Edukasi 1000 Hari Pertama Kehidupan bersama Nutrisi untuk Bangsa

Surabaya, Sabtu 3 Maret

Sejak pagi, hujan deras berpadu dengan geluduk yang menyambar-nyambar seolah menjadi orkestrasi outdoor di kota pahlawan ini. Jalanan macet di mana-mana. Beberapa kawasan digenangi air, plus kerumunan para rider yang cari tempat berteduh. Surabaya udah gloomy banget! Hujan juga nyaris tak kenal kompromi mengguyur pusat kota. Padahal, Sabtu siang ini, kami para blogger dan sejumlah ibu-ibu muda, dijadwalkan mengikuti acara “1000 Hari Pertama Kelahiran” bareng Nutrisi untuk Bangsa (NUB). Wedewww, kalo hujan deras kayak gini, terus pegimane?

Hamdalah… menjelang siang, air sudah tak lagi tumpah. Fyuuuh, dan cuaca setelah hujan itu kan seger-seger-bau-tanah-basah gitu kan? Makin semangaaaat deh kita, untuk cuss ke Bangi Kopitiam di jalan Walikota Mustajab (dekat kantor Pemkot Surabaya). Ada sejumlah narasumber yang bakal berbagi informasi penting seputar gizi untuk generasi bangsa.

NUB-Arif Mujahidin

Bapak Arif Mujahidin, Communications Director Danone Indonesia (perwakilan Nutrisi untuk Bangsa – NUB) mengapresiasi semangat para Bunda yang antusias hadir dalam acara ini, meski kondisi cuaca kurang mendukung. Yang jelas edukasi seputar 1000 Hari Pertama Kehidupan memang sangat krusial dilakukan.

NUB-slide-apa-1000-hari-pertama-1

Yuk, kita simak presentasi dr Nur Aisiyah Widjaja, Divisi Nutrisi dan Penyakit Metabolik Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKU Universitas Airlangga/ RSUD.Dr.Soetomo Surabaya.

NUB-upaya-peningkatan-kualitas-pelayanan-kes-ibu-bersalin-dan-nifas-28-638

Sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK)?

Dr Nuri menjelaskan, bahwa 1000 HPK adalah masa sejak anak masih berada dalam kandungan hingga ia berusia 2 tahun. Sekedar informasi saja, banyak yang salah kaprah, menyangka kalau 1000 HPK dimulai ketika anak sudah lahir… padahal BUKAN ya, ibu-ibu…. Periode 1000 HPK ini dimulai sejak bayi masih ngendon di dalam perut.

Nah, kenapa 1000 HPK begitu penting? Yap, karena ini merupakan PERIODE EMAS pertumbuhan bayi. Dalam retang waktu 100 HPK, terjadi pertumbuhan otak yang sangaaaaaaat pesat! Dan ini berkorelasi penting dengan bagaimana proses tumbuh kembang anak secara sempurna.

Jangan sampai bayi mengalami kurang gizi pada periode 1000 HPK. Karena, efeknya sungguh tidak enteng.

  • Pertumbuhan otak terhambat, anak menjadi tidak cerdas
  • Anak menjadi lemah dan mudah sakit
  • Karena gizi dan nutrisi tidak terpenuhi, maka pertumbuhan jasmani dan perkembangan kemampuan anak terhambat. Akibatnya anak bakal menjadi pendek (stunting)

NUB-Stunting

Berikutnya, Ibu bidan Atik Kasiati memaparkan pentingnya menjaga kandungan gizi dalam makanan yang dikonsumsi ibu sejak hamil. Jangan sampai ada alasan, “Aduh… aku kalo lihat makanan kok bawaannya pengin muntah ya?”

Ibu bidan mengingatkan, “Lho, memangnya di dalam perut Ibu ada kantinnya tah? Kalo Ibu nggak mau makan, apakah adik bayi bisa cari makan di kantin dalam perut Ibu? Kan enggak?”

Demi semangat melahirkan generasi Indonesia yang sehat dan berkualitas, yuk kita sama-sama menyebarkan informasi tentang pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) ini.

Advertisements

11 comments

  1. wah.. 1000 hari pertama kelahiran – periode emas – betul2 harus diperhatikan asupan gizi yg seimbang ya mba – “golden age” – hujan2 tetap semangat .. smg sentiasa barokah.. Aamiin

  2. Waktu saya hamil pertama tahun 2012 sudah ada sosialisasi 1000 HPK dari puskesmas dengan spanduk besar di depan gedung puskesmas. Bu bidan yang memeriksa kandungan saya pun sempat menyinggung 1000 HPK juga. Bahkan di Majalah AyahBunda ada juga kampanye 1000 HPK yang didukung oleh Scott’s Emulsion.
    Sayangnya kalau mencukupi nutrisi di 1000 HPK itu terkendala hyperemesis saat ibu mengandung janin. Lalu saat anak tumbuh dari bayi ke balita dilanda GTM atau pilih-pilih makanan kan bikin asupan nggak maksimal. Sebaiknya di kampanye-kampanye 1000 HPK ada solusi untuk mengatasi hal ini 🙂

  3. bener bgt ituu… gizi makanan sudah harus diperhatikan sejak dalam kandungan, makanya pas lagi mengalami hamil untuk nutrisi 1000 HPK banyak bgt yg saranin makan ini itu, minum ini itu, bahkan disediain demi bumil hahaha.. enaknya bumil itu kadang terasa diistimewakan *masasih :p hahaha..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s