Rutin Konsumsi Kurma, Jinten dan Madu supaya Sehat Paripurna!

The First Wealth is Health

Siapapun tentu mengamini lontaran kalimat Ralph Waldo Emerson itu. Apalagi di musim seperti saat ini. Cuaca kerap acakadut, dan kita kudu berjibaku meningkatkan imun, menambah kekebalan tubuh, serta memastikan nutrisi tercukupi. Harus sehat, fit, dan strong! Jangan sampai lemas gegara ibadah puasa ya gaes!

Tentu saja, rujukan yang paling utama adalah: Mengikuti teladan Rasulullah. Beliau, Nabi Muhammad, telah melakoni metode yang paling paripurna, untuk kemudian bisa ditiru oleh kita semua. Apa saja rahasianya?

Tiga Komponen yang Rutin Dikonsumsi Rasulullah

Kalau kita menelusuri ayat-ayat Al-Qur’a dan Hadits, ada sejumlah tips sehat dan bugar yang Rasul praktikkan secara istiqomah. Di antaranya, beliau rutin mengonsumsi madu, korma/ kurma, dan jinten hitam (habbatussauda). Tidak mengherankan, banyak produk herbal yang menawarkan suplemen makanan dan minuman dengan bahan baku madu, korma ataupun jinten hitam.

Nah, pertanyaannya, bagaimana kalau tiga komponen itu melebur jadi satu? Wuaaahh, pastinya makin praktis dan bikin kekebalan tubuh kita meningkat, ya kan?

KOJIMA, Madu dengan 3 Kebaikan

Perkenalkan, KOJIMA. Ini adalah Madu dengan 3 kebaikan yaitu korma, jinten (habbatussauda), dan madu. Awalnya, saya berkenalan produk ini tatkala lagi shopping di SAKINAH, minimarket favoritku. Pas mau bayar, eh, ada KOJIMA yang nangkring di dekat kasir. Rasa kepoku menguar, memenuhi penjuru minimarket Sakinah.  

“Apa ini Mas?”

“Oh, itu KOJIMA, Bu. Bagus banget untuk menjaga daya tahan tubuh. Apalagi, sebentar lagi kan puasa.”

“Bedanya dari madu-madu yang lain apa Mas?”

“Kalau KOJIMA ini lengkap, Bu. Sudah mengandung 3 komponen sekaligus. KOJIMA ini Madu dengan 3 kebaikan yaitu korma, jinten (habbatussauda), dan madu.”

“Hmm, baiklah, mari kita coba!”  *diucapkan dengan nada ala Sisca Kohl*

Pengalaman Menggunakan KOJIMA

Saya bersyukur sudah kepoin KOJIMA waktu belanja di minimarket itu. Lebih bersyukur banget, karena mas-mas kasirnya punya product knowledge yang cihuy seputar KOJIMA. Dan memang, KOJIMA ini mantuuul alias mantab betuull!

Dalam sekali hap! Ada tiga manfaat yang menyeruak yang kita dapatkan. Beneran cara super praktis untuk konsumsi korma, jinten hitam, serta madu. Istilah anak jaman now, ANTI RIBET RIBET CLUB!

Walhasil, saya pun rutin mengajak elemen keluarga untuk sama-sama minum KOJIMA, baik Ketika sahur maupun berbuka. Ada anak saya, Sidqi (15 tahun) yang tentu saja butuh asupan nutrisi berkualitas, agar tetap semangat berpuasa. Apalagi, meski lagi puasa, Sidqi keukeuh tetap berolahraga, baik itu berenang, work out, maupun bersepeda santai. Sudah pasti, saya berikan KOJIMA sebagai minuman yang berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Supaya tetap strong ya Bund?

Saya juga tinggal dengan Ibu mertua, yang saat ini berusia 74 tahun. Beliau masih kuat berpuasa, lho. Sudah tentu, KOJIMA adalah madu yang saya sarankan.

“Enak minum KOJIMA, Nak. Sekali minum sudah sekalian dapat manfaat korma, jinten hitam dan madu,” begitu tutur ibu mertua saya.

Suami yang seorang pekerja BUMN (dan sering traveling luar kota) juga terwajib mengonsumsi KOJIMA. Saya bawakan yang sachet, supaya praktis!

MANFAAT Korma, Jinten dan Madu

Pastinya kita semua paham ya, bahwa korma, jinten hitam dan madu amatlah bermanfaat. Korma adalah komponen makanan yang tepat banget untuk sahur dan berbuka puasa.  Buah korma ini mengandung kalori, serat, dan karbohidrat yang cukup untuk memberikan energi pada tubuh. Kalau kita konsumsi korma, niscaya kita bakal merasa kenyang lebih lama, karena korma termasuk sumber karbohidrat kompleks. Lebih ciamik lagi, korma kaya akan berbagai nutrisi lain, seperti antioksidan, Vitamin B, Vitamin C, Kalsium, dan Zat besi. Manfaat korma banyak bangeett, salah satunya melancarkan proses kelahiran normal sekaligus menambah energi buat sang Ibunda!

Jadi keinget, waktu saya melahirkan Sidqi, ada sajian korma yang siap saya lahap. Yakk, Alhamdulillah energi jadi full recharged dan siap buat ngeden/ mengejan!

Nabi Muhammad berbuka puasa degan korma. Korma juga berperan untuk menstabilkan Gula Darah. Buat yang punya resiko diabetes, alangkah baiknya mensubstitusi gula pasir, dan ganti aja dengan korma!

Nah, kalau manfaat Habbatussauda atau jintan hitam? Ada Hadits yang menyebutkan bahwa jinten hitam (Nigella sativa) bisa menyembuhkan sejumlah penyakit. Di dalam habbatussauda terkandung vitamin, asam amino, saponin, minyak atsiri, protein, asam limonelat, kalsium, natrium, kalium dan zat lainnya. Yang jelas, konsumsi jinten hitam sangat bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh kita.

Eh, Ketika puasa, tidak jarang beberapa orang mengeluh susah ke belakang, ya? Alias, system pencernaan terganggu. Nah, rutinkan konsumsi jinten hitam, deh. Karena kandungan minyak atsiri pada habbatussauda dapat memperbaiki gangguan sistem pencernaan. Bisa mengurangi gas dalam perut, meredakan kembung, mengenyahkan sembelit. Selain itu, jinten hitam berkhasiat Turunkan kolesterol dan punya sifat anti-kanker.

Sementara MADU, hmm, pastinya kita sudah akrab dengan berbagai manfaat dan khasiat madu, ya. Banyaaak banget! Menangkal radikal bebas, Meningkatkan imunitas tubuh, Mempercepat penyembuhan luka, Menjaga Kesehatan jantung, menjaga Kesehatan sistem cerna, dan aneka manfaat lainnya.

Syarat dan ketentuan berlaku ya, Bund. MADUNYA HARUS YANG ASLI! Jangan yang banyak campuran, apalagi dicampur gula.

Dengan semua kebaikan yang ada pada KOJIMA, sudah tentu saya merekomendasikan teman-teman semua untuk rutin mengonsumsi. Rasanya enak, segar, dengan tiga kebaikan dalam sekali hap! Yuk yuk, kita sediakan KOJIMA untuk menemani saat-saat sahur dan buka di bulan Ramadan.

Semangaaaatt puasanya ya!

Semoga selalu lancar jaya, Bersama KOJIMA!

Author: @nurulrahma

aku bukan bocah biasa. aku luar biasa

42 thoughts on “Rutin Konsumsi Kurma, Jinten dan Madu supaya Sehat Paripurna!”

  1. Suka title nya, the first wealth is health. Karena kalau sudah sakit (amit-amit) seberapa kaya pun bisa habis untuk bayar biaya rumah sakit dan perawatan. Lebih baik mencegah penyakit daripada mengobati, salah satu ikhtiar dengan Kojima ini.

  2. Saya nih serasa mendaki kalau Teringat madu sachet yang dikemut sambil jalan.
    Kojima juga selalu kami bawa sebagai bekal. Asam segarnya itu bikin nambah semangat, ngantuk hilang

  3. Kebetulan kemarin orangtua baru aja cobain beli Kojima Mbak, jadi semangat cobain nanti sore. Btw, setuju sekali dengan the first wealth is health. Kesehatan itu sangat penting, karena penunjang semua hal lainnya ya.

  4. Emang kesehatan tuh harta yang paling berharga banget yah, kerasa banget terutama di masa seperti sekarang ini
    Bener2 harus menjaga imun tubuh dengan baik, salah satunya dengan konsumsi KOJIMA yah
    Penasaran banget pengen cobain nih, soalnya pada dasarnya emang udah suka madu nih

  5. Kesehatan itu nomer satu ya prioritas pertama deh pokoknya. Saya dirumah selalu stok madu dan kapsul habbatussauda untuk dikonsumsi sehari-hari untuk menjaga imun tubuh. Kayaknya kudu nyetok KOJIMA juga deh ini 3in1 banget nggak tuh kandungannya

  6. Masya Allah ibumertua masih sehat dan berpuasa ya mbaa. Kojima bagus buat tubuh apalagi pas puasa dengan cuaca yg kadang tidak terduga. Panas tiba2 hujan gede
    Kesehatan penting, anak2 jg diberi madu tp belum pernah dikasih kojima nih mba. Perlu dicubaaaaa

  7. Selama ini kalau saur cuma minum nabeez yang dibikin dari semalam terus dicampur susu jadi jus kurma. Eh tau ada KOJIMA mending ini yah ngga ribet dengan kandungan lengkap. ada jinten ama habatussausa juga.

  8. Baru tahu ada produk 3 in 1 ini. Patuut dicoba ah dengan berbagi khasiatnya dan sekalian nyunah. Variannya dalam bentu sachet sajakah mbak?

  9. Untuk kurma madu sih aku rutin. Tiap lari pagi selalu minum. Kerasa banget deh dongkrak tenaga. Lari 10 km pun gak lemes. Yang aku belom pernah ya minum Kojima yang ada jintennya ini. Kudu nyoba kayaknya. Biar makin joss ya. Nyari ah.

  10. Kurma, madu, jinten, ketiganya merupakan makanan yg seringkali dikonsumsi oleh Rasylullah, aoapun yg dicontohkan oleh Nabi .pasti membawa manfaat. Artinya Kojima juga mengandung bahan yg selalu dikknsumsi Nabi. Wah pasti bagus, nih khasiatnya. Thankyou for sharing, mba.

  11. Suami saya nih sering konsumsi KOJIMA. Sebelum Ramadhan, saya nggak enak badan dan rebahan seharian. Makan nggak nafsu tapi tetap dipaksakan supaya ada energi, terus suami ngasih KOJIMA dan air anget. Terasa banget bantu ngeboost badan jadi lebih enak. 🙂

  12. eh aku juga ada ini dirumah mba, tapi yang botolan, aku aru tahu ternyata ada juga yang kemasan kecil ya

  13. Komplit banget nih kandungan di dalam Kojima, semua manfaat bahan-bahan terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh ada semua di situ. Korma, jinten hitam dan madu, cuuuzz deh segera konsumsi agar badan selalu kuat saat puasa ini.

  14. Selamat menjalankan Ibadah Puasa juga makk… Ibu mertua Alhamdulillah ya mak masih kuat menjalankan Ibadah puasa.
    Jadi pengen ikutan cobain KOJIMA gabungan korma jinten hitam dan madu dilihat dari bahan-bahannya bagus semua herbal sesuai saran Nabi.

  15. Mantap banget.
    Dalam satu produk terdapat 3 bahan alami yang disunnahkan Rosululloh sholallahu ‘alaihissalam.
    Semoga senantiasa sehat dan lancar dalam jalani shaum Ramadan kali ini.

  16. Netralisir gula darah dengan kurma, aku baru tau lho, Mbak. Manisnya kurma itu menyehatkan, ya. Aku belum pernah nyobain Kojima, sih. Tapi kalau kandungannya sebanyak ini, mauuu. 😀

    1. Kandungan gula yang ada di kurma aman untuk tubuh, Bun. Jadi memang lebih baik meminimalisir konsumsi gula dan beralih ke kurma aja sesuai dengan teladan yang diberikan Rasulullah.

  17. Kayanya komplit banget ya Mba kandungan KoJiMa ini. Rasanya gimana Mba? Terlalu manis nggak karena ada perpaduan kurma sama madunya?

  18. Tadi tuh udah mau ngelist aja. Oh ya, kurma ada nih di rumah. Terus bahan apa lagi disebutkan di atas yang bakal dikonsumi agar kesehatan tubuh tetap terjaga.. Eh rupanya kesemua bahan tersebut sudah ada di dalam satu kemasan produk KOJIMA yaa. aihh praktis deh.

  19. Kesehatan itu jaman sekarang benernya mahal. Makanya jangan terus kerja tapi abai akan tanggung jawab terhadap kesehatan diri bagaimana kalau tidak ada yang peduli? Minum dan makan juice kurma bisa jadi salah satu pencerah mata

  20. Kurma jinten dan madu adalah bahan bahan alami yg punya banyak manfaat bagi kesehatan ya mbak
    KLO mau praktis konsumsi ketiganya ya minum KOJIMA ya mbak

  21. Kojima ini memang sudah dipercaya bagus untuk kesehatan ya, Mbak. Kandungan korma, jinten hitam dan madu merupakan paduan yang komplit untuk kesehatan. Bagus dikonsumsi setiap hari ya…

  22. Aku belum coba yang jinten mba dan saat ini biasanya madu sama kurma saja cuma sejak sakit db dan muntah terus skrg jd trauma cium bau madu hahaha jd pasti mual makanya skrg cuma konsumsi kurma aja

  23. biasanya sih minum sari kurma, jintan hitam dan madu itu terpisah…ternyata ada lebih praktis kojima..perlu di coba nih apalagi khasiatnya banyak

  24. ternyata kojima itu kependekan dari korma, jinten dan madu ya mbak nurul. selama ini aku cuma lihat sekilas produk ini dan baru tahu dari postingan mba nurul. hidup sehat ala rasulullah memang membuat kita semakin sehat dan bugar. setiap gerak gerik rasul adalah keteladana bagi kita termasuk makanan yang difavoritkan oleh beliau. allahumma shalli ala sayyidina muhammad

  25. Wah, baru tahu kalau Kojima kepanjangan dari korma, jinten, madu. Kirain nama merk madu.. Hihii.. Belum pernah nyobain sih. Tapi sepertinya menarik untuk dicoba. Paket lengkap soalnya. Bagus nih diminum pas buka dan sahur..

  26. Korma Jinten Madu, aiihhh.. .tiga serangkai andalan nih buat daya tahan tubuh yaaa..
    bener, Mbak, teladan kita Rasulullah sudah mencontohkan cara hidup yang baik dan benar

Leave a Reply to Dian Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: