Begini Cara Mencegah Gigi Berlubang

Tren wisata kuliner merambah ke hampir semua lapisan masyarakat. Juga ke berbagai lokasi di bumi Indonesia. Tidak terkecuali di kota Surabaya. Apalagi, tahu sendiri kan, di kota pahlawan ini, ragam kulinernya membangkitkan selera banget! You name it lah. Ada rawon, bebek goreng, tahu campur, lontong balap, gado-gado, aneka penyetan, sambal super pedas yang bikin sensasi makan kian menggairahkan!

Hanya saja, setelah mengonsumsi aneka makanan itu, apakah organ mulut dan gigi kita bakal baik-baik saja? Belum tentu. Banyak keluhan seputar gigi sensitif, apalagi kalau habis makan menu rujak yang buah-buahannya mayoritas belum terlalu matang. Habis gitu, gigi “dihajar” dengan  es dengan soft drink atau  campuran gula yang buanyaaak banget, widiiih makin nggak keruan deh. Karena digempur aneka makanan dan minuman semacam itu, gigi kita jadi bermasalah.

Cara mencegah gigi berlubang pastinya topik ini harus banget kita simak dan praktikkan dalam kehidupan. Organ gigi adalah entitas yang amat vital, jadi harus mendapat perhatian ekstra dalam hidup. Apalagi, terkadang ada beberapa penyakit yang bersumber dari gigi dan mulut lho.

Sering vertigo atau migrain, ada baiknya datanglah ke dokter gigi. Coba cari ada problem apa dengan gigi dan mulut?

Buat yang lagi merencanakan kehamilan, biasanya dokter spesialis fertilitas bakal mengarahkan pasutri untuk konsultasi ke dokter gigi terlebih dahulu.

CARA MENCEGAH GIGI BERLUBANG-2

Karena kalau sampai terjadi kerusakan pada gigi, artinya ada proses bertahap yang sudah kita lalui. Gigi rusak itu bukan perkara satu malam atau sesuatu yang instan. Barangkali selama ini kita sudah menjalankan gaya hidup yang kurang baik. Karena mekanismenya semacam ini:

(1). Bakteri bertumuk di dalam mulut, lalu membentuk plak

(2). Karena doyan berwisata kuliner (atau simply emang suka makan bin doyan ngemil), plak jadi lebih lengket. Apalagi kalau kita gemar makanan dan minuman dengan kadar gula tinggi atau yang berbahan dasar tepung. Waduh, itu “jodoh” banget dengan plak.

(3). Kadang kita suka cuek aja sama kehadiran plak. Padahal, plak ini cepat atau lambat akan mengeras jadi karang gigi, lho!

(4). Bakteri yang ada di plak dan atau karang gigi, memproduksi asam yang akan mendemineralisasi email luar dan keras gigi. Ini nih…. Yang pada akhirnya bikin gigi berlubang.

Ketimbang merasakan aneka rasa tidak nyaman akibat gigi bermasalah, ada baiknya kita lebih intens menyimak cara mencegah gigi berlubang.

Kata kuncinya adalah: Mencegah penimbun plak!

Karena asal muasal alias riwayat gigi berlubang kan dari si plak itu. Apa saja nih, tips dan cara mencegah gigi berlubang?

(1). As simply, gosoklah gigi minimal dua kali sehari, dengan gerakan sebagaimana yang diajarkan dokter gigi. Bisa tuh lihat di YouTube untuk tahu tutorial menggosok gigi dengan baik dan benar. Atau, buat anak-anak bisa diputarkan tayangan “Upin dan Ipin” episode menggosok gigi.

(2). Gunakan pasta gigi yang memang dirancang untuk mengangkat plak. Ini bisa banget mencegah kerusakan gigi.

(3). Dental floss itu super penting! Ada area di antara gigi yang sulit dijangkau dengan hanya menyikat gigi. Padahal, partikel makanan rentan nyangkut di situ. Ini nih yang bikin bakteri seneng banget “gathering” alias ngumpul di sono.

(4). Kurangi konsumsi makanan yang terlampau manis dan yang berbahan utama tepung.

(5). Rajin periksa ke dokter gigi, minimal dua kali dalam setahun. Saling mengingatkan aja ya.

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s