Program Kelas ASIK, Kontribusi Astragraphia untuk Industri Kreatif UMKM Indonesia

Apa kesan dan pesan tentang tahun 2020?

Kemungkinan besar, mayoritas dari kita akan menjawab: 2020 adalah tahun yang mengerikan, menyedihkan, membuat stok air mata kian menipis, emosi jiwa membahana meledak-ledak, lantaran tantangan dan aneka kesulitan hidup yang tak kunjung reda.

Hal ini juga menimpa para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Coba deh, manteman jalan-jalan sebentaarrr aja di pusat perbelanjaan/mall di kota Anda. Trus pantengin, betapa banyaaakk tenant yang mendadak tutup/bangkrut. Lagi-lagi alasannya karena pandemic. Operational cost yang terlampau tinggi, tidak berbanding lurus dengan omzet. Ya gimanaaa, para konsumennya kan juga kudu ngirit budget. Plus kita juga disarankan untuk tidak kluyuran ngemall, kan. Beberapa tenant food and beverages di mall favoritku Royal Plaza, juga terdampak banget!

Data BPS menyebutkan bahwa sekitar 82,80%, pelaku UMKM pendapatannya menurun drastis. Biyuuhhh, ngeri ya? Situasi ini tentu membawa multiplier effect. Bila pegiat UMKM kudu pontang-panting menyelamatkan usaha, tapi berujung kegagalan… artinya, bakal banyak jumlah pekerja yang kudu menelan pil pahit bernama PHK. Sedih.

***

Untunglah, sejumlah korporasi tanggap dan menaruh concern terhadap situasi pelik semacam ini.

Adalah Astragraphia, perusahaan publik yang didirikan pada tahun 1975 dan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 1989. Sebagai pilar bisnis Astra Group di bidang teknologi informasi, Astragraphia fokus pada ruang lingkup bisnis Printing and Digital Services. Astragraphia memiliki Portofolio bisnis Document Solution dengan mitra eksklusif Fuji Xerox, menghadirkan solusi end-to-end mulai dari kebutuhan cetak personal, perkantoran (office services), Graphic Art hingga managed print services, tentunya dengan mesin cetak yang mumpuni.

Astragraphia berkomitmen mendukung pertumbuhan industri kreatif, sehingga menempatkan “Kewirausahaan” sebagai pilar baru kontribusi sosial perusahaan CSR Astragraphia di tahun 2020.

Sebagai bukti konkret kontribusi di Pilar Kewirausahaan ini, #Astragraphia mempersembahkan Program ”Kelas ASIK” (Kelas Astragraphia untuk Industri Kreatif). Kelas ini siap menjadikan produk pelaku UMKM di industri kreatif naik kelas, go-online dan memiliki value kuat, sehingga punya daya saing di level yang lebih tinggi. Tentu saja, ini membuat para pelaku UMKM kian bersemangat dan siap totalitas dalam menghadapi tantangan maupun “badai pandemic” ini.

Sekilas tentang Kelas ASIK

Konsep Kelas ASIK sendiri sudah ada sejak tahun 2000, sebagai wujud kontribusi nyata Astragraphia dalam rangka membantu UMKM meningkatkan brand awareness dan omzet penjualan, agar UMKM semakin berdaya saing, go-online, dan naik kelas.  

Peserta Kelas ASIK merupakan pelaku UMKM, khususnya usaha mikro dan kecil yang tersebar di Pulau Sumatera, Pulau Jawa, hingga Pulau Kalimantan dengan omzet mulai dari 2 juta rupiah hingga 400 juta rupiah perbulannya. Produk pangan yang dijual peserta beraneka ragam, seperti seafood segar, susu segar dan olahan hasil peternakan, dimsum, abon dan daging sapi, daging ayam, kopi, telur asin, lauk pauk, makanan ringan, hingga minuman siap saji.

