Cara Memilih CCTV Terbaik untuk Sistem Keamanan Gedung Anda

Perusahaan atau pemilik suatu usaha perlu menjamin keamanan pada gedung mereka. Sistem keamanan gedung harus menjamin keamanan dan keselamatan penghuni gedung dalam beraktifitas. Pemilihan perangkat keamanan juga harus memudahkan konsumen dalam menjangkau sistem akses kontrol. Faktor itulah yang menjadikan para pelaku bisnis untuk memilih kamera pengawas atau CCTV terbaik dalam urutan pilihan sistem keamanan gedung. 

Ada berbagai jenis dan fungsi dari kamera CCTV yang dihasilkan dan menunjang semakin diminati oleh masyarakat karena didukung dengan fitur dukungan yang beragam pula. Dikarenakan sudah beragamnya jenis dari kamera CCTV ini memudahkan Anda dalam memenuhi kebutuhan sistem keamanan gedung baik di luar ruangan, di dalam ruangan, sampai kebutuhan di malam hari (ruangan minim cahaya). 

Tentunya dalam mencari CCTV untuk keamanan terbaik, Anda perlu memperhatikan CCTV yang menjadi kriteria terbaik dalam kebutuhan Anda. Beberapa faktor yang menjadikan Anda perlu memilih CCTV terbaik Anda diantaranya:

Fitur Pendukung CCTV Terbaik pada Sistem Keamanan Gedung

Dalam memilih sistem keamanan gedung tempat Anda melakukan aktivitas vital, tentunya fitur-fitur yang menjadi pendukung akan sangat membantu Anda dalam menciptakan sistem akses kontrol yang menyenangkan pula. Berikut fitur-fitur yang patut kamu pertimbangkan.

  • Jangkauan kamera hingga 360 derajat. Fitur ini akan terlihat tidak penting, namun jangkauan yang luas akan memudahkan dalam pemasangan CCTV. CCTV bisa dipasang secara berdiri tegak atau menggantung untuk memudahkan dalam mengamati segala arah. Kamera bisa berputar sehingga pengguna dapat melihat situasi sekeliling.
  • Pemantauan yang bisa jarak jauh. Dalam memaksimalkan fungsi kamera CCTV pemanfaatan jaringan internet sangat membantu dalam pemantauan jarak jauh di manapun Anda berada. Aplikasi bawaan juga akan sangat membantu dalam pemantauan melalui gadget kesayangan Anda.
  • Komunikasi secara dua arah. Dengan fitur ini pengguna dapat memberikan timbal balik kepada seseorang yang ada pada kamera pengawas di tempatkan. 
  • Audio Detection. Fitur ini dapat membantu pengguna dalam mendeteksi suara-suara berupa tangisan ataupun jeritan sehingga menimbulkan notifikasi pada sistem akses kontrol pengguna.
  • Penglihatan malam atau night vision. Hal ini memungkinkan Anda memantau lokasi tertentu di keadaan gelap atau minim cahaya. Umumnya, cara kerja fitur ini dengan mendeteksi energi infrared yang dihasilkan oleh energi panas.

Fungsi Kamera CCTV

Kamera CCTV sudah lama digunakan oleh masyarakat baik pengguna secara pribadi maupun pengguna enterprise dalam menciptakan sistem keamanan gedung yang mutakhir. Namun, bagi Anda yang masih belum atau ragu dengan fungsi-fungsi luar biasa dari kamera CCTV, berikut beberapa fungsi yang harus ketahui.

  • Mencegah Terjadinya Tindakan Kriminal

Bila suatu lokasi telah terekam segala objek atau orang yang melakukan aktivitas di lokasi tersebut. Dengan adanya CCTV seseorang akan enggan dalam melakukan aksi kriminalnya karena akan sangat mudah bagi pengawas CCTV dalam melacak pelaku dari tindakan kriminal tersebut.

  • Membantu Kegiatan Sederhana

Mungkin ada beberapa kegiatan yang terlihat sederhana, namun penting untuk dilacak diantaranya seperti menjaga dan mengawasi anak kecil atau orang tua, memudahkan dalam mencari barang, dan lainnya.

  • Mengawasi Tempat Selama 24 Jam

Penggunaan CCTV bisa dimanfaatkan selama 24 jam. Perlu Anda pikirkan juga, walaupun di suatu tempat sudah Anda tugaskan seorang penjaga bukan berarti Anda tidak membutuhkan yang Namanya Sistem CCTV.

  • Penjagaan Secara Real Time

Pemilik usaha yang memiliki sistem akses kontrol akan sangat mudah mendapatkan informasi rekaman CCTV secara real time tanpa harus bersusah-susah datang ke gedung atau tokonya. 

Anjuran Dalam Perawatan Kamera CCTV Terbaik 

  • Melakukan pengaturan kamera CCTV. Pengaturan yang dapat dilakukan yaitu kualitas rekaman, mode kamera, dan penyimpanan hasil rekaman kamera CCTV.
  • Membersihkan komponen yang digunakan dengan teratur. Hal ini akan sangat membantu dalam menjaga kesehatan komponen seperti DVR, monitor, ataupun drive unit.
  • Memasang CCTV pada lokasi yang membutuhkan dan tidak rawan rusak.
  • Melakukan back-up data hasil rekaman secara periodik untuk mengoptimalkan fungsi penyimpanan. Hal ini akan membantu dalam penggunaan memori.
  • Melakukan update firmware DVR juga tentukan akan sangat mempengaruhi konfigurasi dari hasil rekaman. 

Rekomendasi CCTV Terbaik Bagi Kebutuhan Anda

Dalam penggunaan sehari-hari CCTV atau kamera pengawas dibedakan menjadi dua. Hal ini karena masyarakat umumnya menggunakan dua jenis kamera pengawas ini yaitu IP Camera dan CCTV Analog. 

  • IP CCTV

IP Camera atau Internet Protocol menjadikan internet sebagai kamera. Dalam perekaman video, IP Camera tidak mengandalkan Digital Video Recorder (DVR) melainkan Network Video Recording (NVR). 

Dalam menghasilkan kualitas gambar IP Camera umumnya menghasilkan kualitas yang lebih bagus. Namun, Anda perlu mengetahui bahwa ini juga membutuhkan bandwidth yang cukup besar untuk dapat menunjang kualitasnya.

  • Analog CCTV

Seperti yang dijelaskan diatas, CCTV menjadikan sinyal analog sebagai sinyal yang akan “dikirim” langsung dari kamera ke alat pengolah video digital atau DVR. 

Untuk melihat hasil rekaman Anda perlu menyambungkan monitor ke DVR. Namun, jangan khawatir sudah banyak pula kamera CCTV analog yang sudah terhubung juga dengan internet. Namun, hal yang harus Anda perhatikan adalah router yang sudah terhubung dengan internet.

Perlu Anda selalu ingat, dalam memilih CCTV terbaik untuk sistem keamanan gedung, pertimbangan untuk mampu mengakomodasi kebutuhan adalah hal yang sangat penting. Oleh karena itu, Anda bisa menjadikan Hikvision – HikCentral Enterprise sebagai pilihan dalam membantu Anda menciptakan keamanan yang terbaik untuk Anda dan lingkungan sekitar. Bila Anda ingin melihat CCTV terbaik versi Anda silahkan kunjungi website https://www.hikvision.com/id dan temukan impianmu. 

Published by @nurulrahma

aku bukan bocah biasa. aku luar biasa

6 thoughts on “Cara Memilih CCTV Terbaik untuk Sistem Keamanan Gedung Anda

  1. Yang fitur 360 derajat itu penting Mba, biar bisa melihat ke segala arah, karena zaman sekarang banyak yang udah ngeh CCTV, jadi kalau mau berbuat jahat, mereka menghindari jangkauan kamera 😀
    Kalau bisa jangkau segala arah kan lebih aman 🙂

  2. pas banget nih, kemarin ketua RT di perumahan mengusulkan memasang CCTV

    karena di sini banyak pensiunan yang ogah tinggal bareng anak anaknya

    dengan memasang CCTV, selain terhindar tindak kriminal

    juga bisa memantau warga yang sempuh, apakah mereka sehat atau sakit

    karena mereka rajin, setiap pagi keluar rumah untuk salat di masjid dan jalan kaki keliling kompleks

  3. Hikvision, langsung kayak familiar. Rupanya emang merek CCTV ruang terapi anakku di rumah. Wkwkwkwk. Enak nih mba, bisa connect ke ponsel orang2 juga di rumah. Jadinya bisa pantau aktivitas anakku dari mana aja posisi, gak harus mantengin TV. Buat keamanan juga aq kebetulan 2 set itu di teras satu.

  4. Penting banget si pake cctv buat gedung,rumah, toko, sekolah. Krn buat jaga2 kaan..

    Kebetulan sekolahan anak2 tuh lg nyari cctv kan, krn pernah ada yg ngerusak pager. Nah kayaknya aku mau rekomenin ini deh

  5. Kalo udah bicara cctv, langsung inget pas aku masih kerja di bank :D. Salah satu tanggung jawabku tiap pagi sebelum cabang buka, dan selama jam kerja, harus selalu cek dan memastikan cctv bekerja dan merekam. Apalagi jumlahnya ada 30an waktu itu. Harus dicek juga apakah backupnya selama 6 bulan kebelakang tersimpan atau ga. Kalo ketahuan 1 hariiii aja ga dichecking, dan ketahuan audit, wassalam 🤣🤣, siap2 dapat WL itu :D.

    Cuma yg bikin aku suka merinding disko, Krn biasanya server CCTV di taro di lantai paling atas, yg mana suka horor dan spooky kalo di kantorku mba hahabahha. Pernah soalnya diganggu pas sedang ngecek 😂. Makanya kalo udah pagi2, aku langsung minta bantuan OB buat nemenin :D.

    Terus kalo tiba2 ada case, yg harus melihat ke CCTV, duuuuh itu mata jereng kadang ngeliatin layarnya. Mending kalo tahu jam berapa kejadian. Kalo ga tau, kan hrs ditonton semua :D. Syukurlah aku udah ga megang begituan lagi 😂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: