Weekend Getaway ke Kebun Teh plus Masjid Cheng Hoo Pasuruan

Whoaaa, udah menjelang bulan Agustus aja nih, ya! Kok tahun 2019 ini terkesan flying so fast, ya nggak sih? Yang jelas, pertengahan tahun ini adalah masa-masa adaptasi banget buat aku dan keluarga. My not little kid anymore sekarang udah duduk di bangku SMP. Setiap hari kudu berangkat sekolah pukul 05.45. Artinya, ya aku kudu nyiapin segala perbekalan makan dia sejak pukul 04.00 pagi, every single day! Huuftt πŸ˜€ Namapun masih masa adaptasi ya sist, bodi rasanya remuk redam banget, eheheh. Kalo kayak gini, rasanya aku butuh liburaaaaann!

Tapi tapi tapiii, iseng-iseng lihat kalender, kok ya nggak ada tanggal merah mulai Agustus sampai November yha? Waduh. Kalau mau ngetrip bareng keluarga, artinya kudu smart dalam bikin planning nih. Salah satunya: cari destinasi yang nggak terlalu jauh dari rumah.

Kalau kami, artinya ya plesir ke Pasuruan, Lawang, Malang dan sekitarnya. Libur hanya sabtu dan ahad harus dimanfaatkan untuk quality time. Nggak perlu piknik yang β€œambisius” deh, santai aja, yang penting hepi! Mana saja destinasi yang bakal kami samperin?

(1). Kebun Teh Wonosari, Lawang

Untuk menuju kebun teh Wonosari ini, jarak tempuh sekitar 1,5 jam saja. Yap, lokasinya tidak terlalu jauh dari Surabaya, tapi suasana alam sudah menyambut kita dengan nuansa yang serba hijau. Segaaarr banget!

Kebun ini merupakan peninggalan Belanda yang mulai dibudidayakan sejak tahun 1910. Luasnya lebih dari 1000 hektar! Berada di kawasan lereng Gunung Arjuno, dengan ketinggian sekitar 1.000 mdpl, jadi hawa segar bin sejuk langsung menyergap ketika kita berada di Kebun Teh Wonosari.

Baca: Trip Asyik bareng ABG

Tea walk adalah aktivitas yang wajib banget kita lakoni. Sepanjang jalan, terbentang panorama hijau yang menyejukkan mata. Kita juga bakal bersua dengan para pekerja pemetik pucuk daun teh. Angin berhembus, berpadu dengan keheningan alam dan sunrise yang muncul malu-malu. Duuuh, speechless!

Kebun teh peninggalan Belanda ini sekarang dikelola oleh PTPN XII. Tak hanya merawat budidaya teh ribuan hektar, perusahaan milik pemerintah ini juga mengelola kawasan Wonosari Kabupaten Malang menjadi Wisata Agro Wonosari. Fasilitasnya macam-macam, ada playground, kereta kelinci, flying fox, plus kuliner yang tersebar di mana-mana. Plus, ada Bukit Kuneer yang jadi destinasi menarik untuk berburu sunrise.

Kita juga bisa menginap di hotel Rollaas Hotel and Resort. Fasilitasnya lengkap! Hawanya sejuuk banget. Assoy geboy!

(2). Masjid Cheng Hoo Pasuruan

Lokasi Masjid Cheng Hoo sangat strategis, yaitu pertigaan Jalan Raya Pasuruan-Malang-Tretes. Pokoke kalau kita mau pergi ke Malang dari arah Surabaya (atau sebaliknya) pasti melewati Masjid dengan warna dominan merah ini. Masjid Cheng Hoo mengaplikasikan perpaduan tiga gaya arsitektur sekaligus, yaitu Jawa, Arab dan Tiongkok. Bentuk atapnya bersusun seperti pagoda khas Tiongkok. Langit-langit Masjid Cheng Hoo menjulang tinggi ke atas. Pokoke berada di dalam Masjid ini terasa sejuk dan menentramkan hati banget!

Dibangun di atas tanah seluas 6.000 meter persegi dan luas bangunan 550 meter persegi, Masjid Cheng Hoo ini terdiri dari dua lantai. Ada ruang pertemuan yang disewakan juga. Nama Masjid terinspirasi dari nama Laksamana Cheng Hoo, seorang pelaut asal china yang beragama Islam. Cheng Hoo melakukan penjelajahan dunia sebanyak tujuh kali dari tahun 1405 sampai 1433. Kapal-kapal Cheng Hoo mengunjungi Nusantara, Thailand, India, Arabia, dan Afrika Timur.

Kalau pergi sekeluarga, paling enak sewa mobil aja. Bakal hassle-free kalau kita sewa di Astra TRAC karena Aksesnya  Mudah & Jaringan Luas. Mau reservasi? Cukup via website https://www.trac.astra.co.id atau aplikasi TRAC aja lho. Gampil kan? Jaringannya luas, karena dukungan Astra TRAC yang tersebar di lebih dari 50 kota di Indonesia.

Selain itu, Astra TRAC juga Andal dengan Teknologi Teruji, karena sistemnya terhubung dengan TRAC Fleet Management Solution. Tim Astra TRAC mampu memastikan keselamatan serta kenyamanan perjalanan Anda secara akurat dan real-time.

Eits, bukan hanya itu. Seluruh konsumen mendapatkan proteksi asuransi dan jaminan kondisi armada yang selalu prima.

Layanan Pelanggan 24/7 alias always ready setiap hari selama 24 jam. Kalau mau kontak Customer Assistance Center di nomor 1500 009 untuk pusat bantuan, informasi, maupun pemesanan.

127 thoughts on “Weekend Getaway ke Kebun Teh plus Masjid Cheng Hoo Pasuruan

  1. Nchie Hanie says:

    Huaa..aku lebih pagi Mak ngantar anak sekolah jam 5.30 udah cuss, masuknya jam 6.30, nyiapin bekel nasi tiap hari, atulaah hectic pagi2 tuh. Bener banget liburaan jadi solusinya yaa, bukan mau kemana tapi dengan siapa kita liburan itu yang terpenting.
    Asiknya yang ke kebun teh dan teawalk.ku juga demen, ntr pan kapan tunggu aku di kebun teh yaaa..

    • akuchichie says:

      Asik banget ini weekend gateawaynya main di kebun teh dan bisa ke masjid Cheng Hoo. Aku nih penasarab sekali dengan masjid Cheng Hoo, nanti kalau pas main ke Jawa Timur mau ah bikin itinerary kesini.

    • etybudiharjo says:

      Duluuuuuu…paling seneng ke kebun teh. Kalau di Jakarta ke puncak daerah Sukabumi . Tapi dah lama ga kesana soalnya kaki dah ga kuat nanjak. Wonosobo cenderung dingin yak pohon teh nya keliatan subur

  2. bloggergunung says:

    Kampung saya perkebunan teh Mbak. Mari main ke Sukanagara Cianjur Selatan hehehe

    Btw, gunung Argopuro pemberitaan kemarin kebakaran. Itu wilayah mana ya ya? Alhamdulillah sih teman pendaki pada selamat. Saya jadi keinget saja pas baca artikel ini.

    Salam
    Okti Li

  3. Nina says:

    Whoaaa beneran ini. Terakhir aku ke Malang kan nyewa mobil tuh mak dari Surabaya. Itupun nanya2 dulu ke orang kantor yang pulang ke Malang. Tau gitu pake TRAC aja ya biar praktis, ihiy πŸ˜€

  4. Wiwied Widya says:

    Ini baru namanya liburan, nggak dipusiangin ama urusan kendaraan ya. Soalnya kalau kami lagi liburan tuh, suami sering ngeluh capek karena harus nyetir jauh. Kesian niatnya liburan tapi malah dia kecapekan. Harusnya kalau liburan aku sewa mobil aja ya

  5. Jalan-Jalan KeNai says:

    Saya bersyukur tahun ini anak-anak saya sekolahnya deket. Tahun lalu karena pindah rumah, anak pertama saya sekolahnya jadi jauh. Pukul 5 udah harus jalan. Saya sampai kasihan dan capek lihatnya. Beneran butuh liburan seru kayak gini, deh

  6. Arda Sitepu says:

    Seru banget bisa ke kebun teh mbak, apalagi bareng teman-teman. Kalau penyewaan kendaraan Astra Trac di kantor yang lama juga langganan dan jadi vendor setia. Pelayanannya juga bagus mbak.

