Aldi Ferdian, CEO DanaProspera yang Aktif Berdayakan UKM

R Aldi Ferdian

Pengusaha Muda yang Aktif Berdayakan Usaha Kecil dan Menengah

Aldi Ferdian, adalah sosok yang berada di balik Koperasi digital danaprospera.id . Bersama sejumlah rekannya, ia mendirikan Cakradhara Grup, yang menaungi sejumlah koperasi digital dan beragam bisnis lainnya. Kamis (27/06/2019), Aldi menjabarkan seputar kiprah DanaProspera di hadapan ratusan peserta Pelantikan Pengurus HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) Surabaya, di Hotel Shangri-La Surabaya.

Saya juga sempat berbincang dengan Aldi, di sela-sela Grand Opening Kantor Cakradhara Grup di Tunjungan Plaza Office Building Surabaya beberapa waktu lalu.

***

Apa yang membuat seorang Aldi Ferdian terpanggil untuk terjun di dunia bisnis?

Pengalaman selama 12 tahun bekerja di dunia perbankan, membuat saya kerap bertemu banyak pengusaha dari berbagai skala. Ada sejumlah pengusaha mikro yang sebenarnya punya prospek bisnis yang baik, akan tetapi belum bankable, karena tidak punya agunan dan sebagainya. Dari situ, saya dan teman-teman terpanggil, bahwa kita harus melakukan sesuatu!

Kami merintis koperasi Danus yang menganut prinsip Syariah. Juga mendirikan Financial Technology http://www.DanaProspera.id yang memfasilitasi masyarakat untuk berinvestasi sekaligus memberikan permodalan bagi UKM. Danaprospera mempertemukan antara pemilik modal dan pemilik usaha kecil menengah (mitra ekonomi dan sosial), di mana pemilik modal dapat ikut serta memajukan sektor usaha kecil menengah dengan mudah, aman dan bermanfaat.

Jadi, ini semua berawal dari tujuan mengembangkan ekonomi mikro, sekaligus meningkatkan kinerja koperasi di Indonesia. Danaprospera ini lahir sebagai platform social financial technology yang memberikan kemudahan bagi masyarakat (sebagai mitra pendana) untuk memberi akses pendanaan kepada mitra usaha (UMKM) yang telah dijamin oleh mitra pengelola. Kami resmi meluncurkan danaprospera ini pada 10 November 2017, dan sejak saat itu, kami telah menyalurkan pendaan ke 290 UMKM dengan total funding senilai 16 Miliar, di 7 sektor usaha yang tersebar di 6 propinsi di Indonesia. Harapannya, kita sama-sama bisa membangun iklim usaha yang lebih baik, juga mengaplikasikan nilai-nilai Syariah.

Kehadiran Danaprospera yang berbasis koperasi juga membutktikan bahwa koperasi sebagai ujung tombak membangun kemandirian ekonomi bangsa mulai berkembang dalam pola Financial Technology yang dikelola secara digital.

Bukan hanya memberikan permodalan, tim kami juga melakukan coaching/ pendampingan terkait marketing dan entrepreneurship kepada para UKM.

Dengan sistem yang ditawarkan, kami berharap bisa membantu pengembangan UKM. Masyarakat luas yang ingin berkontribusi juga bisa menginvestasikan dana mereka untuk kemajuan UKM secara aman, efektif dan prospektif.

Syarat bagi UKM untuk bisa dapat pendanaan dari DanaProspera ini seperti apa?

Syarat untuk bisa mendapatkan modal usaha tidak sulit. Yang penting memiliki usaha dan memiliki prospek menjanjikan. Untuk prosesnya sendiri, pelaku usaha bisa mengirimkan proposal ke tim DanaProspera dan bila disetujui pelaku usaha bisa bertemu dengan kami. Untuk maksimal modal yang diberikan pada tahap awal sekitar Rp 20 juta.

Bagi mereka yang sudah mendapatkan kucuran modal diwajibkan bisa mengembangkan usaha dalam waktu 3 bulan dengan penilaian nilai aset yang dimiliki. Bila hal tersebut terjadi, maka pelaku usaha bisa mengajukan penambahan modal usaha. Selain itu dalam jangka waktu yang telah ditetapkan, pelaku usaha juga harus memiliki pelaku usaha binaan agar bisa sharing informasi dan knowledge yang dimiliki sehingga bisa mengembangkan usaha.

Bukan hanya UKM, Danaprosera juga memiliki beberapa mitra sosial ya?

Saya percaya bahwa rezeki yang diberikan Allah ini, tentu tidak lepas dari dukungan dan doa orang lain. Semua pembinaan dan permodalan yang diberikan DanaProspera adalah wujud social business kami. Di samping itu kami juga memiliki beberapa mitra sosial yang menyalurkan dana bantuan untuk berbagai kegiatan. Seperti Yayasan Sujud Indonesia dan Yayasan Jala Samudra Mandiri.

Kami juga mendirikan yayasan yatim piatu Hayatus Salam. Yayasan ini kita bangun untuk berbagi hasil pendapatan usaha yang dijalankan, Alhamdulilah saat ini ada 120 anak yatim yang kita bina.

Sekali lagi, apa yang kami lakukan ini adalah wujud pengabdian kami untuk membangun negeri tercinta. Alhamdulillah, kami juga diamanahi oleh Kementerian Tenaga Kerja untuk memberikan coaching kepada para buruh migran (TKI dan TKW) di sejumlah negara. Kita tahu kan, para buruh migran itu sepulangnya ke Indonesia sering mengalami kebingungan, uangnya mau diapakan? Investasi atau pekerjaan apa yang harus mereka lakukan? Tim DanaProspera mengambil peran untuk memberikan workshop sekaligus melakukan pendampingan.

Planning Anda ke depan akan seperti apa?

Kami juga aktif memberikan edukasi kepada calon investor, termasuk pada generasi millennial. Selama ini, anak muda cenderung abai terhadap investasi dan bagaimana merancang masa depan. Karena itu, kami melakukan serangkaian kegiatan workshop, seminar dan diskusi di berbagai komunitas (utamanya kampus) agar setiap orang kian melek investasi. Juga mengambil peran dan memberikan solusi untuk kemajuan UKM.

Melalui DanaProspera ini, kami mengundang masyarakat untuk ikut peduli dan aktif berkontribusi demi ekonomi Indonesia yang lebih baik.(*)

Advertisements

80 thoughts on “Aldi Ferdian, CEO DanaProspera yang Aktif Berdayakan UKM

  1. Rohyati Sofjanh says:

    Saya baru tahu tentang DanaProspera. Konsep syaria itu yang saya suka. Semoga kian banyak masyarakat yang tergerak untuk menanam modal bersama Danaprospera. Sangat prospektif.
    Ekonomi Indonesia masih dalam skala sedang membangun, semoga masyarakat yang masih sedang membangun itu bisa mewujudkan impian berupa kemajuan perekonomian yang bisa membantu menikhatkan taraf hidup serta sosial yang lebih baik bagi diri sendiri dan sekitar.

  2. yunihan09 says:

    Suka banget dengan sosok Aldi Ferdian, masih muda tapi ide pemikirannya cemerlang. Semoga dengan danaprospera makin banyak UKM yang berkembang, sehingga perekonomian Indonesia makin maju dari tahun ke tahun.

  3. ysalma says:

    Pendanaan dengan menggabungkan sistem koperasi dan syariah, sepertinya ini bantuan dan pendampingan perbankan yang memang sangat dibutuhkan UKM.
    Semoga Danaprospera semakin pesat pertumbuhannya dan UKM yang tergabung di dalamnya juga berkembang.

    • Siska Dwyta says:

      Pengalaman memang selalu bisa jadi pelajaran yang berharga ya Mbak. Dari pengalaman bekerja selama 12 tahun sebagai perbankan akhirnya Aldi Ferdian ini bisa membuka usaha sendiri dengan membangun koperasi digital yang membantu serta mendampingi para pelaku UMKM. Keren nih… apalagi koperasinya juga mengusung konsep syariah

  4. Anne Adzkia says:

    Menarik nih mbak, aku dan suami kan rencana mau mulai usaha, kayaknya kalau mengajukan ke Danaprospera bagus juga ya. Apalagi disupport sistem syariah juga. Info bagus banget buatku mbak. Makasih ya.

    • Ira Hamid says:

      Keren & inspiratif nih Mas Aldi (sok akrab)👍, semoga seiring berjalannya waktu semakin banyak sosok-sosok inspiratif seperti ini yang bermunculan 😊

  5. Rach Alida Bahaweres says:

    Memberikan edukasi kepada milenial tuh menuruku harus banget. Mengapa? Biar makin banyak yang tercerahkan dan mengikuti kerja suksesnya 🙂

  6. astin astanti says:

    penting banget memiliki good visi untuk ke depan, suamiku juga berkali kali nyuruh aku nulis apa yang ingin kamu kerjakan setahun ke depan, dua tahun ke depan sampai kapan kamu mau resign nyari duit tapi duit yang bekerja untukku. Beugh serasa kudu belajar lagi deh. Tapi memang bertemu banyak pengusaha, pikiran kita tersetting ingin menjadi pengusaha juga. Tks sharingnya Mbak

  7. Arinta Adiningtyas says:

    Ini keren lho, penerima dana mendapatkan coaching, dan dalam jangka waktu 3 bulan usahanya harus ada peningkatan. Secara tidak langsung, aturan ini memotivasi pelaku usaha untuk bersungguh-sungguh dalam menjalankan bisnisnya. Mantaaappp…

  8. Siska Dwyta says:

    Pengalaman memang selalu bisa jadi pelajaran yang berharga ya Mbak. Dari pengalaman bekerja selama 12 tahun sebagai perbankan akhirnya Aldi Ferdian ini bisa membuka usaha sendiri dengan membangun koperasi digital yang membantu serta mendampingi para pelaku UMKM. Keren nih… apalagi koperasinya juga mengusung konsep syariah

  9. lendyagasshi says:

    Sebenarnya,
    Aku termasuk yang sulit memahami bisnis dan alur keuangannya.
    Jadi salut banget sama orang yang bisa mengesukasi banyak orang untuk bisa meniru langkah-langkahnya menjadi sosok yang sukses dan mandiri finansial.

  10. etybudiharjo says:

    Dunia fintech makin berkembang yak. Salut juga dengan trobosan DanaProspera yang mau membiayai UMKM dan menawarkan investasi bagi kalangan milenial. Jadi sedari muda dah bisa berinvestasi nanti pas tua tinggal memetik hasil deh

  11. Milda Ini says:

    Perlu banget ini memberikan edukasi kepada para investor. Apalagi bagi pemula. Perlu banget tahu hal2 yang terliat sepele atau malah penting sekalian

  12. Uniek Kaswarganti says:

    Masih menggunakan prinsip koperasi sebagai ujung tombak membangun kemandirian ekonomi bangsa ya. Keren nih Pak Aldi Ferdian, tergerak untuk membangun bangsa melalui bantuan kepada para pelaku UKM.

  13. Rosanna Simanjuntak says:

    Baru tahu tentang Dana Prospera.

    Mulia sekali latar belakang Aldi untuk mendirikan koperasi digital ini, apalagi dengan prinsip syariah, untuk mengembangkan usaha mikro.

    Semoga semakin banyak lagi pengusaha mikro yang belum bankable bisa terbantu.

    annarosanna(dot)com

  14. akuchichie says:

    Ini programnya bagus banget ya mbak, karena tujuannya untuk UMKM. Semoga semakin banyak UMKM yang menggunakan Danaprospera untuk usaha, jadi produk lokal semakin berjaya.

  15. Larasati Neisia says:

    Keren banget yaa sistem koperasi digitalnya udah syariah. Bakalan terbantu banget nih yang punya UMKM lokal yang nantinya bisa berkembang lebih luas. Sukses buat pak Aldi.

  16. Gita Siwi says:

    Senang ya kalau ketemu Orang muda dengan ilmu Enterpreneurnya gini yang akan membantu usaha usaha disekitarnya melalui program programnya yang mumpuni gini.

  17. liannov says:

    Visi misi jy bagus demi mensejahterakan masyarakat dengan memberi motivasi agar terus berusaha dengan memberikan pendampingan , sukses buat program2 ny

  18. Dedew says:

    Seru mba wawancaranya jadi bisa belajar dari ahlinya ya, bagus sistemnya, jadi kita bisa bantu UMKM dengan investasi dana sesuai kemampuan kita ya, saling dukung..

  19. Travlingku says:

    Salut nih, setelah belasan tahun kerja di bank, akhirnya bisa membangum koperasi bersama temannya dengan tujuan membantu pelaku usaha kecil dan menengah. Sistemnya juga udah bagus banget, pakai sistem syariah.

    Semoga sukses selalu dan bisa membantu pelaku UMKM di Indonesia.

  20. hikmah.nisa says:

    Sebenarnya kita sedikit banyaknya harus melek dunia keuangan ini.. setiap hari berkutatnya sama uang, cari uang, jajan pake uang. Jadi ilnu finance ini penting loh termasuk buat emak2 kayak saya 😅

  21. Damar Aisyah says:

    Visioner sekali ya. Memang milenial ini target utama yang harus segera dibuat melek literasi keuangan. Ya bukan berarti dari segmen usia lain tidak, tapi karena mereka sedang dalam fase pembentukan jadi perlu betul2 digarap. AKu pribadi juga butuh bangettt literasi keuangan. Biar masa depan lebih tenang saja karena murni menajdi wiraswasta.

  22. Wiwied Widya says:

    Menarik juga nih. Gimana caranya kalau mau ikut investasi disana? Ketimbang duit kecil ngedon di bank, malah kepotong biaya admin mulu mending diinvestasikan. Btw, ini sudah terdaftar di OJK kah?

  23. Eni Rahayu says:

    Oh ini cerita Pak Aldi yang aku baca di IG mbak nurul itu ya dan beru sekarang baca kisah lengkapnya. Masyaallah, sangat membantu sekali ya danaprospera itu. Kira-kira apakah ada syarat khusus tentang domisili mbak jika ingin mengajukan dana pinjaman modal?

  24. Uniek Kaswarganti says:

    Aldi Ferdian ini udah belasan tahun sih ya di bank, jadi paham banget kalau banyak UKM yang butuh support dana tapi belum bankable. Bagus nih kalau Danaprospera bisa memfasilitasi kepemilikan modal untuk para pengusaha ini.

  25. Utie adnu says:

    Suka bngt y mba klo ketemu tokoh kyk gini bermanfaat utk orang banyak Dan gak segan2 bagi tipsnya srmoga meluas ya biar bertambah manfaatnya k semua org

  26. AndiMirati says:

    kemunculan DanaProspera ini bisa menjadi pemicu motivasi untuk berwirausaha di jalur UKM.. saya jadi ingat pembicaraan dgn adik ipar saya 2 hari lalu tentang niatnya untuk mendirikan bisnis kreatif.. DanaProspera ini bisa jadi solusi dalam pendanaan..

  27. lianny hendrawati says:

    Memberikan edukasi ttg investasi kepada milenial itu benar2 langkah yang tepat ya.
    Aku baru tau tentang danaprospera ini. Programnya keren, selain pemberian dana juga masih ada pendampingan, ya. Semoga ke depan makin banyak UKM yang berkembang.

  28. Reyne Raea says:

    Salut banget deh ama pengusaha-pengusaha yang nggak cuman mau maju sendiri, tapi berusaha maju dengan mengajak orang lain, khususnya UKM juga untuk maju.
    Sosok panutan masa kini banget mah ini 🙂

  29. Arda Sitepu says:

    Ya ampun muda dan berprestasi apalagi dapat membantu dan menggerakkan para UKM di Indonesia. Visi dan Planning nya jelas banget mbak. Semoga makin banyak yang bermitra dan mengusahakan dana yang sudah didapat dengan maksimal.

  30. Lidya says:

    Pengalaman kerjanya di bank jadi bisa mencuri ilmu-ilmu dari pengusaha ya sehingga Aldi bisa jadi pengusaha juga sekarang dan bisa berdayakan UKM. Para UKM memang membutuhkan pendampingan dalam usahanya supaya bisa lebih seukses lagi ya

  31. Rach Alida Bahaweres says:

    Pemberdayaan UMKM ini menurutku harus dilakukan dengan sinergi dengan banyak pihak. Keren nih apa yang dilakukan oleh Aldi 🙂

  32. Ainhy Edelweiss says:

    Keren deh, masih muda dan aktif membina usha UMKM, semoga saja jejaknya banyak diikuti pemuda jaman now, sukses selalu 😊

  33. Natara says:

    Keren sih menurutku, ga cuma sekedar ngasih modal aja tapi juga ada pendampingan khusus supaya usaha nya juga bias semakin maju jadi dananya ga sia sia gitu…

  34. Aprillia Ekasari says:

    Ini pinjamannya hanya khusus ke pengusaha2 kyk UMKM gtu ya mbak Nurul? Bagus jg idenya, selain pendanaan jg ada pendampingan jd cepet balikin dana ya haha.
    Selalu seneng kalau ketenu sosok yg msh muda tapi idenya bagus buat memajukan perekonimian jg

  35. Rahmah Chemist says:

    Benar benar ciptaan Allah luar biasa ya
    Udah cakep, pintar lagi mengelola bisnis dengan baik
    Beruntung sekali hidupnya dan juga orang tuanya

Leave a Reply to Anne Adzkia Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s