Mudahnya Berdagang Online bersama social commerce Avana

Avana, Social Commerce Platform yang Bikin Transaksi Online Super Gampil!

Haloooo! Apa kabar teman-teman? Masih semangat working from home, kan? Atau… mulai mati gaya karena berhari-hari kudu #DiRumahAja ? Santuuuyy, meskipun kita sedang menjalani physical/social distancing, banyak hal yang bisa dikerjakan di rumah, kok. Online shopping, misalnya 😊 Atau, kalian mulai terpikir untuk menjajal berjualan di kancah online? Yuk, mareee. Masih banyak potensi yang belum tergarap, nih. Iklim transaksi online kan udah makin memasyarakat. Kalau udah ada ide brilian untuk berdagang online, langkah selanjutnya adalah: Bagaimana eksekusi toko online serta sistem transaksinya mau kayak gimana.

Seiring berkembangnya teknologi dan informasi, transaksi online udah bukan hal baru lagi ye kan. Makin ke sini, muncullah marketplace, sebuah laman yang menyatukan para penjual online. Sistem pembayarannya beragam. Ada yang transfer, lalu barang dikirim. Ada juga yang COD alias Cash on Delivery, konsumen membayar ketika barang sudah sampai rumah. Looks so easy, yes? Eh, ternyataaa… sistem marketplace ini menjadi boomerang tersendiri bagi pengusaha online! Lho, kok bisa ya?

Berdagang via marketplace ini menimbulkan sejumlah problema. Di antaranya:

(1). Persaingan tidak sehat dengan banting-bantingan harga

(2). Brand pengusaha tidak terkenal, karena kan jualannya “rame-rame” bareng segabruk brand yang lain. Yang ada justru brand marketplace-nya yang terangkat.

(3). Sulit mengembangkan “pengenal” atau merk brand pengusaha

(4). Kans toko sebelah mengakuisisi foto barang/produk yang kita jual, sangatlah tinggi.

Weleh deleehhh. Kasihan dong, para online shop kalau harus mengalami “tragedi” seperti ini. Kudu ada terobosan baru, yang membuat dagang online menjadi lebih gampil, berkah dan bermanfaat baik untuk seller (UKM) maupun konsumen. Kira-kira kayak gimana yaaa?

***

Yassshhh, menjawab aneka problematika dagang online, kini hadir AVANA! Weitss, Avana Indonesia ini apa?

AVANA adalah Social Commerce Platform, gaes. Hmm, apalagi itu ya? Intinya ini platform berjualan yang mempermudah para pengusaha, pelaku UKM, dan UMKM untuk berjualan online.

Ubah Media Sosial Anda Menjadi Toko Online Berkelas dengan AVANA!

Dengan memodernisasikan media sosial seperti Facebook, Messenger, dan Instagram, pelanggan bisa melakukan transaksi pembelian sampai pembayaran di media sosial.  Pelanggan kini tidak perlu meninggalkan laman media sosial penjual, ketika sedang melakukan proses pemesanan dan pembayaran. Konsumen bisa banget melakukan semua proses ini langsung di media sosial penjual! Wah wah, asyik dong ya. Beneran ini cara belanja online kekinian, karena anti ribet sama sekali yes.

Tiga Toko Online utama AVANA

Cara jadi online seller di Social Commerce Indonesia ini gampil banget

(1). Cukup buka avana.id

(2). Daftarkan email

(3). Daftarkan Nama bisnis Anda

(4). Langsung bisa jualan online!

Untuk transaksi pembayaran, bisa dengan Kartu kredit, online banking bahkan bisa pembayaran lewat minimarket.

Ada tiga toko online utama AVANA yang bisa pengguna dapatkan, yaitu Webstore, Facebook store, dan Messenger store. 

Webstore

Webstore adalah toko online website. Berbeda dengan website pada umumnya, website dari AVANA memiliki kelebihan dapat menampilkan harga, promosi, kategori produk, sampai melakukan checkout di tempat. Tampilannya berbeda dengan website biasa. Ada dua jenis tema website yang bisa dipilih yaitu, tampilan biasa dan landing page.  

Facebook store

Facebook store adalah toko online facebook page. Konsepnya sama seperti facebook store. Facebook store ini sudah sepenuhnya terintegrasi ke webstore. Konsep pembayarannya juga bisa langsung di sini. Facebook store page ini tidak punya tema seperti webstore.  

Messenger store

Messenger store dari AVANA memberdayakan konsep chatting untuk berjualan. Biasanya aplikasi messenger hanya digunakan untuk broadcast pesan atau chatting online aja kan. Nah, di AVANA, messenger ini bisa dijadikan katalog bisnis online, lho! Seru banget sih ini. Konsepnya sama seperti Facebook store, yaitu bisa melakukan checkout.

Pelanggan cukup klik tombol buy untuk melanjutkan proses pengisian informasi dan pembayaran, atau klik tombol details untuk melihat informasi lebih lanjut mengenai produk yang dipilih.

Monitoring dan Proses Hanya dari Satu Dasbor!

Semua pembelian di ketiga toko online tersebut bisa di-monitoring dan diproses hanya di satu dasbor AVANA. So…. dasbor ini berfungsi untuk mengelola toko-toko online itu, mulai dari upload barang, ganti tema, buat promosi, rekap penjualan dan pembelian, dan lain-lain.

Barang yang di-upload di dasbor ini akan secara otomatis juga tampil di tiga toko. Stok, kategori produk, dan deskripsi produk juga akan tampil.

Lalu bagaimana jika banyak yang membeli produk di webstore, apakah stok barang di facebook store dan messenger store akan berubah? Ya, stok barang akan secara otomatis berkurang. Bahkan, jika sampai stok yang terekam di dasbor kosong (nol) maka pembeli tidak bisa membeli barang tersebut. Seller bisa menambahkan ulang jumlah barang di dasbor.

***

Mumpung lagi Working from Home dan #DiRumahAja, kuyy kita produktif bikin artikel, menulis tentang Avana Social Commerce yak.

Ayo ikutan AVANA Blog Competition ini. Ada hadiah menarik yang bisa dibawa pulang bagi pemenang yang beruntung:

– Juara 1: Rp3.000.000 + Avana Advance Plan 3 Months

– Juara 2: Rp2.000.000 + Avana Advance Plan 3 Months

– Juara 3: Rp1.000.000 + Avana Advance Plan 3 Months

Berikut adalah syarat dan ketentuan peserta yang mengikuti kompetisi ini:

Tulisan terdiri dari minimal 500 kata.

Tulisan didukung oleh gambar.

Selengkapnya bisa dibaca di: https://blog.avana.id/2020/03/18/blogger-competition/

Jangan lupa untuk mendaftarkan blogpost ke: https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSe_nKdRajQrA7POkH6caZq-cRyMuJdGY_vUnKgmKrhk8knJLw/viewform

Selamat ngeblog, nikmati experience menjadi seller bersama AVANA!

93 thoughts on “Mudahnya Berdagang Online bersama social commerce Avana

  1. R Indah Riadiani Hapsarie says:

    aaah menarik banget, selama ini kan jualan di macem2 ecomerce itu rasanya ribet ya karena beda-beda dashboard. mantep nih, memudahkan penal online, jadi pengen coba juga ^^ terimakasih mba infonya

  2. lyamalia says:

    Wah ini bangus banget mbak buat e-commerce kusus para pelapak online. Karena nggak pake ribet yaa, cukup daftarkan biasa saja langsung bisa buka toko online

  3. Demia KamiL says:

    Avana ini emang bikin praktis banget yaaa, memudahkan banget buat para pelaku bisnis online, aku udah cobain trial nya juga nih hihihi, keren karena bisa langsung terhubung ke0 3 media social hehe

  4. apura1 says:

    Tertarik nih aku nyobain Avana. Secara baru mau nyobain bisnis online kecil-kecilan dan aku ngerasa ribet banget harus share sana sini buat update produk.

  5. innaistantina says:

    Saya kalau belanja di marketplace, selalu scroll harga terendah tapi juga lihat bintang yang didapatkan toko tersebut. karena gak cuma cari harga murah, tapi juga itu toko seberapa terpercayanya

  6. Okti Li says:

    Sepertinya lomba ini saya skip. Materi di luar kemampuan saya hahaha…
    Kemarin sudah ada baca artikel ttg ini satu, sekarang dan seterusnya pasti bakal banyak artikel tema sama bermunculan nih …
    Sukses dengan lombanya ya

  7. Indah Riadiani says:

    Praktis banget ya mba…all in one di satu dashboard aja. Terobosan yg memudahkan bgt buat saya yg males upload produk di banyak marketplace atau socmed. Thanks ya mba infonya ^^

  8. lianny hendrawati says:

    Wah aku baru tau nih social commerce Avana, praktis sekali ya bisa terhubung ke berbagai social media. Tentunya bagi yang berjualan online di sosmed seperti facebook store dll, ini sangat membantu sekali.

  9. rainsdea says:

    Seru ini, marketplace nya bisa saling terhubung antara web,facebook dan bisa chat lewat messenger. Saya salah satu pedagang online yang kadang riweuh sendiri karena harus upload dagangan di tiga tempat berbeda. Avana bisa jadi solusi yang baik untuk keriweuhan saya. (Devi)

  10. nyi Penengah Dewanti says:

    Baru tahu aku soal avana ini, ternya marketplace yang bisa menghubungkan semuanya.
    MasyaAllah harus nyoba nih, apalagi aku jualan juga usaha produk sendiri. Makasih mbaaa udah di share soal Avana. Nambah ilmu nih.

  11. Arda Sitepu says:

    E commerce AVANA ini bagus banget mbak untuk para pedagang online yang ingin menjajakan barang dagangannya. Tak hanya itu fiturnya juga lengkap dan sangat membantu.

  12. Ririe Khayan says:

    Era digital, untuk terjun di dunia perdagangan sekarang bisa lebih gampil ya, salah satunya dengan melalui Avana ini, sehingga urusan jualan online bisa lebih lancar jaya

  13. molzania says:

    sekarang makin banyak persaingan ecommerce. saya belum pernah mendengar ttg avana, tapi mau belanja di sana sesekali..

  14. Roemah AuRa says:

    wah, ada lomba ini ya mbak, sepertinya saya tidak ikutan. Cocok banget ya social commerce avana ini untuk para onlineshoper. Btw moga sukses ya mbak.

  15. Bambang Irwanto says:

    Saya baru tahu soal Avana ini, Mbak. Dan bagusnya, Avana bagaimana secercah ahrapan dan pembuka jalan di saat seperti ini ya, Mbak. jadi yang ingin jualan online, tinggal buka saja akun Avana.

  16. Lidya says:

    Awalnya aku bingung ini bedanya dengan toko online lain apa ya, ternyata AVANA itu terintegrasi ke sosial media ya jadi praltis gak usah upload2 produk berulang kali cukup satu kali aja di dasboar yang sama

  17. Dewi Sulistiawaty says:

    Wah, aku banyak dapet info mengenai Avana ini, menarik juga ya. Aku mo ngasih tau adekku yang punya sampingan jualin pakaian ke rekan kerjanya. Kali aja dia minat dan terbantu dengan Avana ini L:)

  18. Milda Ini says:

    Wah saya baru tahu soal avana ini mungkin ini bisa menjadi solusi buat teman-teman UMKM di Bengkulu banyak juga teman-teman yang bergerak di UMKM Semoga dengan adanya Alfana ini bisa membantu dan mensupport bisnis mereka untuk lebih berkembang

  19. Muhammad Rifqi Saifudin says:

    Salah satu marketplace yang berbeda dibanding yang lain ya kak, semuanya bisa dilakuin di satu dashboard, jadi penasaran pengen nyoba, kira-kira bakal bagus gak ya buat toko onlineku. Mana bisa langsung lewat chat lagi

  20. inoo says:

    Wah menarik yahh. Lapak baru nih untuk jualan online. Btw, namanya simple & gampang diinget. Semoga Avana bisa bersaing di kancah ecommerce tanah air :))

  21. Larasati Neisia says:

    Waah platform baru lagi nih. Bisa jadi alternatif dagang online. Aku infoin dulu ah ke temen-temenku yang lagi rintis usaha.

  22. seftinaq says:

    Wah marketplace baru nie AVANA jadi kepengin nyicipin juga karena kemudahan dalam pembayaran melalui marketplace ini

  23. Mei Wulandari says:

    Hai Mbak Nurul, aku masih work from home nih.
    Btw aku baru tahu ada social e commerce Avana. Namanya keren ya hahaha.
    Kalau mau jualan online bisa mampir sana nih.
    Wow ada lomba blognya juga ya ternyata

  24. fennibungsu says:

    Kalau udah pakai acara akuisisi foto itu yang jadinya nggak asik persaingan bisnis. Hadirnya Avana bisa jadi penyejuk hati untuk bisa bisnis online secara menenangkan

  25. hani says:

    Wah menolong banget dong ya untuk bisnis online Social Commerce ini. Selama ini aku tahunya kan e-Commerce doang. Nah ini ada lagi yang lain, malah enak ini, lengkap…

  26. aldhi fajar maudhi says:

    marketplace memang banyak sih, baru denger juga nih Avana. Tapi setelah baca sistemnya sepertinya menarik nih. Ga da salahnya nanti aku nyoba. Thank infonya 🙂

  27. arigetas.com says:

    Semoga dengan adanya AVANA, membuat semakin mudah bagi konsumen dalam berbelanja. Buat penjual, semoga tidak saling banting harga yang jatuhnya nggak sehat banget euy.

  28. Mirza says:

    Detail banget penjelasan tentang avana, aku aja baru tau, nanti aku coba ah. Sebagai UkM emang harus manfaatin teknologi berkembang kaya avana gini

  29. Raya Akaputra says:

    Wah keren banget kak, AVANA bagi banyak kemudahan banget buat mulai bisnis online. Smoga segera bisa bersaing deh sama marketplace lain, biar bisa makin semangat bisnis di AVANA

  30. irenafaisal says:

    Hmm konsepnya unik, Avana ini sebagai agregator kah? ada peran escrow account? aku kepoin dulu deh thanks infonya kakak 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s