Yuk Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Prama dan Prami

Mungkin selama ini kita hanya tau jika yang memiliki pramugari/pramugara hanyalah maskapai penerbangan. Jangan salah, di kereta api juga ada Pramugari dan Pramugaranya lho. Mereka biasanya disebut dengan Prama dan Prami. Tidak seperti di pesawat yang semua kelas memiliki pramugari, Prama dan Prami ini hanya bisa kita temui jika kita membeli tiket kereta api kelas eksekutif dan bisnis saja. Jadi wajar saja jika kita tidak mengetahuinya karena lebih sering membeli tiket untuk kelas ekonomi.

Prama dan Prami memikul tugas yang cukup berat, yakni melayani seluruh penumpang dengan memberikan pelayanan maksimal agar penumpang kelas eksekutif dan bisnis merasakan kenyamanan  yang maksimal. Selain membantu penumpang menemukan tempat duduknya, Prama dan Prami juga memastikan bahwa segala fasilitas seperti bantal dan selimut sudah tertata rapi sebelum penumpang memasuki kereta.

Tidak sampai di situ, Prama dan Prami juga bertugas untuk menjual makanan di dalam kereta lho. Mereka bahkan harus siap sedia di restorasi sampai perjalanan berakhir. Cukup berat, bukan? Prama dan Prami juga dituntut untuk bisa berbicara bahasa asing dan memiliki kondisi fisik yang kuat. Karena penumpang pemegang tiket kereta api eksekutif tidak hanya warga negara lokal saja, melainkan berbagai wisatawan dari seluruh dunia.

 

Mereka harus hadir di stasiun pemberangkatan kurang lebih sekitar 90 menit sebelum keberangkatan kereta untuk mempersiapkan hal-hal seperti ketersediaan makanan & minuman, serta kelengkapan fasilitas. Jika ada fasilitas yang hilang seperti selimut atau bantal, Prama ataupun Prami harus bersedia mengganti fasilitas tersebut. Memiliki beban tugas yang cukup berat tak membuat Prama dan Prami ini patah arang, mereka selalu berperilaku sopan sesuai dengan Semboyan 7S, yakni: Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun, Semangat, dan Siap Melayani.

Sesuai dengan beban kerja yang cukup berat, gaji yang didapatkan mereka juga bisa dibilang tinggi untuk pegawai lulusan SMA. Prama dan Prami normalnya menerima gaji pokok senilai 4 juta rupiah belum termasuk insentif. Jika ditotal bisa sekitar 7 juta rupiah per bulannya lho.

Prami KA-1

 

Tertarik menjadi Prama dan Prami di PT Kereta Api Indonesia?

 

Selain yang sudah disebutkan di atas, ada syarat penting lainnya. Calon Prama dan Prami harus berusia antara 18 – 27 tahun, memiliki tinggi dan berat badan proporsional, serta belum menikah dan siap untuk tidak menikah selama bekerja menjadi Prama dan Prami. Proses seleksi juga dilakukan dengan ketat, mulai dengan tes wawancara dalam bahasa Inggris, psikotest, dan berbagai tes lainnya. Setelah lolos tes pun para calon Prama dan Prami masih harus menjalani training selama dua minggu di Rindam Jaya untuk melatih kedisiplinan dan tanggung jawab mereka dalam melakoni tugasnya.

 

Untuk kamu penggemar transportasi kereta api, sudah ada yang pernah bertemu langsung dengan Prama dan Prami belum? Jika belum, segera rencanakan liburan kamu dengan membelinya secara online. Kamu bisa cek harga dan jadwal keberangkatan langsung di Traveloka.

Prami KA

Karena tiket kereta api traveloka saat ini telah menjadi yang terdepan dalam memberikan pelayanannya kepada seluruh masyarakat Indonesia dan termasuk turis mancanegara. Baik itu untuk kelas bisnis atau eksekutif, hal ini tentunya agar kamu bisa merasakan langsung pelayanan yang diberikan oleh Prama dan Prami secara ekslusif. Dijamin tidak akan menyesal!

Advertisements

6 comments

  1. Kalau naik kereta api dari Gambir menuju Cirebon saya pasti berjumpa mereka. Ternyata sebutannya adalah Prama dan prami. Selama ini aku menyebutnya pramugari kereta api. Wah ketinggalan banget akunya, kudet 🤣🤣

  2. Pernah diberitahu sama Pakdhe-nya Salfa yang Masinis. Sayangnya Salfa belum pernah ketemu soalnya jarang naik kereta, itupun kalo beli tiketnya yang ekonomi, haha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s