Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik dan Mudah Mengajukan Klaim Asuransi

SAKIT. Di dunia ini, mana ada sih, orang yang pengin sakit? Duh, kalau bisa sehaaatt terus dan jangan sampai jatuh sakit, deh! Apalagi sakit yang mengharuskan untuk opname. Ini beneran ganggu aktivitas dan mengakibatkan sejumlah potensi pendapatan jadi berantakan.

Tapi, sekuat-kuatnya menjaga gaya hidup sehat, serta berupaya untuk menjauh dari serbuan kuman penyakit, kalau memang takdir sakit menghampiri, mau bilang apa?

Penyakit zaman now juga serem-serem ya. Siapapun punya resiko untuk terserang penyakit. Bahkan beberapa orang yang fisiknya trengginas dan menerapkan healthy lifestyle banget, belum tentu bebas dari resiko sakit, lho. Tatkala dokter bilang harus opname, hadeeh, rasanya lemesss banget yha. Selain bikin daily activities jadi acakadut, yang namanya opname butuh duit super duper extra. Betul apa betul?

Itulah mengapa kita perlu banget memiliki Asuransi Kesehatan Terbaik

Ketika harus rawat inap dan kita punya Asuransi Terbaik di Indonesia niscaya hidup akan baik-baik saja. Naaah, yang banyak direkomendasikan adalah: Mega Hospital Investa dari PFI Mega Life.

Basically, Mega Hospital Investa ini Asuransi Rawat Inap yang memberikan ketenangan saat Tertanggung harus menjalani rawat inap yang mengakibatkan hilangnya potensi penghasilan harian saat Tertanggung dirawat.

Asuransi Rawat Inap ini menyediakan manfaat bagi pemegang Polis Asuransi yang lengkap yaitu manfaat Santunan Harian Rawat Inap, No Claim Bonus, dan Santunan Meninggal Dunia.

Kita bahas satu persatu, kuy!

Pemegang Polis Asuransi Mega Hospital Investa

Usia masuk bisa mulai 6 bulan hingga 59 tahun. Adapun masa perlindungan maksimal sampai usia 60 tahun. Yang menjadi tertanggung dari Asuransi Kesehatan Terbaik ini mencakup:

(1). Diri sendiri

(2). Pasangan (suami/istri)

(3). Anak kandung

(4). Saudara kandung yang belum menikah

(5). Orang tua kandung

Manfaat Asuransi Mega Hospital Investa

Apabila kita menjadi pemegang Polis Asuransi Mega Hospital Investa, ada sejumlah manfaat yang kita dapatkan, yaitu:

(1). Santunan Harian Rawat Inap

(2). No Claim Bonus 50% total premi, apabila dalam 3 tahun tidak pernah klaim

(3). Santunan Meninggal Dunia sesuai benefit yang dipilih.

Cara Mudah Klaim Asuransi Rawat Inap

Tidak sedikit orang yang “malas” untuk pergi ke dokter, apalagi tatkala disarankan untuk rawat inap. Terutama kalangan ekonomi menengah ke bawah. Mereka berdalih, opname bakal menyedot banyak biaya. Sehingga muncul istilah “Sadikin”, alias Sakit Mendadak Jadi Miskin. Apalagi kalau selama ini tidak punya Polis Asuransi. Padahal, Asuransi Rawat Inap Terbaik di Indonesia siap menyediakan solusi untuk kita semua.

Apabila kita memilih asuransi terbaik di Indonesia, niscaya problematika seputar rawat inap tidak perlu membuat risau bin galau, ye kan? Karena asuransi rawat inap bisa meng-cover sebagian besar bahkan seluruh biaya yang muncul akibat opname.

Hal yang kemudian menjadi masalah adalah proses klaim dari Asuransi Rawat Inap tersebut. Ribetnya proses klaim dan lamanya waktu yang diperlukan sudah terlanjur tertanam di dalam benak masyarakat. Ayo kita simak apa saja prosedur/langkah yang harus dilakukan tatkala akan mengajukan proses klaim asuransi rawat inap Mega Hospital Investa.

Melengkapi Dokumen

Langkah paling awal yang harus dilakukan pemegang Polis Asuransi ketika hendak melakukan klaim adalah melengkapi dokumen. Adapun dokumen yang disyaratkan ialah:

  • Formulir klaim yang disediakan oleh pihak asuransi rawat inap
  • Fotokopi KTP pemegang polis asuransi, fotokopi KTP tertanggung, dan Fotokopi kartu keluarga. Semua berkas tersebut harus masih aktif/berlaku.
  • Jika klaim dilakukan untuk rawat inap yang disebabkan kecelakaan maka wajib pula untuk menyertakan fotokopi SIM tertanggung.
  • Jika hendak melakukan klaim untuk tertanggung yang meninggal dunia maka harus disertakan surat berita acara dari pihak kepolisian.

Pengajuan klaim meninggal dunia diajukan paling lambat 90 hari setelah tertanggung meninggal dunia. Dokumen yang harus diajkan antara lain:

  • Dokumen seperti yang tertulis di atas.
  • Formulir surat keterangan dokter jika meninggal dunia di rumah sakit
  • Formulir kronologis kematian yang diisi oleh penerima manfaat.
  • Fotokopi akta kematian atau surat keterangan kematian yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat.
  • Jika meninggal dunia di luar negeri maka wajib untuk melampirkan surat keterangan meninggal dunia dari KBRI setempat.
  • Fotokopi surat keterangan pemeriksaan jenazah.
  • Visum et Repertum asli jika tertanggung meninggal dunia karena hal yang tak wajar.

Klaim rawat inap harus diajukan kepada pihak asuransi maksimal 45 hari setelah sejak tertanggung selesai menjalani rawat inap. Kelengkapan yang harus dilampirkan ialah:

  • Dokumen umum seperti yang tertulis di atas.
  • Surat keterangan dokter (dengan formulir yang disediakan oleh pihak asuransi rawat inap)
  • Rincian biaya pengobatan selengkap-lengkapnya.
  • Fotokopi kuitansi pembayaran yang sudah dilegalisir
  • Salinan resep obat dari dokter
  • Tagihan pajak apabila tertanggung menjalani pengobatan di luar negeri

Pertanyaan berikutnya, berapa lama uang klaim diterima oleh pemegang polis asuransi ataupun tertanggung? Ini ditentukan banyak faktor. Faktor pertama adalah kelengkapan dokumen klaim. Faktor berikutnya adalah kebijakan masing-masing perusahaan asuransi.

Asyiknya menjadi pemegang polis asuransi PFI Mega Life, hanya memerlukan masa tunggu kurang lebih satu bulan setelah klaim diterima. Jumlah uang pertanggungan yang akan diterima pemegang polis asuransi tergantung dengan jenis plan yang dipilih ketika mengajukan polis asuransi.

Sekarang makin terang benderang kan yaaa, kalau Polis asuransi bisa banget diandalkan serta melindungi nasabah dari risiko-risiko kesehatan. Yang jelas, kita kudu memastikan polis asuransi tersebut tetap aktif, caranya ialah dengan membayar premi tepat waktu. Bisa pilih bayar polis secara bulanan ataupun tahunan. Ini skema pembayaran polis Asuransi Kesehatan Terbaik

Sejatinya perusahaan asuransi (termasuk asuransi rawat inap) senantiasa memastikan nasabah mendapatkan manfaat dengan maksimal. Namun setiap orang tetap harus menjadi nasabah yang cerdas dengan memahami manfaat yang bisa didapat dan memastikan haknya tak terlanggar.