    • Eni Martini says:

      Klo ke kebun teh rasanya ga afdol kalau gak tea walk ya, aku pertama kali tea walk tuh pas SMP jalan ke Garut. Masyaallah indah pemandangan, aroma gunung yang segar. Apalagi saat berpergian gini bisa sewa kendaraan dengan mudah ya

  7. niaharyanto says:

    Wuih, seru banget main sama keluarga ya. Dan iya, paling enak itu nyewa mobil aja. Bawa mobil sendiri kadang capek. Sopirnya kudu kerja pas Senin. Mending juga nyewa plus supir. Pulangnya bebasss πŸ˜€

  8. Lidya says:

    Aku baru tau kalau di Pasuran juga ada Mesjid Cheng Hoo ya mbak. Solusi praktis memang sewa kendaraan kalau mau jalan apalagi pas males nyetir ya

  9. Elly Nurul says:

    MashaAllah.. damai dan nyaman banget liatnya mbak, aku jadi ngebayangin juga pagi pagi di kebun teh, merasakan alam sekitar kebun teh, suasana hijau dan udara yang menyegarkan..indahnya hidup, jauh dari hiruk pikuk kota besar dan polusi udara hiks

    • Elly Nurul says:

      Setuju banget mbak, kalo Astra TRAC jadi andalan banget ya.. teknologi TRAC Fleet Management Solution mampu memastikan keselamatan serta kenyamanan perjalanan kita semua secara akurat dan real-time.

  10. ummunawazim says:

    Belum pernah langsung minum teh di perkebunan teh. Kayaknya asik banget ya. Segar dan sejuk lihat hamparan teh yang hijau. Pastinya udaranya bersih ya. Btw, Pasuruan ada masjid bernuansa cina juga ya…

    • Utie adnu says:

      Ternyata masjid Cheng Hoo Ada banyak ya kak kupikir cuma d Jakarta aja ternya tersebar di beneraoa daerah bentuk nya unik lagi jadi penasaran mau ke bbrp derah dn sholat d dlmnya

  11. Rach Alida Bahaweres says:

    Pengeen dong ke sini. Ajak ajak ya kalau ke Pasuruan lagi. Sapa tahu pas ke Surabaya bisa ikutan. Hehhee

  12. Zia says:

    Ya ampun mba, ini semua tempat yang jadi wishlist buat aku kunjungi loh. Hehehe. Liburan akhir pekan yang seru pastinya bareng keluarga. πŸ™‚

  13. helenamantra says:

    Masjid Cheng Hoo ini yang di area wisata dekat bakpao telo? pernah mampir ke situ. Kalau kebun teh malah belum pernah. Asyiknyaaa berjalan di antara rimbunan tanaman teh.

  14. Diyanika says:

    Teawalk bareng sama balitaku yang super duper aktif kok seru banget rasanya. Sehat iya, mata cling iya. Cucok abis.

    Masjidnya eye catching banget, ya. Nyenengin aja lihat masjid yang seperti itu. Keberagaman berarti diterima di sana.

  15. Ira Hamid says:

    seja dulu, saya pengen banget lihat kebun teh secara langsung, bayangin jalan di hamparan pohonn teh yang hijau kayaknya menyenangkan + menenangkan πŸ™‚

  16. Reyne Raea says:

    Betul banget mba, paling enak sewa kendaraan deh kalau dolan-dolan bareng itu.
    Astra Trac da best deh.
    Dulu pernahsewa bus nya, bagus banget pelayanannya πŸ™‚

  17. Sapti nurul hidayati says:

    Wah… Lawang, saya pernah ke sana pas mahasiswa. Acara field trip.. Memang tempatnya baguus, indah permai. Terus nyobain teh yang biasanya dieksport n beli buat oleh-oleh. Komentar orang rumah, kok ga sepet.. Ternyata sepet itu karena rantingnya ikut dijadikan teh, sementara kl dieksport hanya bagian daunnya. .hihi..

  18. naniknara says:

    iya nih agustus nggak ada tanggal merah, padahal ada libur idul adha dan peringatan kemerdekaan, tapi jatuhnya weekend semua.

    Pas banget nemu postingan ini, lagi mau cari rental mobil buat acara idul adha nanti. Langsung deh cek di webnya trac astra

  19. Milda Ini says:

    kebun tehnya mirip dengan yang di Bengkulu ya, mungkin zamn dulu konsep pertanian atau kebun teh ini sama. aku belum pernah sih kalo ke masjid Cheng Ho ini

    • Aprillia Ekasari says:

      Aku terakhir ke kebun teh itu pas mahasiswa mbak pas musim hujan dan berkabut seneng deh. Makan bakso dan ngeteh anget di sana.
      Aku sekali doank itu ke masjid Cheng Hoo Pasuruan abis pemotretan post wedding diajakin temen ke Malang lalu sholat jamaag di sanaπŸ˜€

  20. Iid Yanie says:

    Mesjid Cheng Hoo ini banyak ya, di Palembang juga ada lho dan memang luar biasa cantik2 mesjidnya, masyaallah πŸ™‚

  21. Eni Rahayu says:

    saya belum pernah ke kebun teh wonosari padahal deket ya dari malang, hehehe
    Tapi kalau ke masjid ceng ho sih pernah numpang foto doang. Btw jadi pengen mampir ke kebun teh deh setelah baca postingan ini, wkwkwk. Mbak nurul berhasil meracunikuuuu
    —-bundadzakiyyah[dot]com—-

  22. yunihan09 says:

    Waah seru nih mbak bisa berwisata kesini…. tempatnya indah ….noted deh mbak suatu saat pengen kesini bersama keluarga seseruan bareng. Terimakasih rekomendasi nya.

  23. Siska Dwyta says:

    Seru ya Mbak weekennya bisa jalan-jalan ke kebun tek udah gitu di sana tersedia juga tempat nginap yang nyaman. Btw kalau pergi rombongan bareng keluarga gitu emang sebaiknya sewa mobil aja apalagi sewa mobil sekarang lebih mudah dengan menggunakan jasa TRAC.

  24. Uniek Kaswarganti says:

    Aku selalu suka dan menikmati tiap kali bisa jalan-jalan ke kebun teh. Di Semarang yg panas banget mana ada kan kebun teh, kudu melipir ke daerah lain yang sejuk. Hamparan kebun teh sungguh bikin hati jadi adem.

  25. ida's journeys says:

    Jadi ibu rumah tangga tuh memang suka riweuh banget di pagi hari.. aku banget jam 4 tuh dah berasa kesiangan.. makanya suka butuh piknik hahaha btw ipar sy org Pasuruan jd pengen main ke sana

  26. zellta02 says:

    Masjid cheng ho nya unik banget dan indah, jadi penasaran sama arsitektur dalamnya. Tapi emang ya liburan itu gak harus se”ambisius” itu kok, yang dekat asal menikmati dan quality time bareng keluarga juga udh lebih dari bahagia sekali hihi

  27. Rohmahdg says:

    Jadi tahu kalau yang Masjid Cheng Ho yang sering dikunjungin temen aku tuh di Pasuruan.
    Pernah denger aja tapi nggak tahu lokasinya,
    deket juga ya ternyata. di Pasuruan
    Selalu deh Masjid Cheng Ho memberikan kesan tersendiri dari arsitekturnya hehee

  28. Nathalia DP says:

    Aih, selalu suka jalan-jalan dan foto-foto di kebun teh… Udaranya sejuk dan pemandangannya bikin mata segar πŸ™‚

  29. Yeni Sovia says:

    Wkwkkwkw mba sama. Kirain cuma aku dan suami aja yang Bete nggak ada tanggal merah. Ternyata banyak ya hahaha. Aduh enak sekarang ya mba kalau mau jalan-jalan udah gampang mau sewa mobil mah ya. Karena udah ada TRaC. Doakan semoga keluarga kecilku segera liburan nih *emak butuh piknik πŸ˜‚

  30. Dedew says:

    Wah Cheng Ho juga mampir Pasuruan ya, kalau di Semarang adanya kelenteng Cheng Hi, padaha beliau muslim ya…ada Replika kapalnya juga dulu dipajang..

  31. lifeascory says:

    Tuh kaaan, ku tak diajak liburaaaan. Padahal di rumah udah lumuten pengen bersih2 hawa sumvek.. πŸ˜† anw, itu masjid cheng ho yg dimaksud kak belalang kali ya, arsitektur bangunanannya lebih keyen dari yg ada di surabaya. Ah, tau aja kalo aku lagi butuh menjelajah. Liburan juga aah~~~

  32. Travlingku says:

    Dari bulan Juli – November itu tanggalnya ampuuun… Hitam semua wwwkwkkw tak ada long weekend. Saya juga lagi butuh liburan, secara weekday kerja, nunggu long weekend malah enggak ada.

    Masjid Cheng Ho memang identik dengan warna merah dan mirip bangunan kuno yang ada di Tiongkok.

    Kalau liburan sama keluarga enaknya memang bawa mobil gitu ya. Apalagi saat ini sudah ada jasa sewa mobil. Kan makin mudah…

  33. Rosanna Simanjuntak says:

    Di Km 80 Balikpapan – Samarinda juga ada Mesjid Cheng Hoo lho
    Hampir setiap aku lewat, apalagi kalau pas waktu sholat, parkirannya selalu ramai.

    Mesjid ini juga mampu membantu roda perekonomian warga di sekitarnya, karena kini banyak penjaja kuliner di halaman mesjid melayani para pelancong yang sedang beribadah.

  34. Hani S. says:

    Mesjidnya Masya Allaaaah, minta dikunjungi bangeeet. Smeoga bisa menjejak kesana juga, Amiiiin. Btw kebun teh-nya mengingatkan ke Kota Kelahiranku di Garut yang banyak kebuh Teh-nya juga, selalu menenangkan saat berada di tengah2nya ya πŸ™‚

  35. novaviolita says:

    Teawalk….wah suasana yang sejuk di kebun teh.., bisa juga jadi tempat joging ya..jalan2 sekalian ngeluarin keringat…

    Suka liat foto dikebumikan teh..itu pas pagi hari atau sore sih..mataharinya cakep..

    • Lina W. Sasmita says:

      Luas kebun tehnya 1000 hektar dan berada di kawasan lereng Gunung Arjuno diketinggian sekitar 1.000 mdpl? Wohooo….ini mah kesukaan saya banget. Bisa mendaki Gunung Arjuno lalu teak walk ke sini juga.

  36. Siwi Ragil says:

    Ternyata kebun teh bukan hanya di puncak aja ya mba haha..duh ketauan deh aku mainnya kurang jauhh, penasaran pengen lihat langsung mesjid cheng ho ini, unik banget..semoga next bisa travellibg ke sana

  37. Mbak Ruroh MyID says:

    Penasaran bagaimana sejuknya udara di Rollas Hotel mbak, karena kan di Malang seger banget udaranya, ehh dingin, tapi kalau liat pemandangan hijaunya di Malang, tentu betah deh, terlebih main ke kebun tehnyaa hehehee

  38. lianny hendrawati says:

    Waktu ke sini dulu, anakku yg sulung masih usia 8 th an, sekarang dia sdh kuliah. Berarti udah lama bangeeet, ya. Pengin ke kebun teh lagi, pagi-pagi duduk di teras, menikmati hawa yang sejuk sambil minum teh hangat, hhm nikmat.

  39. Dedew says:

    Ah kebun teh, asyik banget jalan pagi yaa..masjid Cheng Ho nya juga cantik, jauh kali Cheng Ho merantau..padahal belum ada video call zaman itu, kalau kangen gimanaa #plakk

  40. Hidayah Sulistyowati says:

    Aku pernah numpang shalat di Masjid Cheng Hoo di Pasuruan, mbak. Cuma sayangnya pas ada acara pengajian, semua tempat terbuka berserakan sampah. Jadi ilfill deh waktu mau naik ke tempat shalat.

    Ah kami belum pernah naik Astra TRAC, bisa nih booking untuk traveling sekeluarga besar suami yang doyan dolan

  41. Rosanna Simanjuntak says:

    Jadi ingat dulu waktu SMA tahun 1983 s/d 1986, aku sering banget menghabiskan akhir pekan di perumahan kebun teh Sidamanik di Sumut milik sahabat dekatku
    Bangunan rumah di sana bekas peninggalan afdeling Belanda, di mana kontur rumahnya berbukit-bukit, dengan rumput lebat.
    Suasananya sangat asri!

    Baidewei, subway,
    Di rute Balikpapan ke Samarinda juga ada mesjid Cheng Hoo juga lho.
    Kalau ke sini, kudu mampir ya, mba
    Mesjidnya unik dengan ornamen tirai bambu yang dominan warna merah dan kuning

  42. Uniek Kaswarganti says:

    Bangunan yang dibuat untuk mengenang Cheng Ho, entah itu klenteng maupun masjid, memang ada dimana-mana ya. Banyak tempat di Indonesia yang dulunya menjadi tempat persinggahan laksamana dari negeri Tiongkok ini. Khas banget pasti warnanya merah dan desain bangunan pasti serupa.

  43. Eni Rahayu says:

    Masjid cheng ho mengingatkanku saat aku hamil delapan bulan, pengen banget foto di masjid ini dan alhamdulillah udah keturutan, hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s