Cara Naik MRT Jakarta

Yeayy! Akhirnyaaaaa…… kami sekeluarga sudah coba naik MRT di Jakarta! Hahaha. Maaf yaaa, kalo norak-norak bergembira. Soale, sebagai orang Indonesia, kami super duper excited dong dengan perkembangan moda transportasi umum dalam negeri ini. Apalagi, aku kan hobi naik KA. Dan beberapa kali udah coba naik MRT di Singapura dan Bangkok. Jadi, begitu ada berita bahwa MRT hadir di negara kita tercintaaaa, ulala! Ini sih, jadi bucket list banget buat segera menjajalnya!

Ketika libur Idul Fitri beberapa waktu lalu, kami sekeluarga menginap di Pamulang, Tangerang Selatan. Iyeee, itu rumah adik iparku. Naik MRT pas masih bulan puasa. Cuaca cukup HOT, sodara-sodara! Walhasil supaya nggak batal puasanya, kami putuskan naik MRT jam 06.30 pagi dari stasiun Lebak Bulus Grab. (btw, kenapa sih kudu ada kata ‘Grab’-nya di stasiun enih?)

Sebenernya, cara naik MRT gampil dan praktis banget kok. Aku kasih tips berdasarkan pengalaman kemarin aja yaaaa.

(1). Tentukan kalian mau berangkat dari dan menuju stasiun mana

Yakaliii mau pergi tapi tak tahu arah tujuan, hihihi. Kemarin itu, sejak dari Surabaya, anakku udah request buat menyaksikan langsung penampakan Bundaran HI. Yoi, dia tuh hobi banget mantengin berita politik. Jadi, Sidqi tahu dong, kalau demo seriiing dilakukan di Kawasan Bundaran HI 😀 Makanya, penasaran banget dese.

Walhasil, kami kudu turun ke Stasiun Bundaran HI, kan? Kalau dari TangSel, yang paling dekat start-nya buat naik MRT adalah stasiun Lebak Bulus Grab. Cuss markicuss!

O iya… sekedar info, ini adalah stasiun-stasiunnya MRT ya gengs! Gak perlu dihafalin, kalo ada sodara yang nanya, arahkan buat buka blog bukanbocahbiasa aja 😀

MRT fase I

Ada 7 stasiun layang , yakni: Stasiun Lebak Bulus, Stasiun Fatmawati, Stasiun Cipete Raya, Stasiun Haji Nawi, Stasiun Blok A, Stasiun Blok M (terinterkoneksi dengan Blok M Plaza), dan Stasiun Sisingamangaraja.

Juga ada 6 stasiun bawah tanah, yakni: Stasiun Senayan, Stasiun Istora, Stasiun Bendungan Hilir, Stasiun Setiabudi, Stasiun Dukuh Atas (terinterkoneksi dengan basement Menara UOB), dan berakhir di Stasiun Bundaran Hotel Indonesia (terinterkoneksi dengan Menara Indonesia One).

(2). Siapkan e-Money atau Beli Kartu Trip MRT

Hare gene kayaknya everybody pasti punya kartu e-money, ye kan? Ya udin, pastikan aja saldonya mencukupi buat naik MRT. Tapii, ternyata 1 kartu berlaku untuk 1 penumpang. Waktu itu, kami berangkat berempat. E-Money cuma ada 2 biji. Jangan sedih, Buu, kita tetep bisa kok naik MRT. Caranya? Beli Kartu Trip MRT yang ada di sono!

Canggih beud deh mesinnya. *norak* Mirip ama mesin tiket di luar negeri dah. Buat yang masih kagok, no need to worry. Ada bapak petugas yang siap mengarahkan kita step-by-step Ooh baby….. Gonna get to you girl *lah malah nyanyik*

Kartu MRT ini ada dua jenis, yaitu single trip (yang punya masa waktu bisa aktif sampai 7 hari setelah beli) dan multi trip (tidak ada batas waktu). Sebagai turis domestik, udah pasti kami beli yang single trip. Nantinya kartu ini bisa di-refund dan dapat duit 15 ribu lho, mayan kan? (udah mirip plek ketiplek ama MRT di Singapura)

(3). Yuk yuk Bikin Konten di Stasiun maupun di Dalam MRT!

Udah beres urusan kartu-kartuan? Cuss, siap-siap berangkaaattt! Yuk kita lanjut ke mesin tap in/out otomatis.

Trus…. Buat yang mau bikin konten atau emang doyan pepotoan, siap-siap deh, jelajahi areal stasiun MRT yang emang kece beuddd ini. Tsakeeepp amat! Banyak spot yang menarik untuk jadi background kita berfoto ria!

(4).  Antri di garis yang disediakan

Perhatikan jalur masuk dan jalur keluar penumpang MRT ya. Ada tandanya yang jelas banget, kok.

Ada dua warna garis berbeda dekat pintu otomatis masuk kereta, yaitu warna hijau dan kuning. Pada garis panah hijau berfungsi untuk para penumpang yang akan keluar kereta, sedangkan garis kuning berfungsi untuk batas antrian para penumpang yang akan masuk ke dalam kereta.

Ajari anak-anak untuk mempersilakan orang di dalam kereta untuk keluar terlebih dahulu, baru deh, kita masuk.

(5). Jaga Kebersihan dan Patuhi Aturan ya

Ini juga super duper penting! Pasti kita bangga dan bersyukur karena Indonesia punya fasilitas transportasi umum sekeren ini. Yuk sama-sama kita jaga dengan sebaik mungkin.

***

Anakku hepiii berat bisa naik MRT! Dan sepertinya, ia mulai ketagihan hahaha. “Buk, kita pindah ke Jakarta aja, gimana?”

Hadeeeehh 😀

Sampai detik ini, kami belum ada wacana untuk hijrah ke Jakarta sih. Tapi yang jelas, aku berharap suatu saat, kami bisa ngetrip lagi ke Jakarta, dan mungkin bakal coba MRT fase 2 dan 3. Aaamiiin.

Nah, buat teman-teman yang mau coba MRT, yuk plesir ke Jakarta! Bisa sekalian staycation juga lhooo. Booking hotelnya gampiiil, via Traveloka aja.

For you info nih, kalau pakai Traveloka, Booking Hotel di Indonesia fleksibel banget!

Kita bisa menggunakan credit card Visa ataupun Mastercard, transfer bank, ATM, Alfamart, Indomaret, CIMB Clicks, BCA Klikpay, dan Mandiri Debit.

Selain itu, ada yang seruuuu nih! Traveloka punya fitur cicilan online “Paylater” yang didukung oleh Danamas sebagai mitra resmi yang terdaftar dan punya izin beroperasi dari OJK. Yihaaaa, traveling makin gampil, dan kita semua bisa jadi the real cashless society bareng Traveloka!(*)

72 thoughts on “Cara Naik MRT Jakarta

  1. bloggergunung says:

    Alhamdulillah ya Indonesia sekarang sudah selangkah lebih maju meski baru di kota tertentu saja. Semoga pembangunan semakin merata ke berbagai daerah lainnya. Dan tidak lupa tugas masyarakat adalah merawat dan menjaganya

    Salam
    Okti Li

    • bloggergunung says:

      Akhirnya kami juga kesampaian naik MRT secara rombongan hehehe awal Agustus kemarin. Bersama blogger Cianjur dan blogger Bandung kami menjelajah DKI setelah sebelumnya belajar kepenulisan di TMII

      Salam
      Okti Li

  2. Naqiyyah Syam says:

    aku juga pengen nyobain MRT dong, kayaknya seru nih bakal kayak nonton Drakor naik kereta gitu hehe… semoga Jakarta makin maju ya. Kalau ada MRT mungkin sedikit mengatasi kemacetan jJkarta

  3. lianny hendrawati says:

    Aku belum pernah naik MRT, ke Jakarta aja cuma sekali, nginap di rumah adik mama, nggak kemana-mana. Pengin cobain nih kalo ke Jakarta lagi, tapi harus ada temennya, sendirian takuuut haha.

  4. naniknara says:

    Aku belum pernah naik MRT.
    Semoga ntar klo ada kesempatan ke Jakarta, bisa nyobain juga naik MRT. Walau bingung kalau ditanya tujuannya mau ke mana hehehe….

  5. Jiah says:

    Aku ngiler pengen naik MRT Jakarta juga. Anak desa nih. Lihat gituan di drama2 doang. Belum ke Jakarta juga. Terus bisa beli kartu yg single gitu ya buat naik karena pelancong

  6. Dedew says:

    Haha jadi pengen pindah Jakarta ya anak lanang..enak emang ya naik MRT, cepat banget sampainya..keren deh Jakarta..nggak sabar nunggu yang ke Bogor..

  7. Rach Alida Bahaweres says:

    Aku malah belum pernah loh naik MRT. Padahal menyenangkan sekali bisa naik MRT. Asiknya mba Nurul 🙂

  8. Andiyani Achmad says:

    Awalnya aku juga bingung naik MRT, terutama buat beli tiket di mesin tiket. Harap maklum ya, biasanya suka bawa Flazz atau E-money, eh ketinggalan akhirnya beli deh di mesin tiket. Hanya tiap beli tiket kembaliannya kalo gak 20ribuan ya seribuan receh ya mba.

  9. Elly Nurul says:

    Saat liburan kemarin aku sudah mencoa MRT ini.. karena lebak bulus penuh, kami putuskan naik dari cipete raya.. tujuan utama ke HI, tapi HI penuh juga hehe alhasil keluarlah di senayan.. main main disana.. lanjut balik lagi ke cipete.. waktu itu aku juga pakai emoney dengan saldo yang cukup dan semua lancar

  10. monicaang says:

    Astaga akunya ke mana aja nih. Tinggal di Jakarta padahal tapi belum nyobain MRT *tutup muka*. Beberapakali rencana mau naik MRT sekalian mau bikin konten, tapi belum kejadian mulu. Mudahan dalam waktu dekat bisa ikutan nyoba. Caranya udah tahu setelah baca artikel ini. Tinggal praktik aja.

    • monicaang says:

      Dan sampai hari ini belum nyobain juga naik MRT padahal kapan itu udah dekat sana. Tapi kemudian bingung mau ke mana. Kepikir sih, naik aja dulu sampai mana gitu, trus balik lagi ke stasiun awal. Eh Pewe malah nggak mau menemani… Hahaha

  11. lendyagasshi says:

    Anak-anak pada mau diajakin foto, kak…
    Seneng bangeett bisa naik MRT.
    Aku juga bakalan norak-norak bergembira kalo bisa naik kereta ala-ala kehidupan di Koriya ginii…

  12. Khoirur Rohmah says:

    Belum pernah sampe ke Jakarta Mbak
    Semoga tahun ini atau nanti bisa ke Jakarta entah ada event apa hehee
    Penasaran juga sama moda transportasi yg ada di Jakarta. Cuman bisa menyaksikan dr berita atau video gitu, tapi belum pernah naik MRT langsung huuwuuwuu
    TFS yahh Mbak Nurul

  13. Eri Udiyawati says:

    Yaah.. aku pengen banget naik MRT. Secara aku enggak tinggal di Jakarta, jadi penasaran banget gimana rasanya. Wah, kudu siap-siap e-money aja gitu ya kalau mau naik, tapi satu kartu satu orang. Okay, sip, makasih infonya, Mbak.

  14. helenamantra says:

    Naik MRT enak, bersih dan cepat. Tapi nganu, tangganya banyak banget. Hahaha. Lumayan dulu aku gendong anakku soalnya dia masih ngantuk. Kalau turun kan ga ada eskalator.

  15. akuchichie says:

    Aku sekarang kalau pergi lebih senang naik MRT, lebih cepat dan juga hemat waktu. Untuk pembayaran aku lebih senang menggunakan Kartu Flazz atau E-Money biar gak usah antri untuk beli tiketnya.

  16. Myfoottrip says:

    Nah lho anak minta pindah ke Jakarta. Eh kalo keseringan naik MRT jadinya biasa aja sih. Harapanku di Surabaya public transport-nya ada yang seperti ini, menghubungkan Gresik – Surabaya – Sidoarjo biar gampang kalo jalan-jalan.

  17. Rach Alida Bahaweres says:

    Aku belum pernah naik MRT nih. Padahal waktu itu lagi sama anak di kawasan dekat MRT. PAs dibilang tukanbg ojek “bu kenapa nggak naik MRT aja” eh ya baru ingat ada MRT. Hehhe

  18. ophiziadah says:

    Waah dah sah ya mba smo Jakarta dah jajal MRT
    Btw busway gak mamoir nih ke Ciputat
    As pengguna public transport alternatif MRT ngebantu bgt dr kemacetan JKT lhoo

  19. Puspita Yudaningrum says:

    Aku waktu ke Jakarta Maret lalu juga naik MRT, kebetulan ada temen di Jakarta yg nganterin jalan” jadi dia ngurusin aku tinggal naik hehehe. Btw noted nih kalo naik MRT sendiri bisa tahu caranya.

  20. astin astanti says:

    Alhamdulillah senengnya bisa menikmati fasilitas MRT di Jakarta kan ya. Ada juga fasilitas Traveloka yang bikin nyaman selama melakukan perjalanan dan liburan di Jakarta

  21. Leyla Hana says:

    Waaah Bunda Sidqi udah Naik MRT. Aku aja belum pernah Naik MRT nih. Harusnya Hari ini tapi suamiku sibuk. Gak jadi deh ajak anak-anak liburan Naik MRT.

  22. Rahmah Chemist says:

    Belum pernah naik karena memang belum ada agenda ke Jakarta
    Huhuhu kapan ya bisa beneran nikmati MRT dan bikin konten juga

    • Diah Kusumastuti says:

      Wihhh seru banget Mbak jalan-jalannya naik MRT. Aku paling bingung duluan kalau mau beli tiketnya. Hahaha. Ndeso. Tapi ada petugasnya kok, yaa..
      Btw paklikku rumahnya juga di Pamulang, tuh. Jangan-jangan tetanggaan sama adik ipar mb Nurul. Haha.

      • Diah Kusumastuti says:

        Wihhh seru banget Mbak jalan-jalannya naik MRT. Aku paling bingung duluan kalau mau beli tiketnya. Hahaha. Ndeso. Tapi ada petugasnya kok, yaa..
        Btw paklikku rumahnya juga di Pamulang, tuh. Jangan-jangan tetanggaan sama adik ipar mb Nurul. Haha.

  23. lianny says:

    Aku juga pasti akan norak kalo akhirnya bisa nyobain naik MRT. Nggak pernah sama sekali naik MRT sih. Mau ajak anakku ah naik MRT kalo pas ke Jakarta 🙂

  24. raisahakimtea says:

    Aku juga belum pernah mbak, dan iya kalau awal2 baru nyoba aku suka agak tegang tios ini pas banget buat pemula kayak saya biar gak katro2 amat ya suatu hari kalo pas pakai MRT. Hahahaha

  25. Rosanna Simanjuntak says:

    Apalagi aku warga Borneo, di mana kereta api is zero!
    Jadi, naik kereta adalah misi utama kalau lagi di luar Borneo, bahahaha

    MRT, I’m coming!

  26. Herva Yulyanti says:

    aku belum nyobain nih mba MRT, sama sih meski dulu tinggal Bekasi dan suami pernah kerja di Jakarta tapi ga ada niat buat hijrah lagi ke Jakarta hehehe tapi pengen banget cobain naik MRT

  27. Diah Kusumastuti says:

    Wihhh seru banget Mbak jalan-jalannya naik MRT. Aku paling bingung duluan kalau mau beli tiketnya. Hahaha. Ndeso. Tapi ada petugasnya kok, yaa..
    Btw paklikku rumahnya juga di Pamulang, tuh. Jangan-jangan tetanggaan sama adik ipar mb Nurul. Haha.

  28. Natara says:

    bener banget mbak, di dalam stasiun MRT kita hrus jeli liat petunjuk arahnya, salah keluar, bias jauuuuuhhh banget rutenya dari tujuan kita, hehehe, aku aja yang udah beberapa kali naik mrt masih suka bingung pas mau keluar…

  29. Elly Nurul says:

    Buat yang belum pernah naik MRT, artikel ini sangat berguna baget, jadi lebih paham apa saja yang harus dipersiapkan sebelum naik MRT, sehingga saat naik MRT nanti sudah ngga bingung lagi ya..

  30. Novitania says:

    Kalo naek mrt aku udh beberapa kali dan udah cukup paham sih sama mekanismenya. Btw aku tergoda sama paragraf terakhir. Hmm jadi kepikiran pengen liburan pake traveloka deh

  31. Aprillia Ekasari says:

    Hahaah yang lebak bulus dibantuin kali ma grab.
    Btw aku blm pernah naik MRT wkwkk sendeso itu akuuuu, soalmya ruteku emang gak ada yg naik MRT. Entah nanti kalau ada kesempatan naikin krn pas ada kepentingan ke daerah yg dijangkau MRT kali yaa

  32. Nabilla DP says:

    Hits amat mbaak.. nggak ketinggalan euy hihi aku paling cepet baru bisa cobain MRT kayaknya tahun depan deh insya Allah hihihi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s