Ada yang Mau Berangkat Umroh? Ini Tipsnya supaya Enjoy di Arab Saudi

Yap! Segala puji teralamatkan kepada Sang Maha Penguasa Alam Semesta dan Seisinya. Alhamdulillah, 25 Februari hingga 6 Maret lalu, saya diperjalankan menuju Baitullah. Untuk melakoni ibadah Umroh, dan puji syukur… semuanya berlangsung dengan lancar jaya. Ya ada sih, drama drama dikit… tapi anggap aja itu “bumbu” yang memang kudu hadir di setiap menu kehidupan kita. 😀 

Sebelum berangkat umroh, aku dapat titipan doa dari beberapa teman, supaya mereka bisa disegerakan berkunjung ke Baitullah. Sepulang umroh, eh…. ada good news, bosquuu. Salah satu blogger bolo plek saya kirim WA, “Mbak… ini istriku insyaAllah mau umroh akhir bulan ini. Apa saja yang harus dibawa ya?” 

Hwaaaa…. rasanya hepiii banget dapat kabar seperti ini! Tanpa banyak cang cing cung, baiklaaah aku share beberapa tips (yang menurutku) lumayan penting terkait umroh ini yak. 

 

Tips Beribadah Umroh 

(1).  Pelajari itinerary dan paket umroh dari travel kita 

Paket umroh kalian termasuk (semi) backpacker atau yang VIP?

Maskapainya yang low-cost atau full service?

Ini penting banget untuk kita ketahui. Karena tahu sendirilah, naik Lion Air/AirAsia atau Saudi Airlines/Garuda Indonesia tentunya bedaaaaaa banget dong ya :D.

Baik dari segi fasilitas di dalam kabin pesawat, kapasitas bagasi yang boleh dibawa (ini pelajari bener-bener), service dari cabin crew, pokoke bakal bedaaa banget. 

Kemarin itu, saya umroh (semi) backpacker karena kudu transit segala di Kuala Lumpur dengan durasi 10 jam 😀 Jadinya, hamba kudu mempersiapkan diri, dengan adaptasi di cuaca KL yang sangat menyengat panasnya. 

(2). Bawa Skincare dan Minyak Terapi 

Cuaca di Madinah cenderung dingin, bisa menyentuh 13 derajat celcius, berasa lagi di Amrik, deh 😀 

Baca: Jadi Local Guides dan Diundang ke Amerika 

Umroh Madinah

Kalau di Mekkah dan Jeddah, relatif hangat. Kadang Mekkah jam 12 siang puanassssnya nampol booo, kayak di Surabaya. 

Perbedaan cuaca yang lumayan ekstrim ini, rentan bikin kulit jadi bermasalah. Saranku, bawalah skincare yang memang cocok dengan kulit kalian. 

Kalau my personal recommendation, ada NIVEA creme (untuk kulit wajah dan badan) dan aku pakai Vaseline Lip Theraphy (untuk areal bibir). Hamdalah, ini efektif buanget! Di saat teman-teman saya kulitnya bersisik… trus ada yang bibirnya berdarah (gara-gara sering di-gelopekin), sampai pulang ke Indonesia, kulit saya baik-baik saja. 

Ya kulit saya jadinya agak gelap dikit siiih, qiqiqiq. Soale, kadang saya lupa buat apply sunscreen favorit yaitu Banana Boat. Saran aja, mulai sekarang, kalian bisa berburu aneka skincare, sunblock, sunscreen dan lain sebagainya itu di Tokopedia! 

Kenapa, Kakaaaak? Ya iyalaaah lagi banyak promo Tokopedia Maret Mantap bikin mupeng bangeeett, karena tahu sendirilah, Tokopedia kan koleksinya beragam dan super lengkap. Udah gitu, kalau ada promo seru kayak gini, jangan sampai kita lewatin dong yaaa.

Print

(3). Bawa Jaket Tebal, Sarung Tangan, Kaos Kaki dan Masker yang Banyak 

Layer is The Key! Itu prinsip fashion yang kudu kita pegang manakala traveling ke destinasi dengan perbedaan suhu yang jauh. Pas di Mekkah, mungkin kita nggak butuh jaket. Tapi lebih butuh kostum berbahan katun, agar bisa menyerap keringat.

O iya…. in my humble opinion, untuk berumroh, kita tidak wajib pakai gamis putih lho yaaaa. Aku kemarin pakai gamis katun dengan warna hitam dan merah. Dan mereka yang dari negara-negara lain juga jarang pakai baju putih. Kenapa? Karena warna putih tuh gampang kotor 😀 

Jaket yang tebal (anggap aja mau plesir ke Amrik) dan aneka perangkat penghangat badan mutlak diperlukan. Kalau masker, ini penting banget ketika kita tidak sedang beribadah. Misalnya, pas lagi jalan-jalan, mau shopping, semacam itu. Soalnya, di Arab tuh manusianya banyaaaaaaaaakkk dan datang dari negara mana-mana kan. Kita tidak tahu kondisi fisik mereka, carrier penyakit atau gimana. Yang jelas, harus antisipasi supaya kita tetap setroooong, sehat dan semangat ketika ibadah. 

(4). Banyak Minum Air Zamzam dan Semprotkan di Wajah 

Privilege banget buat yang ada di Mekkah dan Madinah, karena kita bisa mengonsumsi air zamzam kapanpun kita mau! Asalkan rajin cuss ke Masjid Nabawi dan Masjidil Haram, maka kita bisa banget mengakses air zamzam sepuasnya, sampai klempoken juga boleh wkwkwkwkw. Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan air zamzam untuk cuci wajah. Jadi segeeeer, dan semoga cantik luar dalam yes.

(5). Berburu Oleh-oleh Jangan Sampai Over-Baggage!

Sekali lagi aku remind tentang kapasitas bagasi. Naik AirAsia kayak diriku, kapasitas cuma 20 kilogram lho (ini include jatah zamzam 5 liter dari Travel). Naaah, kebayang kan, mana mungkin aku bisa beli banyak oleh-oleh? 😀

Tapiiii, aku sih nggak khawatir sama sekali. Untuk oleh-olehnya kan bisa beli online. Pas banget ada program Tap Tap Mantap Tokopedia jadi aku bisa cuss pilih oleh-oleh yang sesuai budget, dan berkesempatan untuk dapat segabruk diskon, plus menang buanyaaaak hadiah!

Kalian bisa cuss langsung ke Tokopedia untuk tahu info selengkapnya yak. Program ini berlangsung SETIAP HARI  yaitu jam 12.00 – 13.00 dan 17.00 – 18.00 

Happy Shopping buat yang mau belanja di Tokopedia, dan semogaaaaaa teman-teman yang rajin baca (dan comment) di blog ini bisa segera berangkat ke Baitullah, aamiiiin!

 

 

Advertisements