SPOTS, Aplikasi Kasir Online untuk Bisnis yang Kian Cethar Menggelegar

Hai hai haiii, ada yang sedang mempertimbangkan untuk terjun ke dunia bisnis? Atau, sekarang ada yang berprofesi sebagai pengusaha UKM, dan lagi kebingungan mengatur manajemen dan transaksi jual beli?

Tenaaang. Tarik napas perlahan, dan yuk baca artikel ini pelan-pelan. Kali ini, saya bakal mengajak Anda untuk memilih point of sale alias POS System untuk membuat bisnis Anda kian dahsyat, cethar membahana, menggelegar!

Wait, wait. Sebelum beranjak membahas tips detail, kita kupas dulu, sebenarnya Point of Sale atau POS System itu apa sih?

Point of Sale adalah suatu sistem yang digunakan oleh berbagai macam usaha ritel untuk menyelesaikan transaksi jual beli.

Jadi, misalnya kita lagi jalan-jalan ke mall. Pastinya banyak restoran atau café yang bisa dijadikan opsi untuk nongkrong ataupun bersantap bareng keluarga, sahabat, atau siapa aja dah. Bersantap sendirian juga boleh, terutama kalo lagi jomblo *krik*

Nah, kapan hari itu, saya dine in di GoKana. Tentu saja, ada Pos system restoran yang digunakan oleh tim resto tersebut kan? O iya, walaupun bukan jomblo, saya sempat makan sendirian lho *info penting*. Trus, saya ngobrol dengan petugas di GoKana tentang apa dan gimana Pos System Restoran yang dipakai di outlet ini.

Ternyata, mereka pakai GoBiz. Yap, GoBiz adalah super app dari Gojek khusus untuk para pebisnis. GoBiz dapat digunakan kapan saja, di mana saja, dan dengan perangkat Android apa saja. Bersama GoBiz, berbisnis menjadi aman dan nyaman, hanya dalam satu genggaman.

Diluncurkan secara resmi untuk membantu seluruh Mitra Usaha Gojek, sehingga usaha dapat berkembang dengan lebih efektif dan efisien. Menariknya, GoBiz ini juga bisa digunakan oleh semua jenis dan ukuran usaha.

GoBiz adalah aplikasi super untuk memudahkan Anda mengelola usaha hanya dalam genggaman. Fitur-fitur yang diberikan pun cukup lengkap, termasuk sistem Point of Sales (POS), fitur promo untuk membuat diskon, monitor penjualan dengan GoBiz Dashboard, food delivery oleh GoFood, dan payment acceptance yang didukung oleh GoPay.

Apa itu Mesin Kasir Online?

Aplikasi kasir online (sistem Point of Sale) untuk mengelola pesanan. Produk ini ditujukan untuk UMKM hingga pemilik franchise untuk memudahkan transaksi mereka. For your info nih, mesin kasir online merupakan bagian dari grup perusahaan GOJEK. Saat ini, sudah digunakan oleh lebih dari 50.000 outlet di seluruh Indonesia!

Awalnya, hanya mengandalkan Go-Pay. Sekarang, ada terobosan baru! Mesin EDC sudah bisa mendukung pembayaran kartu debit, dan sebentar lagi bisa menggunakan kartu kredit! Asik asik….. ini merupakan mesin EDC pertama yang punya opsi melakukan pembayaran dengan 3 macam metode. Ini memudahkan banget buat pelanggan dan pemilik bisnis kan?

Aplikasi Kasir Online untuk Bisnis yang Kian Cethar Menggelegar!

Benefit Menggunakan Cloud Based Pos System atau Point of Sale

Di zaman baheula (sebelum teknologi digital berkembang kian massif), tentunya kita kerap menjumpai restoran/café dan unit bisnis lain yang menggunakan mesin kasir konvensional/cash register. Nah, POS System ini pada hakikatnya adalah versi modern dari mesin kasir tersebut! Intinya, POS System menawarkan sistem dan perangkat pendukung yang lebih modern. Biasanya sebuah bterdiri dari seperangkat mesin kasir, lengkap dengan cash drawer untuk menyimpan uang dan printer untuk mencetak struk.

Point of Sale kini sudah banyak digunakan oleh beragam jenis usaha, seperti restoran, coffee shop (kedai kopi), barbershop atau laundry kiloan.

So, kalau kita lagi butuh tempat untuk ngerjakan tugas, atau sekedar me time bareng secangkir kopi latte, maka kita akan berinteraksi dengan para pegawai kedai yang memanfaatkan Point of Sale café ataupun POS system coffee shop.

Penasaran, gimana cara kerjanya?

Untk perangkatnya saja, sudah banyak penyedia Point of Sale di Indonesia yang menggunakan tablet pintar berbasis Android atau iOS. Ada juga beberapa kafe yang menggunakan perangkat khusus Point of sale café yang biasa disebut terminal.

Eh, waktu saya lagi asyik hang out ke sebuah coffee shop, ternyata, untuk konektivitas Pos system coffee shop sudah banyak yang meninggalkan penggunaan kabel, lho! Mau cetak struk, misalnya. Kini sudah bisa dihubungkan dengan printer bluetooth secara wireless.

***

Yap, ini adalah aplikasi kasir Cloud based pos system yang super duper kece dan recommended banget!

Sebenernya pas makan di resto Gokana waktu itu, saya mau bayar pakai GoPay, karena kan praktis, anti ribet sama sekali, intinya super duper cihuy! Akan tetapi, mas petugas kasirnya bilang kalau bisa lho, bayar pakai kartu Debit! Whoaaa, langsung penasaran mau coba, dong. Dan gampiiil banget emang tsaaay.

To sum up, ini nih keuntungan pakai Cloud Based POS System:

1. Mencatat data transaksi secara lengkap dan memprosesnya menjadi laporan yang mudah dianalisa.

2. Jika sudah terintegrasi dengan sistem stok barang(inventory), sehingga mengantisipasi kekurangan bahan baku dan ketersediaan produk.

3. Memberikan laporan penjualan usaha Anda secara langsung atau online.

4. Segala macam bentuk perubahan terhadap data menu seperti harga dapat dilakukan dengan cepat.

5. Mencetak struk pembelian bagi pelanggan, sehingga Anda tidak perlu lagi menggunakan kertas nota/kwitansi secara manual.

6. Dengan kalkulasi otomatis, kasir tidak perlu repot menghitung kembalian dan mempercepat proses transaksi, sehingga dapat mengurangi antrian.

7. Menerima berbagai metode pembayaran baik itu tunai, non tunai, kartu debit dan kartu kredit, dll. (*)

Author: @nurulrahma

aku bukan bocah biasa. aku luar biasa

121 thoughts on “SPOTS, Aplikasi Kasir Online untuk Bisnis yang Kian Cethar Menggelegar”

  1. Wah, banyak sekali keunggulan dalam memakai POS System ya, Mbak. Jujur saya belum pernah lihat secara langsung aplikasi kasir SPOTS ini. Maklum mainnya cuma ke pasar dekat rumah. Hehe.

  2. Seneng banget ya mba dengan hadirnya aplikasi kasir Spote ini, jadi memudahkan para pelaku usaha tetmasuk memudahkan kita para pembeli juga. Jadi kita nggak usah rempong-rempong lagi cari uangbpas buat bayar. Tinggal gesek aja beres atau pakai gopay juga bisa. Praktis ya 🙂

  3. Saya protes keras, walau makan sendirian bukan berarti jomblo lhoo….
    Keren ya SPOTS ini, membantu pelaku UMKM bidang kuliner dalam menjalankan usahanya, terutama bagian rekap penjualan dan kemudahan metode pembayaran

      1. Kemaren ad salem ke warung saya katanya dari gojek nawarin mesin spost dan di suruh biyaya pendaftaran 490 ribu.
        Tapi ko sampe sekarang belum ad jawabanya sama sekalih.
        Katanya sehari doang mau d anterin tapi udah seminggu tidak ada kabar.
        Merasa d tipu saya..

  4. Dulu saya tahunya pemain besar point of sale ini salah satu brand M***POS yg kerja sama dengan Telkomsel. Sekarang udah ada EDC SPOTS juga dan ini lebih gampang lagi karena pedagang kaki lima pun bisa pakai. Keren ini.

  5. Asik yah sekarang tuh para pedagang kecil bisa memanfaatkan aplikasi keren gini, jadi masalah keuangan juga teratur dan sebagai pembeli saya ikut seneng soalnya metode pembayaran bisa cashless, hehe.

  6. Di sini warung pinggir jalan juga sudah banyak yang pake SPOT. aku sih happy karena memang lebih sering melakukan transaksi cassless.

  7. POS system dari mesin EDC SPOT sesuai banget dengan era digital saat ini ya, less cash. Yg punya usaha makin mudah mengetahui perkembngan usahanya, konsumen dimudahkan dalam pembayaran.

