuh ngerasa banget kalo tulisan sendiri masih banyak banget kekurangan. Dengan begiti jadi semangat sih utk trus belajar 🙂

  18. Makasih sharingnya mbak, jadi pengingat untuk tetap semangat ngeblog. Ingat banget pertama kenal blog di tahun 2007 lalu. Zaman baru tahu ngeblog, rajinnya minta ampun buat postingan. Padahal akses internet saat itu terbatas, mesti ke warnet dulu, mesti nyisihin uang jajan dulu biar bisa berjam-jam di warnet. Tapi Alhamdulillah blognya keisi terus, gak kayak se… *tibatibahilang haahahha

  19. Terbaik … keren pokoknya Mba Nurul ini. Salah satu blogger paling rajin. Beneran ternyata ya bisa jadi alasan A sampai Z buat terus konsisten ngeblog. Bener loh, buat saya menulis di blog itu healing, terus berkahnya berasa banget saat tanggal tua atau saldo nipis, eh turun tuh fee nulis. Berasa dapat bonus di waktu yang tepat. Intinya sih menulis apa pun emang butuh passion, jujurlah dalam menulis, sampaikan pesan kebaikan dalam tulisan. Insyaallah berasa nikmat dan berkah kegiatan nulis ini

  20. Ngeblog A to Z ala Mbak Nurul ini sangat ciamik dan kerennya ga ketulungan aw..aw..aw hahahhaha 🙂 Ya, betul itu, memang harus sukda dan cinta menulis yang ga ‘doang’ tapi banyak yang mesti dipelajari dan direalisasikan yach. AKu salut sama mbak dengan segudang pengalaman menarik secara pribadi yang dibagikan di blog. Selamat Hari Blogger Nasional yach, sukses dan bahagiaaaaa!

    1. Ini nih yang banyak orang tanya bisa jalan2 gratis dari ngeblog. Bisa menjadi suri tauladan kita2 pengalaman mbak Nurul yang luar biasa ini 🙂 Semoga kebaikan ngeblognya bisa menular ke aku ya, sama2 namanya juga hahaha 😀

  21. Ya ampun! Betulan dari A – Z. Mantap banget dan setuju dengan apa yang Mbak tulis. Soal kuantitas vs kualitas, dulu di awal ngeblog tuh aku ngejar kuantitas. Sehari bisa post 3 kali. Sekarang lebih milih kualitas. Besok ya maunya banyak dan berkualitas juga

  22. Masya Allah Nuruuuul!

    Bahas dari A – Z. ini bikin merinding, dan mantap banget deh keinginan blogging ini ternyata makin memperkuat tekad untuk jagnan berhenti menulis

    Aku terharu sama Kemchi.
    semoga kita juga bisa jadi kemchi berikutnya ya amiiiin

  23. Banyak banget manfaat dan juga tantangannya ngeblog ini ya mbak, bahkan bisa dijabarkan dari A sampai Z. Kirain saking banyaknya, lalu dikasih judul dari A to Z, setelah membaca, wow ternyata beneran ada mulai A sampai Z

  24. Alhamdulillah ya mbak kita masih bertahan ngeblog setelah melalui beberapa masa hehehe. Dengan ngeblog banyak hal yang didapatkan termasuk ilmu. Semoga selalu semangat ngeblognya

    1. Banyak setujunya sama mba Nurul
      Dengan ngeblog bikin kenal banyak temen juga, baik blogger atau bukan. Nggak nyangka juga aku bisa bertahan sampe sekarang, karena dasarnya emang suka nulis dan mau sharing.

  25. Kreatif bener mba ini artikel a-z tentang ngeblog haha insyaallah saya juga terus ngeblog jd bisa kenal mba dan temen Blogger lainnya nih

  26. Wow A-Z alasan masih ngeblog hehe
    Tapi aku paling setuju dengan N, nulis aja dulu, kdng mikirnya banyak kudu SEO apalah akhirnya gak jadi nulis2 hahaha
    Suka sama yang E, bertahun2 ngeblog kyknya pencapaiannya gini2 doank sementara yg lain melesat, tapi ya sudahlah emang prosesnya lg begini, nikmatin ajaaa yaaak 😀

  27. Ngeblog ini ibarat jendela ya yang bisa bikin kita kemana-mana, bisa baca pengalaman si pembuat Blog juga. Aku pun happy banget jadi blogger, wawasan bertambah banyak

  28. Yaaa betullll ngeblog itu bebas, bebeasin aja semuanya yang penting kita hepi kan. Tapi akhir-akhir ini banyak banget tuntutan dari A-Z yang bikin ngeblog kayak sebuah tuntutan, kesel sendiri jadinya wkwkwkwk.. Muanteb emang mbak Nurul lengkap temen. Aku sampe geleng-geleng nganggung-ngangguk karena setuju, semua ya karena CINTA

  29. bener bangettt fun family friends ya ampunnn ngeblog bikin banyak temen seperti aku bertemu dirimuuu auuuuuuu jangan bosen2 yaaa ketemuaaan mbak
    selamat hari blogger dan selamat ngeblog

    YOLO!

  30. Masya Allah, dari ngeblog seorang tukang pijat bisa berangkat umroh? Semoga Allah membalas kebaikanmu berlipat-lipat mbak. Nggak nyangka ya, bisa segitunya impact tulisan kita buat hidup orang lain. Sepertinya saya perlu lebih hati-hati dan meaningful sekarang setiap kali menulis.

  31. Alhamdulillah, saya masih ngeblog meski tak sesering doeloe.
    Doeoloe, saya bikin motivasi utk ngisi blog minimal OWOP ~ one week one post. Dan sejujurnya pengennya ya bisa sesering mungkin nulis di blog, tentang apa saja, dan sesering itu pula bisa BW.

    Sekali lagi, ada kompromi yang perlu di adjust, disesuaikan…ALhamdulillah masih bisa nulis di blog, dan semoga seterusnya bisa ngeblog, dan pengen pula karena negblog bisa membawa saya sampe ke luar negeri, aamiiin

  32. Selamat Hari Blogger Nasional, kak Nurul.
    Suka banget dengan tema-tema kak Nurul kalau menulis. Selalu terasa cerah dan insightful. Seperti ini, menyebutkan manfaat blogging dengan alphabetical.

  33. Selamat Hari Blogger, Mbak Nurul. Semoga kita tetap semangat menulis konten yang bermanfaat untuk menenggelamkan hoax ya..

  34. Mbak, terus terang tulisan mbak ini memotivasi aku. Kadang terbesit rasa bosan, malas, bahkan insecure. Aq beberapa kali nemu orang baik akademisi, profesional yang merendahkan tulisan di blog soalnya. Seolah2 yg ada di blog/Internet itu hoax dan ga bener. Padahal bnyk yg berdasar riset, ilmiah, dll terutama tulisan2 kesehatan/lingkungan, dll yang butuh riset. Kan gemes =(

  35. Hari ini BW tok, Mbak, belum sempat nulis. Kolo-kolo sibuk nang dunia nyata ben ketok sibuk di mata tetangga, wkwkwk. Ngeblog ancen nagih! Siapa tahu isok ketularan umroh, aamiin.

  36. Random things yang keren banget dijlentrehkan sama mb Nurul. Mengingatkan kembali soal tujuan ngeblog, bikin semangat blogging, etc. Seneng pokoknya bisa mengenal mb Nurul.
    Happy blogging ya, Mbak.. terima kasih untuk pertemanannya selama ini as a blogger 🥰

  37. Wow, kumplit banget ini penjelasannya mb Nurul. Aku ngeblog sampai sekarang karena kurasa blog itu pilihan paling gampang untuk menulis ga kayak buku atau saat kirim ke media. Nunggu approve orang lain dulu hahaha

  38. MasyaAllah, mbaak, keren bangetr sumpaah. Gak kepikiran nulis A-Z beneran ada A sampe Z, haha.
    Aku suka banget. Apalagi poin A, aku ngeblog maka aku ada.
    Karena emang blog itu bakal jadi foot print kita selamanya nih. Dan karena blog juga aku jadi makin banyak temen meski belum bisa akrab sama blogger2 di luar kota.

  39. Seriusan ada 26 poin. Bener2 dari A sampai Z dan aku nggak skip bacanya. Hebat banget sih Bikin aku semangat ngeblog lagi nih. Berasa relate banget aja gitu. Makasi sudah menulis artikel sekece ini ya mbak,

  40. Dulu aku bikin blog hanya untuk tempat curhat saja, ceritanya biar suatu saat bisa dibaca dan membantu orang lain juga. Kebetulan tulisan pertamaku yang sampai hari ini dicari adalah tentang program hamil. Bonusnya setelah sekarang fokus ngeblog bisa kerjasama dengan brand-brand.

  41. Setuju banget Mbak. Kejujuran saat ngeblog adalah kunci agar semangat menulis terus terayomi. Karena berpura-pura akan bikin capek dan ide yang berupa ilusi atau fiksi gak setaip saat datang. Beda kalauapa yang ditulis mengenai sesuatu diri kita sesungguhnya, apa yang kita kerjakan. Nah dari sana bakal ada aje ide-ide yang akan ditulis

  42. A to Z, ada semua, lengkap ya mbak 😀

    Kalau aku ngeblog itu…. niatnya untuk jadi tambah bahagia, melakukannya dengan bahagia, dan memberikan manfaat yang bisa bikin diri sendiri dan orang lain bahagia.

    Serba positif ya? Karena yang paling ideal itu ya begitu. Kalau tidak mungkin ideal, jalani semua hal dalam dunia blogging dengan baik.

    Selamat hari blogger mbak Nurul.

  43. Mantep nih A to Z tentang blogging yaakk.. nah aku nih dr jadi blogger senengnya kemampuan membaca dan menulis jadi tambah. temen juga jadi punya banyak di mana-mana ada.
    tapi untuk masalah DA, PA dan lain2 kok rasanya mau ngumpet ajaaa

  44. dulu ngeblog karena pingin masuk media cetak

    akhirnya terpenuhi daaaannnn kebablasan

    karena bisa dapat menangkal pikun dini

    daaaannnnn…. dapat duit 😀 😀

  45. Subhanallah.. Begitu besarnya impact blog kita ya bagi orang lain. Kita nggak pernah tahu, mana tulisan kita yang akan menjadi penolong bagi orang lain. Selamat hari blogger, Mbak Nurul. Eh telat ya? xixixi

  46. Keren banget mbak, bsia mengumpulkan quote ngeblog dari A-Z. Kalau saya sendiri kayakanya A dan B deh. Aku menulis maka aku ada dan long life learning. Karena belajar itu dari buaian hingga liang lahat. Btw selamat hari Blogger. Semangat menebarkan kebaikan.

    1. Btw mbak, aku belum nulis lagi nih, lagi sibuk BW hehehe sebab salah satu yang membuatku “kaya” adalah membaca tulisan-tulisan teman-teman blogger. Kalau sudah BW selalu saja ada ide yang nempel, cling!

  47. Masya Allah Mbak Nurul udah satu dekade ngeblog dan masih konsisten. Keren banget, Mbak!

    Alasannya juga lengkap dari A sampai Z yang membuat aku, si newbie, jadi banyak belajar. Semangat terus ngeblognya, Mbak. Semoga barokah. Aamiin.

  48. Mba Nurul itu semangat nulisnya luar biasa, Masya Allah, menginspirasi. Di hari blogger justru menuliskan hal yang bisa menjadi inspirasi blogger lainnya. Dan yang terakhir itu, aku kenal zoom karena menjadi blogger. SEhat selalu ya mbak, agar bisa terus menulis

  49. Enggak ada alasan untuk berhenti ngeblog deh Mbak, aku tuh meski kadang males2an, tapi seenggaknya sebulan sekali tetep ngeblog dan sayang banget kalau harus berhenti jadi blogger…

  50. Wah lengkap kap kap kap, beneran A to Z ya mba. Baca postingan ini bikin aku makin semangat ngeblog nih. Hmm Jadi kangen deh event offline sama temen temen blogger

  51. Komplit banget deh A-Z. aku sering di tanya ttg B, sama ponakanku. kok mama teta belajar terus sih. mungkin karena dia lihat aku sering ada di meja belajar terus utk kerjain hal di dunia blogger. udah gitu bonus jadi blogger salah satunya T dan U yg bikin aku happy.

  52. Keren bangeeet, alasannya superduper lengkap, Mbak. Blogger sejati dan idaman semua blogger deh Mami Sidqi ini. Aku maluuuu, udah ngeblog sejak 2008 tapinya alasanku masih payah dan cetek. Kudu belajar banyak deh ih dari Mbak Nurul 😍

  53. wah lengkap banget ini alasan A-Z kenapa ngeblog xD memang alasan itu diperjelas ya, biar bisa terus konsisten mengisi blog nya. inget terus strong why nya kenapa masih ngeblog ^^

  54. Whoaaaa lengkap banget ini A to Z, idem nih Mba. Aku pun merasa menulis ini banyak manfaatnya. Walaupun mood nulis ini naik turun banget. Hehehehe. Semangat terus ya.

  55. Blogger newbie wajib baca ini! Harus. Blogger yg mulai loyo juga wajib baca ini buat doping. haha
    Aku termasuk blogger yg masih bertahan, walau saat ini warbiyasak susah cari waktu buat duduk bentaran dan nulis. At least bisa nulis sebulan paling jelek sekali. Bahagyahhh akutuuuu

  56. Joooos banget. Beneran A sampai Z, cara penulisan yang kreatif banget euy. Kalo aku ngeblog baru dari 2017, itu pun awalnya karena mau bantuin Pewe doang. Tapi lama-lama jatuh cinta juga sama dunia blogging. Ngoprek blog jadi salah satu me time menyenangkan juga di luar aktivitas lain

  57. Aaahhh, suka bangeettt tulisannyaa.. Aku setuju semua dari A sampai Z.
    Aku ngeblog dari 2010 tapi jelas tertinggal jauh sama teman-teman karena baru TLD-in 10 taun kemudian. Kupikir aku akan benar-benar berhenti ngeblog, eh pas comeback malah ngga bisa berhenti.

  58. Wahhh, beneran dari A sampai Z, keren! bener kalo kita nulis untuk kebermanfaatan orang lain, susah berhenti nulisnya. Dari 1 blog kemudian beranak jadi 5 blog meski masih kebingungan cara manage nya hehe

  59. Bener bener menginspirasi dan membuka wawasan tentang pernak pernik blog.Semoga bisa jadi blogger sekeren mbak

  60. Kerennnnnnn ‘N’ e sampek dowo saking kerennya. Beberapa poin sangat membuka wawasanku. Ya sih, aku juga merasa semenjak blogging (sekitar 5 tahun yang lalu) hidup jadi makin berarti, makin banyak pintu yang bisa kubuka. Sekarang masih berjuang mengatur ‘napas bloggibng’, karena penginnya bakal awet ngeblog kayak Mbak Nurul begini.

  61. Suka banget sama konsep YOLO dan ngeblog bisa menampung semua kenangan yang hanya akan terjadi sekali seumur hidup ini. So, hidup itu dinikmati dan diabadikan lewat tulisan2 di blog salah satu caranya. Jika belum bermanfaat bagi orang lain, setidaknya bermanfaat bagi arsip pribadi.

  62. Saya juga masih nulis sampe sekarang, nulis itu cocok buat orang yg suka kebanyakan mikir, wkwk aniwe usia blog kita sama loh mba

  63. Buat yang suka asal nyeplos, malas ah ngeblog…. Kudu disodorkan artikel ini. Mungkin dia belum tahu ada banyak kelebihan dari ngeblog …
    Saya malah lupa hari blogger itu tanggal 27 Oktober, hehehe

  64. Wow lengkap dari A sampai z dibahas tuntas tentang ngeblog setajam silet….salut mak…bikin aku termotivasi untuk ngeblog lebih baik lagi

  65. Mantab deh tulisan mbak Nurul, aku setuju semuanya. Kok bisa kepikiran bikin sesuai abjad… oh iya lupa, mbak Nurul kan kreatif heheheh

  66. Duh, sering bener ada yang komen : enak ya, jadi blogger, Cuma nulis..huhuhu
    Blogger itu bukan cuma nulis doang ya guys…dedikasi buat profesi ini juga mesti tinggi. Ada printilan lain yang juga harus dikerjakan, survei sebelum membuat tulisan, membuat desain gambar, infografis untuk pelengkap blog, bersilaturahmi dengan sesama blogger dan lainnya

  67. Masya Alloh, ternyata banyak banget ya manfaat ngeblog. Aku juga merasakan hal yang sama. Dulu kukira ngeblog itu ya sebatas nulis aja. Setelah semakin ke sini ternyata tidak. Riset, mendisain blog, ambil foto, sharing, dll. Semua harus dilakukan, haha.

  68. Cakep ^^ jadi dari A-Z di atas membuktikan ngblog itu banyak sekali yang bisa kita dapatkan ya mbak. itu juga yang aku rasakan. jadi gak ada alasan untuk malas-malasan ngeblog. Semangat!

  69. Wow ternyata kalau dijembrengin a to z banyak juga alasan mengapa ngeblog adalah aktivitas yang tidak pernah bisa ditinggalkan, Mantap alasannya dan tidak semua aktivitas ngeblog bertujuan mendapatkan uang karena di tengah beratnya harus konsisten menulis tentu ada saat-saat yang menyenangkan juga lho.

  70. Beneran ya bisa jadi a-z alasannya. Keren banget sih Mba Nurul Rahma ini. Awalnya kenal Mba Nurul begitu BW lihat nama domainnya juga unik BBB hihi …

    Mba rajin banget sih bikin blogpostnya, kayanya nulis buat Mba Nurul sekali duduk langsung selesai deh tulisannya. Teladan banget, hihi ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: