Uncategorized

Halaaaah, anak muda; Memangnya Bisa Apa?!?!

Weeeitss, jangan emosi jiwa dulu dong, bray. Kaleem… woles duluu… Kalimat itu bukan dari gue kok. Tapi, gue curi-curi denger *tsaah* pas ada acara pertemuan warga kompleks gue. Beberapa warga senior (baca: bapak-bapak sepuh) ngerasa kalau anak-anak muda masa kini tuh, kagak bisa diharapin sama sekali.

“Lihat aja di TV. Kalo isinya nggak tawuran pelajar, yo anak-anak yang lagi pesta narkoba. Atau pelacur SMA. Doh! bener kata Deddy Mizwar nih. Kiamat makin dekat!”

Whoops, apa bener kayak gitu? *kedip-kedip-kode* Mosok seh, dari sekian puluh juta remaja Indonesia, SEMUANYA adalah makhluk-makhluk yang diragukan kemanfaatannya? Mosok, para pemuda Indonesia adalah kumpulan organisme parasit, alias yang cuma bisa ngerepotin ortu? Menuh-menuhin timeline twitter dengan ratapan gak jelas?

Nah looo.. Ayo kita sama-sama instropeksi deh. Apa iya kita rela, masa muda hanya diisi dengan ‘penggalauan’, ‘kepoin status gebetan’, ‘stalking mantan’ atau ‘twitwar’? Ya elaah, ‘shallow’ banget sih?

Di usia muda, energi kita itu lagi pas ultimate moment. Lagi puncak-puncaknya. Energi dan kreativitas yang berlebih itu, HARUSNYA diarahin untuk menggapai dan melakukan hal-hal positif. Founding father kita, Soekarno dengan berapi-api bilang gini : “Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya … Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia” ~Soekarno~

Nah! 

Jadi, kumpulan pemuda hebat, yang punya jiwa patriotisme dan nasionalis, sudah pasti bakal jadi “senjata utama” Indonesia untuk menapaki pergulatan dunia internasional. Pemuda itu harus bisa melakukan banyak hal yang advan. Membuktikan pada semua orang, termasuk pada kaum senior, bahwa anak muda ini punya “sesuatu” yang sangat bisa dibanggakan. 

Suatu ketika, Hasan Al-Banna pernah berujar, “Di setiap kebangkitan pemudalah pilarnya, di setiap pemikiran pemudalah pengibar panji-panjinya.”

Yeah! Pemuda! Pemuda!

Coba lo googling dengan keyword “pemuda berprestasi” atau “pemuda kreatif” bakal keluar result yang menggambarkan pencapaian dahsyat bin luar biasa yang dilakukan anak muda harapan bangsa. Atau, lo pantengin website sarat info positif. Semacam ini. Lo bisa terinspirasi dengan achievement spektakuler dari para pemuda Indonesia.

Salah satu yang supeeer inspiring buat gue adalah seorang anak muda bernama Elang Gumilang. Masih muda banget, tapi dia udah punya ide brilian untuk bikin developer perumahan khusus orang-orang yang nggak mampu! Superb! Di saat harga properti udah mencekik dan kelihatan “mustahil” banget, si Elang malah membesut usaha yang bikin dia jadi sosok tajir melintir, sekaligus manfaat besar buat sesama. 

Ada lagi nih. Dokter ganteng asal Malang. Dokter ini, masih umur 23 tahun, bikin inovasi keren berupa Asuransi Sampah. Lagi-lagi kalangan marginal terbantu banget dengan kiprah doi. Dan, inovasi brilian ini membuat dia sampai dapat penghargaan dari Pangeran Charles! Keren kan? Kan?

Atau, lo bisa mencontoh apa yang sudah dilakukan Mohammad Assad. Masih muda, tapi nggak kenal menyerah untuk melakukan terobosan cihuy di dunia enterpreneurship. 

So, gimana? Ternyata banyaaak banget yang bisa dilakukan anak muda. Jangan biarkan anak muda kita dijajah oleh rasa galau tak berujung, perasaan minder dan kalah sebelum berperang. It’s a BIG NO!

Dan, ketika patriotisme itu sudah menjalari jiwa, maka kita bisa berucap lantang Damn! I Love Indonesia!

damn

#PatriotIsMe #Advan #damniloveindonesia.

Untuk info kompetisi di sini

Advertisements

37 thoughts on “Halaaaah, anak muda; Memangnya Bisa Apa?!?!”

    1. Yup, mak Haya. Memang siy, banyak berita2 negatif soal anak muda Indonesia. Tapiiiii, selalu ada “berlian” di antara tumpukan belukar *tsaaah* Mak Haya ikutan dong… kan banyak kenal penulis muda talented, yang sukses bikin daku ngirriiiiii…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s