Butuh “Me Time” demi Jiwa Raga Sehat kala Pandemi

Paham banget kalau pandemi corona ini belum berakhir. Apalagi, beberapa pekan terakhir, ada 2 rekan saya berpulang di usia yang relatif muda, setelah bertarung melawan covid-19.

Tapi gimana lagi ya, tak bisa dipungkiri, rasa bosan dan jenuh akut menyerbu dari segenap arah mata angin. Ya sudah, ketimbang sehat raga, tapi jiwa sutrisno acakadut makblaaar, yuk lah kita lakukan upaya agar tetap sehat walafiat senantiasa!

Fix, daku butuh ME TIME, demi Jiwa Raga Sehat kala musim Pagebluk ini. Macam-macam cara yang bisa kita tempuh. Bisa dengan olahraga, (window) shopping, meditasi, apapun! Salah satu metode yang saya lakukan adalah wisata kuliner. Tentunya tetap mematuhi protokol Kesehatan yak. Sedapat mungkin, saya cari destinasi kuliner yang tidak terlalu ramai, lokasinya dekat rumah, jadi saya bisa naik sepeda motor berboncengan dengan anak.

Terkadang, janjian sama sohib plek, Mbak Avy, untuk kulineran rada jauh dikit. Sekitaran Royal Plaza atau Tunjungan Plaza. Tujuannya ya itu tadi: supaya tetap waras jiwa raga.

Nah, saya mau cerita seputar beberapa spot kuliner yang jadi favorit. Apa saja?

Pempek Farina

Sukaaa banget dengan aneka olahan makanan khas Palembang yang tersaji di Resto ini. Memang dasarnya saya suka ikan + tepung yang kenyal-kenyal gitu. Makin satisfying karena kita bisa minta kuah cuko yang rasanya asem manis, plus mentimun segar yang diiris kecil-kecil. Enaaakk!

Saya paling sering pesan Pempek Kapal Selam, Pempek Lenjer dan Tekwan kalau berkunjung ke tempat ini. Kalau masih belum puas, biasanya saya beli pempek yang versi frozen food juga, bisa untuk digoreng di rumah, karena biasanya di rumah mendadak lapar, ye kan. Minumnya? Es kacang merah, dong. Segerr banget!

Kafe KopiSae

Lokasinya sepelemparan batu aja dari rumahku. Naik sepeda motor, wosshh, lima menit udah nyampe. Kafe ini terbuka, jadi agak-agak tricky karena yeah, banyak pengunjung yang asyik ngebul alias ngerokok. Saya punya spot favorit, meja kursi yang dekat kasir, karena biasanya para smokers jarang yang duduk sekitar spot ini.

Eniwei, jujur aja, awalnya saya nggak punya ekspektasi apapun terhadap KopiSae. Halaahh, paling juga another cafΓ©, gitulah. Tapii begitu mencicipi masakan yang tersaji, ulalaaa. Kafe ini bukan kaleng kaleng, gaes! Chef-nya jago masak, BANGET! Saya pesan Steak Dory Fish (surprisingly, harganya 20K aja!) rasanya enaaak. Ga ada amis sama sekali. Diolah dengan sangat paripurna, plating-nya juga menerbitkan selera buat memamah biak.

Beberapa kali meet up sama Mba Avy di kafe ini. Juga sempat ketemuan dengan Syarifani dan dua bocil kembarnya, yang energizer abis! Para bocah umur 2 tahun kan biasanya agak picky eater, ya. Nah, ini nih, dua krucil pas diajak ke KopiSae, auto mangap saban disuapin aneka menu, kayak sosis goreng, siomay goreng, dory and chicken steak. Semuanya APPROVED!

Burgerax

Lokasinya di Rungkut Harapan. Kalau naik sepeda motor, dari rumahku butuh waktu sekitar 10 menit lah ya.

Burgernya ini patty-nya tebel dan DAGING banget. So yummy and juicy! Yang bikin super duper terkedjoet, harga burger-nya dong…. Starts from 15 ribu ajahh! Ya ampuun. Udah gitu, Burgerax sering bikin promo Buy 1 Get 1 πŸ˜€ No jokes, gaes… Burger seenak itu, masih bisa kita nikmati dengan harga yang nggak masuk akal. Super duper murah meriah!

***

Nah, kadang ketika lagi asyik kulineran gini, saya dapat email atau request untuk upload content di platform tertentu. Walah dalaahh, ya begitulah serba serbi jadi freelancer. Lagi asyik ngobrol, eh, tetiba kudu zoom meeting atau apalah, yang mengharuskan daku kudu ON FIRE setiap saat.

Apakah daku ngandelin WiFi resto?

Wahaaa, kagak bisa, Kisanak.Β  Terkadang Wifi resto tuh terserang error dadakan, entah karena user-nya melebihi kapasitas, atau ya karena lagi ada maintenance dari penyedia jaringan internet.

Tapi… tenang aja! Kan aku pakai SMARTFREN. So, walaupun lagi ngider ke mana aja, aku tetap bisa internetan dengan aman nyaman Sentosa! No need to worry πŸ˜€

Yang bikin aku makin cinta SmartFren, speed-nya booo…. bukan kaleng kaleng! Suatu Ketika, aku coba cek speed pakai aplikasi Ookla, dan whoossshh! Ini hasilnya!

Makanya, aku nggak ragu ajak Sidqi (anakku) buat ikutan kulineran juga. Kan doi juga butuh hiburan, gaes. Sumpek di rumah melulu, wkwk. Kapan hari itu, aku, Sidqi dan Mbak Avy, cuss ketemuan di Mall Tunjungan Plaza. Kami asyik makanΒ  grill dan suki di salah satu Resto. Kok ya pas banget dengan jadwal belajar Sidqi via Zoom. Ya udin, gak perlu khawatir sama sekali, karena anakku tetap bisa join Zoom Class meeting, dengan pakai SmartFren. Yeayyy! (*)

48 thoughts on “Butuh “Me Time” demi Jiwa Raga Sehat kala Pandemi

  1. Nanik Nara says:

    Tekwan dan es kacang merah, duh bayanginnya aja udah bikin ngiler.
    Emang ya, biar otak tetep waras, perlu juga sesekali keluar menikmati aneka kuliner gini. Perut kenyang, hatipun senang

  2. jessmite says:

    Wah bikin saya jadi nostalgia jalan-jalan di Surabaya deh, mbak… Saya juga suka jajan sama mama saya ke CITO makan pempek Farina. Kalau KopiSae (yang jaraknya sepelemparan batu dari rimah mbak) dan Burgerax belum pernah, ya. Karena sepertinya baru. Itu lucu juga Burgerax booth-nya kayak dari peti kemas πŸ˜ƒ. Tertarik juga sama ikan dory yang mbak udah coba dan anak-anak lahap makannya. Kayaknya saya belum pernah makan ikan dori, deh.

    Ih, sama banget. Saya juga udah lama ngandalin Smartfren buat ikut kuliah, webinar, rakor daring, dan kelas yoga online, niiih… Dan saya pakai di desa lumayan lancar koneksi internetnya πŸ‘ dan yang terpenting TERJANGKAU juga harganya karena saya pakai volume internet lumayan banyak dari Smartfren meski mengandalkan operator lain juga as back ups.

  3. Rudi G. Aswan says:

    Liat burgerax kok teringat crabby patty punya Mr. Crab hehe. Dagingnya kayak gemol gitu, Mbak. Coba ya ada menu itu di KopiSae. Wah kudu nyobain nih kalau ke Surabaya. Di Lamongan mah masih jarang kuliner beginian, terutama yang enak dan murah. Tapi kalau jaringan Smartfren sih makin merata. Enak lagi aksesnya pakai MiFi, Top!

  4. Reyne Raea says:

    huhuhuhu ku iriiii, saya dong udah setahunan ga ketemu teman-teman, selain Mbak Yuni, bulan berapa ya kemaren tuh sempat ketemu di Royal.

    Masih parno sih sayanya, apalagi setelah pernah kontak langsung dengan penderita.

    Si Fani keren banget yak, datang bawa krucils twins, mana baterainya full pula tuh krucil cantik hahaha.

    Btw, smartfren ini memang selalu jadi favorit banyak freelancer πŸ™‚

  5. Triani Retno says:

    Aku jadi ngebayangin dirimu memamah biak πŸ˜€
    Btw, wifi resto juga nggak jadi pilihanku buat buka aplikasi-aplikasi yang menyimpan data kita. Mendingan pakai paket data sendiri. Kecuali kalau kepepet atau untuk browsing yang bisa anonim .

    • Lisdha says:

      addduh aku kok ngukuk baca komen mbak @trianiretno di bagian memamah biak. Makan-makanan yang enak-enak memang gimana nggak bikin badan membiak (bertumbuh/berkembang) yaaa…. terutama kalau nggak diimbangi dengan pembakaran kalori πŸ™‚

      Suka tulisan mak nurul ini karena banyak istilah yang gandeeeem….macem ini : “jiwa sutrisno acakadut makblaaar”

    • Katerina says:

      Kulineran memang obat mujarab buat sehat jiwa raga 🀣🀣 Mau online atau offline, dijabanin! Tinggal nunggu dompet jatah jajan menjerit aja baru stop wkwk.
      Naaah aku pun samaaaa. Kalau lagi ke resto or cafe ga ngandalin wifi gratis mereka. Selain ga aman, seringnya ga lancar juga dipake. Mending pakai kuota internet pribadi 😁

  6. dianjayacom says:

    Mbak pempek Dan es kacang merah ini sejoli yang Tak bisa dipisahkan wkwkwk dulu pas masih tinggal di tebing tinggi kalau pas pulang sekolah pasti jajan pempek Dan es kacang merah hihihi

  7. pidafida says:

    Aku juga suka empek empek dan tek wan mbak Kalo tekwan memang suka karena segar dengan kuahnya yg bening. apalagi kalo ditambah sambal lagi.. mantaappp rasanya

  8. niaharyanto says:

    Perlu banget deh ini me time. Iya banget, biar selalu waras, terutama di masa pandemi kayak sekarang. Dan makanan yang enak, serta jalan-jalan bisa jadi me time yang paling mujarab. Btw, itu burgernya aduuuuh… bikin ngiler deh. πŸ˜€

  9. nurhilmiyah says:

    Deskripsi Mbak Nurul tentang Pempek Farina aseli bikin saya ngiler deh hehe… kuah cukonya itu pas banget ya sm timun2 dipotong kecil2. Setelah makan yg enak2 sebagai me time jadi semangat deh beraktivitas lg yah

  10. Sapti nurul hidayati says:

    Wah, di jogja juga belum lama dibuka burgerax nih. Jadi penasaran pengen nyicip juga. Sepertinya porsinya lumayan besar ya…
    Wah, saya juga pakai smartfren. Ga bisa pindah ke lain hati…hihi..

  11. fanny_dcatqueen says:

    Tadinya aku pikir hanya akan tertarik Ama pempek nya.. Krn aku penggemar makanan Palembang garis keras πŸ˜€

    Tapi pas ngeliat burger, kok lgs sakaaaw hahahahaha. Ya ampuuun itu dagingnya yaaa, menggoda utk segera dikunyaaaaah wkwkwk . Manteeep mba :D. Wajib dicoba kalo aku sdg di sana πŸ˜‰

    Kalo lagi makan di restoran yg walopun ada WiFi, tp aku juga ga suka pake WiFi umum gitu :D. Walo diksh pasword.

    LBH suka pake provider sendiri. Ntahlaaah, ngerasa lebih aman aja. Lagian toh kalo di restoran aku jrg lama2. Jd ga ush juga switch pake WiFi resto :D.

  12. lianny says:

    Kadang bosen juga kalo di rumah terus ya, perlu me time juga biar fresh lagi pikiran.
    Btw itu burger gede banget mbak, buy 1 get 1 lagi waaah, anak cowokku klo liat ini pasti pengin haha, suka burger dia πŸ˜€

  13. Amrih Priutami says:

    Wah kalau dekat rumah bakal nyamperin ini. Aku juga pecinta pempek dan burger apalagi harganya murce. Minat bgt haha.

  14. Jalan-Jalan KeNai says:

    Pandemi memang bikin stress, ya. Mau sampai kapan juga di rumah terus? Makanya saya yang tadinya tetap bertahan dan suka sebel sama yang keluar rumah, mulai agak berubah pikiran. Menurut saya, gak apa-apa lah keluar rumah. Asalkan bener-bener patuh dengan prokes.

  15. pidafida says:

    dengan smartfren, kebutuhan kita sebagai blogger, infuencer, content creator dll ini jadi dipermudah ya mbak. APalagi kabarnya paket data smartfren ini sangat bersahabat dengandompet

  16. @hm_zwan says:

    Ya ampun mbk, burgernya auto ngiler banget. Dagingnya tebel banget ya. Alhamdulillah di tempatku sinyal Smartfren juga gercep banget, wat wuttt lancar banget buat bewe sama ngeyutub..

  17. ovianty says:

    Steak Dory dan burgernya mauuuu.. Enak banget ini, huhu.. Laper pagi-pagi bacanya. Jadi pengen makan enak. Andaikan di Jakarta yaaa. Sayang jauhh. Ngiler dari jauh aja hehe..

  18. Rosanna Simanjuntak says:

    Setuju!
    Me time menag dibutuhkan terutama di saat pandemi agar bisa tetap waras dan berproduktivitas!

    Setuju lagi!
    Memanjakan lidah juga salah dua me time daku.
    Kalau aku tidak melulu kudu fancy dan mewah.
    Beli Pisang goreng dikompleks perumahan, sampai di rumah kasih topping keju dan gula semut. Mantul!

  19. aswindautari says:

    Bener nih. Butuh banget me time yg bener. Pandemi udah setahun loooh. Selama ini udh hampir gak pernah sosialitas diluar. Paling enggak bs lah makan diluar sambil me time ya.. Hehe

  20. Juliastri Sn says:

    Aku paling seneng tuh kalo ada kuliner enak deket rumah. Tinggal bablas kesana gak pake lama hehe..Bener banget deh, sebagai seorang freelancer harus selalu on fire kapan saja dimana saja. Dan internet lantjar jaya adalah koentji.. πŸ™‚

  21. Utie adnu says:

    Sama banget sih mba klo me time pingin makan kesukaan akupun suka bangt, pempek mau deh Cobain PEMPEK FARINA,,,Dan kemana pun perginya klo internet lancar jadi nyaman

  22. astin astanti says:

    Turut berduka cita ya Mbak, atas meninggalnya rekan Mbak.

    Semua pasti sudah bosan dan butuh me time untuk menghibur diri ya. Beberapa kali kamipun cukup keluar dan melakukan hal yang jarang kami lakukan selama pandemi. Sudah berani keluar ke rumah sakit untuk periksa mata dll

    Kulineran? hm, barusan tadi, karena kami ke rumah sakitl, dan sebelum sampai di rumah sakitl kami makan dong di warung padang, anakku seperti kikuk gitu, takut takut buka masker

    Sehat sehat kita semua ya Mbak

  23. ovianty says:

    Mauuuuu steak dory dan burgernya, duuuh butuh kulineran ini. Udah lama nggak jalan-jalan sambil makan enak. Pengeeen deh. Lihatnya aja laper, andai ada di Jakarta cuss kesana. Harga juga murah dan kelihatan enak, favorit banget

  24. nila wardani says:

    Dulu taunya Smartfren itu CDMA ya mbak, sekarang udah nggak ada kasta CDMA atau GSM. Jadi Smartfren ini istilahnya mengikuti perkembangan banget dan liat foto tes speednya kenceng juga

  25. Rahmah Chemist says:

    Mbaaak
    Aku ya seneng Pempek Farina
    Kalau ada bujet lebih aku suka delivery-in
    Soalnya mau ke mall masih takut kalau bukan karena kerjaan haha

  26. Hana Aina says:

    Haduh … Itu yang berkuah-kuah plus es kacang merah, bikin ngiler. Di masa pandemi sekarang, menjaga kewarasan menjadi salah satu hal penting, biar daya tahan tubuh nggak drop 😊

  27. Sugi Siswiyanti says:

    Setuju, Mbak Kita tetep butuh me time supaya tetep sehat jiwa raga. Saya pun kadang sengaja pindah tempar ngetik ke kedai2 langganan yang ga rame2 amat. Selain menghindari kerumunan juga supaya tetep bisa fokus kerja. Sesekali ketemu temen supaya bisa bertukar rasa & eksplor ide untuk kerjaan. Yg penting circlenya itu2 aja utk memudahkan tracing. Semoga kita senantiasa survive sehat sampai badai berlalu ya, Mbak. Aamiin…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s