kuliner, lifestyle, Uncategorized

Makmu Kiper, Foodcourt nan Instagrammable di Surabaya

Follow me on twitter: @nurulrahma

Arek Suroboyo itu kreatif banget dalam menciptakan celetukan-celetukan yang nggak ada maknanya tapi nujesss banget. Misalnya, ungkapan “Makmu Kiper!” Embuh itu maksudnya apa. Tapi frasa “Makmu kiper!” ini acap dipakai manakala ada lawan bicara yang tengah nggedabrus atau membual. Atau, bisa juga untuk mengomentari sesuatu yang absurd.

Contoh dialog sebagai berikut:

“Eh… koen ngerti ta, aku iki bisa nggandakan duit koyok Dimas Kanjeng lo!”

“Oooooo… makmu kiperrr!”

“Heiii, ngerti gak, aku habis WA-an ambek Raisa loo…!”

“Halah dalaaaah.. makmu kiperrrr!”

Yeah, dialog semacam itu.

 

Kenapa harus makmu kiper?

Ya, kenapa nggak? Sama dengan pisuhan Suroboyo lainnya, kenapa harus j*nc*k, j*ngkr*k, dll itu?

Hahahahaha 🙂

 

Ini kenapa sih, blog emak-emak sumbu pendek, labil, ceriwis, sok ikrib kok tiba-tiba bahas perkara Makmu Kiper?

Yesss, karena di Surabaya, ada foodcourt gres, yang berjudul MAKMU KIPER…! *tebar confetti*

img_2159
Parkir bisa vallet! Bahkan sepeda motor aja dilayani dengan vallet loh 🙂

Pemilihan nama destinasi kuliner ini brilian banget. Arek Suroboyo manapun pasti penasaran dengan label “Makmu Kiper”.

“Edan” banget nih, owner-nya… Pake ungkapan “pisuhan” tapi menghadirkan foodcourt yang elegan. Usut punya usut, Makmu Kiper ini ada singkatannya. Yaitu: Makanan Murah Bikin Laper!

img_2157

Lokasinya deket banget dari rumah saya, tepatnya di Jalan Ir Soekarno (MERR) yang deket Rungkut. 

Sejak grand opening 16 Oktober sampai kemarin nih, foodcourt ini rameeee banget! Kagak pernah sepi, even di jam-jam non-lunch dan non-dinner.

img_2147

Kenapa?

Karena di sini, banyak makanan yang bisa kita pilih. Ada soto betawi, nas gor, sosis bakar, soto ayam, pentol, martabak (asin dan manis), macem-macem deh. Dan kabar bagusnya, mayoritas dibandrol dengan harga yang masuk akal!

img_2132

Kalau mau pesen, gimana caranya?

Pertama, datanglah ke stall/stan menu yang kamu taksir (ciyeeee… naksir ciyeeee) Trus, si mbak/mas pelayan bakal memberikan satu kartu berisikan menu yang kita pilih. Masih mau pesen yang lain? Boleh.. silakan geser ke stan lain yang juga kamu taksir (ciyeee… banyak yang ditaksir ciyeeee #apasih)

Udah puas? Nah, baru deh.. tongkrongin mbak-mbak kasir, untuk ngasih kartu-kartu kecil yang tadi udah kamu pegang.

Abis gitu, BAYAR di kasir. Jadi kita emang disuruh BAYAR DULU, makanan baru dimasak kemudian. Dan jangan lupa, ada TAX 10% untuk setiap order yang kita lakukan.

Sembari sabar menunggu, kita bisa ngeliatin sekujur area food court Makmu Kiper yang soooo instagrammable! Unyu banget dekornya! Keceeee! Sebelas dua belas lah ama BABEH STREET yang ada di deket Grand City sono.

Baca: Babe Street, Cocok buat Yang Demen Selfie

img_2151

Hanya saja, karena food court ini sering full house, jadinya jangan ngarep bisa bikin foto keluarga tanpa ada photo bomb orang-orang di sekitar kita hahahaha.

Ehhh, wait wait… Ternyata di sini ada rooftopnya! Mayaaaan, bisa buat parkir helikopter foto-foto unyu tanpa gangguan kehadiran pihak ketiga. Yippiiii….!

Ada ayunannya pulak! 

 

Aaarrghh, kelihatannya aku semangat banget ngomongin soal dekor, desain interior dll-nya ya. Gimana dengan menunya?

img_2090

img_2103

img_2104

img_2092

img_2115

img_2099

img_2106

img_2102

Nah, itu dia. Sorry to say, entah karena aku salah pilih menu, atau karena syaraf di lidah udah “dirusak” micin.. dari dua kali kunjungan ke sana, aku belum menemukan menu yang benar-benar “nendang”.

img_2094

Misal, nasi goreng duk duk ini. Udah porsinya seuprit (hamba butuh porsi kuli!) nasgor ini disajikan dalam wadah yang mungil banget. Mungkin niatnya biar kece pas difoto. Tapi, pas dimakan, jadinya jatoh-jatoh melulu. Rasa? Hmm… jauuuh lebih enak nasgor abang-abang yang mangkal deket rumah. Mungkin, faktor jam terbang tukang masaknya? Atau karena api di kompor kurang gede? Tolong dievaluasi ya sist 🙂

Kemarin saya juga pesen martabak asin dan terang bulan nutella di MarTruckBucks. E ya ampuuun, masak dua menu itu butuh SETENGAH JAM dong! Padahal, kondisi tenant lagi enggak rame. Krunya juga banyak. Apa karena mereka masak di kontainer, jadi kepanasan dan ogah-ogahan gitu yak, huehehe. Rasa? Ealaaaah, gini doang. Bandrolnya kemahalan, mas! Terbul 40K itu cuman dapet 4 iris, minyak/butter-nya juga tumpah ruah. Berasa makan minyak goreng bonus terbul deh. Tolong dievaluasi ya bro 🙂 

img_2096
Tahu petisnya lumayan enak 🙂
img_2095
Pentol Cempaka yah, standar lah. Nothing special. Tadinya aku berharap ada bumbu macam Takoyaki atau Teriyaki gitu. Ealaah, koyok pentol jajanan SD 🙂
img_2098
Ini yang RECOMMENDED!

Intinya, food court ini cocok buat yang doyan nongkrong, karena emang lokasinya (relatif) adem, ambience yang asik dan anak gahool banget. Bangku-bangku dibikin dari bekas drum minyak, lantai yang (seperti) pakai ubin terkenal dari Jogja, pokoke asik lah venue-nya. Untuk kualitas rasa dan kecepatan penyajian, sepertinya kudu lebih di-upgrade lagi.

img_2129

O iya, buat yang alergi asap rokok, duuuh, kalo dateng ke sini HARUS pilih lokasi indoor (ber-AC). Sayangnya, area ini sering full house! Soale banyak yang udah booking. Dua kali saya ke Makmu Kiper, selalu dapat lokasi outdoor, dan yang klebas-klebus itu BANYAK banget broooo. Termasuk mas-mas supervisor cafe yang cuek aja klebas-klebus di dalam areal kasir dan drink station. I mean, mbok yaaa, kalo pengin ngerokok jangan di deket area pantry dong. Agak geser dikit ke parkiran bisa kan, masnya?

Mau bikin event di Makmu Kiper?

Booking dulu via 081252900908 (Prita) atau 081220684295 (Chies)

Jam buka: Weekdays: 11:00 – 24:00 Weekends Sabtu 09.00-01.00 Ahad 08.00-24:00

Alamat: Jl. Soekarno MERR Rngkut Kidul M 32

 

 

Advertisements

34 thoughts on “Makmu Kiper, Foodcourt nan Instagrammable di Surabaya”

  1. aku malah paling males kalau tempat makan terlihat gaul tapi servisnya nggak oke (nunggu makanan lama dan rasanya biasa aja :D)
    tapi boleh lah kalau cuman buat nyoba *tetep :p

    1. Siapp.. silahkan dicoba dan mampir kak.. pelayanan kami akan terus di tingkatkan.. targetnya max 10 menit, semua makanan dan minuman sudah tersaji lengkap tanpa mengurangi kualitas..

      Kalau ada yang kurang, tolong di sampaikan yahh.

  2. ahhhh ane belum kesampean nangkring disitu mbak. padahal tiap pulang kerja lewatin dan itupun selalu ruamee puoolll. ahh btw, itu sidqi kok embem dan agak gemuk mbk ya?? apa cuma efek kamera ajah hehehe

  3. arek2 suroboyo, malang seneng banget nyiptakan bahasa2 baru di muka bumi. Dalam tata bahasa normal saja, saya ndak ngerti bahasa jawa, lha ini….
    .
    makmu kiper, saya kira lawannya bakal anakmu setraiker

  4. wkwkwkwk, ngguyu ngakak aku mbak moco iki. Sebagai orang yg kuliah dan lamaa di Sby (10 tahunan), aku jadi kangennnn ngomong suroboyoan. Makmu kiper dek Merr yg sekarang ruame restoran iku ta mbak? Tak coba’e ah engkok nek rono 😀 kasi link nya ke pengelola mbak, cek dang dievaluasi 😀

  5. mbaa… kamus mana, kamus.. duh kudu nyari transleter nih. hihii..
    namanya bikin mudah diingat ya mba, Makmu. oh Makku pasti masakannya rasanya nikmat. itu artinya makanan di sini juga sedappp.,. aih kursi2nya unik sekali. mau dong diajak makan ke sana… 🙂

  6. Terima kasih untuk kunjungannya yah.. makasih banyak untuk kritikan dan masukan nya.. doakan usaha Makmu dan mitra” PKL ( tenant ) bisa terus berkembang.. segala kritikan dan masukannya sudah kami sampaikan ke tenant bersangkutan untuk di evaluasi dan diperbaiki..

    Mampir mampir lagi yah.. incip incip menu lainnya juga

    Salam
    Chies

    1. Wahh, kak Chies main di blog akuuuuh *terhura*

      Makasih banget ya Kak. Ampuni kalo ada kata2 saya yang agak gimanaaaa gitu. Sungguh, saya BANGGA ada destinasi kuliner se-kece ini di rungkut. Dan saya lebih bangga lagi dengan response kak Chies yang sangat adem dan menyejukkan di jiwa 🙂

      Sukses terus buat MAKMU!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s