Peduli Gizi dan Kesehatan Saluran Cerna Anak Selama Pandemi

Haihaiii, Bunda!

Pandemi belum berakhir, ya. Ini artinya,kita harus selalu sigap, dan memberikan yang terbaik untuk anggota keluarga. Terlebih lagi, pemenuhan gizi seimbang untuk buah hati. Kita semua tentu sepakat, bahwa waktu tidak akan kembali. Artinya, orang tua harus memberikan atensi untuk tumbuh kembang anak yang optimal. Apalagi di masa pagebluk ini. Gimana caranya dah, imunitas tubuh terus meningkat, kesehatan jiwa raga paripurna senantiasa!

Kali ini, saya mau ajak Bunda untuk membahas seputar urgensi Serat Pangan Inulin pada Kesehatan dan tumbuh kembang anak.

Jadi, beberapa waktu lalu (Kamis, 25 Maret), saya ikut Webinar/ virtual press conference yang diselenggarakan Morinaga. Webinar/ Diskusi Kesehatan ini mengusung tema, “Peduli Gizi Pencernaan Anak di Masa Pendemi”, sekaligus peluncuran Morinaga Chil*Go! Original.

Pematerinya tentu saja para pakar yang siap membagikan fakta menarik untuk kita semua. Siapa saja?

dr. Daeng M. Faqih, SH MH ( Ketua Umum PB IDI)

Chef Devina Hermawan (finalis Masterchef Indonesia season 5)

dr Muliaman Mansyur (Head of Medical, KALBE Nutritionals)

Gregorius Daru Smaragiri (Business Unit Head Morinaga Chil*Go! KALBE Nutritionals

Peduli Gizi Anak Selama Pandemi

Dr Daeng menuturkan bahwa di masa pandemic ini, sejumlah anak-anak terpapar virus corona. Ini diperparah dengan adanya komorbid (penyakit bawaan) yang menjangkiti anak tersebut, biasanya berupa diare, kurang gizi dan aneka penyakit yang berkaitan dengan Saluran Pencernaan Anak

“Ada sebuah survey yang menyebutkan bahwa ibu-ibu sering terdorong pada kegiatan menyajikan masakan secara praktis. Misalnya, sering masak mie instan, makanan cepat saji/ gorengan yang tidak terlalu sehat. Juga, menyetok makanan dengan kandungan gula berlebih. Dari segi gizi, tentu saja, keseimbangan makro dan mikronutrien tidak terjaga. Padahal, kita butuh makanan untuk memperkuat daya tahan tubuh. Jangan hanya lihat sisi praktisnya saja. Kita juga harus pertimbangkan zat gizi, untuk Kesehatan anggota keluarga,” ungkap dokter Daeng.

Wadidaww, ini aku kayak ter-hakdesh! sih. Secara, aku juga masuk barisan buibu yang demen banget nyetok aneka frozen food. Tinggal goreng, sreng sreng sreng, mateng deh, sajikan!  Mungkin kalau sesekali (buat selingan) tidak masalah, ya. Tapi kalau tiap hari? Saban waktu makan pakai processed food melulu? 😛

Dokter Daeng meggarisbawahi pentingnya nutrisi dan penyerapan yang optimal untuk anak-anak kita. “Masalah nutrisi, baik asupan, jumlah, frekuensi, kandungan gizi, variasi, porsi, jenis dan macam harus GIZI SEIMBANG. Supaya zat gizi harus masuk ke dalam tubuh, saluran pencernaan harus dibantu. Keseimbangan probiotik dan aneka zat seperti Mineral, vitamin, zinc, selenium, asam folat, ini semua penting untuk bantu penyerapan.”

To sum up, rumusnya adalah: Kandungan gizi + penyerapan harus bagus = Pertumbuhan dan daya tahan anak jadi optimal.

Lebih lanjut, dokter Daeng menyoroti sejumlah hal yang perlu diperhatikan dalam kaitannya dengan tumbuh kembang anak.

Karena waktu tak akan Kembali, Yuk Investasi Nutrisi untuk Anak

Did you know, kalau saluran cerna itu dijuluki the second brain? Kok bisa? Yup, karena jumlah sel syaraf yang ada di saluran cerna ini banyak banget, tepatnya terbanyak kedua setelah syaraf pada otak. “Saluran cerna itu sangat panjang, panjangnya dari lambung ke anus sekitar 7-8 meter. Banyak fungsi pada Saluran cerna. Di antaranya, 70% sumber daya tahan tubuh itu ada di sana. Sementara, pPertumbuhan pada GOLDEN Period, juga akan maksimal, apabila saluran cerna sehat optimal. Karena itu, Kesehatan saluran cerna harus senantiasa dijaga,” tutur Dokter Muliaman Mansyur, Head of Medical, KALBE Nutritionals.

Nutrisi, kebersihan, sumber makanan kudu dijaga. Kalo makanan sampai terkontaminasi bakteri atau virus akan menyebabkan diare pada anak. Nah, Nutrisi apapun yang diberikan, harus bisa terserap dengan baik.

Kita harus menstimulasi saluran cerna agar bisa berfungsi dengaan baik, protein (untuk daya tahan tubuh) vitamin (berfungsi untuk organ vital) PRObiotik dan PREbiotik (supaya sistem cerna bekerja dengan maksimal )

Di masa pandemic ini, pemenuhan kebutuhan sehari-hari harus diperhatikan. Untuk anak, kebutuhannya 1200-1500 kalori per hari.

Anak harus rutin Sarapan, makan siang, makan malam.  Ada periode snacking, di antara jam makan, ini juga harus menjadi perhatian orang tua. Susu UHT bisa diberikan untuk snacking. Karena aktivitas anak ini kan beragam yah, Bun. Kalau anak sangat aktif, energi akan habis untuk aktivitas. Karena itu, kita bisa membeikan Susu cair/UHT untuk snacking, susu pertumbuhan supaya bantu TAMBAHAN pemenuhan kebutuhan secara adekuat/proper.  

Apa Itu Serat Pangan?

Sebenarnya serat pangan sering juga disebut sebagai serat. Kita semua tentu sudah mengetahui bahwa serat biasa didapatkan dari buah-buahan dan sayur.

Yang dimaksud dengan serat pangan adalah polimer karbohidrat dan umumnya berbahan dasar tumbuhan. Jenis makanan yang termasuk serat pangan adalah sayuran, buah, sereal, dan kacang-kacangan.

Serat Pangan Inulin

SERAT INULIN adalah bagian karbo rantai Panjang. Kalorinya rendah, dicerna bakteri baik dalam usus. Adapun manfaat serat pangan inulin adalah: 

(1). Untuk makan bakteri baik , sehingga lingkungan saluran cerna lebih baik.

(2).  Fungsi sebagai serat, sehingga Kesehatan saluran cerna bisa terjaga dg baik.

(3). Bantu penyerapan nutrisi, seperti: kalsium, laktosa, dan Vitamin lainnya. Juga mencegah penyerapan lemak jahat  

Walaupun golongan karbo, serat iulin TIDAK memengaruhi kadar gula darah, karena kerjanya di usus saja

Serat inulin punya cara untuk BANGKITKAN RESPON IMUN/ tingkatkan IMUNITAS

Kita bisa dapatkan serat inulin di bawang, Pisang, tapi anak harus konsumsi dalam jumlah banyak, karena kebutuhan serat cukup tinggi yakni 17 gram per hari.

Karena itulah, Inulin ditambahkan dalam susu, untuk pemenuhan serat pangan pada anak.

Gregorius Daru Smaragiri selaku Business Unit Head Morinaga Chil*Go! KALBE Nutritionals, meng-highlight Pentingnya serat pangan inulin untuk bangun daya tahan tubuh anak. Pak Daru, begitu ia biasa disapa, menyampaikan kabar gembira,

Saat ini sudah ada berbagai alternatif susu yang memformulasikan kandungan serat pangan di dalamnya sehingga lebih praktis, salah satunya seperti susu Morinaga Chil*Go! yang enak bernutrisi.

Morinaga Chil*Go! adalah susu kemasan siap minum (ready to drink), yang juga merupakan susu steril dalam bentuk cair yang bebas pengawet. Dengan kombinasi nutrisi Serat Pangan Inulin, 10 Vitamin dan 5 Mineral untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Si Kecil usia 1-12 tahun.(*)

109 thoughts on “Peduli Gizi dan Kesehatan Saluran Cerna Anak Selama Pandemi

  1. Ira Hamid says:

    karena waktu tak dapat diputar kembali, sebagai orang tua, sudah selayaknya kita memberikan yang terbaik untuk anak yaa, salah satunya nutrisi untuk tumbuh kembangnya

  2. Yuniari Nukti says:

    Sebenarnya tau makanan instan itu nggak baik, tqpi gimana ya anak-anak lebih suka makan mie itu sih. Sudah dimasakin sayur ternyata gak dimakan, disela mengerjakan tugas sekolah diam-diam mereka masak mie sendiri sambil nyeplok telur haha..

    Memang harus terus diomelin nih anak-anak. Terima kasih untuk info serat pangannya Mbak, pelan-pelan deh dikasih tau srkaligus disuguhi pisang sama susu biar ususnya gak keriting kebanyakan mie, hehe

  3. Agustina Purwantini says:

    Soal pencernaan anak ini kerap kalj terlalaikan, lho. Aku sering tahu tetanggaku yang anaknya sampai tetangisan kalau mau BAB.

  4. Ipeh alena says:

    Pencernaan anak memang harus diperhatikan banget nih. Salah-salah malah jadi enggak terpantau dan bikin kita enggak sadar ya kak. Kalau si kecil ada masalah di pencernaannya. Beruntungnya ada chill go yang bisa bikin anak terpenuhi gizinya

    • Deris Afriani says:

      Aku juga termasuk yang nyetok froozen food nih. Harus dikirangi ternyata ya. Mending stok buah dan sayur biar bisa memenuhi kadar Inulin tubuh anak. Nice info nih. Apa lagi bisa disupport melalui susu Chil go.

  5. Smulelyrics says:

    Ia sebenarnya saat2 seperti ini kita harus peduli sekali terhadap anak kita, tapi aku agak kesulitan karena anakku tidak suka makanan2 bergizi begitu, malah dia suka sama mie instan trus, kira2 solusinya gimana ya bingung saya.

  6. J i n g g a says:

    Alhamdulillah, aku jg pakai morinaga untuk anakku. Tapi rencananya nti umur 2 tahun distop dulu hihi..
    Senengnya emang ada nutrisi untuk pencernaan yaa jadi dia ngga sembelitt.

      • Rhoshandha says:

        nah itu dia, berarti kita harus bikin frozen food sendiri ya
        memasaknya sendiri karena bisa memastikan bahan-bahan dan nutrisinya
        yaaa salah satu bentuk peduli terhadap gizi si kecil

  7. Dessy Achieriny says:

    Anakku yang pertama ngalamin yang sistem pencernaan terganggu, jadi gak bisa asal pilih susu, salah pilih mesti sakit perut. Jadi belajar banyak mengenai gizi juga di sini thanks sharingnya

  8. tiawidiastuti says:

    wah, aku juga ikutan loh acara webinar ini kemarin.. hehe..
    seru ya mba, banyak dapet ilmu.. dan aku baru tau loh kalo ternyata saluran pencernaan itu otak keduanya manusia.. jadi wajib banget jaga pencernaan si kecil ya mba, biar daya tahan tubuhnya kuat..

  9. Siti Nurjanah says:

    Untuk tumbuh kembang anak secara sempurna
    Para orang tua patut dan harus memperhatikan gizi serta nutrisinya.
    Dengan menstimulasi saluran cerna seperti protein, mineral dan vitamin harus tercukupi

  10. Sovi Nur Wakhidah says:

    Yang serba instan emang nggak baik buat jangka panjang. Apalagi buat anak-anak. Tapi gimana, ya, anak-anak itu lebih suka yang cepat saji. Orang tua harus ekstra, nih, perannya buat menjaga pola makan anak.

  11. Alfa Kurnia says:

    Waduh, aku ikut kesentil nih hahaha. Abis gimanaa, anaknya doyannya itu dan ibunya terlalu males eh sibuk untuk coba-coba resep. Baiklah mulai hari ini harus semangat mengenalkan ke makanan dan susu yang serat kaya inulin supaya gizi anak seimbang dan pencernaan mereka lancar.

  12. Jiah Al Jafara says:

    Keponakanku kemarin pas puasa lumayan sering makan Frozen food. Lha yang gampang sih dan dia mau. Nanti pas ramadhan perlahan butuh diubah ya. Jadi milih yang lebih sehat dan bergizi

  13. Tmanis says:

    Rasanya tuh nyesel banget kalau baru dapat info bagus tentang tumbuh kembang anak dan usia periode emas anak, karena anakku sudah lewat periode emasnya. Tapi bisa berbagi Pengetahuan ini ke orang lain.

  14. Rella Shaliha says:

    Aku biasa bwt anak-anak kuatur seminggu berapa kali protein hewani berat, sedang, dan sandingannya (sayur, buah, protein nabati). Kelihatannya rempong dan perhitungan, tapi dengan begini aku bisa mengontrol segala asupan dan tentunya juga bujet. Bagiku ngga ada kata telat, selama anak-anak makan di rumah, otoritas kita yang jalankan hehehe

  15. asihmufisya says:

    Saluran pencernaan bagian penting di masa tumbuh kembang anak, jadi nggak bisa kita anggap sepele. Pokoknya makanan dan kebersihan jadi satu kesatuan yang klop.

  16. Rotun DF says:

    Saluran cerna panjangnya 7-8 meter dan bisa ‘muat ‘ dalam perut. Masya Allah ya Mba. Tinggal tugas kita nih, untuk merawat dengan memberikan nutrisi
    yang baik dan seimbang. Semangat masaaak ,buibuuu

  17. Dian says:

    penting banget menjaga kesehatan saluran pencernaan anak ya mbak
    melalui menjaga kebersihan dan nutrisi yang cukup
    apalagi saat pandemi, harus lebih ekstra memperhatikan gizi anak
    nice sharing mbak nurul

    • niaharyanto says:

      Ini ya yang sering terlupakan. Kita parno dengan kesehatan si kecil di masa pandemi. Sampe segala dijaga biar gak tertular. Nah saluran pencernaannya malah terabaikan. Padahal imun justru berpangkal dari perut. Perut sehat, tubuh sehat, imun pun oke ya. Dan susu begini merupakan sumber gizi yang bisa melindungi saluran cerna.

  18. J i n g g a says:

    Anakku masih jadi selective eater bangett. Padahal aku sudah berusaha ngimbangin, termasuk kasih contoh buat dia agar semua yang disajikan dimakan. Huhu. Tapi tetep ajaaaa sayur tu masih pilih2. Hikss. PR bangett dah ini buatku

  19. retnokw says:

    aku juga ter hak desh nih mbak. Terlalu sering di rumah anak anak jadi tambah sering ngemil yang kadang ya gitu deeh… baca gini jadi diingatkan lagi, untuk membuat sesuatu yang lebih sehat…

  20. Zia says:

    Jaga sistem pencernaan dan gizi anak dan keluarga udah ga bisa ditawar apalagi pandemi gini ya mba. Harus jadi ibu cermat nih buat menyiapkan gizi seimbang untuk anak-anak dan semua anggota keluarga di rumah. Makasih sharing ilmunya ya mba.

    • Utie adnu says:

      Manfaatnya banyak berati ya susu morinaga child go ini.. memberikan asupan tambahan Penting banget kalau Ada tambahan manfaat lainnya ya mba..karena sumbet penyakit awalnya dari pencernaan

  21. Nabilla DP says:

    iya nih, pandemi gini kalau emaknya lagi sumpek kadang jadi gak fokus memikirkan kebutuhan nutrisi anak.. aku udah pengalaman bangettt ngerasain ga enaknya kalau sistem pencernaan anak bermasalah. makanya mendingan antisipasi aja daahhh hehe

  22. tukang jalan jajan says:

    selama pandemi ini kewaspadaan tentang makanan justru harus semakin ditingkatkan, jangan sampai hanya mengurusi imunitas dan lupa memenuhi kebutuhan gizi untuk tumbuh kembang. Pasti seru sekali ini perbincangannya

  23. niaharyanto says:

    Sistem pencernaan ini memang pangkal dari kesehatan tubuh secara umum ya. Dan juga ngaruh banget ke pertumbuhan dan perkembangan anak. Jadinya harus terjaga deh kesehatan saluran cerna anak.

  24. Hani S. says:

    Anak keduaku sempat ada masalah pencernaan yang cukup serius akibat alergi. Sedih banget lihatnya kesakitan saat perutnya sakit tapi susah Pup. Pengalaman berharga yang membuatku dan Suami jadi lebih aware terhadap pencernaan Anak.

  25. Ana ike says:

    Suka bangeet sama bahasannya. Dan bener banget, aku termasuk ibu yang kadang “milih” kasih yang praktis tapi nggak sehat. Sesuatu yang bener-bener dibenahi banget. Karena aku mau pencernaannya sehat dan tumbuh kembangnya juga optimal.
    Morinaga nih salah satu yang menemani masa tumbuh kembang anakku hehe

  26. Aprillia Ekasari says:

    Selama pandemi ini anak2 blm bisa dapat vaksin Corona makanya kesehatannya kudu bener2 dijaga ya mbak dengan cara memberikan makanan yang bergizi, khususnya yang mengandung serat.
    Btw anakku suka juga tuh susu Chilgo yg UHT 😀

  27. Rhoshandha says:

    iya, apalagi saat pandemi ini si kecil seringkali makannya sembarangan karena bete di rumah aja
    padahal laju makan dan apa yang dimakan harus dikendalikan
    yaa kalau bukan kita yang peduli, ya siapa lagi

  28. Rahmah Chemist says:

    Nanti kalau misal ada lagi e-conference keren seperti ini, kabari ya Mbak
    Pengen nambah ilmu juga nih
    Lama ga ikut offline

  29. andyhardiyanti says:

    Yeayyy..Morinaga Chil-Go juga ada rasa baru kan yaa..yang kemasannya berwarna putih. Favorit anak saya tuh, oh iyaa..dia juga suka yang kemasannya warna biru. Botolnya lucu. Kalau isiny udah abis, bisa jadi mainan den itu botolnys

  30. Rohmahdg says:

    Makanya otak sama perut ada keterikatan yg kuat ya mbak. Apalagi anak masih kecil, perlu dijaga bukan hanya otak, tpi gizi utk perutnya juga. Klo anak2 dikasih Morinaga Chil-Go dg kemasan unyu gini, jelas mereka suka. Udh dpet gizinya, anak jg senang krn botolnya bisa buat mainan 😍

  31. Ihwan says:

    Selama pandemi ini anak-anak lebih banyak di rumah sehingga kontrol makanan yang dikonsumsi ada di tangan orang tua sepenuhnya ya Mbak. Memang harus disiplin agar makanan anak-anak lebih bergizi dan variatif.

  32. Kartika Nugmalia says:

    Soal nutrisi yang baik adalah awal pertumbuhan dan perkembangan optimim itu aku setuju banget. Memang sejak awal kudu lengkap gizi. Serat memang kadang terlupa ya, untungnya ada chil-go.

    • Dian Restu Agustina says:

      Kita memang mesti ekstra peduli dengan gizi anak selama pandemi ya Mbak…dan ini susu bekal anakku buat sekolah, juga nyetok di rumah. Morinaga Chil*Go! susu kemasan siap minum yang praktis, yang juga merupakan susu steril dalam bentuk cair yang bebas pengawet. Kandungan gizinya pun lengkap ya

  33. Ruli retno says:

    Anakku biasanya bawa chill go buat bekal sekolah, karena aku percaya juga sama kandungannya bagus buat saluran cernanya. Tp selama pandemi gak sekolah jd jarang pake chill go

  34. Eni Martini says:

    Sistem penceraan itu penting banget, aku pun baru paham setelah ikut acara-acara kesehatan waktu even-even dulu Karena pencernaan otak kedua kita, kalau trouble bisa pengaruh ke emosi, ke kecerdasan dll

  35. Diah Alsa says:

    saya pun merasa kecubit nih Mbak, sering ngasih yang frozen food gitu yg tinggal sreng sreng beres kaan, mana mereka kalau makan snack udah macam kalap ngalahin makan utama pun, huuft.

    Si Kakak juga suka nih susu Morinaga Chil-Go, pas banget deh dia emang paling susah dibujuk makan buah, padahal dibutuhin tuk tubuh juga ya. Suka pisang juga sih dia tapinya dalam bentuk pisang goreng, hihih

  36. Mugniar says:

    Iya, pernah dengar bahwa organ pencernaan itu otak kedua kita …. sadar bahwa makanan praktis tidak selalu baik … tapii kumasih harus berbenah banyak nih, Mbak. Hiks.

  37. Dedew says:

    Kasihan bocah ya kalau pencernaan terganggu akibat asupannya kurang serat.. BAB saja bisa nangis karena susah.. Morinaga UHT enak banget susunya..

  38. ranirtyas86 says:

    Deabak.. tulisannya Mbak Nurul super komplit. Kita semua jelas membutuhkan serat ya Mbak, tapi anak-anak yang kesehatannya cepet naik turun lebih banyak membutuhkan serat pangan inulin.

  39. Efi Fitriyyah says:

    Ku baru tau kalau saluran cerna ini disebutnya the second brain, Jadi investasi yang bener itu juga bukan cuma leher ke atas tapi juga perut ya, Mak? Ya pastinya makanan sehat dan bergizi, jangan kayak aku yang suka praktis-praktisnya aja hihihi berasa dicubit. Nah jadi inget juga udah lama kayaknya ga makan pisang nih

  40. Idah Ceris says:

    Bener banget, investasi nutrisi untuk anak sejak dini tuh pentinge poll. Tapi kadang anak2 kalau diminta sarapan suka malas. Pinginnya snack terus. Hiks. Btw, susu ibi favorit anaku juga, nih.

  41. aswindautari says:

    Seru ya mbak acaranya kemarin. Aku jg jd dapet ilmu baru nih terutama soal menjaga daya tahan tubuh di masa pandemi. Suka banget waktu dokternya bilang kita tuh gak juga harus ngurung anak 24 jam di rumah. Ajak keluar asal gak berinteraksi dg circle lain.

  42. Dian says:

    ah benar sekali mbak nurul, karena waktu nggak akan kembali ya mbak
    apalagi di periode lima tahun pertama, sangat penting memperhatikan nutrisi anak, agar anak tumbuh dengan baik

  43. Mugniar says:

    Dokter Daeng M Faqih mengatakan bahwa anak-anak yang terpapar covid itu karena adanya komorbid seperti diare, kurang gizi, dan aneka penyakit yang berkaitan dengan Saluran Pencernaan Anak ya … wah benar-benar saluran/organ pencernaan harus diperhatikan banget kesehatannya.

