Cuyyy, Ini nih P2P Lending Aman dan Menguntungkan!

Wabah corona bikin galau maksimal. Ekonomi dunia jadi acakadut. Beberapa teman yang berinvestasi di instrumen saham, jadi deg-degan maksimal. Sampai kapan tragedi corona  ini akan berakhir? Tidak ada yang tahu pasti. Bisa 4, 6 atau bahkan 18 bulan, tetapi semoga bisa segera berakhir!

Apa yang kita lakukan di momen seperti ini? Panik saja tidak menyelesaikan masalah. Modern problems need modern solutions, yes? Beberapa sikap mental ala “menghadapi perang” sebaiknya kita aplikasikan dalam hidup: Hemat, Strategis, Tangguh, Jangan Manja, Jangan banyak mengeluh, ya semacam itu lah.

Hemat sudah pasti terinternalisasikan dalam diri. Selanjutnya, kita kudu berpikir strategis, memilah dan memilih instrumen investasi apa yang paling cocok untuk harta kita.

Yap, investasi itu sebuah keharusan. Apalagi, sebagai millenial yang udah punya gaji lumayan, tapi gaya hidup selangit. Wahh, bahaya tuh kalau duit nggak masuk investasi. Bisa-bisa ambyaaarr, gajian 14 koma. Alias tanggal 14 udah koma.

Tatkala pilih investasi, banyak faktor yang harus  jadi pertimbangan. Dan yang tak kalah penting, kita kudu banget tahu profil diri, masuk ke kategori investor jenis apa.

Mulai Rp100 Ribu Bersama Akseleran

Beruntung saya dikelilingi teman yang paham banget seputar seluk-beluk investasi. Mereka udah tahu “luar dalam” sifat saya, dan berdasarkan tanya jawab/diskusi yang kerap kami lakukan, terungkaplah fakta bahwa saya masuk kategori investor yang moderat alias low risk banget. Saya bukan tipikal yang berani “main saham” atau mengalokasikan rupiah/dollar dalam jumlah segambreng untuk investasi yang berslogan “high risk, high return”. Maka dari itu, beberapa teman menyarankan Financial Technology (fintech) Peer to Peer (P2P) Lending yang aman dan menguntungkan

Sebenarnya P2P Lending itu apa sih?

Peer to  Peer (P2P) Lending adalah sebuah metode/platform investasi, di mana kita bisa menjadi pemberi dana (lender) sekaligus jadi peminjam dana (borrower). Yang asyik dari P2P Lending, kita sebagai investor diberikan kemerdekaan penuh. Ya, kita bisa bebas memilih sendiri, mau investasi pendanaan di mana? Jenis usaha apa? Artinya macam-macam pilihannya.

Bandingkan kalau kita berinvestasi di bank. Kita tidak tahu kan, duit yang kita invest-kan bakal “diputar” pihak bank ke siapa saja. Nah, beda dengan P2P Lending. Kita bakal memberikan pinjaman ke salah satu pihak yakni Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang kita pilih dari berbagai jenis usaha. Selanjutnya, kita bisa tentukan akan memilih return seberapa besar tergantung dana yang kita pinjamkan.

Wah wah… menarik banget, nih. Lebih interesting lagi, manakala teman saya bilang, “Mulai Rp100 ribu doang kamu udah bisa invest, Rul!”

“Hah? Seratus ribu? Itu investasi apa ongkos makan di mall?”

“Etdaahh, kagak percaya. Sini, sini, aku kasih tahu caranya!”

Langkah pertama, saya kudu install aplikasi Akseleran yang tersedia di Google Play Store (Android) atau Apple App Store (iOS). Ngghh, sebenernya nggak wajib install, sih. Bisa juga buka website di Akseleran.co.id. Tapi karena saya ingin “menjiwai dan mengembangkan dana sepenuh hati” (halaaaghh) ya udah, saya putuskan untuk daftar sebagai lender/peminjam/investor via aplikasi aja.

Waktu dikasih tahu teman tentang aplikasi ini, asli saya jadi penasaran dong ya. Ternyata beneran segampang yang disebutkan, saya jadi gak perlu ribet-ribet lagi kalo mau investasi pendanaan.

Langkah berikutnya: Masukkan Kode Referral

Yang asyik lagi dari Akseleran ini, ada modal yang diberikan secara gratis buat para calon lender/ investor senilai Rp100 ribu! Ya ampyuuun, ini aplikasi P2P Lending yang baiiik banget, sik! Caranya piye untuk dapat free saldo Rp100 ribu? Gampang. Masukkan aja kode referral/referral code: AKSLNURUL327664

Voila! Saldo akun Akseleran kamu bertambah Rp100 ribu

Lalu….. Verifikasi Email. Trus verifikasi nomor handphone. Mengisi profil, dan langkah administratif, seperti isi data KTP, nomor NPWP dan sebagainya.

Setelah itu, kamu bisa pilih mau memberikan pinjaman ke UKM atau unit usaha yang seperti apa. Profilnya jelas, dan gampil banget buat diakses.

***

See? Ternyata investasi pendanaan di Akseleran sungguh semudah ini. Starts from Rp100 ribu aja! Kalau kamu mau nambah investasi pendanaan, mulai disiplin sejak sekarang yuk. Alokasikan Rp100 ribu per bulan, untuk investasi pendanaan tambahan. Ganciiill banget lho, kamu cuma kudu sisihkan Rp3.500/hari doang untuk tambah dana di Akseleran. Atau, buat yang demen jajan kopi susu kekinian atau boba, ya udin, tahan dong, buat mengurangi belanja setara 5 gelas doang per bulannya. Apalagi, ini kan kita diminta buat #DiRumahAja dan #WorkFromHome. Pastinya BISA BANGET lah, buat mengurangi letupan energi konsumtif ala anak mall.

Akseleran ini Berizin dan Diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sudah mendapatkan ISO 27001 full scope sehingga keamanan data pemberi pinjaman (lender) dan penerima pinjaman (borrower) terjamin. Selain itu, Akseleran memiliki agunan, proteksi asuransi kredit dan imbal hasil hingga mencapai 21% per tahun, jadi platform ini aman banget dan legit!

Yuk lah, walaupun ekonomi dunia tengah gonjang-ganjing, kita tetap kudu persiapkan diri, dengan investasi pendanaan di platform yang kredibel! (*)

43 thoughts on “Cuyyy, Ini nih P2P Lending Aman dan Menguntungkan!

  1. fennibungsu says:

    Iya ya keadaan saat ini cukup membuat bimbang, makanya kalau bisa punya tabungan atau berinvestasi agar nggak terlalu pusing memikirkan pendapatan atau pemasukan dari mana.

    • Tati Hidayat says:

      Seratus ribu udah bisa inves busettt dah itu mah sama aja sekali jajan di mol mba, bahkan kalau cuma segitu anak-anak sma juga bisa belajar inves ya dari uang jajannya

  2. Muyassaroh says:

    Keadaan sekarang benar-benar bikin semua orang kelimpungan ya, Mbak..Harus menyiapkan diri dengan segala kemungkinan termasuk kemungkinan terburuknya nanti. Investasi jadi ide menarik. Semoga nggak sampai lewah Ramadan sudah berakhir covid-19 ini 😦

  3. mrkyuara says:

    Saya udah lama pengen banget mulai investasi, sepertinya akseleran bisa jadi tempat saya untuk memulai, apalagi di saat physical distancing begini. Besok bakal dicobain deh

  4. innaistantina says:

    Iya nih, uang kalo gak pinter-pinter kita atur, langsung amblasss aja deh. Dari awal bulan memang harus ada pos dulu, zakat, bayar apa dll. Lalu investasi mau kemana aja, dann barulah mikir *bisa foya-foya* apa nih bulan ini. Poin terakhir ini pun harusss diirit banget, atau bisa kebablasan ketika gak terkontrol

    • Nchie Hanie says:

      Lumayan tuh mulai dari cepe bisa invest yaa, cuy!
      Semoga pinter2 kita cari peluang bisa mengembangkan dana disana.
      Jadi kepo nih..

  5. nurhilmiyah says:

    Wah bs investasi juga ya Mbak Nurul… di Akseleran ini, bener banget deh statement nya Modern problems need modern solutions, noted. TFS Sis…

  6. Uli says:

    Memang banyak teman yang melek ekonomi justru katanya situasi begini cocok untuk melakukan investasi. Baru denger sih P2P tapi dari oenjelasan sepertinya keren ya karena lbh bebas

    • novaviolita says:

      Melihat kondisi seperti sekarang, adalah pembelajaran buat kita. Tidak ada katta terlambat untuk berinvestasi..untuk bisnis ataupun lainnya .. karena soal keuangan itu riskan jika keadaan tiba2 sulit. .. benar 2 down

  7. haniwidiatmoko.com says:

    Begini ya system P2P lending itu? Aku masih ragu sih. Kukita pinjol yang rame itu. Nah kalau aman, mau juga deh ikutan.

  8. Evi says:

    Sekarang untuk investasi mudah banget ya Mbak. Tinggal setor duit yang jumlahnya semampu kita sudah bisa ikut investasi. Sistemnya mirip koperasi. Cuma kalau dikoperasi kita kurang tahu persis harus berinvestasi di mana. Semoga teman-teman selalu cermat dalam berinvestasi ya.

  9. Lidha Maul says:

    kok kayaknya pernah tau sistem P2P ini ya.
    Pernah dengar pemateri bisnis, katanya invest terbaik itu sebenarnya yg kita tau uang kita diarahkan kemana, jadi selain kita jg ngawasi, nambah wacana, dan tau unit usaha itu punya kejelasan usaha dan usahanya pun halal apa gak.

  10. niaharyanto says:

    Nah ini nih salah satu yang fardhu banget dilihat sebelom berinvestasi atau ngambil kredit melalui fintech, keamanan yang dijamin OJK. Supaya gak merugikan kita. Dan tentunya, dibaca dulu segala macam S&K-nya. Plus hati-hati dan bijak.

  11. wiankumala says:

    Sama mbaa. Aku pun tipe orang yang low risk banget klo mau investasi. Semoet beberapa kali membaca bahkan mendengar langsung penjelasan mengenai P2P. Semowt tertarik banget. Tapi sampe skrg belum eksekusi.

  12. Dedew says:

    Teknologi modern memudahkan kita banget ya, sekarang bisa investasi dengan modal minim, tinggal pilih platform yang cocok dan terpercaya saja..

  13. Diah Agustina says:

    Dengan seratus ribu kita bisa berinvestasi ya mbak, selama ini aku hanya berinvestasi dengan cara membeli emas saja

    Kayanya P2P ini, perlu aku coba

  14. ovianty says:

    Wah ini keren ya P2P lending, bisa investasi sambil milih UMKM mana yang kita suka. Asli mantuull… Aku jadi pengen ngecek juga caranya kalau ada dana lebih, semoga kesampaian. Biar UMKM majuuuuu

  15. Lina W. Sasmita says:

    Jadi ingin mencoba peruntungan dengan Akseleren ini Mbak. Semoga bisa belajar cepat sehingga saya bisa mengambil keputusan untuk ikut terjun tidaknya dalam bisnis ini. Karena harus punya ilmunya dulu nih.

  16. April Hamsa says:

    Idem mbak aku juga gak berani main saham , masih main di yang aman2 aja hehe 😀
    Padahal katanya kalau mau untung besar kudu berani mengambil langkah besar juga yaa 😀
    Jd di sini peluang investasi tapi modal gak besar gk masalah ya?

  17. bilsilitonga says:

    Halo, salam kenal. Saya Bil Silitonga dari Akseleran..
    Kalau ada yang ingin dijelaskan lebih lanjut mengenai Akseleran,
    bisa hubungi saya via telfon atau whatsapp di 0812 8470 7150

    Have a good day & Happy Lending!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s