      1. Mesin kasir online ini membantu para pebisnis dalam mengembangkan dan memanajemen usahanya ya. Semoga semakin banyak UMKM yg memanfaatkan aplikasi kasir online ini.

    1. Yes betul banget mba. Kadang klo kita pas beli-beli gitu trus penjualnya sibuk bikin nota atau sibuk nyari kembalian, rasanya emosi ya. Kalau pake Spots kan semua serba pas dan cepat.

  8. Syukur ada SPOTS ya, jadi gak ribet mau pake kartu apa juga mesinnya bisa baca, paling bete kalo makan di resto terus mesin edcnya gak bisa pake kartu kita tuh.

  9. kata yg jualan makanan via gofood, terbantu sekali dg spots ini. kan orderan jg muncul di sini, pencatatan jd gak terlupakan. bs mudah pantau keuangan deh

    1. Ini penjelasannya mudah dicerna. Aku seneng model pembayaran ini. MEmudahkan pelaku usaha dan konsumennya juga ya. Meminimalkan kita pegang uang cash, menjauhi virus…hehehe.

  10. Makin banyak pengusaha kuliner yang pakai aplikasi kasir seperti spots ini, makin nyaman deh orang yang suka cashless kayak aku buat jajan. Ngomong-ngomong di Pondok Aren, ada loh babang nasi goreng pakai gerobak gitu juga udah pakai spots. Katanya, dia jadi gampang tahu pemasukan dan pengeluaran dia setiap hari

  11. Aku seneng deh dengan adanya SPOTS makin banyak usaha yang maju dan lebih pede dalam meningkatkan usahanya. Keren ya SPOTS ini dekat di hati para UMKM kuliner

    1. Bener mba, makin banyak pengusaha kuliner yang merasakan manfaat mesin EDC yang satu ini. Pembeli pun senang karena tak perlu menunggu lama ketika sedang bertransaksi. Cepet banget mesinnya nih, input data sekaligus print notanya.

  12. Keren ya spots ini. Sudah mengintegrasikan banyak proses bisnis, nggak hanya sekadar untuk transaksi

    1. nah ini yang perlu dicatat:

      Segala macam bentuk perubahan terhadap data menu seperti harga dapat dilakukan dengan cepat.

      karena ini seringkali beban buat kita

  13. SPOTS aplikasi kasir yang lengkap banget ya, bisa mencatat segala macam transaksi, laporannya pun sudah rapi tercatat, struk juga otomatis, cocok banget deh buat usaha UMKM 🙂

    1. Iya Mbak aku setuju setiap transaksi itu seharusnya dicatat nah kalau di SPOTS transaksi akan terekam sendiri ya jadi nggak harus mencatat manual. Jadi simpel ya mengurangi kerjaan. Eh Mbak Rizka apa kabar? Lama nggak berkunjung ke blognya nih saya. 😀

  14. Dulu point of sale itu harus pakai komputer, ribet banget. Sekarang sudah praktis begini, nggak perlu tempat khusus yg luas buat kasir.

  15. Dulu point of sale itu harus pakai komputer, ribet banget. Sekarang sudah praktis begini, nggak perlu tempat khusus yg luas buat kasir.

  16. Sebagai orang yang memilih cashless, perlu banget mengandalkan mesin EDC macam ini. Hehehe apaplagi kalo belanja ke counter-counter ga bawa cash dan ga ada mesin, akhirnya batal deh, hehehehe

    1. bener sekarng orang kemana-mana jarang bawa uang cash banyak paling seperlunya aja ya. Kalau transaksi pakai mesin EDC SPOTS kan dukung cashless juga

  17. Alhamdulillah para penjual di sekitar rumah ku juga udah banyak yang pakai SPOT ini kaya warung lauk mateng udah pakai ini. Bener-bener mempermudah penjual dan pembeli sih menurutku.

  18. SPOT banyak sekali keunggulannya. Dan informasi ini harus sampai ke para padagang yang baru merintis usahanya, karena banyak sekali keistimewaannya saat menggunakan SPOTS.
    Semoga inovasinya terus berkembang sehingga para UKM makin besar cuannya.

  19. Aplikasi ini membantu berbagai pedagang dalam hal pembayaran dan membantu keuangan juga ya mbak. Beberapa kali belanja pakai Gojek pasti dapat kuitansi dari SPOTS.

  20. Makin mudah nih pakai spots apalagi bisa pakai kartu debet. Soalnya saldo GO-PAY Mpo suka habis atau lupa isi saldo. Kalau kartu debit tidak pernah kosong

  21. Saya seneng deh kalau nemu tempat makan / jajan yang udah pakai aplikasi ini. Soalnya jadi bisa bayar pakai gopay hehehe. Ngebantu banget buat pengunjung yang cashless. Ternyata juga banyak manfaatnya bagi pemilik usaha

  22. Buat yang punya usaha wajib mempertimbangan buat punya EDC powered by Gojek ini ya mbak. Soalnya banyak keuntungannya dan pasti memudahkan dalam bertransaksi.

  23. Ahh jaman now makin modern dengan cashless ya.
    Tukang martabak dan Nasgor langgananku udah pake EDC SPOTS ini donk, gayanyaaa.

  24. Dengan kemajuan teknologi seneng deh kehadiran SPOTS memudahkan untuk transaksi. UMKM pun bisa keren sekaligus terbantu ya dengan SPOTS Ini

  25. Spots tuh banyak banget kelebihannya. Karena aku gak pinter catat2, kalau dagang dan pakai ini ya kebantu. Mana bisa ngatur-ngatur menu lagi

  26. Aplikasi ini membantu pembeli dan pedagang, khususnya pedagang yang memang agak sulit melakukan pembukuan. Kalau pesan makanan pakai ojek online aku selalu dapat struk SPOTS ini mbak.

  27. Adanya mesin Spots ini membantu penjual supaya lebih tertata urusan administrasinya. Stok barang juga bisa dikontrol lewat mesin Spots. Multifungsi deh!
    Syukur sekarang udah banyak pengusaha kuliner pakai Spots.

  28. Dengan SPOTS semua bisa lebih mudah ya Mbak. Disini masih hitungan jari nih yang makenya. Tapi saya senang karena tempat beli cemilan langganan udah make SPOTS juga 🙂

  29. Widiiih lengkap banget ya Kak kegunaannya. Pas nih, saya jadi tertarik buat pakai. Ada rencana buka usaha. Tapi bukan bidang kuliner sih.

  30. Sekarang makin banyak tenant yang pakai spots ya mbak jadinya enak gtu kalau mau transaksi gak usah pakai uang cash tinggal manfaatin ewallet kita

  31. Pake Spots gini ga usah kelamaan nunggu bakule ngasih susuk ya mbaa…
    Dari sisi penjual juga amat terbantu, kini mereka sudah tak perlu repot bikin nota dan ngrekap pake seabrek sistem. Cukup pake 1 alat aja udah beres.

  32. Praktis juga ya, mbak, sayang aku belum sempat cobain SPOTS ini. Ntr kalo wabah berakhir dan ngemol2 lagi, mau coba bayar2 pake SPOTS aah 😀

  33. Point of sales ini emang dibutuhkan banget buat penjual yaa,, nah buat pembeli pun jadi lebih praktiiisss

  34. Usai pandemi ini, sepertinya aku kudu jadi pemantau, resto-resto apa saja, di kotaku yang sudah pakai SPOTS, aplikasi kasir online besutan GOJEK ini.
    Jadi pas ada job review, tinggal eksekusi deh!

    1. Makin kesini segala hal makin dipermudah ya mbk, salah satunya untuk bayar membayar. Praktis banget tinggal geser saja. Nggak butuh waktu lama juga ya

  35. Nggak hanya bisnis besar yang pakai mesin EDC , UMKM pun terbantu dengan spots gopay ya, memudahkan transaksi kita, keduanya pedagang dan pembeli dimudahkan

  36. jadi ini bisa buat UMKM ya mba, dana sekarang memang banyak orang yang suka belanja non tunai, apalagi paraktis dan juga kadang suka ada diskon atau poinnya lagi setelah belanja

  37. Enak ya pakai debet bisa pakai ewallet kyk gopay juga bisa. Dari sisi pembeli kalau pakai spots ini cukup memudahkan transaksi apalagi kalau pa situ lagi gak bawa uang cash 😀
    Kalau dari sisi penjual bikin penjual lbh mudah ngitung2 laba harian keknya ya

  38. keren aplikasi, multifungsi,praktis dan menguntungkan buat pengunanya baik konsumen yang nggak suka bayar cash dan penjual yang jadi lebih mudah dalam bisnis

  39. Teknologi semakin berkembang dan memudahkan UMKM dalam hal penjualan ya. Ga repot lagi beli mesin kasir gede dan printernya sudah include semua di SPOTS

  40. Kang soto lamggananku juga udah pake spots mba pokonya serba keren ya sekarang makin berkembang aja trknologi kasih kemudahan

  41. Awalnya aku kira ga nyambung, ngapain GO-JEK keluarin alat ini. Setelah aku baca2 ulasan tentang latar belakangnya, woww, malah sekarang jadi salut. Seperhatian itu sama UMKM, saling membutuhkan intinya, saling memudahkan

  42. Senang banget ya zaman now bebas cashless dengan belanja di manapun, meski di warung pinggir jalan loh udah pada pakai spots.

    Ini penting banget, terlebih di tengah mewabahnya virus sekarang, dengan lebih sedikit menyentuh uang kertas, penyebaran virus akan lebih sedikit juga 🙂

  43. All Hail Technology….!!

    Gila ya jaman sekarang apa-apa jadi makin mudah ya mbak, SPOTs ini juga mempermudah konsumen dan juga UMKM ternyata…

    Belum lagi yang ngembangin gojek yaa, keren banget ternyata. Dan emang sudah sepantasnya sih perusahaan-perusahaan anak negeri juga memberi kontribusi positif sama banyaknya bagi usaha kecil menengah lainnya yang ada di Indonesia. Ku senang,

  44. Hoa… keren banget. Saya suka lihat mesin ini di kedai kopi favorit. Saya kira itu mesin EDC, ternyata lebih canggih dari itu ya… keren nih SPOT ini, baik penjual atau pembeli jadi dapat kemudahan.

  45. Lebih efisien nih kalo pake SPOT, gak perlu lagi keribetan konvensional bikin nota dan semacamnya. Digital emang ngebatu banget jaman now tuh. Yg punya usaha lebih efsien waktu yang belanja juga praktis gak lama2 di kasir.

  46. MasyAllah banyak sekali ya mba manfaat dari Sopts ini. Saking banyaknya aku jadi penasaran siapa penemunya lho. Seriusan. Semoga penemunya berkah nih udah nemuin aplikasi canggih gini. Karena membantu konsumen dan penjual. Akhirnya semuanya jadi praktis dan cepet

  47. spots ini ada dimana-mana deh. aku suka makan di restoran tapi bayarnya pake spots. nggak usah bawa uang cash lagi,

  48. Waah, GOJEK itu ya, bukan hanya mengeluarkan GoPay aja, tapi juga meluncurkan Mesin Kasir, SPOTS. Dan ini sangat membantu bagi pelaku UMKM untuk membuat laporan keuangannya. Selain itu juga, dg pelanggan transaksinya jadi makin mudah. Mau bayar pakai cash, gopay atau debit card pun lancar terus.

  49. Dengan adanya SpOTS ini para pebisnis baru yang masih gagap dalam pembukuan ga perlu galau lagi ya, mbak. Semua sudah terbantu banget dengan aplikasi ini.

  50. Spesifik utk SpOTS ini, saya beberapa kali sudah melihatnya saat makan. kasirnya menggunakan alat ini. Alhamdulillah, Sekarang semakin banyak alternatif aplikasi teknologi yang proper utk usaha hingga skala UMKM ya mbak

  51. SPOTS ini sudah merambah di banyak toko dan warung ya. nggak besar, nggak kecil banyak yang sudah pakai. kapan hari aku lihat, Ramayana mall itu, juga pakai mesin SPOTS

  52. Aku pertama kali liat dikiranya ini tuh mesin EDC bank. Eh ternyata mesin kasir
    Praktis banget, dengan bentuk yang fleksibel pun pembayaran nya bisa pake Gopay atau kartu debit/kredit

  53. Tahu nggak sih, sejak membaca ulasan-ulasan tentang SPOTS ini, aku sudah berjanji sama diri sendiri mau pakai SPOTS juga kalau nanti membuka usaha dari rumah. Membantu banget kan buat UMKM. Bayangin deh, kalau harus mempekerjaan satu karyawan lagi khusus untuk mengecek stok, sebagai kasir, sekaligus melakukan update harga dan menu, kan biayanya pasti lebih besar.

  54. SPOTS ini membantu sekali terutama utk para UMKM yah, dan saya terbantu juga soalnya jarang bawa uang cash hehehe,. jadi jajan makin menyenangkan

  55. Kalau sebagai konsumen dengan adanya mesin SPOTS ini seneng mbak. Karena pesanan lebih cepat datang. Saat kita pesan di go food, langsung tercatat di sana, dan driver tinggal ambil. Jadi lebih cepat dari pada nunggu driver datang dan baru pesan

  56. Bagus nih, jadi makin efisien deh transaksi yang dilakukan. Apalagi buat aku yang seringnya cashless.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: