Bahagia Bersama AirAsia, Pengalaman Kali Pertama Anak Naik Pesawat

Bahagia Bersama AirAsia

“Ibuk enak udah pergi ke mana-mana. Aku sama sekali belum pernah naik pesawat!”

Suatu ketika, anakku, Sidqi melancarkan protes. Ia “berunjuk rasa” mengapa di usia yang (waktu itu) 11 tahun, belum juga merasakan sensasi naik pesawat terbang.

Aku mencelos. Mendesah perlahan. “Iya Dek, kapan-kapan kita naik pesawat bareng, ya….”

“Iya, tapi kapan? Aku pengin banget naik pesawat!”

“Mas Sidqi udah berani naik pesawat yak?”

“InsyaAllah berani!”

Yap, sebenarnya, aku udah bermaksud mengajak anakku untuk traveling naik pesawat. Akan tetapi, beberapa kali ia reject, alasannya apa lagi kalau bukan takut ketinggian. Takut pesawat kenapa kenapa, dan seterusnya, dan sebagainya.

Lagi boarding di Juanda Airport, siap-siap Bahagia bersama AirAsia

Seiring berjalannya waktu, aku terus sampaikan kalau naik pesawat itu asyik! Asalkan kita berdoa, patuhi aturan keselamatan, dan enjoy the trip, niscaya everything’s gonna be okay.

Aku juga ajak Sidqi untuk ambil bagian sebagai “pilot dadakan” di arena simulator pesawat di kota kami. Sidqi bisa belajar mengendalikan pesawat tatkala take off dan landing smoothly, plus bisa pakai baju pilot ala-ala! Senaaaaang banget, karena ternyata ia piawai dalam games simulator pesawat di Kaza Mall Surabaya ini.

Beberapa kali aku traveling ke luar kota/negeri juga naik pesawat, kan. Jadinya Sidqi semakin antusias! Baiklaaaah, kid, yuk mareee kita cuss ke Jakarta naik burung besi!

***

Akan tetapi, yang namanya pengalaman pertama ajak anak naik pesawat, sedikit banyak menyisakan ganjalan dan pertanyaan di benak.

  • Enaknya naik maskapai apa
  • Budgetnya berapa
  • Booking-nya segampang apa
  • Service-nya bagus atau enggak
  • Kira-kira bocah nanti bakal cranky atau tidak

Dan beragam pertanyaan lain. Setelah membandingkan aneka maskapai yang pernah saya tumpangi, tentu saja pilihan smart tertuju pada AirAsia!

Kita bisa banget booking online  via airasia.com dan membandingkan harga di tanggal pemesanan pesawat. Beneran ramah di kantong emak-emak dan kita siap Bahagia Bersama AirAsia

Unit pesawat yang gagah, interior yang ciamik, selalu memberikan service terbaik, dan makanannya super duper endolitaaaa alias enak buangettt!

Di dalam Pesawat, Bahagia bersama AirAsia bareng Uti Arif

Maskapai yang satu ini memang tak pernah lekang dari ingatan. Waktu ke Bangkok, Thailand, saya dan teman-teman naik AirAsia. Service-nya sungguh paripurna! Hahaha, saya ingat banget, ada kejadian rada menggelikan, karena saya, mba Fika, Bai Ruindra dan Indah nyaris terlambat ke Don Mueang International Airport, gegara sopir taxi-nya nggak paham jalan dan nggak bisa ngebut!

Whoaa, itu saya lari-lari udah kayak mau jadi cast film Mission Impossible! Ternyataaa, Alhamdulillah…. Berkat kesigapan dan bantuan petugas di bandara Bangkok, saya bisa check in dengan aman jaya Sentosa bareng AirAsia. Yeeeppp, everybody can fly!

***

Saya sangat suka terbang. Saya menikmati momentum berdekatan dengan awan. Menyaksikan semesta yang begitu ciamik, dari dalam burung besi, dan merekam perjalanan dengan denyut syukur yang tak terperi.

Tentu saja, dalam setiap perjalanan yang saya lakoni, ada cerita yang sulit dienyahkan dari memori. Semua berkelindan, membentuk simfoni kehidupan, bahwa memang kehidupan itu bisa dianalogikan dengan traveling. Maka Life (traveling) is not about destination. Life (traveling) is about the journey!

Menikmati langit, tersenyum bersama puluhan (bahkan ratusan) penumpang pesawat, bukanlah hal yang sulit. Selama ada maskapai tercinta, maka kita akan selalu bisa Bahagia Bersama AirAsia.

Sidqi pun bikin vlog ketika akan take off naik AirAsia

“Gimana rasanya terbang naik AirAsia?”

“Asyik banget, Bu!” Sidqi mengembangkan senyum. Rupanya, menyaksikan awan dari jarak dekat, membuat ia terguyur bahagia tanpa umpama.(*)

Author: @nurulrahma

aku bukan bocah biasa. aku luar biasa

171 thoughts on “Bahagia Bersama AirAsia, Pengalaman Kali Pertama Anak Naik Pesawat”

  1. Naik pesawat untuk pertama kali memang mengesankan ya buat anak anak. Seandainya Fahmi pertama kali naik pesawat sesuai Sidqi mungkin ia juga akan bercerita. Sayang Fahmi pertama naik pesawat usia lima tahun, jadi gak banyak ekspresi hehehe

    Salam
    Okti Li

    1. Hahaha.. sama dengan anakku, Mba. Masih kecil2 pas pertama kali naik pesawat. Jadi ga bs cerita excited nya dia naik pertama kali.

      1. Amiin… Insyaallah menyusul neneknya yang saat ini sedang ziarah ke makam Nabi Muhammad SAW juga nih. Semoga kita disegerakan dan dilancarkan dalam segala urusan ya. Aminnn.

  2. Serunyaaa Sidqi naik pesawat Air Asia ke Jakarta. Pasti jadi pengalaman yg menyenangkan yaa..
    Semoga habis ini bisa ke semua destinasi yang dilewatin AA yaaa Sid.

    Aku juga suka banget naik AA soalnya. Kalau bawa anak baru pernah beberapa kali aja ke Bali dan itu bawa 1 anak aja. Gara2 kami mau ikutan lomba lari Air asia dan dateng ke acara temen 😀

  3. Jadi ingat anakku mbak yang menangis saat pertama kali naik pesawat. Kala itu umurnya hampir 6 tahun, kami terbang dari Jayapura menuju Surabaya. Perjalanan yang panjang mungkin membuat dia jenuh. Pengen nyobain airasia, sepertinya banyak promo ya untuk rute penerbangan tertentu.

  4. Sidqi mempunyai pengalaman pertama yang sudah terekam dengan baik dalam ingatannya, ini sebuah kesan pertama yang akan membuat jatuh cinta dengan terbang bersama Air Asia 🙂 .

  5. Pengalaman pertama itu harus berkesan. Jadi pertama kali terbang pake AirAsia memang pilihan tepat ya, supaya dapet kesan yang menyenangkan. Ayo terbang lagi Sidqi, jelajahi dunia…

  6. Wah sama kaya aku yaa, pertama naik pesawat aku degdegan plus seneng luar biasa banget. Untuk naik maskapai AirAsia sendiri sih belum pernah naik semiga nanti kalau ke LN bisa naik ini hehe.

  7. Saya belum pernah naik pesawat terbang, hi hi. Pengen juga coba jika ada rezeki untuk itu. Air Asia layanannya sudah bagusan dengan banyak penawaran promo dan desain interior yang nyaman, ya. Bakal bikin betah penumpang, apalagi makanannya enak.
    Terbang memang suatu sensasi yang harus kita nikmati karena melihat gumpalan awan dari ketinggian jelas lebih terasa sensasinya.
    Mnabk Nurul dulunya di FLP, ya? Ahli banget mengolah kata sesuai alur rasa. 🙂

  8. Ikut merasakan kebahagiaan sidqi naik pesawat, aq jg waktu pertama kali naik pesawat senang sekali rasanya gak mau turun pesawat hahah

      1. Dulu tante naik pesawat pertama kali udah dewasa, udah punya anak malahan hihiii.. padahal pengin naik pesawatnya udah dari kecil lhooo..

  9. anakmu ganteng banget lho mba hehehe gagal fokus aku, smoga jika sudah besar nanti Sidqi bisa menerbangkan pesawat dan bisa ajak ibu jalan-jalan. aamiin. aku belum sendiri belum perrnah naik Air Asia kalau suami sering banget karena maskapai favorit katanya sih

  10. Sama mbk, si ken juga ngajak naik pesawat, cuma akunya yg belum siap plus juga blm punya referensi banyak mau naik pesawat yg gimana. Alhmdulillaj terdampar jd punya sedikit referensi. Makasih ya Ibu Sidqi

  11. MashaAllah mbak, AirAsia ini memang telah banyak memberikan pengalaman kebahagiaan kepada banyak orang ya.. temasuk di keluarga aku juga lho.. anak anakku juga naik pesawat pertama menggunakan air asia.. itu sekitar 9 tahun yang lalu dan hingga kini AirAsia tetap mewujudkan impian siapapun untuk terbang (naik pesawat) yaa

  12. Ngebayangin Mb Nurul lari-lari di Don Mueng itu hehehee… waahh pasti rasanya gupuh ya mba kalau berada di negara lain, mana mau telat masuk pesawat pulak. Alhamdulillah petugas bandaranya sigap dan bisa membantu.

  13. Nggak hanya Sidqi yang cemas mau terbang, meski akhirnya malah seneng ya.

    Dulu suamiku saat berangkat haji menjadi pengalaman yang pertama naik pesawat. Kelihatan kalo dia takut, tapi gak ngomong. Padahal sebelumnya aku ajakin belajar naik pesawat dulu Semarang Jakarta, dia gak mau.

      1. Kemarin waktu berangkat ke Kuala lumpur, bareng dengan anak usia 5 tahun. Anaknya jahil, suka nengok ke belakang dan ngajak ngobrol atau ngambil permen di mejaku, hahahaa…gpp sih kalo aku, tapi ibu sebelahku gak suka katanya anaknya gak sopan.

  14. Wah, asyik nih naik AirAsia. Anak-anak pasti suka ya. Walopun iya, untuk pertama kali naik, pasti takut2 gimana. Aku pertama kali kudu sama suami. Biar gak malu sama orang. 😀

  15. alhamdulillah ya akhirnya mas Sidqi naik pesawat betulan juga. Asyik banget ya punya bunda yang asyik diajak traveling dan mencoba ini dan itu. Aku juga suka melihat awan yang tegak seperti tonggak-tonggak di udara ketika pesawat sudah ada di atas. masyaAllah, pengalaman yang luar biasa yaa

  16. Wah, pastinya pengalaman pertama tak terlupakan nih buat anaknya ya, Mbak, dan juga jadi pengalaman berharga. Next boleh tuh dicoba anak naik pesawat sendiri. Aku pernah melakukannya waktu Audiku SMP. Deg-degan sih melepas dia naik pesawat sendiri. Tapi ternyata anaknya suka juga

  17. Aku dulu suka naik air asia ini kalau perjalana dinas anatar provinsi.
    Tapi sekarang sudah jarang naik. Paling terakhir jalan-jalan ke bali dapat promo dari air asia

  18. Jadi inget awal2 naik pesawat
    Banyak kebingungan yg dirasain sampe saya japri temen beberapa kali
    Hahahaha
    Jadi kangen ngebolang via udara lagi, masih tinggi ga ya harganya

  19. Jadi ingat pengalaman pertama naik AirAsia saat masih ada di Balikpapan.
    Saat itu rutenya ke Pekanbaru dan kami hanya bayar Rp 250.000.
    Sayang aku tak punya dokumentasinya.
    Hanya terekam dalam benak saja.

    Oh AirAsia, please back to Balikpapan lagi 🙂

    ~annarosanna(dot)com

    1. Memang murah banget ini Air Asia. Pantengin rajin-rajin ya webnya dan sering banget promo tiket murah. Pernah ngerasain juga, Jakarta-Bali naik air asia cuma 500rb PP. Senang banget. Semoga nanti ada lagi rute ke Balikpapan ya, Mbak

  20. Aku belum pernah naik pesawat mbak, hihi. semoga suatu saat bisa ajak anak-anak jalan-jalan pake pesawat juga. penasaran oey kayak apa rasanya.

  21. SAya membayangkan dan terpaku di bagian ini Mak Nurul:

    Whoaa, itu saya lari-lari udah kayak mau jadi cast film Mission Impossible! Ternyataaa, Alhamdulillah…. Berkat kesigapan dan bantuan petugas di bandara Bangkok, saya bisa check in dengan aman jaya Sentosa

    Hihi epic banget kalian 😀

  22. Dari semua maskapai di Indonesia, sisa Air Asia belum pernah naik. Pengin coba, apalagi harganya itu sungguh ramah kantong. ^^
    Kebayang senangnya mas Sidqi ya mak naik pesawat. ^^

  23. Aku dulu naik Air Asia cuma pas di Malaysia aja sih. dari KL ke Kelantan trus ke Genting. tapi itu juga udah lama banget. Dan waktu itu jadi pilihan karena tiketnya paling murah. Buat traveling bareng temen2 gitu seru aja.

  24. Seru banget mbak, pengalaman jalan-jalan naik pesawatnya, aku juga pengin banget ngajak anak naik pesawat..
    AirAsia salah satu maskapai penerbangan yang aku lirik karena harganya masih ramah di kantongku

  25. Allhamdulillah Sidqi kebsamapain naik pesawat ya sekalian jalan-jalan naik AirAsia. Udha lama aku gak naik nih, Insya Allah minggu ini naik Air Asia lagi

  26. Ya ampun Sidqi sebahagia itu yaaa naik pesawat. Anakkupun juga gitu,si Narend, minta2 naik pesawat terus. Tapi pas kenyataannya pas naik malah rewel dj jalan :))
    Mungkin krn wkt itu usianya 2 thn kali ya.
    Dan air asia ini flight andalan aku krn nyaman and makanannya enak2 :))

  27. Anak keduaku juga pernah protes nih, kenapa dia jadi satu-satunya yang belum pernah naik pesawat terbang hehehe… Kesian juga ngelihat protesnya ini. Semoga saja ada kesempatan dan rejeki untuk ajak anak-anak bepergian naik pesawat barengan ya.

      1. Alhamdulillah Sidqi akhirnya ngerasain juga ya naik burung besi. Pasti jadi pengalaman yang tak terlupakan.

  28. Bagi anak-anak, naik pesawat adalah pengalaman yang paling mengesankan, yah, meski pada awalnya takut juga. Butuh waktu dan kesabaran agar mereka berani. AirAsia telah memberi pengalaman baru yang menyenangkan bagi anak Mbak. Pastinya nanti ketagihan coba terbang lagi dengan AirAsia.
    Palung juga pengen bisa naik pesawat terbang, hi hi.

    1. Ekspresi anak pertama kali naik pesawat pasti lucu ya. Apalagi kalau sudah landing pasti merasa bingung. Kalau aku mudik ke medan memang selalu menggunakan pesawat jadi sudah terbiasa.

  29. Air Asia emang jagonya bikin kita bahagia dengan tiket murahnya ya mba. Apalagi bisa nyenangin anak. Hahaha si Abang happy banget ya bisa naik pesawat juga. Keren sudah beranialah ketagihan pasti ya bang.

  30. Naik Air Asia ini nyaman banget, bangkunya pun bagus2 dulu waktu masih ada rutenya jakarta-medan ku selalu naik ini, habis murah sih 🙂

  31. hebat adikku ini. usianya masih muda udah naik pesawat. aku saja naik pesawat diusi 22 tahun. Adekku sangat ceria naik oesawat semofa nanti adek bisa buat pesawat yah

  32. Kalau sudah merasakan dan merasa nyaman, pasti bakalan minta lagi. Hahaha
    Fahmi anak saya setelah diajak naik pesawat usia 4 tahun eh minta setiap mau ulang tahun naik pesawat juga. Ada ada saja. Emang naik pesawat semudah nyegat odong odong kali yaaa…

    Salam
    Okti Li

  33. Akhornya setelah sekian lama gak Naik Air Asia hari ini aku Naik lagi menuju kr Belitung.
    Seneng ya kalau lihat Anak seneng juga bisa Naik pesawat

    1. Waaah liburan ya Mbak? Jadilah berangkat berdua aja ya nggak sama keluarga lengkap?

      Sudah lama nggak naik AA. Dulu sih sering sewaktu rute Batam Jakarta masih beroperasi. Sekarang mah udah nggak terbang ke Batam lagi. Sedih.

  34. Mbaaak, Fathir jugak sering komplen kenapa belum pernah diajakin naik pesawat ceunah hahaha

    Semoga aja ada rezekinya kayak Kak Sidqi yaaah. Kalo aku naik pesawat langsung pasang headset dan bobok mbaaak, sama kayak Sidqi nih, rada takut ketinggian hahaha

  35. Baca ini jadi ingat pengalaman saya naik pesawat malah baru setelah lulus kuliah. itu juga pertama kali naiknya sendiri, dan gugupnya minta ampun, hehe. Etapi saya belum pernah naik airasia, cos rutenya gak ada yang menuju ke daerahku.

    1. Yah semoga lain kali ada kesempatan bisa naik pesawat air asia ini juga untuk liburan ke daerah bagian Jawa sana. Soalnya gak ada rute Air Asia kalau ke timur, atau ke tempat kelahiran saya.

  36. Air Asia memang maskapai penerbangan pertama yang kasih harga terjangkau ya.. jadi siapapun bisa terbang dengan air asia, termasuk orangtua dan anak anakku loh mbak, mereka pertama kali terbang ya menggunakan air asia.. dan mereka sangat happy terbang bersama air asia

  37. Waah, udah berani naik pesawat. Saya awal naik pesawat jg rada2 takut, tapi pas nyobain eh asik juga ya rupanya dan jadi pengen mudiknya naik pesawat terus. Tapi airasia saya blm pernah nyonba naik

  38. Aku pernah dapet Hot Seatnya Air Asia.
    Rasanya seneng banget, walau sebenernya sama aja sih…tapi berasa beda karena duduk di 3 baris pertama dengan tanda “Hot Seat” yang tertera di kepala kursi.
    HIhiii~

  39. Kayaknya Sidqi excited banget yah ga ada takut2nya. Padahal itu pertama kalinya naik pesawat kaan? Pengalamanku waktu pertama kali ajak anak naik pesawat akunya yang malah takut. Takut anaknya nangis kejer…tapi nyatanya enggak sih. Malah enjoy

  40. pelayanan Air Asia baik, pramugarinya juga ramah.. suasananya nyaman.. pasti si adek seneng dan excited banget tuh bisa naik pesawat.. pengalaman yg berkesan 🙂

  41. Iya nih ibu, gimana sih udah menjelajah dunia tapi anaknya nggak diajak wkwkwkw. Aku dah pernah naik Air Asia tapi yg Malaysia. Terkesan karena ada pramugara (karena sekarang mulai jarang) & seragamnya pakai celana jeans jadi nggak ribet pakai jarik buat bantu2 penumpang dalam suasana liburan yg kebanyakan rombongan keluarga.

  42. kalo ngga salah inget ya.. anak pertamaku usianya 8 bulan waktu itu pertama naik pesawat air asia juga.. beneran semua orang bisa terbang dengan pesawat air asia yaa..

  43. Semoga dengan ditetapkannya Panajam PPU sebagai IKN, Airasia pun berkenan membuka rute baru di Balikpapan

  44. Selalu ad kesan di setiap pengalaman pertama yah kak, aq jd teringat saat pertama kali naik pesawat juga, ad deg2an gimana gitu, tp untuk Airasia lumayan lah pelayanannya

  45. Seru ya Sidqi pengalaman perdana naik pesawat pasti tdk terlupakan. Air asia suka promo dan pelayanannya cukup oke

  46. Yeay beruntung bisa punya pengalaman naik Air Asia dan ikut lombanya
    Saya ada cerita soal pesawat tapi nggak pernah naik Air Asia
    Batal deh ikutan…

  47. Sidqi doakan ibu biar punya uang banyak jadi bisa mengajakmu keliling dunia bersama Air Asia. Nanti ajakin tante juga ya 😀

  48. Sidqiiii.. ini bang Dio Ica Derry juga nagih, kapan mah aku diajak jalan jalan naik pesawat hahaha… ok satu satu deh nanti jelong jelong, curang juga rasanya ya emaknya udah kemana mana naik pesawat!

    Tapi jadi pembelajaran buat mereka, kalo mau bisa ke mana mana itu kerja seperti mama papaaa

  49. udah lama banget aku ga naik air asia. secara udah ga merantau lagi hihihi.
    pankapan pengen naik pesawat lagi buat pergi ke manaa gitu. soalnya anaku yg bungsu nagih pengen naik pesawat. dulu dia masih bayi waktu dibawa bolak-balik terbang, jadi ga inget 😀

  50. Saya juga pertama kali naik pesawat tuh takut mbak, bahkan bingung cara pakai sabuk pengaman walau sudah diberi tau sama paramugari wkwk. Untung putranya mbak Nurul gak kayak saya ya yang takut naik pesawat. Saya belum pernah pakai Air Asia, tapi berencana pakai sih

  51. Wah.. Kalau Air Asia aku belum pernah nyobain. Dulu pakai maskapai lain berbeda pengalamannya juga. Pertama kali naik pesawat pas mau ke Jakarta. Dan parno-nya kalau pas lagi lepas landas gitu..

  52. Alhamdullilah akhirnya kakak Sidqi bisa naik pesawat, aku malah belum pernah naik air asia lho mbak, soalnya ngak rutenya kalau pulkam, sepertinya pelayanannya oke banget nih cocok buat bepergiaan jarak jauh.

  53. Kebayang deh ini, anakmu pasti senang sekali ya mbak diajak untuk naik pesawat. Jadi ingat zaman aku kecil waktu diajak naik pesawat pasti minta dekat jendela

  54. Pengen ajak bocah-bocah trip bareng naik pesawat, pasti excited banget, semoga ada rezekinya bisa terbang bareng AA juga yaa..keren nih bikin Vlog kak..

  55. Bawaannya kalau belum pernah naik pesawat mesti parno, takut ketinggian, atau jatuh hee. Tapi kalau udah nyobain naik pesawat apalagi gunain AA paling nagih nih aku wkkwkw

  56. Seru banget ya kak perjalanan nyaa naik air asia ini.. Aku juga suka.. Soalnya murah dan nyaman.. Kmrn aja naik itu

  57. wkwkwwk aku juga pertama kali naik pesawat pake Air Asia, kebetulan dapet kursi 0 rupiah. aaaah sekali-kalinya itu dan belum dapet lagi nih sekarang. Susye! huhuhuu. Emang deh naik air asia itu murah tapi nggak murahan. keamanan juga standar. daaaan bisa jajan di dalam pesawat. Hihihih

  58. Kalau udah sekali naik pasti gak bakal lama lagi bakal kesempatan naik lagi. Setidaknya itu yang aku aminkan. Sekali naik pesawat habis itu disuruh lagi naik

  59. Wah toss mbak. Saya juga gemar pake Air Asia. Karena tempat duduknya nyaman & pelayanannya bagus. Btw asyik sekali ya cerita perjalannya 🥰

Leave a comment