Mau Investasi Reksadana? Yuk Kenali Perbedaannya Dengan Investasi Saham, jenis, kelebihan, dan risikonya

Ada banyak jenis investasi yang bisa dipilih dan memberikan keuntungan bagi investor, salah satunya adalah investasi reksadana. Namun terkadang masih ada beberapa investor yang keliru perbedaan antara investasi reksadana saham dengan investasi saham, mengingat keduanya sama-sama berada di pasar saham. Padahal cara keduanya tentu berbeda.

Salah satu contoh perbedaan investasi saham dengan investasi reksadana saham yaitu, jika investasi saham merupakan investasi yang dananya dikelola sendiri langsung oleh investor, sedangkan reksadana saham merupakan investasi yang dana atau uang investor dikelola manajer investasi. Lebih daripada itu, masih banyak perbedaan investasi saham dengan investasi reksadana saham.

Kenali Reksadana

Alangkah baiknya jika Anda mengenal apa itu investasi reksadana. Reksadana menurut UU pasar modal, ini adalah investasi yang digunakan untuk menghimpun dana masyarakat pemodal atau investor lalu diinvestasikan dalam portofolio oleh manajer investasi. 

Dari dana tersebut nantinya manajer investasi akan menginvestasikannya dalam berbagai bentuk seperti obligasi, saham dan aset lainnya. Setiap investor investasi reksadana yang memberikan dana memiliki bagian kepemilikan instrumen tersebut.

Jenis Reksadana

Untuk mendapatkan keuntungan reksadana yang besar dan sesuai harapan, alangkah baiknya jika Anda mengetahui jenis reksadana terlebih dahulu. Pasalnya investasi ini memiliki beberapa jenis yaitu:

1. Reksadana Pasar Uang 

Reksadana pasar uang sifatnya hutang dengan jatuh tempo dibawah 1 tahun. Tujuan investasi reksadana ini yaitu menjaga likuiditas serta pemeliharaan modal.

2. Reksadana Pendapatan Tetap 

Selanjutnya ada investasi reksadana pendapatan tetap atau fixed income funds. Portofolio investasi ini minimal 80% dari aktiva dalam bentuk efek utang. Tujuan investasi ini untuk mendapatkan pengembalian yang meningkat atau stabil.

3. Reksadana Saham 

Investasi reksadana yang tak kalah menariknya yaitu reksadana saham atau equity funds. Investasi ini minimal 80% dari aktiva berbentuk efek dengan sifat ekuitas. Investasi reksadana saham dinilai memiliki risiko yang lebih besar dibandingkan jenis Reksadana lainnya, namun potensi keuntungannya juga lebih tinggi.

4. Reksadana Campuran 

Selanjutnya ada jenis investasi reksadana campuran atau balanced funds yang melakukan investasi ke berbagai efek bersifat utang dan ekuitas. 

Perbedaan Investasi Reksadana dan Investasi Saham

Setiap investasi pasti memiliki tantangan dan risikonya tersendiri, yang terpenting Anda harus siap menghadapinya dengan strategi yang sudah dibuat. Masing-masing investasi juga memiliki jenis dan kelebihannya tersebut menguntungkan. Berikut ini merupakan beberapa perbedaan investasi reksadana dan investasi saham, yaitu:

1. Modal

Setiap investasi tentu membutuhkan modal yang berbeda-beda, begitu pula dengan investasi saham dan investasi reksadana saham. Modal investasi saham dan reksadana saham saat ini sudah sangat terjangkau, namun modal investasi saham tergantung harga pasar jenis saham yang dipilih dengan minimum pembelian sebesar 1 lot atau 100 unit/lembar saham. Selain itu broker saham biasanya juga meminta minimum jumlah saldo yang disetorkan untuk bisa melakukan transaksi saham. Sedangkan modal berinvestasi reksadana lebih terjangkau karena menerapkan batas minimum investasi tergantung manajer investasi. .

2. Pajak

Perbedaan investasi saham dan investasi reksadana saham selanjutnya dilihat dari pajak yang harus dikeluarkan. Di mana jika investasi saham harus membayar pajak sedangkan investasi reksadana bebas pajak namun perlu mencatat laporan keuntungan dari reksadana saham ke dalam laporan SPT tahunan.

3. Keleluasaan Membeli Saham

Saat memilih investasi reksadana, salah satu hal yang diperhatikan investor adalah keleluasaan dalam memilih saham yang diinginkan. Untuk investasi saham bebas membeli saham yang diinginkan, namun untuk investasi reksadana diatur oleh manajemen investasi karena pengelolaan dananya dilakukan oleh mereka. Namun tak perlu khawatir, manajemen investor akan bertanggung jawab untuk memilih saham yang berpotensi kinerja lebih tinggi.

4. Kelebihan dan Risikonya

Setiap jenis investasi pasti memiliki kelebihan dan risikonya masing-masing. Kelebihan investasi reksadana yaitu risikonya cukup ringan dan dibantu oleh manajemen investasi. Jadi Anda tidak perlu pusing menganalisa saham yang berpotensi.

Investasi Reksadana di DBS Treasures Saja!

DBS Treasures menjadi perbankan prioritas yang mendukung Anda melakukan investasi reksadana lebih mudah dengan beragam manfaat dan keuntungan lainnya. Anda bisa berinvestasi dengan praktis kapanpun dan dimanapun 24/7 hanya dalam satu genggaman. Ini alasan investasi reksadana di DBS Treasures jadi pilihan yang tepat, yaitu:

1. Hasil Optimal

Untuk mendapatkan hasil investasi reksadana yang optimal tentu dibutuhkan pengelolaan yang tepat. Di DBS Treasures, pengelolaan investasi dilakukan oleh manajer investasi profesional yang bermitra dengan DBS Treasures, dan mereka sudah terkemuka dan berpengalaman dalam mengembangkan kinerja produk.

2. Wawasan Investasi

Untuk menjadi investor ahli, Anda harus belajar dan menggali wawasan investasi reksadana. Melalui DBS Treasures Anda akan didukung oleh tim ahli finansial yang berkolaborasi menganalisa pasar dan secara proaktif berkomunikasi untuk menyampaikan peluang terbaru.

3. Diversifikasi

Untuk mengurangi risiko investasi reksadana maka dilakukan diversifikasi kepemilikan ke berbagai aset. Dalam hal ini dana investor akan dikelola sebaik mungkin.

4. Likuiditas Harian

Bagi pemegang investasi reksadana berhak menjual kembali kepemilikan mereka sesuai harga aktiva bersih di hari yang sama.

5. Pengawasan Pemerintah

Investasi reksadana sangat aman berada di bawah pengawasan pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

6. Transparan

Investor akan mendapatkan seluruh laporan investasi reksadana sehingga hasilnya tampak transparan dan mudah melakukan perbandingan

Itulah beberapa hal mengenai investasi reksadana. Mari bergabung menjadi nasabah perbankan prioritas DBS Treasures. Dapatkan keuntungan dan manfaat strategi manajemen kekayaan yang mencermati kebutuhan Anda, sehingga Anda dapat yakin berinvestasi di saat yang tepat.

Published by @nurulrahma

aku bukan bocah biasa. aku luar biasa

34 thoughts on “Mau Investasi Reksadana? Yuk Kenali Perbedaannya Dengan Investasi Saham, jenis, kelebihan, dan risikonya

  1. Sejujurnya banyak istilah disini yang aku gak paham. Yang sedikit aku tangkap adalah adanya pihak yg bakal bantu kita berinvest secara aman dengan jaminan-jaminan yg tak byk di miliki pihak lain, gitu ya

  2. Penting banget ya nambah ilmu begini biar kegiatan investasinya aman dan nyaman. Dengan ilmu tentang pereksadanaan kita jadi lebih mudah untuk emmilih produk sesuai profil risiko kita.

  3. Banyak juga keuntungan menjadi nasabah perbankan prioritas DBS Treasures, ya, Mbak. Nasabah bisa mendapatkan keuntungan dan manfaat strategi manajemen kekayaan yang mencermati kebutuhannya, sehingga nasabah dapat yakin berinvestasi di saat yang tepat.

  4. Berinvestasi aku pikir kudu sedini mungkin, kak Nurul…
    Jadi uang yang diperoleh gak habis dikonsumsi tapi bisa terus berputar dan berkembang baik melalui investasi. Dan DBS Treasures akan membantu mewujudkannya.

  5. Aku reksadana beli di tokped kuwi ho mbak, walau seuprit2 tapi mayan lha ono returnnya.
    Aku malah baru ngeh reksadana begitu banyak jenisnya wkwkw mainku kurang jauh soal investasi ini.
    Tapi jujur au pilih reksadana emang krn risiko lbh kecil dibanding saham, cuma kadang suka tergoda kalau ada yg posting2 soal saham2 gtu
    Ya mungkin nanti2 lha ya, skrng msh nyaman ma reksadana aja dulu.

  6. Buat investasi reksadana yang paling enak kali ya, maksudnya lebih gampang dipahami kalau saham babarblas belum ngenal. Tapi sodaraku ada yang pinter main saham dia cepat kaya entah gimana caranya

  7. Investasi reksadana kini sudah banyak digandrungi ya. Dengan segala kepraktisannya 24/7 dalam genggaman dan aman juga. Siapa yang ga tertarik yach? Kelebihan investasi ini juga banyak. Mesti dipelajari lebih lanjut ah ๐Ÿ˜€

  8. Makasih banget insightnya, mbaak. Beneran loh hari ini aku lagi coba-coba mau beli saham, haha.
    Dan masih bingung sebenernya enakan saham dulu atau reksadana dulu.
    Setelah baca ini jadi makin paham dan makin yakin mau ambil investasi yang mana deh.

  9. Reksadana dan saham adalah sama-sama investasi di pasar uang. Bagi yang belum jago amat main saham, rasanya lebih shift kalau main reksadana. Seperti yang telah dituliskan di atas, yang memainkan uang kita di Reksadana adalah para manajer investasi yang sudah jago di bidang masing-masing. Nah kalau saham mau nggak mau ya harus belajar sendiri. Kalau tidak hati-hati dan kurang ilmu, boncoz deh ๐Ÿ˜ƒ

  10. Buat yang baru belajar, dari perbedaan yang sudah diuraikan di atas, mestinya mulai paham. Selanjutnya perlu berhati-hati untuk berinvestasi saham. Buat pemula main di reksadana saja dulu ๐Ÿ˜€

  11. reksadana dan saham ini sering banget dengar tapi untuk memahaminya memang cukup sulit yaa karena kita gak berkecimpung langsung praktik pada dua kegiatan ini. Kalau tertarik memang harus mendalami dan memahaminya dulu dengam baik ya mbak agar kita bisa mengambil manfaatnya dan menanggung risiko yang minim

  12. Dari sekian jenis investasi, salah satunya aku belum nyobain reksadana. Baru baca sharing teman teman yang ikutan investasi ini. Ilmu seperti ini memang wajib dipahami, apalagi buat yang mau invest seperti reksadana. Harus dipahami dulu pokoknya

  13. Aku sekarang pakai reksadana saham dan reksadana pasar uang. Menurutku lebih sreg sebagai pemula ya reksadana pasar uang mba. Lumayan juga hasilnya mba tapi aman buat aku ๐Ÿ™‚

  14. Tentang investasi saya juga masih kurang paham banget. Tapi untuk memulainya, saya mencoba investasi reksadana pasar uang. Ya, memang gak gede banget untungnya, tapi setidaknya, membuat saya sedikit lebih paham tentang reksadana, bagaimana cara kerjanya dan lainnya.

    Dan kalau di DBS Treasures ada pilihan investasi reksada, saya jadi tertarik juga nih. Ingin mencari tahu lebih lanjut, terlebih di DBS Treasures semuanya transparan. Serta yang penting udah diawasi oleh OJK.

  15. Aku tuu bingung milihnya kalau beli reksadana hahaha. Soalnya banyak banget jenisnya kan…Memang ada aplikasi investasi dengan robot yang bisa kasih opsi sesuai profil risiko nasabah. Di DBS ini ada semacam robot-nya ga mbak? Soalnya pengalaman duluuu beli reksadana di sebuah bank BUMN, stafnya sebisa mungkin tidak kasih saran kita mau beli RD apa.

  16. Sekarang ini banyak orang yang lebih senang menginvestasikan uangnya ketimbang pada jajan sih ya kalau ku lihat. Karena kita gak tau situasi kedepan akan seperti apa, terlebih pandeminya juga belum usai. Sekarang pun pilihan untuk investasi juga sudah banyak ya, jadi bisa pilih sesuai dengan kebutuhan kita juga dan mampunya seperti apa.

  17. Setiap jenis investasi itu ada kelebihan dan kekurangan masing-masing ya, Mbak. Oleh karena itu harus banyak yang dipertimbangkan dalam memilih investasi.

  18. Sesungguhnya ada banya istilah yang aku belum paham terkait investasi saham dan reksadana.
    Pun resiko masing-masing.

    Tapi semakin banyak membaca, bisa belajar pelan-pelan. Pun ketika membaca artikel kak Nurul.
    Alhamdulillah~

  19. Kalau di DBS Treasure ini tampilannya asyik, ada list reksadana berdasarkan bbrp kategori gitu. Aku masih pelajarin karena beberapa kali dapat penawaran buat invest disana. Enak juga sih, jadi lebih praktis pakai satu aplikasi doang

  20. Ternyata reksadana banyak juga macamnya ya mbak.
    Udah sering sih dengar DBS ini. Zaman sekarang enak ya kalau mau investasi tu gak usah datang2 ke kantor bank atau apalag buat invest bisa lngsung pakai aps atau web aja sudah bisa berinvestasi.

  21. Buat pemula yang sedang ingin belajar investasi, kayaknya memilih reksadana lebih aman ya mba. Ada manajer investasi yang akan mengelolanya untuk kita. Paling tidak kita bisa meminimalisir resiko yang mungkin dihadapi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: