Belajar Ternak & Minum Susu Kambing di Desa Nganggring Jogja

Heyy, kalo kamu bosan berwisata yang itu itu aja, ga ada salahnya cuss ke Desa Wisata lho! Apalagi, yang mau plesir ke Jogja. Banyaaakkk banget kearifan lokal dan ilmu bisnis yang bisa kita dapatkan dari kunjungan ke Desa Wisata! Aku pengin share nih, pengalaman healing tipis tipis sekaligus menggali wawasan seputar ternak kambing. Baca terus yaaakk ๐Ÿ™‚

Kebayang gaes, gimana rasanya mengunjungi desa yang punya potensi luar biasa di bidang ternak kambing? Pemberdayaan masyarakat dilakukan secara optimal banget nih, sampai bisa menghasilkan spot belajar sekaligus plesir yang kece berat! Yap, I am talking about Desa Wisata Nganggring, yang berlokasi di Sleman Jogja

Lokasinya lumayan mblusuk, alias masuk banget. Toh, ini tidak mengurangi antusiasme para peserta untuk lebih dalam menggali tentang serba serbi ternak kambing.

Tatkala baru sampai di Desa Nganggring ini, kami langsung disuguhi keramahan khas penduduk desa. Sekaligus dipersilakan untuk minum Susu Kambing Etawa. Aseliiik, amazing experience banget!

Yashhh, kalo kita baca artikel belakangan ini, ternyata susu kambing etawa mencuri perhatian lantaran manfaat yang luar biasa. Susu kambing etawa lebih bergizi dibandingkan susu sapi maupun susu kambing lainnya, lho. Tentu saja, populernya susu kambing etawa mendorong orang untuk beternak kambing jenis ini. Skuyy, kalo mau belajar dan tahu lebih banyak serba-serbi etawa, langsung cuss aja ke Desa Wisata Nganggring.

Desa Wisata Nganggring berada di Dusun Nganggring, Girikerto, Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Keindahan alam kaki Gunung Merapi tentu menjadi salah satu andalan yang ditawarkan bagi para wisatawan yang mengunjungi desa Girikerto Turi ini.

Pengembangan desa ini menjadi desa wisata sudah dimulai sejak tahun 2005. Saat itu memang potensi alam yang ada belum dimaksimalkan. Potensi paling menonjol di desa ini adalah perkebunan salak dan peternakan kambing Peranakan Etawa (PE).

Peternakan Kambing Peranakan Etawa (PE)

Mungkin memang belum terlalu banyak yang mengetahui tentang peternakan kambing etawa di Sleman. Tidak mengherankan karena memang susu kambing segar Jogja tidak sepopuler susu sapi segar yang bisa diperoleh dengan mudah.

Kambing etawa yang ada di Indonesia sebenarnya merupakan kambing Peranakan Etawa (PE) yaitu hasil perkawinan silang kambing Jamnapari India dengan kambing lokal Indonesia. Kambing ini banyak diternakkan di wilayah Gunung Merapi.

Nutrisi maupun komposisi alami susu etawa ini memiliki kandungan mendekati ASI. Selain itu disebutkan juga bahwa susu kambing etawa ini memiliki sifat antiseptik yang mampu menekan perkembangbiakan bakteri dalam tubuh.

Teman-teman ingin menikmati assoy-nya plesir ke Desa Wisata Nganggring? Cuss bisa kontak alamat dan telepon ini ya.

Nganggring, Girikerto Turi, Girikerto, Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55551

Telp 0858 7733 3132

Advertisement

Author: @nurulrahma

aku bukan bocah biasa. aku luar biasa

53 thoughts on “Belajar Ternak & Minum Susu Kambing di Desa Nganggring Jogja”

  1. Wah baru tau ada perternakan kambing etawa di Yogyakarta
    Kesana ah kalo mudik
    Selama ini saya harus ke Garut untuk nyobain susu etawa
    Ternyata di Yogyakarta juga ada

  2. Kok seru ya bisa ke peternakan kambing dan liat produksi susunya trus icip2 susunya hehe. Aku tupenggemar susu jd suka excited kalau ke lokasi kek gini. Kalau ke sana tu meski gak rombongan, perorangan juga boleh? Mbayar kyk semacam tiket masuk gk?

  3. Bisa menikmati langsung susu kambing segar, pastinya menyehatkan ya kak.
    Apalagi melihat peternakannya yang menjaga kambingยฒ agar tetap berkualitas baik

  4. Seru banget memang sih bisa menjelajahi desa wisata. Duh sayagnya saat ke Jogja beberapa bulan lalu tidak mampir kesini. Padahal banyak ilmu juga yang bisa didapatkan nih. Rasanya seru bisa main di alam sambil lihat peternakan. Keren juga kambingnya ya hasil perkawinan sama ternak asing,hihihihi

  5. Susunya bisa diminum langsung Nur? Apa rasanya? Amankah diminum tanpa proses sterilisasi? Duh akutu penasaran banget loh sama susu kambing yang katanya kaya manfaat ini. Tapi membayangkan meminumnya langsung tuh jadi gak berani hahahaha. BTW, ini tempatnya kelihatan menyenangkan ya Nur. Di pedesaan yang dikelilingi oleh bukit dan pemandangan apik. Bisa buat healing sekalian juga ini sih.

  6. Wih… Asyik ya. Jadi semacam kek wisata edukasi gitu ya, Kak. Tentang peternakan kambing etawa. Sampai ke memerah susu sapinya…

  7. Wah sekarang mbak Nurul dan Sidqi senang wisata ke edutrip ya
    Setelah belajar hidroponik sekarang belajar ternak kambing
    Kece mbak

  8. Wisata edukasinya berguna banget nih
    Jadi nambah pengetahuan gimana ternak kambing yang menghasilkan susu Etawa
    Bonus mencicipi susu kambing yang fresh banget

  9. Wah serunyaaa.. kok ya baru tau ada wisata seperti ini di Jogja astaga.. pas banget lagi buat anak-anak belajar berkenalan dengan alam.. Buibunya juga pasti bakal suka sih, karena saya selama ini cuma berternak sapi secara virtual saja alias lewat game township ๐Ÿ˜‚

  10. Berkunjung ke tempat-tempat seperti ini biasanya lebih banyak kesannya ya Mbak terutama untuk anak-anak dibanding pergi ke mall atau tempat wisata umum lainnya. Pengalamannya baru, tentunya suasananya juga seru dan alami.

  11. Kalo ke Jogja taunya ke malioboro atau prambanan aja padahal banyam destinasi wisata keluarga lain yang seru-seru seperti desa wisata nganggring ini..

    Pengalaman baru minum susu kambing langsung di peternakannya hihi

  12. Terkenal banget ya si Kambing Etawa ini, ternyata susunya punya banyak manfaat dan laris manis juga di pasaran. Kakak ipar saya ada deh yang minumin susu ini ke anaknya, katanya bagus untuk mencegah alergi. Dan, sebagai orang Jogja saya baru tau ada peternakan kambing etawa di desa wisata ini. hihi..

  13. menarik mbak, belum pernah saya wisata ke desa wisata, banyak yang bisa dipelajari ya, ini terbuka untuk umum kan ya? apa harus reservasi dulu sebekumnya? atau langsung datang saja?

  14. Ada banyak pelajaran yang bisa diambil ketika ke Desa Wisata Nganggring.
    Karena salah satu susu yang terkenal manfaatnya adalah susu etawa ini ya.. Seneng banget bisa melihat langsung ke peternakannya dan segala proses yang bisa dilakukan.

  15. Wah ada desa wisata buat belajar ternak sama nyoba minum susu kambingnya juga ya kak. Seru banget deh, apalagi susu etawa banyak manfaatnya untuk kesehatan

  16. Bau kambing ga mba desanya? Soalnya kambing tuh ciri ya badannya bau. Soalnya keteknya ada 4.. Xixixii

    Btw, saya tuh suka banget sama susu etawa. Rasanya sepetti susu biasa, ga ada enegnya dan bau prengus

  17. waktu anak2 masih kecil seneng banget bawa ke tempat wisata peternakan kayak gini. ngasi makan hewan, juga ikutan namem di kebun. seru dan dapat pengalaman baru buat anak-anak ๐Ÿ™‚

  18. Kalau minum susu kambing etawa gini gimana rasanya mba? ngga bau ya kalau susu segarnya langsung. Kalau aku pernahnya uda dalem sediaan bubuk sih hehe. Seru juga bisa belajar ternak gini, jadi pengen nyoba ke desa Nganggring langsung.

  19. Noted, mau juga mengunjungi Desa Nganggring kalau kebetulan mampir di Jogja lagi, asyik juga kayaknya bisa berwisata sekaligus mempelajari hal-hal baru bahkan bisa minum susu kambing yang seger setelah diperah, rasanya ini akan menjadi pengalaman yang berharga untuk anak-anak. Tempat ini cocok menjadi lokasi wisata edukasi.

  20. Jelas aku belum pernah ke Desa Wisata Nganggring ini. Kalau sesekali ke sana, kayanya oke-oke aja ya meski aku gak bakal minum susunya. Produk yang lain aja sih yang mungkin akan dicoba

  21. Unik nama desanya, Nganggring ๐Ÿ˜€ Mantap nih kegiatannya belajar dan ternak kambing. Minum susu kambing kayaknya aku belum pernah dan ga berani hahaha ๐Ÿ˜€ Kalau ajak anak-anak ke sana bakalan suka nih. Wisata edukasi semacam ini mesti disosialisasikan lebih banyak di media sosial ya. TFS mbak.

  22. Masya Allah, ini tuh mba salah satu pengalaman yang ingin saya dan keluarga lakukan dan rasakan langsung loh tapi belum kesampaian, boleh juga ngikuin jejak mba yah, moga ada kesempatan buat kami

  23. Wah..ada to mbak di Jogja. Kupikir di Garut aja.. tetapi tetanggaku di Temanggung jg ada yg ternak kambing etawa sih. Gede2 emang, jelas beda sama kambing biasa.

    Aku pernah nyicip sukam tapi uda lupa rasanya hahaa. Sudah lama bgt sih. Sukam mmg diklaim punya banyak khasiat.

  24. Wah..ada to mbak di Jogja. Kupikir di Garut aja.. tetapi tetanggaku di Temanggung jg ada yg ternak kambing etawa sih. Gede2 emang, jelas beda sama kambing biasa.

    Aku pernah nyicip sukam tapi uda lupa rasanya hahaa. Sudah lama bgt sih. Sukam mmg diklaim punya banyak khasiat. Nggak cuma diminum segar tetapi juga jadi banyak produk olahan.

  25. Oh Desa Wisata Nganggring ternyata ada di Girikerto, Turi ya mba, aku sering lewat daerah situ waktu suami ada pekerjaan di kawasan Kaliurang. Karena lebih dekat lewat Turi dibanding Yogya kota. Produksi Susu Kambing Etawa udah jadi bagian kehidupan masyarakat desa wisata Nanggring ya. Aku pernah minum susu kambing, rasanya enak juga

  26. Peternakan kambing Etawa di Nganggring ini bersih banget, ya. Jelas, bahwa kambing-kambing di sini dirawat dengan baik, agar menghasilkan susu yg segar dan bermanfaat banyak.

  27. Di Purworejo, tepatnya di Kaligesing, juga banyak peternakan kambing etawa, Mak… Kambingnya lebih besar daripada kambing biasa. Kapan-kapan kalau ke Jogja, jalan ke barat dikit lagi, Mak. Hihi… Sayangnya, untuk pengembangan desa wisata di Kaligesing, aku belum denger nih. Padahal kalau diseriusi kan bisa meningkatkan perekonomian warga sekitar, ya…

  28. Semenjak desa wisata dicanangkan, aku juga tertarik banget liburan ke desa wisata. pemandangannya masih asri, hawanya sejuk, terus bisa belajar banyak hal. Kalau dikelola dengan baik, usaha susu kambing ini bisa meningkatkan perekonomian warga.

  29. seru banget ini wisatanya menikmati susu kambing segar, pastinya fresh dan bikin sehat nih. Jadi ingat kalau mudik sering mampir ke kandang kambing milih saudara2 di kampung suamiku.

  30. Makin pangling lihat Sidqi
    Jadi pengen juga ajari anak untuk magang di tempat seperti ini
    Supaya belajar banyak hal di dunia ini

  31. Anakku suka banget sama susu kambing.
    Dan mashaAllah baru tahu kalau tempat peternakan kambing terbaik di sekitar Gunung Merapi. Jadi inget bencana alam yang membuat para peternak merugi besar-besaran ya, kak Nurul.

  32. Aku suka susu kambing etawa karena katanya lebih berkhasiat dibanding susu kambing biasa or susu sapi makanya harganya sedikit lebih mahal

  33. Eh aku jadi penasaran deh dengan rasa susu kambing. Enakkah? Hehe kudu nyoba sendiri ya. Dan kayaknya bagus gizinya. Apalagi kalo minum langsung dari peternakannya ya. Lebih bergizi karena asli. Seru pula bisa sambil healing ๐Ÿ˜

  34. Hebat ini desa wisata sekaligus ada peternakan kambing juga. Gimana rasanya susu kambing etawa langsung?
    Selama ini baru coba yang Kemasan bubuk dan diseduh air.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: