Chatha Ulos: Tampil Trendy nan Casual dengan Baju Kombinasi Ulos

CHATHA ULOS, Siap Bergaya Casual dengan Baju Berbahan Kain Ulos

Kalau sudah masuk bulan berakhiran –ber (seperti: September, Oktober, November Desember), ini artinya, saya kudu mengalokasikan budget untuk berburu outfit nan kece. Maklum, ini musim banyak undangan, baik yang sifatnya formal maupun informal. Namapun perempuan yes, terkadang muncul hasrat untuk tampil “beda”, dan tetap menampilkan keindahan wastra nusantara dalam tiap acara.

Ketika scrolling IG demi mendapatkan inspirasi fashion, eh…. Mata saya tertumbuk pada akun IG  @chatha_ulos. Ulos. Ini kan kain tradisional khas Batak. HORAS!

Secara etimologi, Ulos adalah selimut. Selimut yang berguna untuk melindungi tubuh dari udara dingin serta menghangatkannya ketika udara sedang dingin. Matahari, api, dan ulos adalah sumber yang memberi panas kepada manusia menurut kepercayaan leluhur suku Batak. Dan, diantara ketiganya, Ulos menjadi sumber kehangatan yang paling akrab dan nyaman dalam keseharian manusia.

Yang menarik dari @chatha_ulos ini, banyak banget outfit kekinian yang di-create dari ulos plus kombinasi kain polos. Hasilnya? Super duper cakeeppp! Cek aja IG-nya, kakaaa. Kalian tentu setuju sama eikeh, ya kan.

Sebagai penggemar outfit serba colorful, sudah pasti saya jatuh cinta pada pandangan scrolling IG pertama. 😀 Ini desainernya brilian banget sih…. Piawai banget dalam hal memadupadankan antara bahan ulos dan warna-warni cerah ceria, sehingga tampak fresh, segar, casual, plus bisa jadi pakaian sehari-hari. Duh… mupeng deh, buat ketemu dan diskusi dengan desainer @chatha_ulos

Lagi-lagi saya scroll IG, dan ketemulah nama Martha Simanjuntak (athamarthaborujuntak) sebagai desainer sekaligus owner brand fashion berbahan ulos ini. Ibu Martha, perempuan nan cantik, lincah, elegan bin menawan, sangat passionate dalam memasyarakatkan kain ulos.

“Ulos itu wujud kasih sayang. Kalau di Batak, orang tua atau leluhur biasa memberikan ulos kepada anak keturunannya. Ada ritual yang disebut sebagai ritual mengulosi. Ritual ini memiliki beberapa aturan, diantaranya adalah bahwa seseorang hanya bisa mengulosi seorang yang secara silsilah berada di bawahnya. Jadi, anak tidak boleh mengulosi orang tua. Tapi, orang tua bisa mengulosi anak,” ucap Ibu Martha, yang juga Ketua IWITA ini.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan kalau beberapa jenis kain ulos identik dengan upacara adat. Ada filosofi yang demikian kuat di dalamnya. “Kalau ibu atau nenek memberikan ulos pada saya, maka sampai kapanpun ulos itu akan saya simpan, tidak akan saya berikan ke orang lain. Tapi, tentu ada tipe-tipe ulos yang menjadi lambang persahabatan, ini biasanya yang bisa diberikan ke teman atau kolega kita,” lanjutnya.

Seiring perkembangan waktu, Ulos tidak hanya diberikan kepada orang Batak saja. Tapi juga diberikan kepada orang “Non-Batak”. Pemberian ulos kepada orang Non-Batak ini biasanya dapat berarti sebagai sebuah simbol kasih sayang atau penghormatan.

Hadirkan Bisnis yang Dibangun Penuh Cinta Selayaknya Membangun Rumah Tangga

 “Saya ingin ulos ini bisa dipakai untuk all occasions. Bisa untuk casual style buat generasi millennial juga. Karena itu, saya bekerjasama dengan para pengrajin dan penjahit untuk melahirkan bisnis @Chatha_Ulos ini. Membangun bisnis ini ibarat membangun rumah tangga. Tentu harus kita lakukan dengan cinta, dan setulus hati,” tukas Ibu Martha.

Ijuk Pangihot Ni Hodong, Ulos Pangihot Ni Holong

Jika ijuk adalah pengikat pelepah pada batangnya, maka ulos adalah pengikat kasih sayang antar sesama.

Inilah kredo yang senantiasa bersemayam di kalbu Ibu Martha. Sehingga, Martha Simanjuntak (athamarthaborujuntak) mendirikan Chatha Ulos, dan menjadikan kain ulos ini sebagai hasil karya seni yang punya nilai estetika dan semangat modern, sekaligus kian memopulerkan kain ulos sebagai identitas budaya Indonesia.

Jenis Ulos untuk Brand @Chatha_Ulos

Tadi sudah saya singgung bahwa tidak semua kain ulos bisa diberikan ke semua orang, karena banyak filosofis yang terkandung di dalamnya.

Sebagai perempuan Batak tulen, Ibu Martha tentu sangat mafhum mengenai hal itu. Ia sungguh passionate mengangkat budaya Indonesia melalui keunikan kain ulos yang dipadukan dengan semangat modern melalui tangan terampil para pengrajin kain ulos yang ditenun sepenuh hati dan kreativitas, akan tetapi, ia pun harus memilah dan memilih mana saja jenis ulos yang bisa dipakai sebagai bahan baju

Ada tigas jenis ulos yang dipakai brand @Chatha_Ulos, yakni:

Kain Ulos Sadum

Di antara semua jenis ulos, ulos satu ini bisa dikatakan sebagai ulos yang memiliki warna dan corak yang paling bagus dan indah. Oleh karena itu, tidak heran apabila harga ulos satu ini mahal. Lebar ulos ini sendiri pun terbilang cukup lebar apabila dibandingkan dengan ulos lainnya.

Kain Ulos Mangiring

Ulos satu ini biasanya digunakan menggendong anak. Dulu, ulos satu ini biasanya dihadiahkan kepada pasangan muda atau sepasang kekasih. Seringkali, ulos ini diberikan kepada pasangan pengantin.

Kain Ulos Ragi Hotang

Dalam pesta adat, ulos ini sering digunakan. Sebab, memang, ulos ini akan tampak anggun ketika dipakai. Apalagi kalau motif dari ulos ini dari jenis yang bagus. Tentu akan tampak lebih anggun. Ulos Ragi Hotang termasuk salah satu Ulos yang mahal dan berkelas tinggi.

Saya terpukau dengan aneka baju yang ada di butik Chatha Ulos. O iya, tadi belum kujelasin ya, kalau Chatha Ulos ini membuka Butik Pertamanya di kota Surabaya! Wah, tentu perempuan Surabaya kian excited, karena bisa menjajal aneka kostum yang terpajang di sana. Lokasinya di mana? Tepatnya di Apartemen Taman Melati (area Business Center), Mulyorejo Utara Surabaya. Bisa langsung cek di Google Map aja ya.

Untuk yang berlokasi di luar Surabaya, no worries, tetap bisa kok menikmati indahnya perpaduan kain ulos dan kombinasi dengan cara order online.

Step by Step Order Chathaulos

1. Order baju Ulos ready to wear/custom melalui nomor official Chathaulos

2. Isi format pemesanan seperti nama, alamat lengkap, Nomor HP, Produk yang akan dibeli, dan ukuran (di Chathaulos ada M, L, XL)

3. Bayar DP 50%, produk akan dibuat setelah DP sudah ditransfer

4. Ulos pesanan akan diproses, barang selesai 3 hari kerja dan di luar durasi pengiriman. Harga yang tertera belum termasuk ongkos kirim.

—-

Alamat Gerai Chathaulos:

Area Business Center, Apartemen Taman Melati

Mulyorejo Utara – Surabaya

Advertisements

88 thoughts on “Chatha Ulos: Tampil Trendy nan Casual dengan Baju Kombinasi Ulos

  1. Wiwid Vidiannarti says:

    Makin bangga sama ragam budaya bangsa Indonesia, ya kak 😍 macam filosofi kain ulos ini,.
    Ternyata aku baru tahu kalo ulos artinya semacam simbol kasih sayang gitu. Bentuk lain dari mawar ya kak hahaha

  2. Rohyati Sofjan says:

    Semoga kain ulos popularitasnya bisa mendunia seperti batik. Sudah saatnya jenis kain tradisional ditampilkan ke masyarakat lebih luas dengan cara yang berterima untuk dikenakan sebagai bagian dari busana. Saya suka desain ulos karena unik dan enak dilihat. Ada sentuhan seni yang terasa purba lewat desain akin serta pewarnaannya.
    Sukses untuk Bu Martha, ya. Salut dengan kerja kerasnya demi memopulerkan ulos secara kekinian.

  3. blogger eksis says:

    Koleksi ulosnya kekinian banget kak.

    Oia aku mau tanya, kalo kain tenun kan ada motif khusus tuh antara cowok dan cewek.
    Nah, kalo ulos seperti ini apakah ada juga?

    Mohon informasinya ya*

    • bloggergunung says:

      Pantas di Ig banyak pose selebgram yang “berselimut” rupanya terinspirasi dari kain ulos ini ya. Warna yang cerah dan motif yang unik memang bagus untuk foto di lokasi wisata

      Salam
      Okti Li

      • Citra Junita says:

        Mau kepoin juga @Chatha_Ulos ah, kebetulan pengen punya nich kombinasi ulos aja buar acara resmi kayak ngerasa banngga aja punya baju dari kain traditonal gini

  4. Ainhy Edelweiss says:

    Aku baru tau soal kain ulos ini, bangga deh dgn kekayaan Indonesia, btw cantik banget motif motif kain ulos in kak, duh jd pengen punya deh

    • bloggergunung says:

      Kalau saya tahu ulos sih sudah sejak SD. Meski saya urang Sunda tapi di SD ada pelajarannya waktu itu kalau ulos adalah kain tenun khas dari Batak.

      Tapi kalau punya sih ya belum juga hehehe

  5. Kurnia amelia says:

    Aku senang sama motif kain ulos sangat beragam dan punya makna tersendiri. Semoga kekayaan budaya kain ulos ini bisa terus berkembang ya dan anak muda sekarang juga mencintai kain ulos ini.

  6. hidayahsulistyowati says:

    Saya selalu kagum dengan kain hasil tenun, karena bikinnya butuh ketelatenan. Motifnya yang rumit itu pasti susah ya bikinnya, apalagi warna-warnanya juga beragam. Cantiiik ulosnya mbak, harganya juga cantik mesti

    • Bambang Irwanto says:

      Keren sekali kain ulos ini ya, Mbak. Saya juga pengin punya. Apalagi kan ada juga motif untuk laki-laki. Dan kerennya lagi, sudah bisa diterapkan dalam busana ya, Mbak. Jadi pas dipakai ikut memperkenalkan juga kain tradisional Indonesia

  7. Perempuan Mei says:

    Aku pernah punya Kain Ulos hasil GA mbak, tapi ga bisa dibuat baju sih hheee
    Pengen deh punya Kain Ulos yg dibikin baju kayak model2 di Catcha Ulos ini,
    Aku juga udah cek IG nya mbak, bikin mupengg

  8. Rohmahdg says:

    Cara pesannya mudah ya mbak.
    Asyik nih ada Catha Ulos, kalau pengen punya baju berbahan kain ulos yg cocok buat outfit formal/informal bisa pesan via online di Catha Ulos ajahh.
    Mkasih informasinya ya mbak

  9. Desi Namora says:

    Waaahhh, harga ulosnya aja udah Alhamdulillah pricey bgt. Kalo udah dibuat baju kombinasi ulos, pasti harganya makin sesuatu ya Mba. Salah satu cara yg unik utk mengangkat budaya daerah.

  10. Helena Magdalena says:

    Ulos sadum must have item banget! aku punya beberapa soalnya cantik banget dan bisa dipakai kemana-mana. Dan ulos juga cantik kalau dipadupadankan dengan bahan lain dan dijadikan dress atau bawahan. lafff!

  11. naniknara says:

    Mau kepoin juga @Chatha_Ulos ah, kebetulan di lemari ada satu helai kain ulos pemberian teman dari Medan. Sudah bertahun-tahun tersimpan di lemari. Kali aja nemu ide buat dijadiin rompi

  12. vivi sylvia says:

    Terimakasih telah menulis tentang ulos ini mba..
    Saya sendiri orang Batak mandailing..
    Pake ulos hanya untuk acara-acara tertentu.. yang sering acara pernikahan..

    pun ketika merantau kita biasanya bawa ulos, gak dipake cuma disimpen aja gitu, mungkin supaya yang terlalu rindu kampung halaman kali ya filosofinya.

    sekali lagi terimakasih ya…

  13. Gurukecil says:

    Dengan kepiawaian para pecinta fashion, sekarang untuk tampil etnik akan semakin beragam pilihannya ya mbam.. dan juga bikin kita semakin bangga bahwa Indonesia itu kaya banget sama kain-kain khas daerah.

  14. Kang Alee says:

    Corak kain ulosnya bagus-bagus banget sih, jadi ikutan kepoin akun ignya neh. Eh, baru tahu lho, jenis-jenis Ulos dan kegunaannya, ternyata sama kayak batik ya, nggak asal pakai

  15. Jiah says:

    Ulosnya bagus banget ya dan ternyata banyak macamnya. Itu warnanya cerah-cerah jadi dipakai pun kelihatan kece. Indonesia memang kaya budaya nih termasuk soal kainnya

  16. mamahpalung says:

    Mungkin bisa dimodifikasi, Teh. Jadi luaran untuk kerudung atau rompi, bisa juga dijadikan tunik. Sepertinya harus dibawa ke tukang jahit yang ahli. Sayang jika kainnya dibiarkan saja. Padahal ulos itu istimewa karena bikinnya tidak mudah, pun pewarnaannya.

  17. Susi says:

    Saya baru tahu ada beberapa macam kain ulos. Dapat informasi baru….

    Kalau zaman dahulu kain ulos tidak bisa dipakai sembarangan orang, sekarang bisa dibeli siapa saja.

  18. apura1 says:

    Aku suka banget sama kain khas dari berbagai daerah di Indonesia. Semuanya unik. Kalau dikombinasikan dengan bahan polos atau batik jadinya cantikkkk banget

  19. yunihan09 says:

    Indonesia memang kaya keberagaman ya mbak. Termasuk aneka kain yg diproduksi tiap-tiap daerah. Kain ulos ini sangat khas motifnya, dipadukan dg kain lain tetap cantik….apalagi dijadikan outfit pasti bikin pemakainya terlihat cantik dan menawan.

  20. Rosanna Simanjuntak says:

    Wow!
    Aku langsung ke tkp ig @chatha_ulos
    Pasti perlu ketelitian tinggi ya, padu padan ulos begitu
    Btw, rasanya aku juga punya ulos yang warna cerah, hadiah pernikahan

    annarosanna(dot)com

  21. susie ncuss says:

    wah…pengetahuan baru nih mengenai kain ulos.
    saya baru tau kalau Kain Ulos Ragi Hotang lah yang dipakai ibu-ibu dari suku batak yang membuat mereka nampak anggun dan berkelas 😀

  22. si klimis says:

    duh aku suka banget sama kain kain tradisional Indonesia, Aku juga sering bikin baju dengan kombinasi kain tradisional dengan kain biasa, meskipun tradisional tetapi tetap keren maksimal

  23. dapurhamsa says:

    Gak tau kenapa kalau liat ulos ingetnya sama ibuk2 pejibit hehe. Btw aku naksir yang udah dimodif jd baju gtu mbak, kyknya cocok dipakai ke pesta atau kondangan apalagi kalau ada kesempatan event ke luar negeri yaaa😁

  24. Kesih latief says:

    Memang kebudayaa Indonesia itu beragam ya, busana adat nya pun banyk sekali. Seperti kain ulos ini yg tampil cantik kekinian, warna nya yg colourful sgt menarik perhatian. Saya jg baru tahu ada macam2 jenis kain ulos beserta kegunaan nya. Makasih ilmu nya kak, sgt bermanfaat sekali.

  25. helenamantra says:

    udah kepo-in IG Chatha Ulos, duh modelnya cakep-cakep deh. Batik dan tenun udah biasa. Nah yang ulos nih aku belum punya koleksinya.

  26. Diah Woro Susanti says:

    Ulosnya cantik-cantik banget kak. Aku pernah punya ulos biru dikasih kakak angkat. Trus wkt SMP kukasih ke org yg kusukai. Cinta pertama. Trus ujungnya nyesel hahaa

  27. Ade UFi says:

    Wah ulos ternyata banyak jenisnya ya. Saya mah ga paham ulos macam mana. Lucu juga ya kalau kain tradisional dijadikan baju casual yg cantik. Tapi pasti harganya ga murah.. huhuhu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s