Aman dan Nyaman Naik Bus saat New Normal? Lakukan Tips Berikut Ini

Masa new normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) sudah mulai berlaku sejak beberapa waktu lalu. Transportasi umum yang sebelumnya sempat berhenti beroperasi kini perlahan-lahan mulai kembali. Namun tentu saja karena COVID-19 masih ada di luar sana, terdapat sejumlah langkah preventif yang perlu dilakukan oleh armada. Misalnya saja membatasi jumlah penumpang yang diangkut.

Sebagai penumpang, juga perlu menjaga kesehatan diri sendiri agar tidak tertular maupun menularkan virus bagi penumpang lainnya. Maka dari itulah kamu perlu melakukan tindakan pencegahan supaya naik bus tetap aman dan juga nyaman.

Pastikan Kondisi Sedang Sehat

Sebelum berangkat ke mana pun dengan alat transportasi apapun, pastikan kondisi tubuh sedang prima. Karena jika kamu memaksakan pergi dalam kondisi kekebalan tubuh sedang menurun, akan rentan terkena penyakit, bahkan virus COVID-19. Apalagi di perjalanan kamu bisa saja  bertemu dengan banyak orang. Maka dari itulah, ada baiknya memastikan tubuh sedang sehat saat berangkat bepergian. 

Selalu Gunakan Masker dan Bawa Hand Sanitizer

Jika sudah merasa sehat, hal wajib lainnya yang dilakukan adalah menggunakan masker dan membawa hand sanitizer. Jika perlu gunakan juga sarung tangan sebagai perlindungan tambahan. Virus COVID-19 tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, maka dari itulah kamu perlu pencegahan yang maksimal saat bepergian di tengah pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Batasi Kontak Langsung dengan Orang Lain

Pihak armada bus memang biasanya sudah membatasi jumlah penumpang yang boleh naik. Namun tentu saja karena kamu berada dalam sebuah ruangan tertutup bersama dengan orang asing yang tidak diketahui riwayat bepergian datau kesehatannya, usahakan untuk membatasi kontak. Ramah memang sangat dianjurkan, namun untuk kondisi seperti sekarang ini, tidak ada salahnya untuk selalu waspada.

Kurangi Menyentuh Berbagai Barang

Semakin sering menyentuh berbagai benda yang ada di dalam bus, baik itu pegangan, tiang, kursi, gorden, jendela maka akan semakin besar pula risiko terkena virus. Karena ada kemungkinan juga virus menempel pada bagian-bagian tersebut. Maka dari itulah kurangi menyentuh barang-barang yang tidak perlu. Jika sudah terlanjur menyentuh, bersihkan tangan dengan hand sanitizer yang telah dibawa sebelumnya.

Pilih Pembayaran Non Tunai atau Uang Pas

Zaman yang sudah semakin modern ini, ada cara-cara pembayaran non tunai. Ini juga merupakan usaha untuk meminimalisir kontak dengan orang lain. Jika tidak bisa non tunai, gunakan uang pas. Cara lainnya adalah melakukan pemesanan tiket secara online, sudah dibayar terlebih dahulu. Contohnya saja saat berencana naik bus Putra Pelangi, kamu bisa melakukan pemesanan secara online untuk keberangkatan fleksibel di Traveloka.

Bus Putra Pelangi sudah menjadi mitra dari Traveloka dan telah mendapatkan label Clean Trip. Sebagai informasi Traveloka Clean Trip ini sudah ada sejak Juli 2020 dan telah bekerja sama dengan berbagai mitra. Armada yang mendapatkan label tersebut sudah berkomitmen untuk menerapkan standar protokol kesehatan, kebersihan, dan juga keamanan untuk pencegahan COVID-19. Sehingga para penumpang merasa lebih aman dan terlindungi.

Protokol yang dimaksud antara lain, mengharuskan para penumpang menggunakan masker, melakukan desinfektan terhadap armada sebelum berangkat, serta pembatasan jumlah penumpang.

Selalu jaga diri saat beraktivitas atau bepergian di masa AKB seperti sekarang ini. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan pola hidup sehat supaya kesehatan diri tetap terjaga, aktivitas bisa lancar tanpa hambatan yang berarti.

29 thoughts on “Aman dan Nyaman Naik Bus saat New Normal? Lakukan Tips Berikut Ini

  1. Maria G Soemitro says:

    Saya banget nih, terpaksa bepergian selama pandemi
    Banyak penyebabnya, mulai urusan ke dokter sampai urusan kerjaan
    Dan bener, harus pilih armada transportasi yang clean trip, karena kalo kita sakit, waduh bisa nularin sekampung 😀😀

  2. vivianwahab says:

    Penting banget ini tips nya,
    Alhamdulillah kalau kami keluar pakai kendaraan sendiri, pun begitu tetap waspada dan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

  3. Mugniar says:

    Kurangi menyentuh berbagai macam barang itu masih sering saya wanti-wanti sama anak-anak ketika harus ke luar rumah. Lha suami saya juga susahnya, masih berkali-kali saya beri tahu.

  4. lianny hendrawati says:

    Protokol kesehatan memang harus dijaga banget ya kalau naik transportasi umum, selama pandemi ini masih ada. Sebelum pandemi, aku bepergian lebih sering naik kereta, sekarang di rumah terus, belum berani kemana-mana 😀

  5. Sri Widiyastuti says:

    Iya mbak, terakhir saya naik bis ke Blitar dan sulit banget ya untuk tidak kontak dengan orang lain. minimal kita yang berusaha untuk disiplin yaa. terutama melakukan protokol kesehatan yang dianjurkan

  6. lendyagasshi says:

    Kka Nuruul…
    Sodaraku kemarin uda nyobain naik bus yang posisinya rebahan itu loo…
    Aku jadi pengen coba naik bus buat pulkam.
    Dan berbekal keamanan protokol kesehatan yang disiplin begini yaa..

  7. Noorma says:

    Sampai saat ini belum berani naik bis lagi sih kalau kemana-mana seringnya pakai motor sendiri kalau deket, akalu jauh paling bawa mobil dan kalau ke luar kota pakai kereta, tapi btw tips nya bagus banget kakak, siapa tahu waktu yang akan datang naik bis lagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s