Asuransi Jiwa Fleksibel, Enyahkan Risau Masa Depan Keluarga

Kabar duka itu sekonyong-konyong menyeruak. Mbak Ambar, Direktur di NGO tempat kami berkiprah, berpulang setelah setahun lebih bertarung melawan kanker. Tak ada yang menyangka, sosok yang demikian energik, aktif, lincah bak bola bekel itu, terjangkit penyakit kanker stadium tinggi. Usianya baru 37 tahun! Bahkan anak nomor 3 juga masih balita. 

Aura duka mengerubung. Bagaimanapun juga, kami ikut merasakan pedih yang menimpa keluarga almarhumah Mbak Ambar. Umurku dan Mbak Ambar cuma beda satu tahun. Anak pertama kami sebaya. Pola dan gaya hidup Mbak Ambar jauuuhh lebih sehat ketimbang diriku. Yah, tidak ada yang bisa menebak takdir kita di masa depan. Yang bisa kita lakukan hanyalah berupaya menyiapkan yang terbaik, baik untuk diri sendiri maupun keluarga. 

Pentingnya Asuransi Jiwa Terbaik 

Apalagi, penyakit ganas seperti kanker, tumor, jantung koroner, diabetes, ini semua bukan barang asing di keluarga besar kami. Ibu kandungku berpulang, lantaran mengidap kanker paru-paru. Tanteku meninggal setelah terkena serangan jantung, tatkala ikut senam jantung sehat di kompleks perumahan kami. Banyak kasus serupa. Komentar para pentakziah rata-rata seragam, ”Nggak nyangka yaa, kalau almarhum(ah) meninggal secepat ini…..”

Cepat atau lambat, panjang atau pendek, itu semua relatif. Toh, kita tidak pernah tahu kan, berapa kuota usia yang diberikan Sang Maha Kuasa untuk diri kita. Bakal berpulang di usia berapa, karena apa, bagaimana kronologisnya, itu semua misteri Illahi. 

Terus terang, fakta-fakta seputar penyakit ganas ini, membuat diriku terlilit insecure. Sebagai orang beriman, sudah pasti aku harus bertawakkal dan berserah diri dengan semua keputusan dan takdir Tuhan. Namun, sebagai manusia biasa, ya wajib hukumnya untuk berusaha. 

Aku, sebagai pekerja freelancer sekaligus ibu rumah tangga, sudah barang tentu, berupaya sekuat tenaga untuk mengatur Perencanaan Keuangan Keluarga sebijak mungkin. 

Karena namanya hidup, memang kita senantiasa menginginkan yang terbaik. Tapi, terkadang kita harus siap menghadapi kondisi yang tidak mengenakkan


Kalau sudah punya asuransi jiwa, niscaya batin ini jadi tenang, kan. Tidak kemrungsung. Karena kita sudah sedia “safety net” yang siap menjaga kita.


Akan tetapi, tidak semua premi asuransi itu ramah kantong pekerja freelancer, kan? Karena itulah, aku memilih Asuransi Jiwa Fleksibel

Kenapa begitu? 

Yap. Karena tahu sendiri lah, bagaimana sih pola kerja dan gajian freelancer? Segalanya serba free 😀 Kadang bisa gajian beberapa kali UMR, di lain waktu malah nggak nyampe satu UMR 😀 Maka dari itu, aku butuh premi Asuransi Jiwa yang tidak merongrong kantong. Yang bisa bersahabat di kala rekening lagi gendut, ataupun tatkala tabungan lagi diet keto. 

Wah, memangnya ada asuransi semacam itu? 

Yap…. Perkenalkan…….

Flexi Life dari Astra Life 

Flexi Life adalah asuransi jiwa murni dengan keunikan: uang pertanggungan dan preminya bisa ditentukan oleh nasabahnya sendiri! Nah lho. Ini terobosan yang sangat brilian. Karena, apabila nasabah bisa menentukan jumlah premi dan uang pertanggungan, artinya kita sadar penuh dan utuh untuk mengikuti asuransi, dan bisa menimbang kemampuan finansial saat itu kan? 

Sangat helpful banget untuk Keuangan Keluarga Muda

Selain itu, Asuransi Jiwa Flexi Life ini memiliki sejumlah kelebihan, yaitu: 

·   Cukup bayar sesuai risiko saat ini atau usia saat mendaftar hingga 5 Miliar tanpa perlu cek medis. Misalnya, orang usia muda biasanya memiliki risiko yang lebih kecil dibanding dengan orang berusia tua. Sehingga premi bisa dibayar lebih murah dan disesuaikan dengan risiko hidup setiap tahunnya. Polis bisa otomatis diperpanjang hingga usia 85 tahun

·   Dapat mengubah premi secara online sesuai kebutuhan dan kemampuan kita. Yap, bebas mengubah besarnya Uang Pertanggungan, Masa Pertanggungan, Frekuensi Pembayaran Premi, dan mengajukan perubahan lainnya sesuai kebutuhan seiring dengan perubahan tahapan kehidupan kita. Dan sekali lagi, ini semua bisa dilakukan secara online! Let say, bulan Agustus ini, bayar Rp 500.000/bulan. Eh, ternyata bulan September, kudu bayar keperluan anak sekolah, ya sudah, nggak perlu risau bin galau. Karena kita bisa menurunkan premi jadi Rp 200.000,- saja/ bulan. Intinya, menyesuaikan kondisi finansial nasabah. Semua proses perubahan bisa dilakukan 100% secara online di ilovelife.co.id, website e-commerce dari Astra Life. 

Saking fleksibelnya, pembayaran premi dapat dilakukan secara per-bulan atau per-tahun.Bahkan jika memilih pembayaran tahunan, kita akan lebih hemat 2 bulan, jadi hitung-hitung cukup bayar 10 bulan saja!

Ingin tahu lebih banyak seputar asuransi jiwa yang bagus ini? Silakan cek detail dan informasi produk, di https://www.youtube.com/watch?v=YWDWzwlc-Dw

Pengalaman Membeli Flexi Life

Siapapun bisa memulai jadi nasabah Flexi Life dengan rentang usia 18 tahun sampai 60 tahun.

Kita bisa melakukan pembayaran melalui dua metode, yaitu:

(1). Transfer ke Virtual Account Bank Permata

Setelah proses pendaftaran berhasil dilakukan, kita akan mendapatkan Nomor Virtual Account untuk pembayaran premi. 

Nomor virtual Account ini juga dikirimkan ke alamat email yang terdaftar saat proses pembelian untuk memudahkan dalam melakukan pembayaran premi selanjutnya. Simpan nomor Virtual Account tersebut dengan baik, ya.

Untuk pembayaran Premi Lanjutan, bisa dilakukan saat tanggal jatuh tempo. Detail tanggal jatuh tempo dan masa pembayaran premi dapat dilihat di Polis.

(2). Autodebit menggunakan Kartu Debit & Kartu Kredit

Saat ini, Kartu Debit yang dapat digunakan untuk pembayaran adalah kartu debit Bank Permata dan Bank Mandiri.

Sementara Kartu Kredit yang dapat kamu gunakan untuk pembayaran adalah kartu kredit dari bank manapun selama kartu kredit tersebut berjenis Visa atau Mastercard.

Sangaaaattt gampil banget kan? Ya sudah, tunggu apa lagi? Segera miliki Asuransi Terbaik di Indonesia dan dapatkan beragam manfaat asuransi jiwa Bersama Flexi Life. Cuss ke website: https://ilovelife.co.id/products/product-life/801 dan masukkan referral code BLOGNURUL41 yak. Bersama asuransi dengan Polis Fleksibel, Enyahkan Risau Masa Depan Keluarga kita. 

173 thoughts on “Asuransi Jiwa Fleksibel, Enyahkan Risau Masa Depan Keluarga

  1. bloggergunung says:

    Namanya umur manusia tidak ada yang tahu kapan selesai. Mau hidup lebih sehat, mau keturunan penyakit tertentu, semua hanya misteri.
    Yang harus kita lakukan adalah membuat perencanaan seandainya hal buruk menimpa kita … Asuransi yg terjangkau dan tidak ribet, salah satu nya.

  2. tetty hermawati says:

    duh serem bayangin penyakit zaman sekarang, beberapa orang tua murid sekolah anakku juga ada yang meninggal mendadak, dan aku jd kepikiran sendiri, gimana nasib keluarga kalau misal ada salah satu orang tua anak2 meninggal dunia

  3. Rohyati Sofjan says:

    Pengen punuya asuransi jiwa untuk saya juga demi keluarga, sayangnya penghasilan sebagai ibu rumah tangga dan narablog belum bisa diandalkan penuh. Belum sampai di atas UMR apalagi menyamainya. Di bawah mellulu, hu hu.
    Saya suka konsep Flexi, fleksibel banget, bisa bayar tahunan itu memudahkan. Misal kumpulkan uang dulu setiap bulannya lalu setor untuk premi tiap tahun.

    • ovianty says:

      Enak ya ada asuransi yang mengerti kantung freelancer hehe. Kadang memang males ngambil apa-apa, karena memang kita kan nggak selalu punya uang. Jadi pengeluaran tetap harus diminimalisir

  4. Wiwied Widya says:

    Ini hanya untuk asuransi jiwa ya mbak? Mereka punya untuk asuransi lainnya? Aku kemaren abis dapet pengalaman buruk nih ama asuransi. Susah bgt ngurus klaimnya. Kalau asuransi flexi ini cara urus klaimnya bisa online?

  5. monicaang says:

    Turut berduka cita ya, Mbak. Kematian melahirkan kesedihan. Tapi namanya akhir hidup, tak satu pun dari kita bisa tahu kapannya ya. Penyakit kanker jadi salah satu momok menakutkan karena seringkali tak nampak gejala awalnya, juga penyebab pastinya. Makanya sekarang ini memang penting sekali memiliki proteksi tambahan dalam bentuk asuransi ya.

    • dewi adikara says:

      Eah kalau pembayarannya bisa nih Dewi pakai debet Mandiri. Dewi paling sedih kalau bahas saudara atau kerabat berpulang kembali kepada Allah, dan tidak terduga kejadian ini. Memang penting banget ya asuransi mbak.

  6. Ainhy Edelweiss says:

    Iya nih kak, sebagai freelancer aq msh mikir 2 soal asuransi tp klu sistemnya kyk bgni fleksibel banget yah apalg bsa bayar setahun langsung hemat dua bulan

  7. Uniek Kaswarganti says:

    Usia memang ga ada yang tau ya mba, semuanya sudah digariskan oleh Yang Maha Kuasa. Yang perlu kita lakukan adalah menjaga kesehatan dan menyediakan perlindungan diri dan keluarga. Salah satunya dengan memiliki asuransi jiwa yang fleksibel seperti ini.

  8. dapurhamsa says:

    Wah enak kalau asuransinya preminya bisa fleksible ya mbak jadi tetep bisa proteksi diri dan keluarga tapi tetep bisa gak ganggu keuangan jg krn preminya bisa diatur sesuai kondisi keuangan dan termasuk murah

  9. Dedew says:

    Turut berdukacita Mbak, sedih bacanya 😦 iya, kita harus punya safety net ya salah satunya asuransi ini..unik ya preminya bisa fleksibel jadi lebih ringan..

  10. Bambang Irwanto says:

    Soal asuransi ini, memang ibaratnya sedia payung sebelum hujan ya, Mbak Nurul. karena dalam hidup, banyak sekali hal-hal tak terduga dan di luar rencana.
    Dan ini asuransinya sangat flexibel sesuai namanya. Jadi bisa disesuaikan dengan kita sendiri.

  11. Nia Nurdiansyah says:

    Pengalamanku join AStralife ini gampang bangeet, cuma registrasi via web, prosesnya cepet, dan yang lebih asyik bayar preminya itu fleksibel banget bisa diatur mau gimana disesuaikan sama kondisi keuangan dan kebutuhan kita juga

  12. ameliatanti says:

    kanker (payudara – rahim dan prostat) tumor, jantung koroner, diabetes, gagal ginjal dan paru paru itu diantara 10 penyakit kritis di dunia yang belum ada obatnya dan kadang sebenernya ga diketahui dari mana datangnya

    ada yang bilang genetik padahal tidak, ada yang bilang makanan, ngga juga, yang kita bisa upayakan adalah kesehatan hati dan otak – mampu berdamai dengan kesalahan dan kekurangan – serta jangan menyakiti orang lain dengan sengaja, adalah beberapa “obat” imunitas. Tapi semua tetap berpulang kepada YangMaha Kuasa

    paling bener adalah melindungi keluarga dengan asuransi yang ada critical illness dengan S dan K yang jelas.

  13. Sandra Nova says:

    Asuransi itu emang penting banget sebagai pelindung keluarga, tapi sayangnya banyak orang yg mikir asuransi cuma buang2 duit apalagi kalau ngga kepake 😀 padahal kalau sakit malah akan lbh banyak ngeluarin uang… Aku kebayang kl aku kena sakit parah & anak2ku masih kecil hiks.. kl ngga ada asuransi pasti akan menyusahkan semua & keuangan keluarga 😦

  14. Jiah says:

    Seneng nih kalau ada asuransi yang preminya bisa diturunin kaya gitu. Pas tiba2 lagi ada kebutuhan kan tetap bisa bayar dan gak perlu risau soal asuransi. Bagus buat jaga2

  15. Susi says:

    Ada opsi bayar per tahun?
    Wah, ini mengakomodir tipe seperti saya yang tak suka bayar bulanan, bahkan listrik pun. Capek, tahu-tahu sudah ganti bulan dan bayar lagi.
    Ini asuransi jiwa yang fleksibel banget.

  16. artha amalia says:

    freelancer seperti kita jd terbantu dg adanya premi terjangkau seperti ini yaa mbak. gak salah deh pilih flexi life dari astra life. saya pribadi jg cemas kalau gak ada ‘pegangan’ apapun, kan hidup ini siapa yg tahu

  17. Mirna Kei Rahardjo says:

    Karena aku karyawan group astra jadi untuk urusan asuransi dan dan pensiun ya auto astra punya wkwkwk dan malah batu tahu tentang manfaatnya pas baca ini. Aku tahunya auto debet dari gaji aja

    • Rohyati Sofjan says:

      Enak banget atuh, Mbak. Jadi karyawan Astra ternyata sudah ditanggung semua. Ada asuransi dan pensiun segala. Astra memang keren sebagai perusahaan tepercaya yang sudah lama ada. Saya kenal Asttra dari kecil, sekarang perusahaan itu berkembang mencakup banyak hal, termasuk asuransi juga.

  18. Milda Ini says:

    aku baru tahu soal asuransi ini mba, lumayan dapat pencerahan. memang butuh juga asuransi jiwa, apalagi sekarang resiko kerja makin berat dan banyak kejadian juga di luar rumah yah

  19. Kesih latief says:

    Zaman sekarang, asuransi mmg menjadi kebutuhan perimer. Namun balik lg k pribadi masing-masing. Dulu aku ikut asuransi pendidikan buat ank2ku. Namun begitu semua nya telah kelar, aq beralih k yg syariah.

  20. dapurhamsa says:

    Kalau ada teman sepantaran yg meninggal krn penyalit kritis emang bikin deg2an ya mbak… makin kerja keras buat jaga kesehatan dan tak lupa memproteksi diri dengan asuransi yg tepat namun juga gk memberatkan.

  21. Achmad Humaidy says:

    Kita bisa klaim asuransi jiwa dari Flexi ini untuk apa saja ya?

    Karena ada beberapa produk asuransi yang justru memiliki produk turunan lagi seperti buat kesehatan, investasi, perencanaan keuangan, pendidikan, dan lain-lain.

  22. Lidya says:

    Yang punya asuransi jiwa suamiku aku gak punya. Penting juga ya kalau istri punya asuransi jiwa. Namanya juga jaga-jaga ya gak ada orang yang mau kena musibah

  23. Gioveny says:

    Sampe sekarang masih menimbang² nih mau punya asuransi atau nggak. Jaminan asuransi jiwa kan termasuk perlindungan untuk diri kita ya

  24. Rachmanita says:

    Aku merasakan banget kalau asuransi itu penting apalagi kalau kita gampang sakit jadi lebih mudah. Buat di cover asuransi gitu moms..

  25. Rosanna Simanjuntak says:

    Setuju, karena hidup serba tak pasti, tapi meninggal adalah pasti!

    … hidup terus berubah, begitu juga resiko hidup.

    Itulah kenapa penting memiliki asuransi!

    annarosanna(dot)com

  26. Gita Siwi says:

    Nggak ada kata galau deh kalau buat aku punya dana ya siapkan buat asuransi yang pasti premi siapkan sesuai kemampuan biar aman nyaman. Maklum uang kayak air kalau udah ditangan.

  27. Herva Yulyanti says:

    Innalilahi turut berduka untuk Mba Ambar jadi kefikiran anaknya yang masih balita 😦 nah iya asuransi memang buat jaga2 ya mba jadi ada aja alasan buat melindungi diri dengan asuransi

  28. naniknara says:

    Kalau ada dana lebih enak bayar per tahun ya, bisa irit 2 bulan.
    Tapi kalau nggak ada dana di awal, juga bisa mengubah besaran preminya, emang flexibel banget asuransi astra flexi ini

  29. sriwidiyastuti says:

    Iya mbak, kita ga tau ya umur kita sampai kapan dan aakah nanti kita baik baik saja. Suamiku alasannya juga gitu ketika dia memutuskan untuk ikut asuransi. Alhamdulillah sih suami ga pernah dirawat dan panjang umur sampai jangka waktu kontrakselesai. Ini lagi diurus pengembalian uang yang disimpan di asuransi.

    Kalau pake Flexi seumur hidup ya. Keren. Kapan aja tapi bisa diputus atau gimana mbak?

  30. ria fasha says:

    baca ini aku pun jadi mikir gimana masa depan anak-anakku kelak
    duh kayaknya memang penting banget mempersiapkan kebutuhan masa depan keluarga, kita ga tau kan gimana kita nanti apa tetap sehat

  31. witriprasetyoaji says:

    Asuransi jiwa itu sangat penting ya Mbak… Tapi terkendala kadang premi mahal. Di astra life beda ya, semua bisa online dan premi kira sendiri yang menentukan.

  32. Rohmahdg says:

    Karena kita ga tau kapan sakit datang. Ya harapannya emang ga sakit. Tapi kaalau yg datang ga bisa diprediksi, jadi perlu ban serep saat berada di posisi tersebut atau sakit dg adanya Asuransi ini.

  33. wiankumala says:

    Hiks, kematian memang gak pernah tau kapan datangnya ya mba. Jadi kota memang harus mempersiapkan segala sesuatunya termasuk asuransi. Supaya orang yang kota tinggalkan nanti enggak akan kesusahan.

  34. dwiindah2 says:

    Akhir-akhir ini aku terpikirkan untuk punya asuransi jiwa, di samping terus menabung untuk masa depan. Ya karena itu, meskipun sudah jaga kesehatan tapi yang namanya masa depan tidak tau bagaimana.

  35. Iid Yanie says:

    Wah fleksibel banget ya asuransi ini bisa bayar sesuai dengan kemampuan kita, jadi gak perlu risau bayar dengan besaran yg sama tiap bulannya, saya jadi tepikir buat asuransi jg

  36. Cory Dori Stroberi says:

    Baru tau ada flexi life di astra. Sangat memudahkan banget buat calon ibu muda kayak aku :p yang lagi cari2 asuransi jiwa. Preminya bisa diturunin ya mbak (sangat mmembantu di kala lagi kebutuhan banyak) heuheu.

  37. sulis says:

    Sepakat mba, asuransi itu penting. Biar berasa aman….baik yang ninggal, atau yang ditinggal. Tapi semoga kita semua panjang umur yaa….blm punya bekal yang cukup…pengen lihat anak-anak sampai mereka gede juga…

  38. Meirida says:

    Ini yang aku mau, premi fleksible. Kadang yang bikin maju mundur cantik untuk ikutan asuransi itu ya karena premi yang masih memberatkan. Tapi kalo udah fleksible otomatis pengen banget ikut. Ntar aku coba intip webnya ah. Maksih infonya, mbak.

  39. Elly Nurul says:

    Alhamdulillah aku sudah punya mbak, dan cara buatnya juga mudah baget.. tinggal buka websitenya.. isi data data lalu akan muncul jumlah premi dan total pertanggugannya.. jadi tinggal bayar preminya aja deh.. simpel banget

  40. zellta02 says:

    Turut berduka, aku paham juga bagaimana umur enggak ada yang tahu, bisa saja hari ini sehat kemudian mendadak sakit. Asuransi memang sangat diperlukan apalagi biaya kesehatan kian mahal

  41. Kartika Nugmalia says:

    Wow! Serius bayar premi tahunan hemat 2 bulan? Asik juga ya bisa disesuaikan untuk pembayarannya sesuai kebutuhan nasabah. Memang rasanya lebih aman kalau sudah punya persiapan dana tanggungan jika satu lain hal terjadi ya mbak.

  42. Yasinta Astuti says:

    Ini enak nih bisa nentuin premi sendiri. Pengalamanku rada ga enak sama asuransi karena harus ngikutin aturan mereka yang kadang kan emg ga sesuai dengan kondisi kita ya

  43. Rach Alida Bahaweres says:

    Aku sudah mencoba menggunakan asuransi jiwa ini, mba. Jadi berasa lebih tenang juga mba. Keluarga nggak risau karena perlindungan maksimal

  44. Arda Sitepu says:

    Asuransi menjadi sangat penting untuk kita apalagi keluarga, jika sudah punya pegangan asuransi maka kehidupan menjadi tenang, aman dan nyaman. Pengen tau lebih jauh produk asuransi ini mbak.

  45. Larasati Neisia says:

    Penting banget memang punya asuransi tuh jaman sekarang ya mba, umur kan nggak ada yang tau. Apa salahnya untuk mempersiapkan ke depannya, mengingat biaya rumah sakit mahal banget sekarang.

  46. Erin says:

    Asuransi jiwa itu memang penting, mba. Aku udah punya di salah satu bank. Untuk Flexi ini menarik ya, mba. Bisa bayar per tahun dapat diskon lagi. Hehe

  47. Afifah Haq says:

    Wah baru tau loh ada asuransi yang premi nya bisa fleksibel gini tiap bulannya. Cocok buat aku yg kadang pengeluaran dan penghasilan nya suka tak terduga dan tak menentu

  48. Diah Woro Susanti says:

    Semakin banyak produk asuransi yang menawarkan berbagai kelebihan. Aku jadinya pingin ini pingin itu. Tapi ada baiknya konsul dulu kali ya sama agennya utk dipilihkan yg tepat yg mana

  49. Afifah says:

    Sakit itu memang nggak diinginkan banget. Tapi, meninggal pun mungkin tiba-tiba. Maunya sih meninggal dengan damai dan nggak meninggalkan utang dan hal-hal yang mesti diurus ini-itu.

  50. Rohyati Sofjan says:

    Saya juga freelamcer yang kadang ada job, kadang tidak. Yah, masih jauh untuk beroleh penghasilan dari blog secara memadai, bahkan tidak menyentuh kisaran UMR, he he.
    Pengen juga punya asuransi jiwa flexi, fleksibel, ya, caranya. Yah, kita memang harus berbuat sesuatu demi anggota keluarga yang disayangi.

  51. Yoanna Fayza says:

    Menarik banget kalau bayar premi-nya bisa fleksibel gini yaa, jadi nggak ada alasan untuk menunda punya asuransi jiwa, namanya juga ikhtiar menjaga keluarga, terutama anak-anak 🙂

  52. Ana ike says:

    Seru banget Flexi Life ini. Bisa bayar premi sesuai kemampuan bahkan bisa diutak-atik sendiri preminya kalau memang dirasa nggak bisa bayar seperti premi sebelumnya. Hidup itu memang perlu menjaga kesehatan, usaha mempersiapkan masa depan, dan sisanya tawakal sama Allah deh ya

  53. Uniek Kaswarganti says:

    Benar sekali mba, kalau sudah ada asuransi jiwa, paling enggak sudah tenang. Sudah ada dana yang disiapkan untuk mengatasi apabila terjadi hal terburuk sekalipun, meskipun tak ada di antara kita yang mau ya, maunya sih baik-baik saja. 😉

  54. Liza says:

    Asuransi jiwa memang penting banget ya mbak untuk melindungi keluarga kita kalau terjadi sesuatu pada kita. Selain itu asuransi kwsehatan juga lebih penting untuk jaga2 kalau sakit

  55. Rohmahdg says:

    “Karena namanya hidup, memang kita senantiasa menginginkan yang terbaik. Tapi, terkadang kita harus siap menghadapi kondisi yang tidak mengenakkan”
    Mau tidak mau ya mbak.
    Aku ngerasa kalau Asuransi Jiwa dan Kesehatan itu perlu dan penting banget

  56. niaharyanto says:

    Iya banget, Flexi Life ini sangat terjangkau ya. Kita bisa pilih premi yang sesuai dengan kemampuan. Dan tanpa perlu cek up pula klaimnya

Leave a Reply to Kartika Nugmalia Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s