Jadi Local Guides dan Diundang Google ke Amerika? Kok Bisa?

Disclaimer: Banyaaak banget teman-teman, baik di dunia nyata maupun via medsos yang bertanya-tanya

“Apa sih Local Guides itu?”

“Kok emaknya Sidqi bisa sampai diundang Google ke kantornya di Amerika, GRATIS pula?”

“Kan @nurulrahma bukan orang IT. Tapi kok bisa ya dapat special invitation dari Google?”

Nah. Ketimbang penasaran akut, saya coba jabarkan secara panjang kali lebar di artikel kali ini.

Tapiii, satu hal yang kudu teman-teman pegang: hanya karena terpilih menjadi delegasi Indonesia di Google Local Guides Summit 2017, tidak menandakan bahwa saya adalah yang terbaik.

Saya yakin dan sangat paham, bahwa banyaaaaak local guides yang jauh lebih keren, pintar, mumpuni, bahasa Inggrisnya juarak! Yang saya yakini, tiap orang punya jatah rezeki masing-masing. Kali ini, Allah cairkan jatah rezeki saya, berupa ikutan Local Guides Summit dan plesir ke Amrik for free.

Oke. Kita samakan persepsi dulu yak. Jadi kalo nanti ada hal-hal yang kurang berkenan di hati teman-teman (terkait tips yang saya share), let’s agree to disagree. Thanks!

***

Ih. Penting banget ya Buk, bikin disclaimer sepanjang itu, hehehe. Oke, tanpa banyak cang cing cung, aku akan jelasin satu-satu, dalam format tanya jawab yes.

Apa Itu Google Local Guides? 

Teman-teman PASTI sering memanfaatkan Google map kan? Nah, tahu nggak, itu titik-titik lokasi yang ada di Google Map tuh siapa yang nambahin? Apakah SEMUANYA ditambahkan oleh para Googlers (karyawan Google)? Tentunya enggak dong ya. Kan buanyaaaak banget titik-titik lokasinya.

Nah, Google Local Guides adalah volunteer/ relawan/ kontributor yang memberikan kontribusi berupa penambahan titik lokasi di Google Map. Selain itu, local guides juga bisa memberikan review terkait tempat yang pernah kita kunjungi.

Review ini menghasilkan poin loh. Semakin banyak review yang kita lakukan dan foto-foto yang kita upload, maka poin kita akan bertambah. Menyenangkan banget berkontribusi kasih review di Google Map ini, karena ibaratnya kita kayak main games. Makin banyak nge-review, skor kita naik, dan level kita juga jadi naik, whooosssshhh!

IMG_20170822_064313_398

Tutorial Lengkapnya udah ada di YouTube. Silakan tonton dan pelajari langsung yah

 

Apa Keuntungan/ Manfaat Menjadi Local Guides? 

Keuntungannya? Banyaaaakkk! Yang jelas, kita membantu banyak orang untuk menemukan review jujur terkait pengalaman tatkala kita datang ke lokasi tertentu.

Contoh paling simpel nih. Saya mau cari makan (wisata kuliner) di restoran A. Otomatis, saya buka di Google Map. Trus saya klik bagian review dan baca-baca testimoni (plus foto-foto) yang ditampilkan di sana. Ibaratnya, saya udah dapat gambaran kayak gimana sih, resto/ warung yang mau saya kunjungi kan?

Loh, apa bedanya dengan review di blog atau YouTube?

Beda dong kakaaak. Kalo di blog kan kita musti googling dll. Nah kalo di Google Map, lebih praktis dan kita langsung spesifik tahu lokasinya plus banyaaaaak review dari segambreng orang. Lebih variatif, dan (biasanya) lebih jujur.

Ketika aktif berkontribusi, sama artinya kita juga membantu perekonomian dalam negeri. Banyak elemen bisnis yang terdongkrak eksistensi dan popularitasnya, gegara review yag kita bagikan.

Keuntungan berikutnya, kalo kita udah level 5  ke atas, bakal banyak surprise yang menanti! Tiba-tiba aja nih… ada notifikasi bahwa “Selamat! Kamu dapat saldo Go-Pay senilai 150 ribu rupiah!”

Atau…. “Selamat! Kamu dapat diskon 200 ribu menginap di Airy Rooms, dengan memasukkan kode voucher berikut ini.” Lumayan banget kaan… kita bisa menghemat budget ketika travelling.

Aneka bonus dan kejutan-kejutan siap menanti para local guides yang aktif berkontribusi. Jenis dan jumlahnya beda-beda di tiap negara. Yang jelas…. Inilah The Perks of being Google Local Guides 🙂

Dan tentu sajaa….. keuntungan yang paling membahana badai halilintar ulala menembus sukma adalaah……

DIUNDANG GOOGLE UNTUK IKUTAN LOCAL GUIDES SUMMIT, YANG BERLOKASI DI SAN FRANCISCO CALIFORNIA, AMERIKA SERIKAT, SECARA GRATIS TIS TIS!

Semuanya gratis! Tiket pesawat Surabaya-Singapore-San Francisco (by Singapore Airlines).. Menginap di Hyatt Fisherman’s Wharf Hotel…. biaya pengurusan Visa… Antar jemput by Limousine dari bandara menuju hotel…. SEMUANYA GRATIS!

IMG-20171010-WA0051

(etapiii, kalo mau extend, silakan siapkan uang saku dewe ya. Kan kita harus SEWA APARTEMEN atau hostel atau air bnb selama extend. Juga kudu siapkan budget makan dan jalan-jalan/ moda transportasi. Tapi, kalo ngetripnya ngirit kayak aku, habisnya ngga banyak kok, hihi).

Dan…. pengalaman berkunjung ke kantor Google… diskusi intensif dengan para Googlers, manusia-manusia cerdas, brilian, hebat, passionate (sekaligus humble) dan bersua dengan 150 Google Local Guides dari 62 negara sedunia. Ini adalah pengalaman yang priceless. Duit berapapun ngga bisa menggantikan pengalaman ini.

Pertanyaan Berikutnya…. KOK BISA DIUNDANG GOOGLE? BAGAIMANA CARANYA?

Setelah join Google Local Guides dan sampai di level 5, kita akan mendapatkan email dari tim Google (biasanya masuk ke utama atau promotion. Pokoke, rajin-rajin cek email lah ya).

Email itu berisikan informasi bahwa Google mengajak para local guides untuk submit aplikasi yang menceritakan tentang “Siapa saya, dan Mengapa Google harus mengajak saya ke event Local Guides Summit?” Aplikasi ini dalam wujud

  • Video berdurasi 1 menit
  • Essay sekitar 500 kata
  • bikin thread di forum localguidesconnect.com

 

Semuanya HARUS tersaji dalam Bahasa Inggris. Karena memang ini kan forum Internasional ya, jadi sedari awal, Google mewanti-wanti para peserta kudu aktif berbahasa Inggris.

Nggak harus yang level cas-cis-cus ala Fathia Izzati sih, pokoke bisa mudheng dan berkomunikasi in English aja udah lumayan kok. Tapi, saran saya, mumpung waktunya masih panjang kan… sebaiknya mulai sekarang temen-temen kudu lebih serius dan improve kemampuan berbahasa Inggris.

O iya…. penasaran kan video yang saya submit kayak gimana? INI DIA 🙂

See? Sama sekali nggak sophisticated kan? Saya pakai kamera handphone biasa. Bikin Selfie video, ngomong-ngomong dewe, ngga pake editing sama sekali. Langsung upload di thread : https://www.localguidesconnect.com/t5/Travel-and-Advice/Let-s-Travel-and-Explore-Indonesia/m-p/206566

Lantas, kok bisa yaaa… video simple bin sederhana kayak gini justru memikat hati para pengambil keputusan di Google Local Guides?

Well… kalo mau tahu lebih jelasnya, emang kudu tanya lebih detail ke mereka. Tapi kalo boleh saya kasih analisa abal-abal, kenapa kok emak-emak macem saya bisa keangkut di acara keren ini, maka…. penjelasannya kurang lebih seperti ini.

Saya submit video berdurasi 1 menit, yang menggambarkan diri saya apa adanya. Kata kuncinya adalah: APA ADANYA.

Mayoritas local guides adalah travel enthusiast/ blogger/ vlogger  dengan jam terbang keliling dunia yang bikin berdecak kagum. Nah, saya ambil “niche” yang berbeda. Kudu bangga jadi emak-emak dong! Maka, berulang kali saya katakan bahwa saya adalah mom blogger, emak dengan satu anak, yang doyan kelayapan dan mencoba hal-hal baru, sekaligus tahu, paham dan bisa merekomendasikan destinasi mana yang ramah untuk liburan keluarga.

Well, mungkin…. mungkin lho ini yaaa…. itu yang bikin tim Google impressed 😛

Selain itu, jejak rekam digital saya sebagai blogger, ini juga sangat membantu meningkatkan unique selling point saya. Yap, saya blogger… member Kumpulan Emak2 Blogger (KEB) yang aktif menulis artikel panjaaaaangggg,  berkontribusi memberikan konten positif di ranah digital…. barangkali ini juga jadi pertimbangan tim Google.

Baca : Thanks much, KEB! 

Intinya gini sih. Sebagai warga internet, sudah selayaknya kita pegang prinsip “Lakukan apa yang baik dan membaikkan akherat dan dunia kita.”

Mau itu berbayar atau gratisan, lakukan saja! Ketika saya mulai berkontribusi jadi local guides, sama sekali nggak ada pikiran “Laaahhh, enak di Google dong! Gue bagi-bagi foto gratisan, mereka ngga bayar aku… apa untungnya buat aku?” 

Hellawww… jangan semua-mua-muanya dihitung secara transaksional dong. Di dunia ini, ada yang sifatnya berbayar, ada juga kesempatan kita buat beramal.

Lagian, kalo dipikir-pikir, kita kan utang budi buanyaaak sama mbah Google. Berapa kali dalam sehari kita googling, entah itu resep masak, review lipstik, atau simply cari jawaban PR anak 😛

Nah. Gabung jadi local guides ini, menurutku… adalah salah satu tanda kita balas jasa ke Google. Gitu aja sih, mikirnya simpel aja.

Dengan begitu, apapun perks yang kita dapatkan (atau engga dapat) sama sekali nggak jadi beban di hidup kita. Mau diundang ke Amrik buat ikutan summit, ataupun belum dapat kesempatan buat ngetrip ke sono, kalo niat ‘berbagi’-nya udah tulus… niscaya kita ga bakal diserang rasa kecewa yang lebayatun.

Hufftt udah panjang nih artikelnya hehehe. Yang mau tanya-tanya, konsultasi, curhat (lho?) dll, boleh langsung cuss di kolom komentar yak. Sebisa mungkin bakal saya jawab. Maklumin ya cyiiin, emaknya Sidqi lagi banyak kerempongan di dunia nyata…. Jadi kadang kelupaan buat jawab komen di blog. Khusus postingan ini, saya usahakan banget nget nget buat ngejawab… karena saya pingin bakal ada perwakilan (lagi) dari Kumpulan Emak2 Blogger (KEB) untuk ikutan Google Local Guides Summit 2018… Yeayyyyy!!!

Advertisements

142 comments

  1. Duh seneng ya diajak jln-jln ke Amrik, concratz….!!! aku juga sering dapat notif email local guide entah sampai level brp, jg dpt discount gitu. Tp blm sampai level buat video ‘about me’, TAPI terkadang ‘thinking’ google ga ngasih apa-apa nih, boring juga. Ya meskipun untuk berbagi review atau foto di google map, ga da matinya alias seneng aja, ‘basicly’ suka berbagi.

  2. Kece, Mak. Saya juga senang upload foto dan review di Google Map. Karena merasa terbantu denga foto dan review orang lain jadi siapa tahu foto saya juga ngebantu. Hihihi…

    • Betuuull… dan insyaAllah ada rezeki dari arah yg tdk disangka2. Temenku dapat klien karena bbrp orang lihat poto2 dia yg keren dan tertarik buat meng-hire.
      See? Rezeki itu dari Allah. Google kan fasilitator aja

  3. Seneng…seneng..seneng…bangganya pasti luar biasa ya mbak. Yesss..Apa adanya…aku suka kata kunci itu…keren deh mb nurul…sek tak belajar cas cis cus dulu sek gratol gratol…haha

  4. Aku pernah kirim gambar ke google map beberapa bulan lalu. Lalu daftar local guide. Ternyata banyak ya yang lihat foto itu. Tapi aku nggak paham bagaimana sih local guide itu. Thanks ya sharingnya.

    • Semakin rajin review dan post poto2 maka skor kita makin banyak dan level gampng naik.persis kayk main game lah. Kalo konsisten nge game… banyak level yg bisa un locked kan

  5. wooooow inspiring sekaliiiii ceritanya. Saya ampe ter wow wow dengan pengalaman mbak diundang google ke amerika. Saya udah jd local guide level 6 (eh apa 7) yak, sekedar seneng aja berbagi dan saya ga tau sampe ada kesempatan diundang ke kantoe google begini. Baru tau yak setelah mmbaca blog ini. Superb!

  6. Ohemjii.. watta excited experience!
    Aku uda level 3, tp terus gak aku lanjutin gara2 aku malas dab gak tau benefitnya apa. Sering diinvite2 oleh google sih untuk isi mapsnya. Tp gak aku jalanin. Ternyata setelah tau manfaatnya kayak gini, aku jadi semangat mau lanjutin lagi.

    Makasih sharingnya yaaaa ^^

  7. saya udah baca artikel di KEB itu tapi tetap cari tahu yang disini, ternyata yang ini lebih panjang dan ada tutorialnya, dan tetap antusias bacanya. Dannn tetepp kita menyebutnya: the power of emak2 ya

  8. Emaknya Sidqi nih postingan yg kutunggu-tunggu 😀 . Penasaran dengan ceritanya sampai bisa ke amrik 😀 . Saya punya akun Gplus ga pernah ditengok hihi. Klo mau ikutan kontribusi untuk Google Guide berarti utk lokal di negara yg kutinggali skrg hmm, ngomong aja belum becus saya haha ga PD 😀 .

  9. Mulai bulan lalu aku udah level 5 Mbak, semoga ada kesempatan untuk ngikutin jejak Mbak Nurul.
    Kalo aku pribadi sukaa banget pas dapat notif kalau foto2 yang pernah kuupload ternyata banyak yang liat, itu artinya fotoku bermanfaat bagi orang lain. Dan itu priceless. Makin semangat untuk berbagi jadinya.

  10. Seneng banget ya mbak, bisa sampai Amerika, nambah lg daftar negara yg sudah dikunjungi.
    btw, bahasa Inggrisnya mbk nuruuul kereeen eh. ini pr bnget buatku xixixi

  11. Suami aku nih sering update ini di hapenya.. kalo ada tempat fav yang ngga ada fotonya suami aku suka gemezz hehe seru sih.. iyak banget seperti main games.. lanjutkan petualanganmu kaka

  12. Wah asyik ya. Bekal bahasa inggris dan kemauan berbagi bisa nyampe Amrik. Setuju banget. Ngga semua kudu dihitung transaksional. Two thumbs for you.

  13. salam salute.. salam Barokallah.., rejeki memang tidak bisa tertukar ya mba – smg sentiasa membawa manfaat dan barokah – tetap humble.., tetap seruu.., tetap jadi paanutan yaa..💜😇

  14. Iya aku juga level 6 tapi ga ada form dikirim mungkin memang sudah diseleksi awal dulu yak .. tapi its okay toh tujuannya kan kita berbagi informasi ^^ bukan ngarep macem2. namanya rejeki beda beda ^^

  15. videonya keren tau mbaaa, sederhana tapi menginspirasi. Aku suka males nulis review di google maps…sering aku cuekin notifnya hihihi, tapi baca ini jadi mendadak pengen mulai nulis review. Makasih sharingnya ya!

  16. Kerennya udah gak bisa disanjung dengan kata-kata mah kalau mbak nurul. Teruuus… yang ingin saya tanyakan, harus bisa english donk? Wkwkwk… saya english cuman bisa yes no mbak, jadi gak berani mimpi diundang google. hihi

    • Allahu Akbar, tabarokallah.

      Hmmm, kalo saranku, kita tetep bisa belajar via YouTube mba. Bahasa Inggris itu ga serumit bahasa Jerman/ cina atau Arab.

      Kalo dibiasakan tiap hari, insyaAllah BISA kok. 🙂

    • Halo Mas. Betuul, dan Meet Up itu ga harus yang gebyaaaarrr atau gede2an gitu sih. Waktu itu, saya ajak temen2 food crawl/ makan bareng dan review di salah satu resto di Sby.

      Itu aja udah sip memenuhi syarat sebagai meet up. Yang boleh daftar (waktu itu) minimum level 5.

      Kalo thn depan, mungkin syaratnya akan berbeda lagi, we’ll see dan bakal update lagi yak 😀

  17. Keren mba, aku baru tahu soal google local guide ini. Bener intinya berbagi yah mba, kalo ada hadiahnya itu namanya bonus yah mba. Jadi gak perhitungan kalo berbagi ke orang. 💖

  18. Keceee…Bimbing akuuuu…hahaha.. Gara-gara ini nih nyoba add place sebanyak-banyaknya hahaha…level 6 in 2 weeks..Kayak main game aja ya..tapi yang terpenting emang tujuannnya membantu orang yang nyari tempat. Oke Google…Tambal Ban Motor …

  19. Aku stuck di bahasa mba, kalo dapet email dari google. Dan ga ngerti harus berbuat apa *alahlebay…. Asik banget bisa dikasih kesempatan jalan2 ke Amrik, ke kantor Google pula. Selamat ya mba….

  20. Wah kok sama, saya juga seneng ngumpulin poin jadi Google Local Guide. Sekarang udah level 6 tapi kok nggak pernah dikirimi e-mail, ya?
    Saya paling seneng ngumpulin poin pake foto, jadi kalo jalan-jalan ke suatu tempat, banyak-banyakin ngambil foto sudut-sudut tempat itu terus upload ke Google Map, lumayan 1 foto = 5 poin. Mudah-mudahan untuk event yang tahun depan saya bisa ikutan ya!

  21. Congratulation mak Sidqi, aih ikut bangga, perwakilan emak bisa ke amrik krn google review.. Aku udah level 7, pernah juga dpt email gathering amrik itu, tapi gak ngeh harus apa, malah kedelete haha..

  22. Pertama kepi sm member2nya di sosmed rata2 anak2 muda, trus males lah mo submit2. Nulis wae di blog, eh trus liat ada tmn yg bs dpt pocer nginep itu wkwkwk emak2 gk tahan godaan. Trus submit dah :))))

  23. thanks infonya, Emak keren banget!!! Aku langsung cek udah level berapa, ternyata baru level 4. Aku suka share di local guides karena banyak dapat info dari tiap buka google maps. Doakan 2018 aku bisa diundang Google yaa

  24. Baru baca ini sekarang. Ah, dasarnya aku gak pernah bewe ke sini aja hahaha.
    Pas tahu ada event ini levelku baru 4, dan sejak itu rajin bikin review dan upload foto karena cuma punya waktu dua pekan buat naik level sebagai syarat bisa daftar. Eh, nggak terkejar. Haha. Sekarang udah level 7, mau naik ke levl 8 kok yo jauuuuuuuuh banget poin yang masih dikejar. Gpp, bener kata Mbak Nurul, ini ladang amal jadi ya kudu ikhlas jalaninya tanpa embel-embel apa-apa.

  25. Awalnya aku jg iseng ternyata ada perks yang sebenernya belum kepake. Tapi justru ketagihan submit review dan foto karena banyak yang liat dan terbantu. Mikirnya pun simple, kalo aku liat map dan ada review pun aku terbantu banget. Kalo ada bonus lain ya alhamdulillah

  26. Mbak Nurul juaraaaak banget hihihi. Duh tipsnya banyak bangeet, lengkap lagi.

    Skrg kalo lihat google map dan travelling pasti ingat local guide hehehe 😀 thank you sharingnyaaaa Mbak Nurul Rahma

  27. Huaaa makasih sharingnya mba Nurul. Saya baru tau benefitnya seperti ini ❤

    Oya mba, saya punya banyak foto2 resto dan hotel yg pernah saya datangi dulu. Bisa ga ya kira2 diuploadnya skrg disaat sy ga ada di tempat itu?

    Makasih mba nurul ^^

  28. Mantab mbk!!! 😀 jadi motivasi tersendiri buat saya secara pribadi… terutama konsistensi dalam menjadi blogger,, saya setuju dengan pendapat mbk bahwa apa yang kita lakukan dengan ikhlas, insha Allah akan dapat ganjaran yang tak disangka-sangka dari sang Empunya kehidupan. Saya tahu google local guide ini tahun 2017 akhir, karena sempet baca berita tentang salah seorang warga indonesia (local guide) yang diundang ke Amerika buat mengikuti acara summit google local guides sedunia. Dari situ saya mulai tertarik dan mencari tahu informasi seputar google local guide ini, dan ya.. saya masih level 2 nih, dan di niatin bikin review secara jujur dan menambahkan lokasi atau tempat yang belum ada di gmaps, dengan harapan banyak orang yang terbantu dengan review dan kontribusi kita di gmaps.. 🙂

    salam blogger!

  29. Thank you reviewnya mbak..aku udah level 6 dan pengen banget bisa ke Amrik…tahun ini coba daftar ahh…kali2 aja bisa kepilih n bisa liat langsung patung liberty hehehehe. aamiinn.

  30. misi kaka mau nanya, apakah untuk mengikuti acara di Google Local Guide Summit 2018 harus berusia 21 tahun ya ??

  31. keceee makkkk. Aku setuju sih bahwa ga semuanya transaksional! Semua jalan akan terbuka sendiri sesuai path yang sdh digariskan-Nya dgn lihat usaha kita. Good job mak, jd penasaran pengen coba juga, hehe

  32. MasyaAllah terbukti ya, kalau kita ikhlas berbuat baik pasti akan diganjar hal yg baik juga. Ok kalau gitu kemana mana bakalan kasi review di google local guide siapa tau beruntung juga kepilih ke kantor google masyaAllah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s