  44. Wahyu Eko C says:

    Setuju banget sih, masa kecil anak itu harus banyak di asupi dengan nutrisi nutrisi yang baik bagi tumbuh kembang nya, jangan terus terusan di kasih makan yg gak sehat bun. Soalnya jaman sekarang banyak anak yg gak suka makan buah bahkan sayuran

  45. Andayani Rhani says:

    karena waktu tidak akan pernah kembali, tepat banget sih mba. emang waktu kanak-kanak ini adalah waktu yang tepat untuk memenuhi nutrisinya. saya jadi inget dlu juga sering minum ini waktu kecil hiihihi

  46. antung apriana says:

    ngasih makan anak ini beneran tantangan banget ya, mbak. kadang kalau di rumah itu anak-anak nggak mau makan tapi kalau di rumah ibu yang jagain mereka mau-mau aja makan. heu

  47. Ulfah Wahyu says:

    Memilih snacking ini yang kadang bingung mbak, anak2 cenderung suka snack ringan yang kandungam msgnya banyak. Tetapi anakku juga suka aku kasih susu uht juga buat selingan di pagi hari setelah sarapan. Pemenuhan serat sangat penting ya untuk kesehatan anak.

  48. Sri Widiyastuti says:

    rumusnya adalah: Kandungan gizi + penyerapan harus bagus = Pertumbuhan dan daya tahan anak jadi optimal. ternyata rumusnya begitu yaa, kandungan gizi ok tapi penyerapan tidak bagus anak bisa terhambat ya pertumbuhannya. noted mbak.

  49. Kak Niken says:

    Ah iya benar, penting banget bagi kita memperhatikan asupan nutrisi dan penyerapan yang optimal untuk anak-anak agar mereka tumbuh dengan optimal ya kak.

    Aku lagi ada PR buat anak kedua nih kak. Walau sebenarnya di aaktif dan ceria, tapi masih merasa tinggi tubuhnya kurang. Sekarang juga lagi booster susu dan nutrisi dari makanan

  50. Ivonie says:

    kalau memberikan menu froozen food memang sebaiknya diimbangin dengan menu lain seperti sayur dan buah karena selama pandemi kecukupan gizi penting banget

  51. Wiwin | pratiwanggini.net says:

    Bersyukur ya banyak alternatif pilihan asupan anak-anak untuk menjaga imunitas tubuhnya. Hanya orang tuanya yang musti pandai-pandai memilih produk yang tepat. Makasih sharingnya, mom, sangat bermanfaat ini, terutama untuk saya yang masih memiliki balita.

  52. Kata Nieke says:

    Morinaga ini merek yang sudah terkenal lama. Dari zaman adik saya lahir juga minumnya Morinaga. Keren sekarang ada kemasan botol dengan bermacam varian. Anak-anak pasti demen.

  53. Siska Dwyta says:

    Karena merupakan investasi untuk perkembangan dan pertumbuhan anak, kebutuhan nutrisi mereka memang harus dipenuhi dan merupakan hal yang urgen. Btw anak saya juga suka ngemil susu UHT cuma belum pernah nyoba yg Chil Go ini

  54. Susi says:

    iya, nutrisi anak itu investasi, makanya saya upayakan tercukupi. Saya sering membeli pisang karena anak suka. Sekeluarga, malahan. ternyata sangat banyak manfaat dan tepat ya.

  55. Pida Alandrian says:

    Semua para Ibu pasti menyadari kalau makanan instan pasti akan ada efek samping, kalau sekali2 boleh laah yaa..
    Wlpn tetap gizi anak harus sangat2 diperhatikan juga..
    Thanks mba untuk sharingnya

  56. Alfa Kurnia says:

    Banyak juga kebutuhan serat sampai 17 gram per hari. Untungnya bisa didapatkan dari susu ya. Jadi selain harus berkreasi dengan menu makanan sehat juga bisa ditambah dengan konsumsi susu Morinaga Chil*Go

Leave a Reply to Kata Nieke Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s