Enjoy Wisata ke Masjid Kubah Emas Dian al-Mahri!

Ada beberapa saudara saya yang berdomisili di Jabodetabek. Ada yang di Jakarta Selatan. Ada yang di Depok, Tangerang Selatan, juga ada yang tinggal di Bekasi. Jadi, saya kalau lagi main ke Jakarta tuh, suka ngebatin, ini enaknya mampir ke rumah saudara yang mana yak? Qiqiqiq. Kuatirnya, saya mampir yang di Depok, eh, trus yang di JakSel, membatin, kok si Nurul kagak mampir ke mari dah. Nah lo 😊

Akhirnya, kalau memang waktu untuk ngetrip kagak terlalu panjang, ya sudah, saya putuskan menginap di hotel aja dah. Toh, kita bisa cari hotel dan penginapan apapun dengan gampil surampil. Hotel di Jakarta Timur, misalnya. Wah, jumlahnya segabruk, dan kita bisa milih mau nginep di lokasi Β seperti apa, dengan detail fasilitas kayak gimana, dan budget berapa. Semua ada!

Yang jelas, kalau udah cuss ke Jakarta, alangkah assoy geboy-nya kalau kita explore kota yang makin ciamik ini! Saya udah pernah naik MRT, satu kali, dengan rute Lebak Bulus menuju Bundaran HI. Next, pengin ngeluyur lagi sih, naik KRL, MRT, LRT, dan tentu saja Transjakarta!

O iya, mau cerita-cerita dikit ah, destinasi mana aja, yang sempat saya samperin pas main ke Jabodetabek. Cekidot!

(1). Masjid Kubah Emas Dian al-Mahri

Namapun traveling ngajak ibu mertua, udah pasti destinasi yang kami tuju kudu β€˜berbau’ religious. 😊 Beliau request untuk jalan-jalan ke Masjid Dian Al Mahri. Yap, masjid yang fenomenal dan dikenal juga dengan nama Masjid Kubah Emas ini, adalah sebuah masjid yang dibangun di tepi jalan Raya Meruyung, Limo, Depok di Kecamatan Limo, Depok. Selain ebagai menjadi tempat ibadah bagi umat muslim sehari-hari, kompleks masjid ini juga menjadi kawasan wisata keluarga dan menarik perhatian banyak orang karena kubah-kubahnya yang dibuat dari emas. Selain itu, karena luasnya area yang ada dan bebas diakses untuk umum, Masjid ini sering menjadi tujuan liburan keluarga atau dijadikan tempat beristirahat.

Dengan luas kawasan 50 hektare, bangunan masjid ini menempati luas area sebesar 60 x 120 meter atau sekitar 8000 meter persegi. Masjid ini sendiri dapat menampung sekitar kurang lebih 20.000 jemaah. Kawasan masjid ini sering disebut sebagai kawasan masjid termegah di Asia Tenggara.

Masjid Dian Al Mahri memiliki 5 kubah. Satu kubah utama dan 4 kubah kecil. Uniknya, seluruh kubah dilapisi emas setebal 2 sampai 3 milimeter dan mozaik kristal. Bentuk kubah utama menyerupai kubah Taj Mahal. Kubah tersebut memiliki diameter bawah 16 meter, diameter tengah 20 meter, dan tinggi 25 meter. Sementara 4 kubah kecil memiliki diameter bawah 6 meter, tengah 7 meter, dan tinggi 8 meter. Selain itu di dalam masjid ini terdapat lampu gantung yang didatangkan langsung dari Italia seberat 8 ton.

Selain itu, relief hiasan di atas tempat imam juga terbuat dari emas 18 karat. Begitu juga pagar di lantai dua dan hiasan kaligrafi di langit-langit masjid. Sedangkan mahkota pilar masjid yang berjumlah 168 buah berlapis bahan prado atau sisa emas.

Secara umum, arsitektur masjid mengikuti tipologi arsitektur masjid di Timur Tengah dengan ciri kubah, minaret (menara), halaman dalam (plaza), dan penggunaan detail atau hiasan dekoratif dengan elemen geometris dan obelisk, untuk memperkuat ciri keislaman para arsitekturnya. Ciri lainnya adalah gerbang masuk berupa portal dan hiasan geometris serta obelisk sebagai ornamen.

Wawww, amazing ya? Sempatin main ke sini deh, kalau kalian lagi jalan-jalan ke Jakarta dan sekitarnya, okaaayy?

(2). AEON Mall BSD City

Anak saya tuh demen ama hal-hal yang berbau Jepang2 gitu deh. Trus, tantenya yang di TangSel bilang, ada mall AEON di Kawasan BSD City. Cuss lah, kita ke sana! Terkesima banget dengan detail supermarketnya yang tsakeeepp, plus aneka sushi murah meriah starts from 3 ribu ajaaaa! (ini harga sekitar 3 tahun lalu, ya). Wah wahhh, langsung kalap deh, ngeborong ntuh sushi. Tak lupa beli Takoyaki yang juga endues markindes.

Sayangnya kami ke sini dalam kondisi lagi puasa. Jadi, semua makanan di-take away, trus nyampe rumah, kondisinya udah nggak se-menggiurkan ketika masih di mall, yhaaa. Hahahah.

***

Aaakkk, tak akan pernah bosan deh explore negara tercinta ini. Apalagi, saya demen wisata kota, jadinya insyaAllah bakal balik ke Jakarta lagi, dan men-contreng aneka bucket list. Masih banyaaaakk yang belum disamperin. Semoga ada rezeki, kesehatan dan wabah corona udah ber-hasta la vista yaaa.

Hmm, habis gini, nginep mana lagi di Jakarta yaaa. Mau browsing Traveloka, ah. Bisa jadi cerita untuk anak cucu kitaa ye kan? (*)

70 thoughts on “Enjoy Wisata ke Masjid Kubah Emas Dian al-Mahri!

  1. Bang Dzul says:

    Udah lama banget aku gak ke sini. Perama kali dibangun, aku masih tinggal di Depok. Sekarang jadi kayak destinasi religi ya. Bagus banget karena meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

  2. bloggergunung says:

    Wah halamannya sudah banyak berubah ya. Saya terakhir ke sana lima tahun lalu. Hehehe… Dian Al Mahri ini memang diburu orang karena keunikan kubahnya. Padahal dulu halamannya gak seperti taman begitu…

  3. Lina W. Sasmita says:

    Duh coba pas saya lagi di Depok ya. Masjid Kubah Emas ini dekat banget sama rumah keluarga suami saya di Sawangan Depok Mbak. kalau pas kami di sana bisa banget kita kopdar sebentar.

  4. Dian Restu Agustina (@dianrestoe) says:

    Iya ya, kalau banyak saudara mending nginep di hotel aja, haha
    Beberapa kali aku ke Masjid Kubah Emas kalau pas saudara datang ke Jakarta..jadi sekalian diajak wisata. Duh terakhir 4 tahun lalu kayaknya. Kalau ke Aeon Mall BSD 1-2 kali sebulan ke sini karena dekat rumah

  5. tutyqueen says:

    Masjid Kubah Emas aku belum pernah kesini pengen banget jadinya setelah lihat foto-fotonya. Kalau AEON Mall BSD dekat dari rumahku mbak jadinya udah sering mondar-mandir hehe

  6. Mugniar says:

    Ke Jakarta bareng keluarga asyiknya nginap di hotel ya Mbak Nurul. Lalu ke destinasi wisata yang dekat-dekat hotel.Masjid kubah emas ini baru kutahu, tengkyu infonyaah.

  7. ameliatanti says:

    Ini kan baru mesjidnya yaaa kebayang gak kalau ke rumah si empunya mesjid, aka Ibu alm Dian ini?

    Huhuuuy kebayang kan, betapa meeevvvvvvaaaahnyaaaaa.. dia punya mini market sendiri – punya mesin ATM sendiri!

  8. Maria G Soemitro says:

    Penasaran banget dengan Masjid Dian Al Mahri, teman teman Pengajian udah kesana, sayang waktu itu ada halangan
    Beruntung baca tulisan Mbak Nurul, dapat kisahnya, sehingga kalo waktunya kesana udah tahu kisahnya
    Terimakasih ya

  9. Reyne Raea says:

    Bagus banget masjid Dian Al Mahri ini Mbak, kalau anak saya bisa mampir sholat di sini pasti dia senang banget.

    Si kakak tuh kalau kita pergi-pergi dia paling senang kalau kita mampir di masjid yang megah dan unik, semoga nantinya bisa kembali petualangan ke sini, saat wabah Corona telah mereda, aamiin πŸ™‚

  10. dewimedia says:

    Aku baru dua kali berkunjung dan melakukan ibadah di Masjid Kubah Emas, Mba. Pengen lagi ke sana, tapi sikon keluarga biar bisa ke sana lagi bareng belum terlaksana. Luas dan apik masjidnya πŸ™‚

  11. nurhilmiyah says:

    Mba Nurul, saya pingin banget ke Masjid Dian Al Mahri ini… sering disebut Masjid Kubah Emas ya… mudah-mudahan kesampaianlah bisa sholat juga di sini hehe… makasih informasinya ya Mbak…

  12. thya says:

    wah, serunya yang wisata ke kubah emas..
    sayang, sekarang lagi ditutup ya tempat-tempat wisata karena virus corana..
    semoga drama virus ini segera berakhir biar bisa wisata juga kayak mba nya.. hehe πŸ™‚

  13. lyamalia says:

    Bentuk arsitek mesjidnya hampir mirip kayak di mekah madinnah yaa mbak. Keren. Cuma kalau foto pas siang hari kerasa panas banget. Next mau aku coba ahh

  14. Alfa Kurnia says:

    Ah, sayang sekali pas ke AEON Mall akhir tahun kemarin nggak nyoba beli sushinya. Padahal banyak yang bilang enak dan murah. Tapi memang besar ya AEON Mall BSD itu dan isinya bermacam-macam banget.

    • dapurhamsa says:

      Dulu banyak beredar masjid ini dibangun jin dll krn tiba2 aja dr tanah kosong ada masjid wkwwk. Mungkin kyknya ni masjid dibangun privat gtu kali ya πŸ˜€
      Jd pengen ke sana deh, tapi apa daya masih blm boleh keluar rumah gini krn kondisi, moga nanti bisa sholat di sana aamiin

  15. lendyagasshi says:

    Pas ke GIIAS, kami nginep juga di daerah BSD.
    Pengen banget ke AEON Mall, tapi ga kesampaian karena tenaganya uda terkuras habis.
    Hihii…kapan-kapan pengen nge-mall ke AEON.

  16. Zia says:

    Ibuku udah pernah ke sana bareng temen-temen pengajiannya, pas awal-awal baru dibuka setelah pembangunan. Masyaallah liat fotonya aja indah. Kebayang kalo langsung ke sana. Next harus kesana juga ibadah di sana sambil wisaya religi ya.

  17. Mugniar says:

    Baru mau tanya, beneran ini ada emas di kubahnya? Eh nemu penjelasan ini: hehe: dilapisi emas setebal 2 sampai 3 milimeter dan mozaik kristal.

    Ok deh, semoga suatu saat bisa ke sana.

  18. Citra says:

    Aku penasaran banget lho dengan masjid ini. boleh tanya enggak Kalau agama yang non muslim boleh datang dan melihat masjid yang memiliki kubah emas ini tak

  19. Mugniar says:

    Sudah komen masjid, mau komen makanan lagi

    Sayangnya kami ke sini dalam kondisi lagi puasa. Jadi, semua makanan di-take away, trus nyampe rumah, kondisinya udah nggak se-menggiurkan ketika masih di mall

    Nah ini noted ya kalo makanan Jepang makannya sebaiknya di tempatnya saja. Eh, begitu ya?

  20. Efi Fitriyyah says:

    Wow aku terpesona sama elemennya Masjid ini. Itu gimana ngangkutnya, ya? wkwkwkwk pertanyaan ga penting. Ya penting itu penampakannya estetis ya. Dah lama ga maen ke luar kota nih. Pengen piknik lagi. Nunggu kondisi luckdown ya udah diunlock. Semoga ada waktu dan rejekinya ke sana.

    • Damar Aisyah says:

      Aku juga blm.pernah ke Majid Kubah Emas. Bolak-balik dijadwalin selalu gagal aja kalah sama pilihan bocil.Next habis lebaran mau ke sana sm Ibu-ibu ngaji, semoga situasi sudah oke.

  21. helenamantra says:

    Sebagai mantan penduduk Depok, aku malu belum pernah ke masjid kubah emas. Weheheh… malah suami yang pendatang udah pernah ke sana, gak ngajakin pula. Katanya sih jauh dari stasiun. Bener gak, mbak?

  22. Melina Sekarsari says:

    Kakiku pun gatal kepengen jalan-jalan. Sabar menanti sampai wabah corona mereda. Aku pernah ke Masjid Kubah Emas. Cantiiik … Betah deh berlama-lama di dalam. Tapi memang kalau siang, di bagian ruang terbukanya wuih panas banget.

    Lama banget kami di sana karena banyak acara jalan-jalan di taman berdua sama teman. Curhat sambil makan rujak, hahaha …

  23. gemaulani says:

    Aku ke Jakarta baru nyoba naik Transjakarta doang malah hehehe, pengenlah nanti nyoba MRT, commuter line dan kawan-kawannya. Duh kubah emas, sejak SMP pengen ke sana gegara lihat teman foto latarnya kubah emas, sampai sekarang belum kesampaian. Semoga suatu hari nanti ku bisa ke kubah emas. Wah gila sih jadi masjid termewah di kawasan Asia Tenggara. Udah gitu emasnya sampai 18 karat ya dan luas tanahnya 50 hektare Masyaallah

  24. April Hamsa says:

    Percaya atau engak aku baru sekali ke masjid itu wkwkwk, pdhl dulu deket banget sama rumah depok. Pas ke sana soalnya pas wiken dan ya ampun pengunjungnya banyak sekali dr yg piknik2 itu rombongan. Pdhl pengennya ke masjid yg suasananya lbh syahdu haha

  25. Sani says:

    Dulu masjid ini top bgt sampe ke Lampung. Berbondong-bondong kelompok pengajian wisata ke masjid kubah emas. Tapi saya belum pernah, hampir lupa pun. Moga kelak bisa ksana hehe

  26. naniknara says:

    Belum pernah ke situ.
    Bolak balik ke Jakarta, karena urusan kerjaan jadinya nggak sempat jalan-jalan. Kalau ada waktu, jalan-jalannya palingan ke thamrin city atau pasar tanah abang

  27. Andiyani Achmad says:

    situasi lockdown dan social distancing begini bikin rindu staycation sama keluarga ya, meski baru dua hari sih emang hehehhe… semoga semua cepat pulih seperti sedia kala ya. Virus COVID-19 lekas hilang dan sirna, kita semua sehat aamiin

  28. Inna Riana says:

    aku yg di bogor belum masuk ke mesjid kubah emas. pernah lewatin pagernya doang waktu ada perlu ke daerah situ. pagi2 oas belum waktunya shalat. andai pas waktu shalat, pasti mampir

  29. Dian Restu Agustina says:

    Selalu senang berada di masjid Kubah Emas ini..kagum dengan desainnya dan suka dengan kondisinya yang terawat dan terjaga

  30. Rosanna Simanjuntak says:

    Pernah ke Dian Al Mahri, saat jadi warga metropolitan. Sekitar tahun 2006 dan 2007.
    Terpesona. Berasa di Timur Tengah.
    Semoga kelak bisa ke sini lagi.

    Dan, yup, Traveloka juga masih OTA, kesayangan!
    Tos, atuh, lah mba Nurul!

  31. FollowersPromotion.com says:

    adalah sebuah masjid yang dibangun di tepi jalan Raya Meruyung, Limo, Depok di Kecamatan Limo, Depok. Masjid ini selain sebagai menjadi tempat ibadah salat bagi umat muslim sehari-hari, kompleks masjid ini juga menjadi kawasan wisata keluarga dan menarik perhatian banyak orang karena kubah-kubahnya yang dibuat dari emas. Selain itu karena luasnya area yang ada dan bebas diakses untuk umum, sehingga tempat ini sering menjadi tujuan liburan keluarga atau hanya sekadar dijadikan tempat beristirahat.

  32. echaimutenan says:

    Aku malahan cuma pernah lewat tok kubah emas. Belum pernah sengaja ke sana mbak. Pengen seh tapi malah ga jadi-jadi sampe skrg wlau deket sebenare

    Nti ah sesekali ke sana lagi

  33. Uniek Kaswarganti says:

    Emang ya kalau punya banyak saudara gitu, yang satu dikunjungi, yang lain juga pengin dikunjungi. Padahal mungkin kita hanya punya waktu terbatas hehee… serba salah jadinya.

    Aku mupeng banget lho mba lihat Masjid Kubah Emas ini pengin ke sana.

  34. Citra says:

    Bolak balik ke Jakarta selalu ingin pergi ke tempat yang unik dan menarik seperti masjid ini dan gereja katolik yang bangunannya Keren seperti masjid ini cuma hanya dalam angan saja belum pernah terwujud

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s