Merasa Baik

Merasa Baik

“Jika setan tak mampu membuatmu melakukan keburukan dan kebathilan, maka setan akan menjadikanmu MERASA BAIK.”

Saat diri merasa buruk, (biasanya) kita akan berusaha memperbaiki diri.

Namun, saat diri merasa baik, semua keburukan bakal terjadi. Karena pada hakikatnya, orang yang merasa baik, tidak ada yang dipikirkan selain diri sendiri.

Merasa baik, tidak sempat menilai diri terhadap kekurangan. Karena yang dirasakan hanya kebaikan dirinya. Karena yang ia rasa hanya kebaikan dirinya. Yang dia lihat adalah keburukan dan kekurangan orang lain, sampai ia melupakan kekurangan dirinya.

Merasa baik, adalah keburukan yang paling buruk. Karena merasa baik, adalah salah satu penyakit hati.

“Sesungguhnya Allah mewahyukan kepadaku agar kalian bersikap rendah hati, hingga tidak seorang pun yang BANGGA atas yang lain, dan tidak ada yang berbuat aniaya/dholim terhadap yang lain.” (HR Muslim No. 2865)

Tampak baik bukan berarti baik. Bahkan sebaliknya. Merasa baik adalah seburuk-buruknya rasa. Karena rasa ini menjadikan pemiliknya tidak bisa menilai kesalahan diri sendiri. Tidak mungkin bisa menyesali kekeliruannya. Karena pemiliknya merasa tidak pernah bersalah. Yang ia rasa hanya kebaikan dirinya. Takjub dengan dirinya sendiri.

Padahal salah satu perintah Rasul adalah: agar kita pandai menangisi dosa-dosa kita. Bagaimana mungkin bisa, kalau yang dirasakan hanyalah kebaikan yang dipunya.

Published by @nurulrahma

aku bukan bocah biasa. aku luar biasa

16 thoughts on “Merasa Baik

  1. “Merasa baik” hingga menutup mata dari kebaikan orang lain memang gak baik ya Mak. Dan BANGGA itu salah satu sifat yang saya coba hindari karena menurut saya bisa mengarahkan kita kepada merasa baik dan takabur. Na’udzubillah. Terima kasih reminder-nya, Mak.

  2. Barakallah mbak, terimakasih atas tulisan yang bisa menjadi pengingat terutama bagi saya. Kerena memang benar orang yang merasa baik itu lebih buruk karena dia tidak merasa melakukan kesalahan.

  3. Pas banget dengan pepatah jawa “ojo rumongso biso, tapi biso rumongso”

    Rumongso biso, merasa bisa padahal sejatinya tak bisa adalah awal dari sebuah keburukan

  4. Ringkas tapi padat nih. Isinya daging banget. Semoga kita terhindar dari rasa merasa diri sudah bisa ya. Betul, sebagai manusia, seharusnya kita merasa harus terus belajar dan belajar, tidak ada kata sudah bisa… Karena itu termasuk sombong alias penyakit hati.

  5. baca tulisan ini sediiih banget deh Nurul… aku kadang sampe sering nyubitin diriku sendiri, betapa aku ini orang yang paling buruk secara akhlak, secara lisan 😦
    aku tu ceplas ceplos kalo ngomong, dan kadang jadi kontroversi karena tanpa saringan mulutnya!

    Makasih udah ingetin aku bahwa yaaa memang di dunia ini GA ADA ORANG BAIK DAN SEMPURNA dan semoga kita ingat untuk selalu tawadhu ya

  6. Bahkan, memberi nasihat baik pun bisa saja karena “merasa baik” tadi ya mbak 🙂

    Semoga kita selalu dimudahkan dalam menjadi baik, menilai dengan baik, dan berprasangka baik, terhadap apapun. Aamiin

    Terima kasih pengingat baiknya untuk kita semua, ya mbak Nurul.

  7. mantap kultum nya mbak, hehe
    serius mbak, ini jadi pengingat diri..
    kadang suka merasa baik, huhuhu
    semoga kita semua bisa selalu berbuat baik ya mbak

  8. Terima kasih informasinya mba, emang benar kadang dengan kita merasa lebih baik kita memandang buruk orang yang tidak seperti kita. Padahal bisa jadi yang kita anggap buruk lebih baik dari kita.

  9. Baca ini pagi hari pas nemenin putra saya terapi. Masya Allah. Terima kasih sudah mengingatkan mba. Sejatinya gak ada manusia yang sempurna. Kalo sampai kita ‘merasa baik’ dengan diri sendiri, lupa menginstrospeksi diri, bahkan abai memperbaiki diri, sesungguhnya kita menjadi orang-orang yang merugi.

  10. betul sekali nih mba, ini yang terburuk memang kalo orang sudah merasa baik or paling baik, jadi terkadang justru malah lalai sama orang dan tanpa sadar malah dzalim ini yang lebih menyeramkan

Leave a Reply to Nurhilmiyah Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: