Yuk, Ngetrip ke Destinasi Wisata Luar Negeri Pasca Pandemi

Haihaihaaiii…!

Alhamdulillah, senaaaanggg dan bahagia banget rasanya, karena kondisi pasca pandemi kian membaik. Sangat terasa karena ekonomi mulai berjalan dengan normal. Kemacetan udah nampak di berbagai ruas jalan, plus Pariwisata Pulih ye kan?

Karena itulah, izinkan daku bertanya, “Sudah siap untuk cuss traveling ke luar negeri, gaes?”

Yang jelas, gosah nge-judge yang mau plesir ke luar negeri tuh tidak cinta Indonesia lho yaaaa. Pastinya kami nih super duper cintaaaa banget dengan negeri tercinta! Akan tetapii, ada beberapa hal/ experience khusus yang hanya bisa kita dapatkan apabila plesir ke negara orang.

Misal nih, misal…. kalo mau umroh ya masaaaaa ga boleh cuss ke Makkah Medinah?

Makdarit, yuk lah always think positive, kalopun ada yang posting seputar bucket list/ destinasi impian di luar negeri, ya itu artinya… memang ada hal-hal yang bakal digapai jika dan hanya jika bener-bener menuju lokasi tersebut.

Baiklah, tanpa banyak cang cing cung, nih saya tuliskan beberapa negara/kota yang bakal jadi jujugan, manakala paspor udah saya perpanjang, dan duit sangu udah di tangan 😊

(1). Mekkah Madinah  (Arab Saudi)

Disclaimer dikit yak. Saya nih bukan tipikal manusia religious penghafal Qur’an 30 juz, atau aktivis Masjid yang banyak berkontribusi buat umat. Bukaaann, saya jauuuhh banget dari karakter semacam itu (hiks). Tapi, anehnya (atau untungnya?) dari semua Negara yang pernah saya kunjungi, Cuma satu Negara ini doang yang membangkitkan rasa rindu bertalu-talu: “Suatu hari nanti, saya mau ke sini lagi, lagi dan lagi!”

Yap, berada di Masjidil Haram (Mekkah) dan Masjid Nabawi (Madinah), membangkitkan sensasi rasa yang tak bisa dijabarkan dengan kata-kata. Bahkan, sekedar nangkring di pelataran Masjid, sambil ngelihat tim cleaning service membersihkan Masjid….lalu bermain dengan burung-burung merpati… semua ituuuu sungguh menghadirkan rasa damai, tenang, indah, magical!

Paling hepi kalau Internet Stabil tatkala Umroh. Itu artinya, kita bakal tetap bisa terkoneksi dengan orang di rumah, plus bisa upload aneka konten di socmed. Eitss, bukan buat riya’ lho yaaaa. Niatkan bikin reels atau postingan apapun untuk merekam kenangan sekaligus sharing hal-hal yang baik. Semoga Allah mampukan dan undang kita sekeluarga ke Baitullah, aamiiinn!

(2). Appenzell, Swiss

Ada satu akun IG diaspora yang kerja jadi programmer di Swiss. Doi tuh nyaris saban hari posting hal-hal menarik seputar negara ini! Tentu aja bikin kemecerrr alias mupeng banget, ye kaann. Aku auto pengin plesir ke Swiss! Especially ke Kawasan Appenzell. Sejauh mata memandang, di Appenzell hanya terlihat bukit, pepohonan, dan pegunungan berwarna hijau. Aaaakkk, pastinyaa bakal bikin hati makin adem, nyaman, dan bener-bener perfecto untuk spot recharging energy!

Selain keindahan alamnya, Appenzell juga dikenal sebagai daerah yang selalu menjunjung budaya dan tradisi local, lho.

Btw, untuk melihat keindahan Appenzell, memang kita kudu hiking. Tapi yang buat ga demen hiking, gosah khawatir! Ada cable cars kok yang siap sedia kita jadiin sarana transportasi naik turun pegunungan. Jadi makin enjoy deh, menikmati panorama dari ketinggian. Asek asekkk, cuss langsung ke Swiss yaaakk! *korek korek duit sisa THR dulu wkwkw*

(3). Fiordland National Park, New Zealand

New Zealand ini udah jadi bucket list dari zaman aku SD. Soalnya, ada salah satu pamanku yang ambil program doctoral di negara kece ini. Bolak-balik paman mengirimkan postcard dengan panorama New Zealand. Salah satunya, mengusung panorama Taman Nasional Fiordland. Tsakeepp banget, bos!

Daya tarik utama dari Taman Nasional Fiordland di New Zealand adalah fyord,lembah berupa lelehan gletser dan membentuk huruf “U” yang terisi air laut. Di sepanjang sisi fyord, air terjun tak henti-hentinya jatuh, ulalaaa ini pastinya bikin kita hepi sekaligus takjub!

Ada sejumlah fyord yang bisa kita eksplor menggunakan kayak. Misalnya, yang ada di danau di Te Anau dan Manapouri. Mupeng menyaksikan keindahan bawah laut? Cuss, snorkeling atau diving aja, gaes!

***

Aaaakk, serunyaaa kalau bucket list ini siap menjelma jadi nyata. Beneran deh, yang Namanya ngetrip overseas itu memberikan pengalaman yang priceless banget! Mulai dari tahap persiapan. Kudu browsing serba serbi destinasi tujuan, menyiapkan dokumen dan hal-hal penting (paspor, visa, duit, dll dst) Termasuk, kita kudu senantiasa waspada dan berhati-hati Ketika sedang berada di negara orang.

Intinya, plesir ke luar negeri bakal makin gampil, kalau kita well prepared. Kita bisa banget googling, cari info kredibel, booking tiket, hotel, dll dengan internet stabil dari TelkomGroup. Iya dooong, pas banget di momentum Pariwisata Pulih ini, kita sekaligus Bangkit Bersama IndiHome  

Aselik, seru banget kalau bisa traveling dengan dukungan Internet Stabil. Pas saya ngetrip ke Amerika Serikat, di berbagai spot disediakan wifi lho. Misalnya pas di Union Square (semacam alun-alun gitu lah), gadget kita otomatis terhubung dengan koneksi internet di sana. Nggak perlu pakai password apapun! So kita bisa update socmed sepuasnya. Bikin konten apapun mah hayuuuk aja!

Selain itu, kalau di luar negeri kan kita sering butuh info seputar jadwal sholat dan arah kiblat ye kan? Secara, kagak ada adzan berkumandang bersahut-sahutan. Jadi, aku mengandalkan aplikasi yang gampil banget dicek update-nya, gegara adanya koneksi Internet Stabil. Mau cek rute bus ataupun moda transportasi umum lainnya juga gampil banget! Apalagi, kalau mau order Uber, andalkan aja koneksi internet yang lancar jaya. Acara jalan-jalan makin asoy geboy dah.

Yang jelas, berselancar di dunia maya dengan Internet Stabil ini jadi sebuah keharusan ya. Super hepi banget karena dengan IndiHome, semua kebutuhan (berbasis digital) apapun bisa kita penuhi. Mulai dari ngajarin anak sekolah online, trus cari resep masakan, belanja ataupun order makanan, semuanya tentu butuh internet yang ciamik! Beneran deh… Internet Menyatukan Indonesia!(*)


Author: @nurulrahma

aku bukan bocah biasa. aku luar biasa

101 thoughts on “Yuk, Ngetrip ke Destinasi Wisata Luar Negeri Pasca Pandemi”

  1. Mekkah dan Madinah itu unik, Mak … walaupun belum pernah ke sana kok ya saya rindu lho pengen ke sana. Semoga suatu hari nanti tercapai.

    1. Sama, Mbak. Rasanya kayak dipanggil terus. InsyaAllah kita semua bisa ke sana, ya. Aamiin Allahumma aamiin

    2. Nah iya mbak Niar. Aku pun kok rasanya rinduuuu sekali. Pdhl selama ini cuma baru lihat online, dan baca pengalaman temen-temen yang ke sana.

  2. Akuuuuuh dooong udah lama pakai IndiHome di rumah yang oaket 3P itu loh mbak hehehe. Mau berselacar berbagai destinasi wisata unlimited sampai lelah juga bisa wkwkwkwk. Kepengen bisa umrah lagi tapi ajak anak2 aamiin. Swiis juga mau lah hihihi siapin dulu uangnya 🙂 Dengan Wifi cepat IndiHome internetan stabil terus tentunya, ga rugi deh pakai IndiHome 🙂

  3. mauuuu…..hihihi saya mah mau kalo umroh, gak nolak
    Setuju banget, berkat wifi cepat IndiHome, semua urusan jadi lancar
    saya menjadi langganan IndiHome sejak namanya Speedy, dan selalu puas

  4. Ahh iya, jalan jalan ke luar negeri masih jadi impianku mbak
    Aku pengen banget menjadikan Mekkah sebagai destinasi wisata luar negeri pertamaku

    1. Kalau bucket listku tuh pengen banget umrah, terus pergi Korea Selatan hehe semoga ada rezekinya sehat dan ada dananya untuk berkunjung ke sana aamiin

  5. Sangat wajar kalau Mekkah Madinah menjadi destinasi wisata pertama dalam bucket list tujuan wisata luar negeri. Karena kita juga bisa beribadah dan berwisata dalam sekali perjalanan. Keren. Cinta tanah air mah bukan berarti nggak boleh main ke tetangga kan. Hehehe

  6. Iyah piknik ke luar negeri tuh bukan berarti nggak cinta Indonesia, karena nyatanya kalau mau ke beberapa lokasi wisata di Indonesia biaya transportnya aja lebih mahal di banding ke negara tetangga

  7. selain Mekkah, negara Swiss juga jadi negara impian yang pengen aq kunjungi suatu saat nanti kalo udah punya banyak duit mbak. bismillah, menata niat dan usaha aja dulu. siapa tau nanti diijabah sama Allah.

  8. MashaAllah Nur. Ngebaca ini jiwa petualanganku langsung meronta-ronta hahahaha. Kaki rasanya dah gatal untuk ngecap passport lagi (yang ternyata sudah expired sejak 2020). SWISS tuh dah lama masuk dalam wish list ku. Tapi kata suami entar aja. Kesana sekalian merayakan anniversary pernikahan ke-25 (pernikahan perak) setelah bisa UMROH bareng. Semoga umur dipanjangkan, rezeki diberikan dan kesempatan untuk mewujudkan ini dikabulkan Allah SWT.

  9. Daku juga mau kak ke Mekkah dan Madinah.
    Memang wajar selalu bikin rindu suasana, karena ada sesuatu yang dirasakan baik yang belum atau sudah pernah ke sana

  10. Mau bangt deh travellingan ke semuanya mba… Harus bnget y, kita well prepared. Dan googling, cari info kredibel, booking tiket, makanya butuh internet yg stabil kyk indihome

    1. Wah Semoga kita dimudahkan untuk bisa jalan-jalan ke luar negeri pengen banget pergi Umroh juga kembali mengunjungi negara Jepang

  11. Masya Allah itu negara 3 yang mau saya kunjungi, semoga tahun depan bisa umroh ya Allah nunggu antrean haji lama banget. Btw aku suka manfaatkan layanan indihome juga buat nonton live dari mekah, apalagi saat puasa kemarin

  12. Aku meng-iri karena sampe detik ini belum pernah sama sekali ke luar negeri. Ke negara tetangga aja belum, hiks…
    Tapi bucketlist paaaling number one adalah Mekah. Aamiin…
    Eh, it new zealend cakep bener. hihi

  13. Ngetrip seru insyaa Allah udah pada open border untuk Makkah dan Madinnah.
    Sehingga bepergian bisa kembali di gercep-kan.
    Asik banget, kak Nurul uda bikin bucket listnya.

      1. Aamiin~
        Semoga nikmat-nikmat Allah dengan travelling keluar negeri bisa segera terwujud yaa..
        Cari tiketnya kudu pake jaringan yang gercep nih.. Biar dapet promo.

  14. Traveling ke luar negeri emang jadi impian banget ya terutama ke Makkah Madinah, bismillah nabung buat ke Makkah Madinah

    1. Aku tu orangnya yang sejenis suka traveling tapi ngga terlalu suka jalan sana sininya

      Ish aneh kan! Iya soal nya aku gampang capek jadi kalo pergi pergi suka yang santai dan sebentar-sebentar heheheh

      Dan satu hal: internet HARUS LANCAR JAYA

      1. Baca SWISS malah keinget ananda putra pak Ridwan Kamil hik hiks
        semoga beliau ketemu ya minimal jasadnya 😦 seandainya memang sudah dipanggil Yang Maha Kuasa

    1. iya mbak.. Appenzell Swiss viewnya cakep banget. Tapi ya sambil deg-degan juga itu lihat gimana berani bener yang pada jalan di situ. Hihihi. Apa sayanya doang ya yang berlebihan..takut sama ketinggian.

