Teknologi ala Bardi Smart Home, untuk Suasana Rumah yang Lebih Asyik dan Nyaman!

“Yeong-Sil, how’s the weather today?”

Eaaakk, blum bisa move on nih dari Babang Han Ji Pyeong (HJP) di drakor START UP 😀 Salah satu line yang paling membekas di memori saya adalah percakapan antara Han Ji Pyeong (yang diperankan Kim Seon Ho) dengan Yeong-Sil. Sekedar informasi, Yeong Sil ini artificial intelligence merangkap soulmate, yang menemani hari-hari sepi HJP. Di penthouse-nya yang super mevvah, HJP kerap mengandalkan Yeong-Sil. Sesimpel, “Young-Sil, tolong nyalakan lampu.” Hingga teman curhat, ”Young-Sil, tolong putarkan lagu untuk menghiburku.”

Aaakk, keren banget yak. Artificial Intelligence yang mengarah pada smart home for everyone. Memang konsep “Smart Home” makin ke sini udah bukan hal yang aneh lagi.

Teknologi smart home atau rumah cerdas adalah teknologi yang menggunakan sensor, fitur, atau perangkat lain yang terhubung dengan Internet of Things (IoT) yang dapat di monitor, dikendalikan, atau di akses dari jarak jauh. Biasanya, diatur untuk memenuhi atau menanggapi kebutuhan dari pengguna.

Teknologi ini memungkinkan bagi pengguna untuk memantau perangkat rumah yang terhubung dengan aplikasi smart home atau perangkat jaringan lainnya. Sehingga, penggunaan energi dan listrik dapat digunakan dengan lebih efisien dan aman.

Nggak hanya di Korea, gaes. Kita, di Indonesia, juga siap banget menjalani hidup yang kian awesome bareng teknologi berbasis Internet of Things ini.

BARDI SMART HOME

Kenalkan, Bardi Smart home! Ini adalah produk yang mempermudah hidup kita banget! Bolak-balik aku lihat review para techno YouTuber seputar Bardi Smarthome, dan aselik jadi penasaran banget buat punya. Walhasil, cuss deh, aku borong tiga produk Bardi. Super duper hepi!

Eh, ini sekilas info tentang BARDI ya.

BARDI Smart Home adalah brand smart home Indonesia terkemuka yang menyediakan berbagai produk smart home unggulan. BARDI Smart Home memiliki 33 varian produk. Semua produk dari BARDI Smart Home ‘didukung oleh TUYA’ yang berarti fitur Internet of Thing (IoT) produk ini didukung oleh chipset wifi dari Tuya, platform IoT terkemuka di dunia.

Tidak hanya itu, produk BARDI Smart Home juga merupakan produk smarthome pertama di Indonesia, yang aplikasinya telah terintegrasi dengan aplikasi Google Home. Jika perangkat terhubung ke aplikasi BARDI Smart Home maka dalam aplikasi Google Home, kita hanya perlu menambahkan perangkat dan tautan akun. Dengan demikian, semua perangkat akan terdaftar juga di Google Home App.

Bardi Smart Remote

Remote ini adalah pemancar infrared pintar yang bisa dikendalikan melalui aplikasi selama ada wifi/hotspot.

Remote ini dapat menggantikan semua remote infrared dengan mayoritas sudah ada dalam daftar dan bila tidak ada, bisa di duplikat signal infrared dari remote lama ke remote Bardi. Tidak bingung lagi banyak remote di rumah, bisa akses dari aplikasi di mana pun dan kapan pun.

Dengan sudut pemancaran di 360 derajat dan jarak hingga 8m, remote Bardi dapat mengendalikan banyak perangkat. Mau pulang ruangan sudah dingin? Waktu otw (on the way) pulang, nyalain dulu dong dari handphone. Keluar rumah, lalu kelupaan matikan AC (air conditioner)? Gampang, tinggal buka aplikasi BARDI app dan matikan.