Selama Kelas ASIK berlangsung, peserta Kelas ASIK mendapatkan materi-materi yang diharapkan dapat membantu peserta dalam membuat kemasan produk yang lebih menarik sehingga dapat mendorong penjualan produknya. Tema di Kelas ASIK di antaranya: Packaging Freedom, Packaging & Labeling Design Workshop, On Demand Services dan Online Promotion.

***

Dengan hadirnya Kelas ASIK, para pegiat UMKM bakal kian semangat dalam menggarap pasar. Optimisme ini membuncah manakala saya mengikuti Bloggers Gathering yang dilangsungkan secara virtual melalui aplikasi zoom. Mengusung tema “Kontribusi Sosial Astragraphia untuk Industri Kreatif ”, kegiatan ini mengupas tuntas seputar apa dan bagaimana kiprah Astragraphia dalam melakukan support dan pendampingan bagi pegiat UMKM.

Dalam online bloggers gathering ini, hadir Ibu Melinda Pudjo, selaku Chief of Corporate Communications Astragraphia. Beliau menyampaikan bahwa Astragraphia mengambil tindakan nyata dan berkontribusi optimal untuk mendukung para pelaku usaha mikro dan kecil menengah (UMKM) yang bergerak di industri kreatif. Khususnya yang bergerak di subsektor fashion, kuliner, dan kriya. Dukungan dan kontribusi ini diberikan melalui program Kelas ASIK (Kelas Astragraphia untuk Industri Kreatif).

Tahun pertama penyelenggaraan Kelas ASIK, telah memberikan kemanfataan bagi 415 pelaku UMKM. Mereka tersebar di Pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan Bali. Tim Astragraphia memberikan pendampingan dan pelatihan bagi para pengusaha UMKM, dengan omzet mulai dari 2 juta hingga 40 juta rupiah perbulannya.

Inilah wujud nyata komitmen Astragraphia dalam mendorong pertumbuhan industri kreatif di Indonesia, Sejumlah workshop dan roadshow digelar, mengedepankan kemasan kreatif dan desain grafis. Astragraphia menghelat beragam program, yang berkolaborasi dengan sejumlah institusi dan komunitas.

Kegiatan yang dilakukan dari kota ke kota, telah menggandeng berbagai pemangku kepentingan. Mulai dari lembaga pemerintahan, asosiasi profesi, yayasan, UMKM, hingga komunitas.

Astragraphia untuk tetap dapat melaksanakan program kontribusi sosial untuk pelaku usaha mikro dan kecil. Secara cepat dan kreatif, melalui implementasi teknologi digital, Astragraphia menjalankan rangkaian program Kelas ASIK dalam bentuk pelatihan daring mengenai teknologi digital printing, aplikasi kreatif untuk kemasan/label produk, dan juga online promotion. 

Selain itu program Kelas ASIK juga mempublikasikan profil bisnis pelaku usaha mikro dan kecil secara gratis melalui media komunikasi Astragraphia http://www.ofiskita.com, dan memfasilitasi mereka untuk mencetak berbagai materi promosi usahanya cukup dari rumah masing-masing melalui platform online printing http://www.printqoe.com.

Dalam virtual bloggers gathering ini, hadir pula Ibu Novi Kurnia Setiawati, pengusaha UMKM asal Purbalingga Jawa Tengah, yang juga founder Abon Cap Koki. Ibu Novi adalah Peserta Kelas ASIK Batch 1. Dengan antusiasme yang menggelegak, beliau mengisahkan aneka benefit yang didapatkan ketika mengikuti Kelas ASIK.

Edukasi dari Astragraphia, diakui memberikan wawasan baru untuk berkreasi menciptakan kemasan untuk produk abon buatannya.  Pengenalan teknologi digital printing,  membuatnya memiliki banyak pilihan mencetak personalisasi stiker/ label berkualitas tinggi dalam jumlah fleksibel sesuai kebutuhan.

Hal ini bisa terjadi karena didukung mesin cetak yang mumpuni, dan kita tahu Astragraphia sangat expert dibidang office services dan document solution. Kemasan sebagus ini pasti mempengaruhi harga jual makanan tersebut (tentunya lebih mahal).

 “Edukasi dari Astragraphia memberikan saya wawasan baru untuk berkreasi menciptakan kemasan yang menarik untuk produk abon saya. Pengenalan teknologi digital printing membuat saya memiliki pilihan untuk mencetak personalisasi stiker/label berkualitas tinggi dalam jumlah yang fleksibel sesuai kebutuhan. Selain itu, fasilitas publikasi profil usaha di kanal digital OFiSKITA milik Astragraphia membantu saya dalam memperluas pasar. Saya harap Astragraphia terus mendukung kami pelaku usaha mikro dan kecil yang bergerak di industri kreatif.”

“Saya harap Astragraphia terus mendukung kami pelaku usaha mikro dan kecil yang bergerak di industri kreatif.” Ungkap Novi Kurnia

Hal yang sama juga dirasakan ibu Elizabeth Susan, Owner Nostra Gallery dan sang putri Natalia Stella Nostra pemilik Jingga Craft. Dengan mengikuti Kelas ASIK dari Astragraphia, mereka bisa naik kelas dan melakukan inovasi produk, salah satunya melalui packaging (kemasan).

Sepanjang tahun 2020, #CSRAstragraphia juga mengembangkan kegiatan kontribusi sosial melalui pilar pendidikan, lingkungan, kesehatan, dan kewirausahaan. 

Pada pilar pendidikan, “Competence Aid Program (CAP)” sejak tahun 2000 memberikan pelatihan lebih dari 1.200 pelajar/guru/mahasiswa. Selain itu bantuan beasiswa pendidikan kepada siswa SMK Binaan Astragraphia.

Dukungan juga diberikan terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), berupa pencetakan, pendistribusian buku aktivitas anak (workbook) sejak tahun 2017. Total 11.150 workbook,  telah diberikan kepada PAUD yang berada di wilayah Semarang, Flores, Denpasar, Bogor, Demak, dan Boyolali.

Sementara pada pilar lingkungan, telah dijalankan kampanye mengurangi plastik dan pengelolaan limbah terintegrasi.  Pada Pilar kesehatan,  diadakan donasi kesehatan kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19,  terutama di sekitar lingkungan kantor Astragraphia. Donasi berupa uang tunai, sembako, Alat Pelindung Diri (APD), disinfektan, kegiatan donor darah, serta pencetakan materi edukasi pencegahan penyebaran Covid-19.

Yuana Rochma Astuti – Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengatakan, “Pelaku UMKM di industri kreatif perlu didukung untuk dapat bertahan, berjuang, dan berhasil melewati masa pandemi yang sulit. Kemenparekraf mengapresiasi keseriusan Astragraphia untuk memajukan industri kreatif melalui program yang selaras dengan fokus bisnisnya. Saya harap, Astragraphia mampu melanjutkan semangatnya dengan meningkatkan kesadaran pelaku UMKM, khususnya usaha mikro dan kecil, akan pentingnya peran kemasan dan label produk, mendampingi mereka untuk berkreasi melalui teknologi dan layanan printing & digital yang Astragraphia miliki, serta memfasilitasi mereka untuk menciptakan kemasan yang menarik. Saya yakin dengan produk yang berkualitas dan ditambah dengan kemasan produk yang unik, modern, dan berkelas, akan melipatgandakan nilai sebuah produk kreatif sehingga dapat berkompetisi di pasaran.”

129 thoughts on “Program Kelas ASIK, Kontribusi Astragraphia untuk Industri Kreatif UMKM Indonesia

  1. Lidia says:

    Aku mb, contohnya usahaku berhenti total ini sejak pandemi, padahal baru mulai, alhamdulillah bukan penghasilan utama, jadi masih bisa napas, hiks. Penting nih mb program seperti ini untuk industri kreatif umkm Indonesia apalagi yang baru mulai merintis ya.

    • Okti Li says:

      Sam seperti saya dong Mbak
      Saya dan komunitas di kampung, langsung terdampak dari pandemi ini
      Semoga saja selalu ada jalan lain untuk kitawncati nafkah halal ya

      Program ASIK ini memang sangat bagus untuk kondisi kita sekarang

    • Yuni Handono says:

      Pandemi memang membuat hampir semua orang terdampak. Bener2 nangis mbak kalau ingat segalanya…tapi kita memang harus bangkit, karena hanya meratapi yang sudah terjadi tanpa berusaha malah membuat kita makin terpuruk ya… salut banget dengan upaya Astragraphia ini yang bisa memfasilitasi para UMKM untuk terus berkarya di masa pandemi ini. Keren produknya juga kemasannya unik pasti mampu mengundang pelanggan tertarik untuk membeli produk2 itu.

      • Okti Li says:

        Tetap semangat ya Mbak Yuni. Kita yakin cobaan ini pasti akan ada jalan keluarnya. Kita pasti kuat dan bisa menghadapinya.

        Adanya kelas ASIK ini semoga bisa ikut membantu permasalahan kita sebagai pelaku UMKM aamiin

      • Dian Restu Agustina (@dianrestoe) says:

        Baru tahu jika ada Kelas ASIK dari Astragraphia sejak tahun 2000. beneran wujud kontribusi nyata dari Astragraphia dalam rangka membantu UMKM buat naik kelas. ya
        Apalagi yang dibantu yang beromzet dari 2 juta rupiah hingga 400 juta rupiah perbulannya….Bisa membantu makin tumbuh dan berkembang industri kreatif UMKM di Indonesia nih

  2. Keke Naima says:

    UMKM lagi digenjot banget ya di saat pandemi ini. Ya meskipun termasuk yang kena imbas. Tetapi, saya pun berpikir, UMKM akan lebih cepat pulih daripada perusahaan besar. Tentu sebaiknya upgrade ilmu dulu. Biar nanti gak hanya bangkit, juga mampu berkembang

      • Eka Mustika says:

        Bahagia banget lihat ada yang peduli umkm dengan membuat program yang bagus seperti ini Sehingga pemilik usaha kecil benar-benar bisa terbantu serta bisa naik kelas dan melakukan inovasi produknya

  3. Nurul Sufitri says:

    Semoga kehadiran Kelas ASIK ini mampu meningkatkan taraf perekonomian masyarakat terutama di saat pandemi ini. Tentu materi2 yang diajarkan sangat membantu agar produk yang dipasarkan laris manis dan laba yang diperoleh juga bertambah banyak.

  4. fennibungsu says:

    Pilar terbaru dari Astragraphia sangat bermanfaat, terlebih lagi untuk masa sekarang yang serba digital ini yang dapat membantu UMKM dalam meningkatkan promosinya dengan kemasan yang lebih menarik.

  5. Uchy Sudhanto says:

    Wahh keren banget ini programnya. Sebagai pelaku UMKM, merasakan banget tahun ini dropnya kaya gimana. Semoga makin banyak program seperti kelas ASIK ini

    • HM Zwan says:

      Awal awal pandemi, pernah lihat teman yang share tenan di salah satu mall.. Tutup semua, sedih banget rasanya. Bagus sekali program Astagraphia, semoga UMKM semakin maju dan berkembang

  6. Tuty Queen says:

    Salut dengan programnya Astragraphia ini, UMKM memang butuh support banget apalagi ditengah pandemi gini berasa banget sepinya penjualan mereka. UMKM harus diberi pendampingan.

    • Nchie Hanie says:

      Setuju banget dengan Mak Tuty,pendamping dibutuhkan untuk pelau UMKM agar bisa maju terus dan smangat.
      Kerasa banget, banyak yang down akan susah untuk move on kalo ga ada pendamping yaa.

  7. nikennawangsari says:

    Program Astragraphia ini pas banget dibutuhkan oleh UMKM yang sedang dihantam pandemi 2020. Soalnya mau gimanapun UMKM merupakan roda penggerak ekonomi dalam negeri ya Mbak jadi perlu diperhatikan.

  8. Nanik Nara says:

    udah nggak pernah masuk mall mbak, tapi kabarnya sih emang banyak yang tutup.

    Dengan kemasan yang menarik, bisa memperluas pasar juga ya mbak. Saya pun kalau ada pilihan 2 produk yang sama, pasti pilih yang kemasannya lebih bagus, walau harganya lebih mahal sedikit.

  9. Riawani elyta says:

    Mbak ada nomor kontak astragraphia nggak? Saya bertugas di dinas yg handle usaha mikro , ingin tahu kapan ada kelas asik lagi utk pelaku2 usaha di tempat sy bisa ikutan. Trimakasih

  10. anotherorion says:

    Wih mantep ya ak tertarik liat kemasan packagingnya yg udh pake digital printing soale banyak industri rumahan yang masih melabeli produknya asal2an seringkali bahkan hanya merk tanpa kasih info kontak or akun sosial medianya

  11. Nefertite Fatriyanti says:

    UMKM pasti sangat terdampak pandemi ya, kebayang situasi sulit saat ini. Keren ya kelas ASIK Astra, membantu para UMKM. Sudah sewajarnya salaing support di tengah pandemi.
    Semoga banyak perusahaan yang melakukann kepedulian buat masyarakat lain.

  12. Okti Li says:

    Betul sekali. Pelaku usaha UMKM banyak terdampak saat pandemi 2020 ini. Sedih ya…
    Semoga dengan adanya Kelas ASIK sedikit banyak bisa membantu mereka untuk terus semangat berusaha dan berkarya.

  13. ira duniabiza says:

    Bagus ya mba, jadinya UMKM terbantu dalam pengembangan inovasi dan kreativitas. CSR Astragraphia ini akan sangat membantu apalagi di saat pandemi. Apalagi dikemas dalam bentuk kelas asyik yang full dengan materi aplikatif ya..

  14. lendyagasshi says:

    Salut sekali dengan Astragraphia yang mendukung penuh para pelaku usaha UMKM dimana usaha menengah kini memang berat sekali menghadapi tahun pandemi.
    Sukses dan semoga semakin banyak berdampak positif bagi UMKM.

      • lendyagasshi says:

        Bener…kak Uniek.
        Buatku yang anaknya visual banget, pasti judge semething by each cover.
        Tentu bahagia nerima produk yang kemasannya cantik dan berkesan. Bisa dimanfaatkan kembali ketika produknya sudah habis dikonsumsi.

      • Uniek Kaswarganti says:

        Nah udah ada testimoni seputar packaging nih dari pembeli setia. Jadi enggak salah ya kalau Astragraphia memberikan pelatihan ini.

  15. echaimutenan says:

    aku pikir itu duluuuu banget astragraphia itu percetakannya astra mba. ternyata banyak sekali lini bisnisnya ya. dan sekarang bagus banget perhtiannya sama ukm ya mak salut programku

  16. demia says:

    keren banget yaa , pasti banyak banget pelaku bisnis yang merasa terbantu, terlebih di masa pandemic seperti ini yang segala sesuatunya lebih sulit nih

  17. Ririe says:

    Iya ya Mbak, Pandemi tak hanya berdampak pada kesehatan fisik (karena virus), tapi juga berdampak pada semua aspek, termasuk usaha UMKM yang kena dampak lock down. Semoga dengan adanya kelas ASIK dari Astragraphia ini bisa menjadi salah satu oksigen baru bagi UKM utk menghadapi pandemi ini, bisa bertahan dan tetap bisa berkembang.

  18. Triani Retno says:

    Program ASIK yang bener-bener asik nih 🙂 Kalo UKM bangkit lagi, perekonomian bangkit lagi, pedagang buku online kayak aku yang sekarang sepi pembeli bolehlah berharap dapat banyak order lagi :))

    • Sapti nurul hidayati says:

      Dengan dukungan banyak pihak seperti ini, yakin deh, UMKM pasti dapat bangkit kembali…asal para pelaku UMKM mau secara maksimal memanfaatkan kemudahan yang diberikan berbagai pihak. Termasuk dari Astragraphia ini

  19. Aprillia Ekasari says:

    untuk bertahan di masa susah seperti sekarang ini UMKM kudu bikin banyak perubahan. Pelatihan seperti ini penting ya mbak supaya bisa mengemas produk lebih baik dan juga mengenal gmn cara memasarkan secara digital.

    • Aprillia Ekasari says:

      Aku udah nyoba produknya bu Novi, pengemasannya makin bagus, makin berkelas. Org2 juga suka krn pantes lha buat dijadikan buah tangan utk dikasi/ dihadiahkan ke org lain 😀

  20. Dedew says:

    Wah bagus banget nih program kelas asik ya membantu pengusaha UMKM agar tetap bisa bertahan di masa pandemi ini melalui penjualan online..salut kepeduliannya..

  21. Helena says:

    iyaa mbak, sekalinya ke mol buat belanja bulanan nampaklah deretan food court tutup. huhu … kasihan yaa.
    Eh berarti usahaku juga bisa ikutan kelas ASIK nih. Dari yang omsetnya 2jutaan aja sampai ratusan juta rupiah juga bisa ikut yaa

    • Yuni Handono says:

      Keren nih Program ASIK bisa membuat para pelaku UMKM makin bersemangat untuk membangun bisnisnya kembali di masa pandemi. Kemasan produk menjadi salah satu daya tarik produk yang dipasarkan. Bila kemasannya menarik ditambah produknya berkualiatas pasti membuat produk2 UMKM yang dijual bakal laku di pasaran.

  22. Yuniari Nukti says:

    Wah Astragraphia baikan. Bagus juga konsepnya, mengajak UMKM tetap melanjutkan usaha dengan menambah kemampuan melalui branding. Produk Astragraphia kan buanyak banget tuh, mulao dari printer hingga mesin fotokopi

  23. Efi Fitriyyah says:

    Dulu sebelum pandemi, aku suka nyari-nyari baju yang murah dan lucu di tenant-tenant mall BIP lho, Mak. Hampir cocok. Ya modelnya ya harganya itu tadi. Sekarang walaupun udah buka aku belum mau masuk mall. Sedih deh, kalau bayangin banyak pelaknu UKM yang terdampak. Semoga semakin banyak yang terbantu program ini ya. Itu kemasan buata mereka juga eye catching. Lucuuuu

  24. Andiyani Achmad says:

    UMKM bisa jadi tonggak menguatnya ekonomi Indonesia, tentu ini bisa terjadi jika ada perusahaan sebesar Astragraphia yang begitu peduli pada UMKM kita dengan memberikan kontribusi ASIK luarbiasa ini

  25. Nining says:

    Pendapatan pelaku UMKM menurun hingga 80% lebih bukan masalah sepele, namun perusahaan besar seperti Astragraphia mau bersama merangkul mereka itu sesuatu banget. Salut!
    Semoga pandemi ini segera berakhir ya, Mbak … aamiin ^^

  26. Lisdha says:

    Duuuh, kenapa ya baca kelas asik malah nyantol ke keluarga asix. Padahal ga ngikuti youtube atau apapun itu tayangan tentang mereka hahahaha
    Program ini pastinya bagus banget buat UMKM ya. Semoga makin banyak perusahaan2 besar yang ambil bagian untuk memajukan usaha2 kecil.

  27. Dedew says:

    Keren ya Astragraphia menggandeng umkm agar bisa lebih berkembang usahanya dengan belajar pengemasan dan penjualan secara digital..program bagus banget di masa pandemi ini, saling peduli ya mbak

  28. Lidya says:

    Astragrpahia bantu mengedukasi usaha kreatif dalam membuat kemasan yang menarik ya supaya daya jualnya makin tinggi. Kelas ASIK ini bagus ya bikin para UMKM berkembang lagi

  29. ndiievania says:

    ternyata sektor pendidikannya jg udah pernah ada ya? sampai bagi workbook juga untuk PAUD, luar biasa sih ini Astragraphia. semoga semakin banyak ilmu yg didapatkan untuk industri kreatif di Indonesia

  30. Ery Udya says:

    Sebagai warga Purbalingga, Jawa Tengah, saya ikut bangga karena ada Bu Novi yang unggul dalam abon sapinya.

    Semoga dengan dukungan dari Astragraphia, semangat UMKM tumbuh kembali. Dan penghasilannya juga bisa naik lagi.

  31. Reyne Raea says:

    jangankan usaha kecil Mba, usaha gede aja banyal yang nggak bisa bertahan, langsung tumbang.
    kasian deh karyawannya.

    Salut banget ama UMKM yang masih semangat terseok-seok bangkit di tengah keadaan gini, betul banget nih support kelas ASIK dari Astragraphia sangat membantu banget.
    Agar UMKM semakin maju dan bisa bersaing dengan penuh inovasi dan kreatif 🙂

  32. Dwi Puspita says:

    Wah seru banget ya kelas asik ini mbak, berarti yg ikut kelasnya semua adalah pelaku usaha ya. Omset dari 2 juta sampai 400 juta, bener2 keren mereka

  33. ameliatanti says:

    salut dengan Astra Graphia
    memberi wujud kontribusi nyata, membantu UMKM meningkatkan brand awareness dan omzet penjualan, agar UMKM semakin berdaya saing, go-online, dan naik kelas.

    semoga ke depan ngasih modal juga,
    mungkin dengan cara melombakan inovasi produk para UMKM

  34. Ruli retno says:

    Acaranya berbobot banget ya mbak apalagi di musim pandemi begini. Apalagi dapat souvenir bagus gitu. Jadi makin semangat mengikuti pelajarannya

  35. duniabiza says:

    Sesuai namanya, kelasnya kelihatan asyik banget ya karena bisa dapat ilmu kece dan aplikatif ya, bisa dipake buat mengembangkan usaha…

    Senang melihat perusahaan menggunakan dana CSR untuk kegiatan kreatif dan bermanfaat seperti yang dilakukan Astra ini… Makin kece deh Astra..

  36. Dawiah says:

    Tidak ada yang bisa menampik kalau tahun 2020 adalah tahun paling “istimewa” dengan segala cerita kesedihan di dalamnya. Tapi justru tahun inilah empati kita diuji, masih punya atau sudah hilang. Dan, program-program Astragraphia ini memberi harapan bagi pelaku UMKM dengan wujud nyata kepeduliannya.

  37. niaharyanto says:

    Keren banget ya CSR Astragraphia ini. Pilar-pilarnya sangat bermanfaat. Terutama pilar kewirausahaan. Bikin siapa pun yang ikut program ini nambah skil. Pas untuk masa pandemi. Bisa membuat mata pencaharian baru. Semoga cakupan wilayah yang dapet pelatihannya semakin luas ya.

  38. Syarifani mama twins says:

    Aku baru tahu kalo Astragraphia ini bergerak di bidang percetakan dan servis digital. Sudah bermitra bareng Fuji Xerox. Yang jelas kualitasnya udah oke.
    Soalnya udah pengalaman handle sampai tingkat perusahaan.

    Pas banget UMKM bisa belajar banyak dari kelas ASIK, supaya brandingnya lebih keren

  39. Hanifa says:

    Bapak saya kerja di bidang pariwisata sebagai tour guide dan kerasaaaaaa banget Mak dengan dampaknya. Sedih banget, jujur, karena saya mendadak harus jadi tulang punggung keluarga satu-satunya. Tapi Alhamdulillah, saya masih bisa kerja dan freelance, ibu bikin usaha jualan kecil-kecilan dan bapak ikut bantu. Memang UMKM masih selalu jadi harapan penggerak roda ekonomi Indonesia. Semoga keadaan juga ikut membaik ya Mak :’))

    • Reyne Raea says:

      Alhamdulillah ya, selalu ada hal yang bisa dipetik dari pandemi ini, semoga UMKM bisa selalu maju dan menjadi roda penggerak ekonomi agar mulai beranjak lagi.

      Semoga juga pandemi segera berakhir 🙂

  40. Shinta Asrini says:

    seneng deh kao ada astragraphia yang concern dan pol-polan dukung umkm tanah air kaya gini, semoga jadi udara segar di dunia umkm yaa

  41. Nurul Sufitri says:

    Mudah2an para alumnus kelas ASIK dapat merealisasikan segala meteri yang telah dipelajari. Astragraphia ini membantu sekali ya pelaku UMKM dalam meningkatkan wirausahanya dalam perekonomian rakyat.

  42. Kiky says:

    Kelas ini cocok banget buat aku nantinya. Kayanya abis lulus kuliah aku mau juga coba-coba industri kreatif umkm. Semoga kelas pemberdayaan ini selalu ada.

  43. unggulcenter says:

    bermanfaat banget kelas ASIK ini. Soalnya UMKM kita walaupun produk bagus berkualitas, enak, kemasannya masih gitu2 aja kurang menarik. Pelatihan kelas ASIK membuat produk UMKM menjadi menarik!

  44. Apura says:

    Penggiat UMKM wajib banget nih ikutan kelas ASIK ini. Biar produksi makin meningkat dan tentunya tetap untung juga. Sebab masa pandemi gini kan konsumen lebih milih belanja online. Produk harus eyecatching dan promosinya juga tentu harus tepat sasaran.

  45. Hani says:

    Astragraphia keren banget bikin program Kelas ASIK (Kelas Astragraphia untuk Industri Kreatif). Aku ngikutin berita, yang terdampak paling berat justru industri besar ya…UMKM malah lebih survive. Semoga sih tahun 2021 nanti semua bisa maju bersama.

  46. annienugraha says:

    Pengen banget saya terhubung dengan program ini untuk usaha handcrafted wire jewelry saya. Mbak Nurul punya referensi saya harus menghubungi siapa? Makasih sebelumnya

  47. Lusi says:

    Pemilik umkm memang perlu kelas2 seperti ini untuk berkembang. Seringnya umkm sudah tahu hambatannya dimana tapi bingung cari jalan keluarnya.

  48. Aprillia Ekasari says:

    Bagus banget ini pelatihannya, biki produk yang dijual UMKM naik kelas karena penampilan produknya khususnya kemasannya jd cakep banget ya mbak.
    Semoga pelatihannya berlanjut dan banyak UMKM yang mau ikutan utk dapat ilmunya.

  49. Helena says:

    Whooo Astragraphia merambah ke anak PAUD juga ya. PAUD yang berada di wilayah Semarang, Flores, Denpasar, Bogor, Demak, dan Boyolali.dapat free workbook untuk dukung pembelajarannya. Asik nih!

  50. Alaika says:

    Pandemic memang membuat berbagai sektor terpuruk, ya, Mba? Daya juang, daya beli, bahkan daya untuk hidup tenang pun surut. Hehe. Btw, keren banget ya, Astragraphia ini, dan konsep Kelas Asik nya ini luar biasa menginspirasi. Semoga akan banyak perusahaan2 lainnya nanti yang juga bisa berkontribusi seperti ini ya, Mba…

  51. Diah Alsa says:

    keren banget ya Mbak, Kelas ASIK dari Astragraphia ini, jadikan angin segar bagi para pelaku UMKM, mereka jadi bisa bangkit dan semangat lagi untuk memasarkan hasil produksi mereka dengan branding yang lebih oke lagi dan go-online juga.
    semoga wilayah lain juga secepatnya mendapat sentuhan dari Kelas ASIK Astragraphia ini ya.

  52. Eka Mustika says:

    Bahagia banget lihat ada yang peduli umkm dengan membuat program yang bagus seperti ini Sehingga pemilik usaha kecil benar-benar bisa terbantu serta bisa naik kelas dan melakukan inovasi produknya

  53. naniekoe says:

    Nah saatnya UMKM naik kelas, caranya dengan upgrade ilmu melalui kelas online seperi kelas ASIK dari Astagraphia ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s