Buat tahu lebih banyak tentang apa dan bagaimana PFI Mega Life bisa meluncur ke website Mega Life dan socmed-nya yaaaaa

Website: https://www.pfimegalife.co.id/

Instagram: https://www.instagram.com/pfimegalife/

Twitter: https://twitter.com/pfimegalife

60 thoughts on “Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik dan Mudah Mengajukan Klaim Asuransi

  1. ameliatanti says:

    Iya nih, ayook kita milih asuransi terbaik di Indonesia, niscaya problematika seputar rawat inap tidak perlu membuat risau bin galau bin kantong kacauuuu..

    kalau punya asuransi kesehatan yang cover asuransi rawat inap, drama biaya sebagian besar bahkan seluruh biaya yang muncul akibat opname tidak bikin kita jadi keluarga “Sadikin”, alias Sakit Mendadak Jadi Miskin.

  2. Jiah says:

    Ada ya khusus buat asuransi rawat inap. Sangat membantu nih kalau tiba2 kita harus opname apalagi kalau kitanya sendiri atau sedang diperantauan dan jauh dari sanak saudara

  3. alaniadita says:

    Setiap ditawarin asuransi, selalu nolakin dengan alesan dapet fasilitas kantor. Sampai suatu hari si Adik harus rawat inap sementara doi ga punya bpjs dan asuransi. Kulupa kalau punya tanggungan orang tua dan adik-adik. Masuk rumah sakitnya pas lebaran dimana pengeluaran lagi lucu lucunya.

    Premi ini ternyata masih affordable mengingat sekali ranap tagihannya mengerikan sekali. huhuhu.

    Thankyou for sharing Mbaaa Nuuurr.
    *brb daftarin keluarga asuransi*

  4. HM Zwan says:

    Aku termasuk yang pakai asuransi kesehatan. Terbantu banget pas waktu tinggal di Subang, tiba-tiba anak sakit harus opname. Setidaknya kalo ada asuransi kesehatan itu rasanya lebih tenang.

  5. Dzulkhulaifah says:

    Kalau bisa sih jangan sampai sakit, yaaa. Tapi dengan adanya asuransi jadi lebih tenang, sih, nggak was-was kalau sampai harus kejadian itu yang namanya rawat inap. Apalagi kalau sudah terdaftar seluruh anggota keluarga. Btw preminya ini terjangkau banget, ya.

  6. Travlingku says:

    Kita pengennya memang sehatt terus. Tapi, ya namanya juga makhluk hidup ya, pasti ada kejadian yang kadang gak mengenakan, yaitu sakit

    Klaim asuransi yang mudah menjadikan pilihan yang tepat. Karena kalau dari cerita orang, ngeklaim asuransi untuk rawat inap suka ribet.

  7. Fionazisza03 says:

    Ketika badan sehat2 aja, ditawarin asuransi biasanya males banget, tapi giliran udah sakit baru ngerasa gunanya asuransi.
    Tapi apaun pilihan asuransi nya doanya tetap sama, semoga sehat selalu dan dijauhkan dari sakit dan penyakit ya mbak.

  8. Rosanna Simanjuntak says:

    Sepakat dengan mba HM Zwan,
    Aku dan keluarga terbantu banget dengan asuransi.
    Masya Allah.
    Entah apa jadinya kalau tidak punya asuransi.

    annarosanna(dot)com

  9. akuchichie says:

    Aku nih pernah ditawarin buat bikin Megalife tapi waktu itu masih ragu, karena belum tau tentang produk mereka. Tapi pas baca ulasannya disini ternyata bagus juga produknya, yang paling penting sih kalau asuransi itu mudah untuk klaimnya.

  10. Elly Nurul says:

    Well noted untuk tipsnya mbak, memang ya harus pintar memilih dan mempertimbangkan mana asuransi kesehatan terbaik untuk diri sendiri dan juga keluarga.. apalagi prosesnya klaimnya ini sangat penting, karena memang mencari yang terbaik diantara yang baik itu sangat susah.. semoga kita semua senantiasa dalam keadaan sehat ya mbak.

  11. Helena Magdalena says:

    Aku cuma ikut asuransi dari kantor suami dan BPJS aja nih, kayaknya emang harus nambah ya buat jaga-jaga karena kita gak pernah tahu apa yang akan terjadi. apalagi Mega Life ini kayaknya simple ga pake rempong, untuk claim juga simple, ga menyultkan 🙂

  12. Dian says:

    Ulasannya lengkap bgt mbak..

    Aku jadi punya gambaran ttg asuransi swasta..

    Maklum aku cuma pake askes (bpjs)

    dan memang asuransi kesehatan itu wajib dan perlu ya..

    Dengan asuransi itu ibarat kita sedia payung sbeelum hujan

  13. Siska Dwyta says:

    Bener banget nih Mbak kita gka tahu kondisi ke depannya seperti apa. Memang sih tidak ada yang pengen sakit apalagi menderita penyakit kritis tapi tak bisa dimungkiri juga semua orang punya peluang sakit jadi berjaga-jaga untuk kemungkinan tsb juga penting. Ya salah satunya seperti yang mbak jelaskan di atas, memilih asuransi terbaik.

  14. Lusi says:

    Betul tu sekuat apapun manusia bisa sakit. Soalnya kemarin habis jengkel di wag habis aku cerita bapakku bolak balik dirawat karena serangan jantung. Ada teman yg bilang, mencegah dg olahraga itu akan mengurangi resiko sakit. Kalau ngobrol langsung mungkin udah kutumbuk dia karena bapakku tu paling rajin olahraga sekeluarga, ya jogging, tenis smp karate.
    Btw soal klaim itu suka gemes sama orang yg tanya gimana caranya double claim. Ya Allah, udah dikasih sakit masih mau maruk.

  15. monicaang says:

    Peduli akan kesehatan ya salah satunya dengan memiliki perlindungan tambahan untuk kesehatan ya, Mbak. Sekarang sudah banyak sih asuransi yang bagus dan bisa dipilih sesuai kebutuhan, layanan oke, dan premi bulanan juga terjangkau.

  16. Uniek Kaswarganti says:

    Pembayaran preminya masih terjangkau nih, proteksi yang ditawarkan juga lengkap.
    Kita memang harus dari sekarang memikirkan punya asuransi ya mba. Memang sih kita tak mengharapkan hal buruk terjadi. tapi proteksi sejak dini harus masuk ke daftar prioritas.

  17. Rahmah Chemist says:

    Baru tahu soal asuransi satu ini bulan Agustus lalu
    Jadi stalking terus saya
    Siapa tahu jodoh untuk jadi nasabahnya

  18. Arda Sitepu says:

    Saya jadi tertarik berbagai asuransi yang ditawarkan oleh Megalife ini mbak. Karena asuransi bermanfaat banget untuk investasi masa depan.

  19. Ainhy Edelweiss says:

    Yang paling terpenting dari asuransi adalah saat mengklaimnya gak ribet, hehehe. Btw q baru tau asuransi ini, apalagi butuh asuransi rawat inap yang diklaim dengan mudah, tfs mba

  20. lendyagasshi says:

    Semakin banyak pilihan asuransi yang ada di Indonesia, maka semakin memperkaya khasanah kita sebagai calon nasabah untuk menentukan, mana yang terbaik dan cocok untuk masing-masing keluarga.

  21. Rahayu says:

    sebagai mahasiswa untuk asuransi2 seperti itu aku masih dihandle orang tua hehe, tapi ternyata gak ribet yaa mengurusnya jadi tau langkah-langkahnya. Apalagi asuransi rawat inap ini memang sesuai kebutuhan banget, pernah beberapa kali menemani orang yang sakit dan ternyata biaya minepnya aja gak murah. Ini bisa jadi salah satu antisipasi bagi masyarakat.

  22. vika says:

    Weih detail sekali informasinya. Susah ada langkah-langkahnya juga, jadi orang awam bisa tahu apa yang harus dilakukan bila ingin mendaftar asuransi Megalife. Sipp 🙂

  23. Nina says:

    Bagi aku asuransi kesehatan bermanfaat banget. Karena kalau ada yang sakit kan pikiran jadi berat, ya. Nah dengan adanya asuransi kesehatan di satu sisi bisa bikin hati lega 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s