      1. Kudu didatengin banget ini mah.. Agar membuktikan hati yang deg-degan ini karena apa..
        hehehe…
        Aamiin~

        Semoga bucket list travelling kita semua bisa terwujud.

  15. Aku pun pengin ke Makkah dan Madina mbaaa… belum pernah kesana tapinya. Mohon doanya ya mba agar kami sekeluarga segera diberikan kesempatan untuk datang ke Baitullah sekaligus menikmati suasana magical yang Mba Nurul gambarkan tadi.
    Appenzel ini sungguh bikin breath taking yaaa… duduk selonjor di situ dan menikmati view indah bakalan tak terlupakan deh. Apalagi kalau bareng yang tersayang, uhuuww….

  16. Wishlist banget deh ke Arab Saudi, khususnya Mekah dan Madinah, semoga Allah mampukan saya dan keluarga bisa mengunjungi kota tersebut, aamiin 😀
    Btw Swiss dan NZ memang luar biasa ya alamnya, berasa lukisan alam yang dilihat aja, rasanya tentram banget 😀

  17. IndiHome memang menyatukan Indonesia berkat wifi cepat dan anti lelet

    saya sudah menggunakan sejak namanya speedy.

    gak ada yang ngalahin deh. Semua urusan beres berkat akses internet lancar dari IndiHome

  18. Semoga kelak bisa kemekkah dan madinah, swiss juga wow banget ya….., semoga pandemi tak kembali lagi melihat teman2 bisa jalan-jalan ke luar negri lalu menceritakan kembali di blog , udah senang berasa ikut jalan2..hehehe

  19. Aamiin, aku ikut mengaminkan ya, Mbak. Jangan lupa kalau sudah sampai disana, tulis di blog ya, mbak…uhuuuuy. Anyway kalau gak ada internet stabil, hmmmm pusiaaaaaang kan ye…., apalagi kalau bahasanya yang belum kita ketahui, duh..duh bijimane tuh komunikasinya. Ye kan…

  20. Mau bangt mba ke mekkah/madinah terus abis itu keliling Turki🤲 apapun dn dimanapun kalau internet stabil pasti bikin happy yak kayk indihome ini

  21. Dari dulu kepengen banget ke Swiss nih, katanya tempatnya indah bangett. Tapi uang berkata lain hahaha.

  22. Mau di mana pun kudu ada internet ya mak, aku pengen banget ke Mekkah, Madinah, Swiss, eh kok pikir-pikir wishlistnya samaan denganmu yaa, kebayang jalan-jalan lagi pasca pandemi, wuaahh refresh

  23. Internet itu sudah jadi kebutuhan ya mbak, termasuk saat harus bepergian ke luar negeri
    Aku juga pengen banget bisa ke Mekkah

  24. Karena belum kesampaian ngetrip ke Luar Negeri jadinya saya ngetrip virtual dulu deh dan untungnya saya juga pakai internet stabil dari IndiHome jadi lancar jaya selalu

  25. Wah, asik ya mba sekarang sudah bisa bikin plan untuk travelling lagi nih, aku rencananya sih mau ambil cuti next year buat liburan tipis-tipis aja dulu deh keliling Indonesia

  26. Destinasi impianmu ke LN, aku pun mau juga, Mbak. Cakep apalagi Makkah Madinah. Semoga nanti dapat panggilan untuk ke sana ya apalagi pandemi udah mereda ini. Persiapan bekal dulu deh

  27. Tapiii… perpanjangan paspor antri buangeeet. Rebutan kuota sama yg mau umroh heheheee. Anakku belum berhasil perpanjangan paspor karena waktunya belum sinkron dg jam kerja. Kudu jauh2 hari banget antrian onlinenya.

    1. Duh ini list travelling nya impianku banget. Pengen umroh bareng suami, pengen bisa ke Swiss juga. Setuju mba, biar bagaimanpun yang namanya bepergian tetap butuh internet stabil agar tetap bisa berkabar ke ortu dan saudara, juga cek-cek kerjaan.

      1. Selain itu internet dibutuhkan untuk update sosmed juga, soalnya sayang banget keseruan liburan nggak di share tujuannya agar menambah informasi untuk orang lain mengenai destinasi wisata yang kita tuju tanpa bermaksud pamer sih 🙂

  28. Mekkah Madinah termasuk dalam list wisata yang juga sy rindukan mba Nurul.
    Semoga tabungan segera cukup utk melepas rindu itu.
    Ngetrip itu memang afdolnya internet kudu stabil dan lancar yaa.

  29. MasyaAllah jadi pengen ke Mekkah lagi. Jujur emang aku gabisa bayangin kalo gada internet 🥲 sekarang apa2 ngandelin Internet. Alhamdulillah di rumah juga pake Indihome, jadinya sat set sat set deh ❤️

  30. temenku banyak yang udah liburan mba, ke Mekkah, Thailand, Vietnam, Singapore dan Aussie, aku di sini gigit jari liatin mereka share keseruannya di medsos, pengen liburan juga atuhlaaah wkwkwk

  31. Saya makin penasaran sama kondisi negara Swiss. Apalagi sekarang sedang hangat berita putranya Kang Emil Gubernur Jawa Barat diberitakan hilang di Swiss…

  32. Aku juga di rumah berlangganan IndiHome kak, wow…itu internetnya stabil abis tidak pernah drop. Nyaman banget berselancar termasuk nonton youtube wisata di luar negeri. IndiHome memang juaranya internet deh,puas

  33. Ke luar negeri harus bawa bekal internet yang stabil ya …. gak seru kalo vide call-an putus2.
    Btw, doain ya Mak kalo berkesempatan ke tanah suci …. doain juga diriku bisa ke sana 🙂

  34. Wow..pasti saya akan seneng banget andai bisa berlibur ke luar negeri. Satu hal yang akan saya lakukan adalah mencubit lengan saya…mimpi gak sih? hahaha….Sayapun juga bermimpi bisa ke Mekkah atau Madinah…semoga bisa terkabul, aamiin….
    Dan memang internet memudahkan kita untuk mengetahui banyak hal termasuk rencana liburan ke luar negeri dan akomodasinya.

  35. Amin, bisa secepatnya ke Mekah ya Allah. Sama Mbak, aku juga selalu tergetar kalau baca atau ngomongin tentang Mekah. Rasanya ingin ke sana secepatnya. Destinasi travelling nomor 1 untuk tujuan luar negeri.

  36. Kota Mekkah adalah tujuan kita semua sesama muslim, ya, Mbak. Semoga kita dimampukan untuk kembali lagi dan lagi ke kota suci ini. Btw, Appenzell Swiss tsakep banget, ya. Gemes deh foto-fotonya buat diupload di instagram. Tentunya upload dengan koneksi lancar pakai IndiHome, yes!

  37. Aku sih maunya ke NZ ya, sekalian ke tempat teman aku yg tinggal di Auckland. Wkwkw, tp duitnya belum ada nih, didoain aja biar bs segera kesana. Amin

  38. Alhamdulillah pandemi udah mulai reda ya mbaaa.. duh ampuunn deh mupeng banget pengen wisata jugaa keluar negeri.. tapi yang penting jangan ke korea dulu ya mba, covid lagi meningkat disana..

  39. Pemandangan di Appenzell ini bagus banget ya mbak. Asyiknya lagi nggak perlu repot mendaki buat yang lututnya nggak kuat, bisa naik cable car aja untuk bisa sampai ke atas dan menikmati keindahannya

  40. Baca tulisan mbak Nurul ini aku sambi dengan sholawat. Sengaja aku sholawatin siapa tau kesampaian pergi ke tempat2 wisata di sini. Do’ain aku ya mbak. Minimal bisa pergi ke tempat yg pertama. Dambaaannn

  41. ayo mbaaa.. mari langkahkan kaki dan jelajahi berbagai pelosok indah dunia. Aku bersyukur banget bisa keliling Swiss saat tugas di Jenewa dan sekarang tengah listing tempat – tempat cantik yang ada di Selandia Baru, tempat aku bertugas. Semoga bisa banyak tempat yang kita kunjungi

  42. Senang banget ya sekarang sudah bisa jalan2 ke luar Negeri lagi. Dengan adanya internet kita bisa mendapatkan banyak informasi, apa lagi kalau ingin jalan2 ke LN ya mbak 😍

  43. Pengiiiiiiin ke Mekah, mumpung udah pulih pasa pandemi ya & mudah-mudahan makin pulih ya termasuk dunia pariwisata. Tapi untuk sementara jalan-jalanke luar negeri virtual dulu deh dengan dukungan internet stabil dari IndoHome

      1. Happy banget lihat orang-orang sudah mulai persiapan pergi haji nih seteelah 2 tahun ya gak ad apemberangkatan haji.

  44. Aduh, kepengen banget deh bisa ngetrip ke luar negeri. Terutama ke tempat-tempat yang disebutkan Mbak Nurul. Indah-indah bangeeet alamnya. Dan iya, untuk ke tempat begitu, kita pastinya butuh persiapan ini itu. Untuk sementara, aku juga ngetrip virtual dulu deh. Punya internet ngebut di rumah mah gampang virtual tour juga. Tetep seru.

  45. Masya Allah..pemandangannya cantik-cantik. Ingin rasanya suatu hari bisa menginjakkan kaki di negara selain Indonesia. Soalnya sampai saat ini belum juga pernah ke luar negeri. Heheheh. Paspor aja belum punya. Hmm harusnya buat aja kali ya, biar suatu saat ada rezeki ke luar negeri..ya tinggal cuss. hahahah

  46. Wah ada Swiss. Lagi trending nih di Twitter gara-gara sungainya itu ya. Aku setelah pandemi berlalu ini berharap bisa segera haji ajalah Hahaha aamiin

  47. kepengiin banget sih mba.. tapi kayaknya tahun ini masih kudu tetep nabung sebab ada prioritas lain. mudah2an tahun depan bisa kesampaian traveling lagi ke luar negeri dengan anggaran yang cukup dan waktu yang lebih leluasa 😀

  48. Iyess bangett ….
    Swiss kereen banget maak aq sekali kesana selama 3 hari kurangg…
    Wistlist newzealand jg ada hrsnya 2022 mundur di singapore,alhamdulillah landing jg td pake di bandara

  49. Wish list aku ke Mekah dan Madinah nih ngetripnya, insyallah semoga terlaksana diwaktu yang tepat. Gagal pokus sama poto2 pemandangannya yang mupeng. Mau nabung duluu dan nyangkul lagi nihh biar terkumpul $$$ hahaa, Aamiin. jadi kita mau janjian trip kemana niih?

  50. Mekah dan Madinnah, masih menjadi impian. Semoga suatu hari Allah kabulkan bisa mengunjunginya, Amiin. Sekarang kerja dulu yang bener, biar tabungannya bisa segera sampai ke tanah kelahiran Nabi. Amiin

  51. beberapa negara sudah mulai membuka diri untuk turis asing masuk. Ini kesempatan banget buat liburan apalagi kalau baru dibuka, geliat pariwisata baru bergejolak dan biasanya apa apa jadi lebih murah. Yuklah diplanningkan

  52. Kalau pake indihome, masalah internet untuk browsing rencana ngetrip ke luar mah jadi lancar ya.
    Banyak bucket list yang ingin dikunjungi nih, pas banget udah pandemi udah mulai mereda 🙂

  53. bisa melakukan destinasi ke luar negeri menjadi kebahagiaan di saat bersama keluarga berbahagia, apalagi bisa terwujud sesuai doa dan harapan. Selamat berwisata dan bertadabbur alam.

  54. Huhu pengen juga ke Mekkah dan Madinah. Semoga suatu hari dimampukan dan dimudahkan.. Btw kalau di Mekkah dan Madinah ada wifi kenceng kayak IndiHome juga gak ya?

  55. Saya ingin sekali bisa berkunjung ke Mekkah, Madinnah, dan Palestina. Soalnya ingin ke masjid yang bersejarah di Islam. Semoga dengan diubahnya pandemi jadi endemi dapat mengobati rasa rindu jalan-jalan. Semoga saya juga bisa merasakan liburan ke luar negeri, aamiin

  56. hayuk, saya juga mau wisata ke luar negeri mah
    Terlebih umroh
    dengan internet lancar dari IndiHome perjalanan umroh akan lebih lancar dan khusyuk

  57. Walau gak diucapkan, kerinduan menjejak kembali pada Medinah dan Mekkah memang gak tertahankan, seperti ada hal-hal tak tertandindi yang hanya bisa dijumpai di sana 🙂 Dan rindu pada hal itu, milik banyak orang di muka bumi ini.

    New Zealand, nah negara ini malah jadi tujuan anakku Alief buat S2, bukan sekadar tempat melancong 😀
    Kalau terwujud, emaknya bakal sering ke sana, walau sebenernya pengennya si Alief nyusul sepupunya ke Gottingen Jerman haha. Doain ya mbaaak.

    Internet stabil dibutuhkan di mana aja ya, termasuk di luar negeri. Kalau sedang ibadah, mungkin keperluannya yang urgent untuk berkabar ke keluarga.

  58. Mekkah dan madinah tuh kayak gak bisa lama-lama untuk tidak dikunjungi. Apalagi kalau bareng sama keluarga besar… nikmat banget rasanya. Semoga langkah kita menuju ke sana, dimudahkan ya…

  59. Kalau aku tuh selalu terkesima dengan negara Swiss. Negara maju yang bersih dan indah, juga budaya masyarakatnya yang gak buang sampah sembarangan.

  60. Pingin ke Makkah dan Madinah juga.. Bismillah semoga bisa segera tercapai pergi ke tanah suci bersama” keluarga.. Aamiin..
    Internet stabil tetap pakai indiHome ini ya kak 😀

  61. Mekah dan Madinah memang selalu membuat rindu ya Mbak. Mudah-mudahan kita semua bisa kembali lagi ke sana aamiin. New Zealand juga masuk dalam bucket list saya nih Mbak hi3.. Liat foto-foto di sana rasanya wah, bahagia banget ya kalau bisa mengeksplorasinya. Asalkan ada internet, urusan bepergian pun jadi mudah ya. Dari booking tiket sampai cari tujuan wisata.

  62. Pengin ke danau di Swiss tempat syutingnya Crash Landing on You. Berhubung masih kismin, saya ke Danau Sarangan di perbatasan Jatim Jateng aja dulu. Gak kalah indah dan memper-memperlah. 🤭 Internet saat liburan penting buat google maps. Intip jalan dan kulineran.

  63. Baca destinasi wisata di Swiss, kenapa aku jadi ingat aa Eril ya. Btw artikelnya bikin ngiler mau traveling ke luar negeri. Bismillah Ya Allah, semoga suatu saat bisa ke MEkkah dan destinasi wisata lainnya.

  64. Salah satu wishlist tujuan ke luar negeri ini ya ke Mekah dan Madinah.
    Semoga kita diberikan kesehatan dan umur panjang agar bisa kesana ya mba.
    Aamiin

  65. Malah Beneer mba, aku juga ga mau judging tiap kali ada temen yg travelingnya selalu LN. Krn pasti ada alasan untuk itu. Aku sendiri bucketlistnya LN semua 🤣. Bukan ga cinta Indonesia, tapi aku tuh ga kuat panas, dan seringnya kalo di luar kelamaan dalam kondisi terik, besoknya demam 😅. Lah tempat2 wisata Indonesia kebanyakan panas semua, cuma dikit kan yg sejuk 😅. Itu lah kenapa aku kebanyakan traveling ke LN dan pasti kebanyakan WINTER. Krn memang ga kuat panas.

    Ini aku lagi proses bikin pasport baru sekalian punya anak2, Krn pasport lama udah exp selama pandemi 😂. Ntr kalo udah ada, baru cuuuuus akan traveling lagi kayak dulu 😄. Yg udah tinggal berangkat Iran sih Sept besok. Yg masih planning, Jepang (again), dan NZ . Semoga bisa THN berikutnya.

  66. Huaaaaa diingatkan ini kok jadi kangen banget yaaa, semoga saja dunia segera berdamai dengan keadaan normal baru, semuanya bisa kembali melancong ke banyak tempat, salah satunya ke rumahNya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: