Resep Kue Cubit Menul menul dan Anti-Gagal

Resep Kue Cubit ala Dapur Emaknya Sidqi

Salah satu keberkahan Ramadan yang aku rasakan adalah: Tersiram hidayah untuk semangat nguprek di dapur! Ini ajaib banget sih 😀 Soale, selama ini aku lebih suka order Go-Food atau jajan di aneka destinasi kuliner sekitar rumah. Lha kok di bulan puasa ini, rasanya kayak ada ”panggilan jiwa” (halah) untuk uji nyali keterampilan, kepekaan dan kesabaran dengan MEMASAK.

Bisa jadi nih, karena aku lagi demen buangeeettt ngikutin aneka tutorial masak di channel YouTube “Puguh Kristanto Kitchen”. Dek Puguh ini slogan channel-nya super cihuy banget. “Masak Sederhana, Diawali dengan Doa, Bahan Seadanya Hasil Istimewa!” Udah gitu, doi tuh suaranya khas arek Jatim banget! Penjelasannya runtut dan pokoke inspiring deh. Coba kalian main-main ke YouTube-nya. Dijamin, bakal teracuni buat masak juga kayak diriku! Hahahaha.

Karena tahu aku lagi demen masak (makanan maincourse maupun bikin kue), Uti Arif (ibu mertuaku) menyarankan buat berburu mixer.

“Kalo dek Puguh di channel YouTube-nya nggak pakai mixer lho, Ti.”

“Puguh kan laki masih muda. Jadi kalau ngocok tepung, telur, dll rosa (kuat) banget. Mixer yang bagus itu perlu supaya adonan kita tercampur rata, dan nggak gagal pas bikin kue,” ujar Uti.

Baiklaaaah. Aku mulai googling aneka spesifikasi mixer yang ada di pasaran. Bujubuneeenggg, banyak banget yes! Mereknya segambreng, harga bervariasi, keunggulan (dan kelemahan) tiap mixer juga beragam.

Cari rekomendasi para food enthusiast/blogger/vlogger, juga macam-macam banget, sampai pusing bacanya. Eh, ndilalah, mbak Arni, member Blogger Kekinian woro-woro tentang Mixer Cosmos!

Yang ia rekomendasikan adalah Mixer Cosmos seri CM 1579. Hmm, jadi penasaran kan? Aku kulik-kulik spesifikasinya…. Dan cuss! Mixer Cosmos…. Here come to mamaaaaa!

Tentang Mixer CM 1579

Di suatu siang yang panasnya bikin istighfar 100x, ada Mas Johan tim Cosmos yang bertandang ke rumahku. Ulalaaa…. Mixer CM 1579 keluaran Cosmos ia antarkan, dan siap menjadi “partner in crime” untuk mengkreasikan aneka resep masakan!

Kali ini, aku lagi mupeng banget bikin kue cubit. Yang versi simple sih, nggak pakai topping skippy, Nutella dan bolo-bolonya itu. Palingan nanti pas makan ditaburin meises Ceres atau parutan keju aja. Maklum, masih newbie di dunia masak kue, sist, hihihi.

Alhamdulillah, prosesi masak kali ini ditemani oleh Uti Arif, yang memang udah malang-melintang di dunia bikin kue hehe. Eh, mau tahu resep yang kami pakai? Ini dia!

RESEP KUE CUBIT

Bahan-Bahan

500 gram tepung terigu

250 gram gula pasir

3 butir telur ayam

600 cc santan kelapa

1 sdt fermipan

50 cc air hangat

1 bungkus vanili bubuk

100 gram margarin, dilelehkan

Cara Membuat

1. Mixer telur dan gula dengan kecepatan tinggi sampai putih mengembang. Aku udah pasti pakai Cosmos Mixer CM 1579

2. Ganti mixer ke kecepatan rendah lalu masukkan terigu dan santan sedikit demi sedikit.

3. Masukkan vanili lalu fermipan yang sudah dicampur dengan air hangat, aduk rata.

4. Diamkan adonan selama 60 menit sampai mengembang.

5. Panaskan cetak, lalu campur adonan yang sudah mengembang dengan margarin yang sudah dilelehkan, aduk rata.

6. Masukkan adonan ke dalam cetakan 3/4 saja, karena adonan nantinya akan mengembang.

7. Tes kematangannya dengan menusuk kue pakai lidi, jika tidak lengket berarti sudah matang.

8. Angkat dan nikmati selagi hangat.

Wohooo….!! Kue cubit kami matang mengembang dengan sempurnaaa! Menul-menul pula teksturnya. Dapur kami jadi wangiiii banget. Trus, setelah adzan Maghrib berkumandang, nih kue cubit jadi sajian ta’jil, berdampingan dengan teh manis hangat. Sidqi aku sodorin sepiring, dan DELAPAN kue cubit langsung tandas dalam sekejap!! Alhamdulillaaaahhhh.

Karena kami bikin kue cubitnya cukup banyak, sebagian aku bawa ke Masjid tatkala tarawih. Ketika ustadz tengah berceramah, aku cari squadnya Sidqi, yaitu cowok-cowok ABG di kompleks kami. Ada Pasha, Dafa, Alfa, Arya, Dafi, Al-Kahf, dan semuanya sukaaaaa kue cubit yang aku bawa! Hwaaaaa *sujud syukur*

Kudos to ibu mertuaku yang telaten dan sabar ngajarin bikin kue. Juga buat Puguh Kristanto Kitchen 😀 yang menyemangatiku untuk terjun ke dapur. And ofkoorssss, buat Mixer Cosmos CM 1579 yang performanya sungguh warbiyasaak!

Mau tahu apa aja keistimewaan mixer terbaik ini?

Pertama, mixer-nya enteeeeng banget! Asli ringaaan, jadi kita sama sekali enggak capek pas harus pegang mixer ketika menunaikan tugasnya. Biarpun enteng, tapi mixer ini kokoh dan setrong lhooo, sama kayak hatimu yang tetap kuat manakala ditinggal kawin ama dia #eaaaa

Semua tombol yang terpasang di gagang mixer sangat gampang dijangkau dengan jempol saat mixer sedang digunakan. Turbo knob mencapai 1350 RPM, sehingga tingkat kehalusan adonan yang diinginan lebih maksimal dan efisien. Ada 5 level kecepatan untuk mengaduk (5 variable speed level). Cara menggunakannya hanya tinggal digeser-geser saja, sesuai dengan kecepatan yang diinginkan. Ketika ingin melepaskannya, tinggal ditekan saja tombol yang ada di atasnya.

Kedua, Mixer CM 1579 dilengkapi dengan sepasang pengaduk (beaters) dan sepasang pengocok (dough hooks). Setiap gagangnya sangat mudah dibedakan mana yang kiri dan kanan saat memasangnya di lubang mixer yang bentuknya juga berbeda antara kiri dan kanan Salah satu gagang pengaduk dan pengocok itu dipasang semacam aksesori terbuat dari plastik yang disesuaikan dengan bentuk lubangnya. Jadi nggak perlu bingung saat akan digunakan.

Ketiga, ada wadah (container) untuk menyimpan besi pengaduk dan pengocoknya, sehingga bisa tetap bersih. Wadah penyimpanan ini terbuat dari bahan yang tidak mudah pecah. Mixer-nya kita simpan di lemari. Trus, pas dibutuhkan, pengaduk dan pengocoknya langsung terlihat karena wadahnya transparan. O iya, cara membersikan mixer ini super gampang. Mixer tinggal dilap kain, pengaduknya bisa langsung dicuci dengan air dan sabun. Taruh di dalam wadahnya kembali, dan simpan di lemari secara lengkap.

Keempat, mixer ini juga dilengkapi dengan thermostat overheat protection yang merupakan pelindung saat suhu motor melebihi ambang batas panas yang ditentukan. Pelindung ini akan memutuskan aliran listrik, dan terdiam sebentar. Fungsinya agar motor tetap awet. Jadi tidak perlu panik kalau mixer mati tiba-tiba. Ulangi saja menyalakannya.

***

Nah, buat teman-teman yang juga dapat hidayah “pengin bikin kue” kayak diriku, tunggu apa lagi? Kalian bisa banget cuss ke website Cosmos di www.cosmos.id. Bisa cari produk-produk lain, kayak oven, magic com, blender…. Duh, jadi mupeng semua kaan? *ubek ubek THR suamik* Di website itu, juga buanyaaak resep-resep masakan yang bisa kita praktikkan lho.

Kalau mau mengadopsi produk Cosmos, bisa banget cuss ke hypermarket/ supermarket/ toko elektronik atau piranti dapur yang ada di daerah kamu. Atau, beli online aja di marketplace, seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee.

Selamat Memasaaaakk!

Advertisements

36 thoughts on “Resep Kue Cubit Menul menul dan Anti-Gagal

  1. fridawibowo2017 says:

    Pas banget…mixer di rumah pas rusakkk…hikk…mau nyari mixer bingung banyak sekali pilihan sekarang…kayaknya Mixer CM 1579 bagus ya mba…tengkyuu infonya mba nurul

  2. Ranny says:

    Belum pernah coba kue cubit dan mau cobaaa, mudah dari resepnya. Jadi tambah referensi camilan untuk anak-anak.
    Mixer yang ringan itu membantu banget dah biar nggak lelah saat mixerin adonan. Cakep juga mixer Cosmosnya mak.

  3. Ana ike says:

    Wah seru banget yaaa bikin kue pakai cosmos. Praktis pula cara bersihin mixernya . Mau ah nanti cobain resep anti gagalnya. Belajar bikin kue hihini

  4. Oline says:

    Menurut aku kue cubit paling gampang buatnya. Eh itu buat aku yg gak bisa bikin kue sik 😀
    Apalagi klo mixernya ciamik kayak gini ya

  5. Wiwied Widya says:

    Aq juga subsciber nya dek Puguh. Simple bgt sih ya resepnya. Btw itu kue cubitnya bener2 menulu menul menggemaskan ya? Abis ini mau bikin kue apalagi mbak? kan udah punya mixer keren dr cosmos. hehehe

  6. Rohmahdg says:

    Wahh resepnya mau deh dipraktekin mbak
    aku belum pernah nyoba bikin kue cubit beginian
    Kok jadi pengen deh hahaha
    Semoga bisa punya mixer dari Cosmos nya, mupeng pisan euyy hehee
    Terima kasih ntuk resepnya ya Mbak Nurul ^_^

  7. Rach Alida Bahaweres says:

    Aku sukaaa kue cubit tapi belum pernah bikin sendiri. Miksernya Cosmos ini emang bagus banget, Aku pakai yang oven Cosmos mba. Andalan dan bagus banget

  8. naniknara says:

    Sudah lama bocah perempuanku minta dibeliin mixer, katanya mau bikin kue. Kasihan papa yang bertuga ngocok telur dan tepung katanya.
    Baiklah nak, mamamu udah dapat referensi mixer ciamik

  9. Travlingku says:

    Waduuh.. harusnya saya baca postingan ini di malam hari ini. Kalau gini kan aku jadi ngiler banget sama kue cubitnya, kelihatan menul-menul enak. Pengen nyicipin, aku, Mbak.

    Membuat adonan kue yang sempurna memang perlu mixer yang bagus juga ya. Mixer Cosmos warnanya juga bagus, jadi pengen punya.

  10. Suciarti Wahyuningtyas says:

    Kue cubit tuh emang jadi favorit banget ya mbak, aku mah teringat jaman sekolah kalau jajan pasti suka beli kue cubit. Tapi semenjak jadi emak-emak, senangnya tuh malah bikin sendiri karena merasa lebih aman daripada jajan diluar.

  11. artha amalia says:

    Tooos kita samaan dapat hidayah oprek di dapur, wkwkw. Mana pegang mixer pula. Kemarin juga sekali di seumur hidup, pertama kali coba pakai mixer. Ternyata seru yaaa. Jadi pengen berkreasi bikin cemilan lagi

  12. Rosanna Simanjuntak says:

    Hahaha, aku baca judul langsung ngakak!
    Lanjut browsing, apa sih artinya menul-menul.
    Ada yang bilang gendut ada juga sobek.
    Nah, yang benar yang mana nih, mba?
    Please, jangan biarkan daku kepo^^

    Baidewei,
    Dari penampakannya jelas terbayang kelezarannya!

    ~annarosanna(dot)com

  13. Uniek Kaswarganti says:

    Mba, kue cubit itu apakah mirip dengan pukis ya? Kalau melihat hasil jadinya kok ya kayak pukis. Pancen enak menul2 sih kalau semacam pukis, apalagi dinikmati saat hangat. Hmm… duh ngiler 😉

  14. lendyagasshi says:

    Eh, kue cubit itu mesti di mixer yaa, kak…bikinnya?
    Aku cuma kocok lepas biasa…wkkwkw…
    Aku mah kalau masak urakan.

    Tapi mau coba pakai mixer Cosmos aah…
    Pasti lebih menul kaya di resep ini…

  15. Aprillia Ekasari says:

    Namanya lucu banget “Cubit Menul” 🤣
    Aku nih kebetulan lagi nyari2mixer mbak, kyknya perlu nih beli mixer cosmos yg ini. Kyknya kok gampang pemakaiannya dna ada kontainer utk penyimpannya pula

  16. Maria Soraya says:

    Piro iki Mbak ? Lagi nyari mixer buat hadiah Lebaran. Aku sendiri gak punya mixer sih, karena gak doyan2 amat masak selain menumis. Maunya team ngabisin aja wkwkwkkwk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s