Remote ini sangat mudah dipasang, hanya dengan menghubungkan ke listrik dan menghubungkan dengan BARDI APP.

Bardi Smart LED Bulb 9W

Siapa yang seriiing banget lupa matiin lampu, trus auto tertidur? Hihihi, banyaaak ya.

Nah, ada solusinya nih dari Bardi. Bardi Smart LED Bulb 9W RGBWW adalah bohlam pintar yang bisa di mati nyalakan, diubah warna dan diatur kecerahan melalui aplikasi selama ada wifi/hotspot.

Lampu ini memiliki kecerahan maksimal di 810 lumens dan bisa diredupkan hingga 90 lumens, kombinasi warna RGB hingga 16 juta warna dan gradasi putih dari 2700k (warm white) hingga 6500k (cool white).

Bardi menyediakan 4 menu utama sebagai pengaturan scene Smart Light Bulb RGB nya yaitu

White digunakan untuk mengatur intensitas cahaya bohlam, mulai dari tipikal bohlam tabung berwarna putih terang dan bohlam pijar berwarna keemasan. Selain itu kita bisa mengatur lumens dan kecerahan lampu.

Colour menu RGB-nya tidak sekedar menampilkan warna merah kuning hijau, tetapi bisa memancarkan warna perpaduan berdasar bola RGB, mau dibuat warna merah, pink, ungu, biru muda, hijau dan lain sebagainya.

Scene sudah tersedia pengaturan beberapa scene sesuai kebutuhan, mulai dari kebutuhan lampu untuk membaca, bekerja, atau untuk hal lain.

Music, akan menampilkan warna sesuai dengan intensitas suara yang terdengar oleh perangkat. Saat kita tertidur, lampu ini akan berhenti tepat di warna terakhir ia mendengar suara. Lampu ini juga mampu mengikuti alunan musik, lho.

Selain fitur tersebut, Bardi menyediakan tombol power off, guna mematikan lampu menggunakan smartphone tanpa harus berjalan menuju saklar lampu. Di bagian bawah juga tersedia menu left time, gunanya untuk mematikan lampu secara otomatis dalam durasi tertentu.

Bagaimana Cara Memasang Bardi Led Smart Light Bulb RGB 9W?

Pasang bohlam Bardi ini di fitting lampu. Kemudian, Install apps Bardi Smart Home di handphone kalian, yak. Lakukan Registrasi user di apps tersebut.

Pastikan saklar switch pada lampu sudah kita nyalakan seperti biasa. Pada aplikasi, tambahkan perangkat dengan mengklik tombol + di sudut kanan atas aplikasi. Cari perangkat Smart Bulb 9W RGB. Perangkat akan meminta password wifi agar terhubung dengan ponsel kita. Apps akan segera menyambungkan smartphone kita dengan Smart Light Bulb RGB via wifi. Ubah nama perangkat sesuai dengan nama ruang tempat bohlam tersebut diletakkan

Bardi Smart IP Camera

Ini merupakan CCTV kamera beresolusi 1080p dengan orientasi 180 derajat dan dapat menyalurkan rekaman audio video ke smartphone secara live.

Beberapa fitur kamera ini antara lain notifikasi motion sensor dan night vision otomatis saat suasana gelap. Didesain untuk penggunaan portable,  ia tak memerlukan instalasi rumit. Tinggal plug ke aliran listrik, maka kamu tinggal menaruhnya pada posisi yang diinginkan.

Berbagai keunggulan dan kemudahan teknologi pintar yang ditawarkan produk-produk Bardi akan membuat rumah kamu jadi lebih aman dan nyaman. Aktifitas WFH kamu, dengan demikian tentu akan terasa lebih menyenangkan.

Bardi Smart IP Camera adalah kamera pintar yang dapat menyalurkan video berikut suara kepada smartphone dan suara dari smartphone.

Kamera Bardi memiliki slot sd card max 128GB dan dapat memberi notifikasi bila ada yang lewat pada jam yang ditentukan dalam aplikasi. Pada posisi gelap akan otomatis switch ke night vision.

 IP Camera memiliki kualitas gambar yang lebih baik, fitur perekaman yang canggih, dan kemampuan untuk menghubungkan lebih banyak kamera ke sistem. Berikut ini adalah berbagai rekomendasi IP camera dari BARDI smarthome, sebuah brand smart home asli dari Indonesia.

Masih banyaakk produk-produk BARDI Smart Home lainnya. Info lengkap, kunjungi: https://bardi.co.id/products/

Sebagian Daftar Harga Produk BARDI

Smart Indoor Static IP Camera: IDR 330.000

Smart Light Bulb 9W – RGBWW: IDR 115.000Smart

Alamat:
PT. Bardi Solusi Otomasi | Jl. Tanjung Duren Timur 6 No.2ATj. Duren Selatan, Grogol Petamburan |Kota Jakarta Barat 11470

Tech Support : 0817 66666 82 Claim Warranty : 08111 7979 11 Project Spec : 0817 66666 52 

Website: https://bardi.co.id/

Instagram: https://www.instagram.com/bardismarthome/

Facebook Page: https://business.facebook.com/bardismarthome/

YouTube: https://www.youtube.com/c/bardismarthome

116 thoughts on “Teknologi ala Bardi Smart Home, untuk Suasana Rumah yang Lebih Asyik dan Nyaman!

  1. nurulsufitriblog says:

    Peralatan canggih dari BARDI oke banget nih. Kita bisa pantau segala aktivitas di dalam rumah dari jauh. Keamanan dan kenyamanan penghuni rumah menjadi sanngat penting.

  2. Katerina says:

    Mantap banget Mbak Nurul udah pakai produk Bardi.

    Duh Ji Pyeong, kangen nonton Start Up lagi jadinya gara-gara liat kamu tampil di sini :))

    Teknologi smart home bikin hidup di rumah lebih mudah dan nyaman

    • yenisovia says:

      Aku jadi penasaran mba rumah ji pyeong kayak apa. Soalnya belum pernah nonton. Mau nonton tapi takut baper akunya kayak orang-orang di medsos. Aku belum siap hihihi 😂. Baca tulisan ini kan pengen juga aku punya rumah canggih begitu

    • Reyne Raea says:

      Menarik banget ya konsepnya, pas banget sekarang orang lagi keranjingan drakor, di mana sering diperlihatkan rumah modern dan canggih, pas diadain produk-produk Bardi gini, jadi kayak ngedrakor kebawa di alam nyata hahaha.

      Asyik-asyik banget deh produknya bikin hidup lebih mudah 🙂

      • ysalma says:

        Benar banget mba Rey.
        Teknologi Bardi dalam rumah tinggal pada ngebayangin aktor dalam drakor favorit yg nemenin di rumah.
        Semakin merasa aman dengan rumah dan saat di luar jadi kangen rumah mulu, tapi mantaunya juga mudah lewat hp, ga perlu nahan rindu berat sm suasana rumah ya.

  3. julia pasca says:

    Mbak nurul, aku tu masih ingat lo film dahulu yang berjudul “Jinny oh Jinny” film yang berkisah tentang jin cantik, jadi setiap dia mau ngidupin lampu tinggal tepuk tangan aja, eeeeeh si Bardi ini malah lebih canggih, keren ih!

  4. adeuny says:

    Alhamdulillah pake juga di rumah ini lumayan ngebantu banget mbak apalagi pp rumah rs. bisa nyalain lampu rumah padahal lagi di rs

  5. niaharyanto says:

    Wuih, canggih ya lampu dan kamera CCTV-nya. Menggunakan teknologi canggih. Terjangkau pula, jika dibandingkan dengan produk sejenisnya. Jadi kepengen deh punya di rumah.

  6. Novri - diarynovri- says:

    Apa cuma aku yang bacanya sambil mengangaa.. wow gitu ya mba.. super super keren teknologi Bardi Smart home ini.

    Mupeng abis … Harus bikin proposal ke pak suami nih, tak iming-iming dulu biar ikutan mupeng sama BSH

  7. ysalma says:

    Memasang bardi smart di rumah satu langkah menuju memiliki yeong-sil.
    Jadi ingin memasang teknologi ini juga di rumah, sehingga rumah bisa dikontrol lewat smartphone.

  8. Shinta Asrini says:

    kebayang deh kalo Indonesia ada aplikasi kaya Yeong Sil kaya punyanya Han Ji Pyeong, huhu, kece badai deh tuh yaa smart living gitu tuh integrated ke semuanya sih aku tuh ngebayanginnya, apalagi di public places itu akan berguna banget loh, bisa interaktif nanya arah or naik apa ke suatu tempat, mulai aj dulu dengan Bardi Smart Home yaa

  9. annienugraha says:

    MashaAllah. Canggihnya teknologi saat ini ya. Angkat topi untuk BARDI. Banyak banget produknya yang bisa memudahkan hidup kita. Tak referensikan ke suami dan teman-teman ah. Pasti banyak yang suka dengan informasi kaya manfaat ini.

    • annienugraha says:

      Teknologi canggih yang banyak memudahkan hidup kita. Produknya beragam dengan berbagai fungsi yang sangat bermanfaat. Sukses lah untuk BARDI

    • yenisovia says:

      Mba rumah pintar kayak di film-film itu beneran ada ya? Aduh jadi penasaran dan pengen coba juga apalagi ada BARDI SMART HOME. Mauuuu. Terus aku keingetan, rumah sih keren dan pintar tapi dalemnya berantakan dan kotor karena inget mainan anak terus anak yang ngeberantakin. Kayaknya bakal cocok kalau rumah aku udah pintar tetus aku punya ART. Jadi lengkap deh rumah canggih dan bersihnya. Aduh kapan ya punya rumah kayak gitu plus ART. Emak capek ngerjain krjaan rumah muli wkwkwkw *jadi curcol aku 😂

  10. Diah says:

    Anakku jangan sampe tahu ini. Kemarin dia bongkar-bongkar, nemu kamera laptop lama, katanya mau bikin cctv. Kl tahu bardi cctv ga jadi bikin nanti dia. Kalah canggih sama bardi. Hahaha…

    • Oline says:

      Aku dulu sempet mikir, teknologi AI itu entah kapan kita bisa menikmatinya, tapi sekarang udah bisa ya. Keren juga nih ya BARDI Smart Home juga merupakan produk smarthome pertama di Indonesia. Tinggal pakai smartphone aja kan ya, download appsnya. Kepoin websitenya ahhh. Harganya juga terjangkau jugaa ya ternyataa

    • Diah says:

      Iya ini. Hihihi… tetangga di perumahan sini yg saya tahu udah pake cctv ada dua. Ya soalnya di jalan utama perumahan. Penting bgt punya ginian zaman sekarang terutama krn ekonomi mengkerut krn pandemi

  11. Ruli retno says:

    Seneng ya bisa punya robot kaya young sil itu, bisa jadi teman dan lucu. Berapaan ya harganya ip camera ini? Kayanya buat kado juga lucu

  12. Reyne Raea says:

    IP Camera Bardi ini favorit banget Mba, memudahkan banget mamak-mamak bekerja dari rumah kayak saya.
    Sering banget nih, anak-anak ga mau bobok, terus disuruh masuk kamar eh malah main di kasur dong, kalau saya masuk kamar liatin, mereka pura-pura bobo deh, akhrinya saya pasangin kamera ini, nggak bisa berkelit dah mereka, trus bisa ditegur lewat speaker kamera itu pula hhihihi, canggih!

  13. imaesha says:

    Wihh mantap nih! Canggih syekali ya Mbak.. Kepikiran sama alat2’y doraemon, lama2 bisa betulan ada semua di kehidupan nyata.. Semua menciptakan alat yg mempermudah hidup..

  14. Ihwan says:

    Dari ketiga perangkat Bardi, saya paling suka IP Camera karena fungsinya yang bisa menggantikan CCTV. Kebetulan kami butuh pengawasan rumah jika ditinggal mudik ke Blitar, nah dengan Bardi ini sangat terbantu.

  15. Wiwin | Pratiwanggini.Net says:

    Saya juga udah punya beberapa produk Bardi. Beberapa aktivitas di rumah jadi bisa dikendalikan dari satu hape saja. Memang koq, kita harus bisa mengikuti perkembangan jaman. Masanya anak-cucu kita nanti bisa-bisa semuanya serba otomatis.

  16. Sri Al Hidayati says:

    hihi lucu banget, apalagi pas ditanya apa itu cemburu, terus young sil bilang oh itu berarti bukan cemburu. padahal.. hahaha.. pengen punya kecanggihan semacam itu di rumah, cukup pakai BARDI yaa suasana rumah jadi asik dan nyaman

  17. Oline says:

    Aku dulu sempet mikir, teknologi AI itu entah kapan kita bisa menikmatinya, tapi sekarang udah bisa ya. Keren juga nih ya BARDI Smart Home juga merupakan produk smarthome pertama di Indonesia. Tinggal pakai smartphone aja kan ya, download appsnya. Kepoin websitenya ahhh. Harganya juga terjangkau jugaa ya ternyataa

  18. AdrianaDian says:

    keren banget ya teknologi bardi iniiii. Kalo dah rebahan kadang males matiin lampu, kalo ada appnya gitu enak banget yaaaa.. hihiiii. tinggal klik klik aja dr hape yaaa. rebahan amaaaan. wkwkwk

    • Syarifani mama twins says:

      Kedepannya butuh IP Camera di kantor, rumah, tempat umum buat ngegantiin CCTV. Seru kalo bisa ngomong langsung ke orang yang ketahuan mencuri. Auto gagal nyuri hihihi.
      Teknologi smarthome Bardi bantu ngehemat listrik. Andai bisa buat matiin kompor sama setrikaan otomatis, soalnya suka kelupaan ditinggal aktifitas lain

  19. Evi says:

    Suatu saat teknologi di rumah kita akan seperti dalam drama Start Up itu ya. Dan sekarang saja sudah dimulai dengan Bardi, teknologi smart home. Dengan AI inteligennya bikin suasana rumah happy pasti selain juga efisien

  20. tajkania says:

    Wah asyik ya, canggih, dah kayak di film-film.
    Kalau mau pakai, lampunya harus Bardi juga kah?
    Lalu kalau AC dan mesin cuci sepertinya bisa ya beda merek. Maaf gaptek nih.

  21. irma firdawanti says:

    Mbaaa makasih loh reviewnya, aku tertarik banget sama Bardi LED Bulb. Intensitas warna sesuai kebutuhan. Bardi LED ini bisa pake sensor suara untuk pengaturannya ga sih mba atau cuma melalui aplikasi?

  22. Elly Nurul says:

    Aku jadi inget film film hollywood, kanapa ya teknologi mereka jauh lebih cepat dan semua sangat memudahkan, termasuk teknologi smart home.. aku pernah ngebayangin rumah aku jadi smart home.. dan sekarang bisa terwujud dengan dengan produk dari bardi ya

  23. Dian says:

    selama ini klo lihat smart home itu ya di drama ya mbk, klo g drama korea ya serial hollywood
    eh ternyata sekarang bisa ya kita mewujudkan punya smart home gini, dgn bardi pastinya ya mbak
    bisa punya teknologi smart home dgn harga yg terjangkau

    • atinnuratikah.com says:

      Makin kesini teknologi semakin ada aja yang baru. Termasuk lampu dan perangkat elektronik di rumah. Kalau begini misal pulang malam atau gak pulang ke rumah. Lampu teras bisa kita nyala-mati-nyala sendiri ya. Jadi gak perlu nyalain dari sebelum berangkat atau mintol tetangga buat nyalain. Hihi

  24. Katerina says:

    Produk Bardi yang satu ini lagi jadi favorit, laris manis, karena selain harganya terjangkau, teknologinya nyenengin banget, bikin kontrol rumah bisa dilakukan dari mana saja.

  25. Indriyas Wahyuni says:

    Aku kira Bardi ini adalah produk luar ehhh ternyata produk lokal. Baru kali ini lihat produk lokal yang berteknologi macam di drakor yang sering kutonton. Meskipun pengoperasian lampu Bardi belum menggunakan teknologi suara atau getaran, tapi udah oke banget kalau dibandingkan dengan lampu-lampu LED yang ada di pasaran sekarang ini.

  26. nurhilmiyah says:

    Luar biasa ya perkembangan teknologi zaman now ya Mbak… ketika digitalisasi berduet dengan seni jadinya keren banget. Bardi smart home ini toko online yang menyediakan smart LED yang bs disetel warna lampunya melalui aplikasi di smart phone.

  27. Roemah AuRa says:

    Keren banget Bandi Smart Home ini ya mbak. Ya ampun tergoda aku tuh. Gak nyangka produk lokal ternyata gak kalah saing ma produk dari luar ya.

  28. Alfa Kurnia says:

    Aku tuh baru tahu konsep smart home waktu launching apartemen yang kita dateng itu. Ternyata di rumah sendiri juga bisa ya pakai konsep smart home pakai Bardi. Naksir sama IP Cameranya, deh.

  29. Shinta Asrini says:

    Kece abis loh ini produk lokal padahal yaa, patut diacungin jempol yaa kreatifitasnya bikin produk smart home untuk smart living

  30. Nabilla DP says:

    teknologi smarthome ini lagi populer yah, bisa membuat kita lebih terbantu sekaligus lebih malas wkwk tapi yang paling penting semua bisa under control

    • Uniek Kaswarganti says:

      Iya sih tergantung gimana kita menyikapinya ya. Kalau dilihat dari segi kontrolnya, keren banget loh ini kecanggihan Bardi. Bahkan ketika kita kelupaan mematikan perangkat, kita bisa tetap memantaunya dari kejauhan menggunakan smartphone kita.

  31. Mia Yunita says:

    Bardi Smart Home canggih banget sih. Multifungsi gitu loh. Bener-bener ngebantu aktivitas di rumah yang akhirnya tinggal klik aja. Boleh nih direkomendasikan ke paksu untuk pasang Bardi Smart Home di rumah.

  32. Deris Afrian says:

    Luar biasa kecanggihan jaman sekarang. Dulu yang beginian rasanya gak mungkin ada. Aku malah masih sering terkesima dengan kecanggihan di film atau drakor yang cuma dengan tepuk tangan aja, lampu bisa mati dan hidup. Bardi ini inovasi canggih banget di Indonesia. Berapa harga ya?

  33. Nita Juwithafina says:

    Uwuwww.. mantul banget mba langsung di borong 🙂 jadi bener2 membantu ya mba.. kalo lagi repot. Gimana mba? ramah di kantong ga?

  34. Meilia Wuryantati says:

    Canggih dan keren banget ini BARDI yah mba.. pasti’nya bikin betah banget ini dirumah. Harganya berapa mba? Ramah dikantong? Jadi pengen buat dirumah nih 😊

  35. Helena says:

    abis baca review-nya siapa ya waktu itu tentang bardi yang bisa berubah warna langsung deh masukin keranjang belanja, hihi … lucu juga lampu di rumah bisa ganti-ganti warna, jadi lebih semarak gitu kayak gonta-ganti lampu.

  36. nurulfatkhani says:

    Kalau di rumah menggunakan teknologi ala Bardi, pastinya terasa berada di smart home ya. Semuanya serba canggih, jadi lebih nyaman dan aman di rumah.
    Senangnya sekarang ada produk dalam negeri yang bisa diandalkan untuk kenyamanan di rumah

  37. dietadeufi says:

    Semakin kesini teknologi semakin canggih ya. Ini harganya juga ga sampai 1/2 juta. Mayan yaa.. Jadi mau mesen deh buat di rumah. Belinya masih online ya, Mba? Masangnya susah ga ya? Maklum kadang kan ada yg takut2 masang atau ga pandai membaca buku petunjuk. Xixixi.. macam saya

  38. Mister Blangkon says:

    Badi smart led bulb kok keren banget, Mbak Nurul. Bisa diatur lewat wifi dan ikuti hentakan musik. Ini kalau dipasang di rumah bisa jadi mainan anak-anak karena canggih. Smart home emang makin populer ya dengan memanfaatkan teknologi digital. Mantap ini Bardi!

  39. ndiievania says:

    Kalau smart home gini ingetnya rumahnya Shin dong super junior >.< trus semenjak start up juga makin keinget, hahaha.
    Tapi memang enak sih kalau bisa diatur dari smartphone gini, tim mager2 club jadi bisa bahagia #eh

  40. Dedew says:

    Aku sudah cobain nih mbak Bardi nya lampu, remote dan kamera dalam rumah.membantu banget untuk kenyamanan bersama. Bisa disetel sesuai kebutuhan kita. Keren..

  41. duniabizaa says:

    Sejak kenal aneka produk smart dari Bardi rasanya kita makin dekat dengan teknologi masa depan ya mba. Kebayag deh 20-50 tahun lagi Smarthome ini udah jadi kebutuan dan keseharian ya..

    Kapan-kapan mau main ah ke showrom bardi di Serpong biar bisa eksplore lebih banyak lagi

  42. herva yulyanti says:

    Makin keren ya teknologi mba udah canggih bener terus berinovasi alyah btw harganya masih ramah yah mba jadi pengen beli

  43. Aprillia Ekasari says:

    Sekarang makin banyak ya perangkat pintar yang mempermudah aktivitas kita. Senengnya lagi harganya pun cukup masuk akal, seperti Bardi ini salah satunya.
    Sudah punya kamera indoor-nya juga jadi kepengen punya kamera outdoornya.

  44. julia pasca says:

    Bardi oh Bardi, teknologinya semakin kesini semakin yahud ya mbak nurul, dulu membayangkan punya CCTV aja kayaknya gak banget deh, selain harga juga gak ramah dikantong sih sebenarnya,xixixi. E…ini sekarang gak hanya mimpi saja bisa punya CCTV seperti Bardi ini, harga juga ramah dikantong

  45. Nieke Indrietta says:

    Tim Han Jipyeong hadir. *ngacung

    Cameranya Bardi keren punya ya. Bisa buat ngawasin keponakan di rumah. Wkwkwk. Apa mereka ngerjain tugas sekolah atau main game di laptop.

    Bardi kapan bikin Yongshil, saya juga mau. Hahahah.

  46. Mugniar says:

    Maak, kulangsung jatuh hati baca bagian ini:

    menampilkan warna sesuai dengan intensitas suara yang terdengar oleh perangkat

    wiih cocok banget sama anak sulungku yang malas matiin lampu kamar dan dia juga suka macam2 warna lampu buat kerjain tugasnya. Keren ya.

  47. Nadella says:

    Wah aku jadi penasaran sama lampunya. Kayaknya asik pakai lampu yang bisa diatur kecerahan dan warnanya. Sepertinya bakal lebih nyaman. Apalagi kalau mau nonton sambil rebahan dulu sebelum tidur. Pas mau matiin lampu, ga perlu jalan ke saklar lagi. Ah teknologi sudah berkembang.

  48. J i n g g a says:

    Kemarin juga cobain ini daaan so happy karena berasa kayak Tony Stark yang bisa mengendalikan apapun hanya dari satu ponsel hihi.
    Sempet isengin adek juga pakai speakernya cctv hehehe. Bardi keren banget emang, futuristik!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s