Ada yang Mau Berangkat Umroh? Ini Tipsnya supaya Enjoy di Arab Saudi

Yap! Segala puji teralamatkan kepada Sang Maha Penguasa Alam Semesta dan Seisinya. Alhamdulillah, 25 Februari hingga 6 Maret lalu, saya diperjalankan menuju Baitullah. Untuk melakoni ibadah Umroh, dan puji syukur… semuanya berlangsung dengan lancar jaya. Ya ada sih, drama drama dikit… tapi anggap aja itu “bumbu” yang memang kudu hadir di setiap menu kehidupan kita. 😀 

Sebelum berangkat umroh, aku dapat titipan doa dari beberapa teman, supaya mereka bisa disegerakan berkunjung ke Baitullah. Sepulang umroh, eh…. ada good news, bosquuu. Salah satu blogger bolo plek saya kirim WA, “Mbak… ini istriku insyaAllah mau umroh akhir bulan ini. Apa saja yang harus dibawa ya?” 

Hwaaaa…. rasanya hepiii banget dapat kabar seperti ini! Tanpa banyak cang cing cung, baiklaaah aku share beberapa tips (yang menurutku) lumayan penting terkait umroh ini yak. 

 

Tips Beribadah Umroh 

(1).  Pelajari itinerary dan paket umroh dari travel kita 

Paket umroh kalian termasuk (semi) backpacker atau yang VIP?

Maskapainya yang low-cost atau full service?

Ini penting banget untuk kita ketahui. Karena tahu sendirilah, naik Lion Air/AirAsia atau Saudi Airlines/Garuda Indonesia tentunya bedaaaaaa banget dong ya :D.

Baik dari segi fasilitas di dalam kabin pesawat, kapasitas bagasi yang boleh dibawa (ini pelajari bener-bener), service dari cabin crew, pokoke bakal bedaaa banget. 

Kemarin itu, saya umroh (semi) backpacker karena kudu transit segala di Kuala Lumpur dengan durasi 10 jam 😀 Jadinya, hamba kudu mempersiapkan diri, dengan adaptasi di cuaca KL yang sangat menyengat panasnya. 

(2). Bawa Skincare dan Minyak Terapi 

Cuaca di Madinah cenderung dingin, bisa menyentuh 13 derajat celcius, berasa lagi di Amrik, deh 😀 

Baca: Jadi Local Guides dan Diundang ke Amerika 

Umroh Madinah

Kalau di Mekkah dan Jeddah, relatif hangat. Kadang Mekkah jam 12 siang puanassssnya nampol booo, kayak di Surabaya. 

Perbedaan cuaca yang lumayan ekstrim ini, rentan bikin kulit jadi bermasalah. Saranku, bawalah skincare yang memang cocok dengan kulit kalian. 

Kalau my personal recommendation, ada NIVEA creme (untuk kulit wajah dan badan) dan aku pakai Vaseline Lip Theraphy (untuk areal bibir). Hamdalah, ini efektif buanget! Di saat teman-teman saya kulitnya bersisik… trus ada yang bibirnya berdarah (gara-gara sering di-gelopekin), sampai pulang ke Indonesia, kulit saya baik-baik saja. 

Ya kulit saya jadinya agak gelap dikit siiih, qiqiqiq. Soale, kadang saya lupa buat apply sunscreen favorit yaitu Banana Boat. Saran aja, mulai sekarang, kalian bisa berburu aneka skincare, sunblock, sunscreen dan lain sebagainya itu di Tokopedia! 

Kenapa, Kakaaaak? Ya iyalaaah lagi banyak promo Tokopedia Maret Mantap bikin mupeng bangeeett, karena tahu sendirilah, Tokopedia kan koleksinya beragam dan super lengkap. Udah gitu, kalau ada promo seru kayak gini, jangan sampai kita lewatin dong yaaa.

Print

(3). Bawa Jaket Tebal, Sarung Tangan, Kaos Kaki dan Masker yang Banyak 

Layer is The Key! Itu prinsip fashion yang kudu kita pegang manakala traveling ke destinasi dengan perbedaan suhu yang jauh. Pas di Mekkah, mungkin kita nggak butuh jaket. Tapi lebih butuh kostum berbahan katun, agar bisa menyerap keringat.

O iya…. in my humble opinion, untuk berumroh, kita tidak wajib pakai gamis putih lho yaaaa. Aku kemarin pakai gamis katun dengan warna hitam dan merah. Dan mereka yang dari negara-negara lain juga jarang pakai baju putih. Kenapa? Karena warna putih tuh gampang kotor 😀 

Jaket yang tebal (anggap aja mau plesir ke Amrik) dan aneka perangkat penghangat badan mutlak diperlukan. Kalau masker, ini penting banget ketika kita tidak sedang beribadah. Misalnya, pas lagi jalan-jalan, mau shopping, semacam itu. Soalnya, di Arab tuh manusianya banyaaaaaaaaakkk dan datang dari negara mana-mana kan. Kita tidak tahu kondisi fisik mereka, carrier penyakit atau gimana. Yang jelas, harus antisipasi supaya kita tetap setroooong, sehat dan semangat ketika ibadah. 

(4). Banyak Minum Air Zamzam dan Semprotkan di Wajah 

Privilege banget buat yang ada di Mekkah dan Madinah, karena kita bisa mengonsumsi air zamzam kapanpun kita mau! Asalkan rajin cuss ke Masjid Nabawi dan Masjidil Haram, maka kita bisa banget mengakses air zamzam sepuasnya, sampai klempoken juga boleh wkwkwkwkw. Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan air zamzam untuk cuci wajah. Jadi segeeeer, dan semoga cantik luar dalam yes.

(5). Berburu Oleh-oleh Jangan Sampai Over-Baggage!

Sekali lagi aku remind tentang kapasitas bagasi. Naik AirAsia kayak diriku, kapasitas cuma 20 kilogram lho (ini include jatah zamzam 5 liter dari Travel). Naaah, kebayang kan, mana mungkin aku bisa beli banyak oleh-oleh? 😀

Tapiiii, aku sih nggak khawatir sama sekali. Untuk oleh-olehnya kan bisa beli online. Pas banget ada program Tap Tap Mantap Tokopedia jadi aku bisa cuss pilih oleh-oleh yang sesuai budget, dan berkesempatan untuk dapat segabruk diskon, plus menang buanyaaaak hadiah!

Kalian bisa cuss langsung ke Tokopedia untuk tahu info selengkapnya yak. Program ini berlangsung SETIAP HARI  yaitu jam 12.00 – 13.00 dan 17.00 – 18.00 

Happy Shopping buat yang mau belanja di Tokopedia, dan semogaaaaaa teman-teman yang rajin baca (dan comment) di blog ini bisa segera berangkat ke Baitullah, aamiiiin!

 

 

Advertisements

70 thoughts on “Ada yang Mau Berangkat Umroh? Ini Tipsnya supaya Enjoy di Arab Saudi

  1. Mugniar says:

    Ah ya, diriku juga gak suka pakaian putih karena cepat kotor hihihi. Warna apapun juga, gamis dijual di Tokopedia ya Mbak Nurul.

    Eh iya lupa, masya Allah, selamat ya Mbak sudah menunaikan umroh. Semoga diriku pun bisa menunaikannya. Tips ini sangat membantu kalo kesampaian umoh.

  2. Iza Zuniawan says:

    Aamiin ya Allah. Aamiin.

    Mbak, sudah lama aq gak baca tulisan bukanbocahbiasa. Setiap baca, tetep bisa membayangkan ekspresi smpyn seumpama bicaralangsung. Hehehe

  3. sie-thi nurjanah says:

    Saya tuh sering senang kalau liat ada postingan mengenai umroh dan haji..sambil menyisipkan doa semoga Allah perkenankan juga untuk ke sana.
    Share nya bermanfaat apalagu bagi yg baru perdana melakukan peejalanan umroh

  4. bundanyamaxy says:

    Alhamdulillah mbak Nurul, umrohnya lancar.
    Mbak ikutan semacam UBP gtukah kok semi backpacker, eh, atau pakai travel umrohnya?
    Ntr ceritakan lbh jelasnya gmn yaaa, eh apa udah ada postingannya? hehe 😀

    • @nurulrahma says:

      Whoaa, ini April Hamsa tho? Kok tumben ga pake blog satunya 😀 Ntar kalo gak mager, aku coba tuliskan detailnya ya 😀 Yg jelas, ini aku ditraktir temen. nah, dia nraktirnya tuh pakai travel umroh Jkt, yang tibakno…. style umrohnya rada2 backpacker getoooo 😀

  5. Ria Fasha says:

    Wah alhamdulillah ya mbak ada rejeki buat umroh. Memang penting banget sunscreen, oom ku pernah umroh balik2 itu kakinya pecah2 ampe berdarah dan harus ke rumah sakit

  6. lianny hendrawati says:

    Wah kalo 13 derajat udah dingin banget buat aku yang nggak tahan dingin, kadang AC 23 derajat aja aku udah kedinginan haha.
    Btw aku juga manfaatin tap2 mantap toped bulan lalu, banyak promo diskonnya 🙂

  7. astin astanti says:

    Alhamdulillah, seneng banget membaca tips dan peralatan apa yang wajib dibawa saat berangkat umroh. Sudah kebayang doong meski entah berangkatnya kapan. Toped tempat belanjaku Mbak, tinggal tap tap mantap bnaget deh. Ngomong ngomong toped punya promo apa ya, menjelang bulan ramadhan ini?

  8. Travlingku says:

    Tips-tips yang simple dan perlu banget ini yang jarang diketahui oleh masyarakat luas. Khususnya untuk yang masalah oleh-oleh, kalau duit banyak macam SyahRei sih enggak apa ya, belanja di sono. Lah kalau macam saya ini gimana? Selain itu, kapasitas bagasi di pesawat juga ada batasnya. Memang lebih asyik belanja di toko online gitu.

  9. Sapti nurul hidayati says:

    Tipsnya lengkap banget. Urusan perlengkapan untuk kulit ga boleh sampai terlewat ya mb ? Terutama lip cream sama pelembab, karena cuaca memang ekstrem biar kulit tidak menderita.. Hihi. .ok mb, aamiin untuk doa terakhirnya.. Tfs.

  10. Inna Riana says:

    alhadullillah senangnya udah balik dari umroh. jadi kangen pengen ke sana lagi ya mba?
    aku waktu itu udah kumplit bikin list barang bawaan. malam sebelum berangkat ada drama di rumah. pikiran agak kacau krna kesel. masker 1 pak yg udah disiapin ketinggalan. akhirnya aku pake ujung kerudung buat masker hihihi

  11. akuchichie says:

    Perbedaan cuaca ini yang paling utama harus dipersiapkan, tapi kalau disana mau panas tapi kayaknya gak bakal lembab kayak Jakarta deh. Tips nya boleh juga nih diikuti saat nanti ada kesempatan mau umrah.

    • Ainhy Edelweiss says:

      Aku kalau butuh barang2 juga sering ke Tokopedia, barangnya lengkap dan harganya terjangkau banget.

      Mudah2an someday bisa ke Mekkah juga, amiinn 😊

  12. Lina W. Sasmita says:

    Yang aku lupa itu bawa pelembab jadi pas di sana kulit kering kerontang dan bibir pecah-pecah. Alhamdulillah setiap ke mesjid Nabawi dan Masjidil Haram selalu minum air zamzam untuk minum di hotel aku bawa botol kosong untuk diisi air zamzam.

  13. Utie adnu says:

    InsyaAllah tahun ini mba dah kepingin bngt umroh stay gaji,,, iya Ada yg bilang semprot air zam zam kewajah bikin adem , udah persiapan ini bawa tumbler akuh

  14. Bibi Titi Teliti says:

    wah super berfaedah bener nih semua tipsnya mbak, semoga suatu saat nanti aku berkesempatan untuk bisa umroh juga.

    Iya sih, daripada ribet over baggage gara2 oleh2 mending melipir ke Tokopedia aja sih.

  15. Rosanna Simanjuntak says:

    Setuju banget sama kiat-kiat di atas.
    Kebetulan aku juga umroh saat musim dingin, beberapa tahun lalu
    Menggunakan lotion is a must, bahkan pak Ustadz sering banget mengingatkan

  16. lendyagasshi says:

    Berangkat umroh ini mashaAllah…impian setiap muslim yaa…setelah atau pun sebelum berhaji.
    Semoga someday…Allah kasih kami sekeluarga bisa ke Baitullah.

  17. Aprillia Ekasari says:

    Yaaa jatah air zam zamnya dimasukin jatah bagasi ya…
    Kirain bakal beda hehe.
    Noted tips2nya. Iya niatnya ibadah wes gk usah mikirin oleh2 ya haha banyak jg di Indonesia soale😂

  18. ivonie says:

    Makasih banyak lho tipsnya mbak, iya nih soal beli oleh-oleh gak perlu banyak-banyak. pilih yang memang khusus produk sana saja sementara yang lain bisa beli di Indonesia

  19. Noorma says:

    Bisa ke Mekkah dan Madinah utk ibadah umroh itu suatu yang luar biasa y mba. Rezeki dr Allah.

    Ibadah umroh bisa banget oleh2nya beli di tokopedia ya mba. Udah banyak yang jual oleh oleh umroh. Biar ga ribet berat2 bawa dr sana

  20. Mirna Kei Rahardjo says:

    Nda usah bawa baju banyak, beli disana biar ga over bagage karena gamis disana juga bagus, beli sedikit di tokped kalo aku mah hehehe

  21. Lidya says:

    Allhamdulillah gak harus pakai warna putih ya, soalnay aku lihat banyak yang pakai warna itu. Sedangkan aku menghindari banget selain cepat kotor juga aku gak terlalu suka. Smeoga segera menyucul ke sana

  22. Jalan-Jalan KeNai says:

    Saya termasuk yang suka malas beli oleh-oleh kalau ke mana-mana. Bahkan untuk diri sendiri. Jadi kalau suatu saat bisa umroh, kayaknya selain ibadah, saya maunya jalan-jalan dan kulineran aja hehehe

  23. Reyne Raea says:

    Cuman mau numpang doa, semoga saya dan keluarga diizinkan Allah ke sana, aamiin ya Allah.
    Btw saya masuk tim malas beli oleh-oleh, sering banget ke sana ke mari, tapi jarang banget beli oleh-oleh, ngerepotin soalnya hahaha.
    Baik budgetnya plus bawanya hiks.

  24. indah nuria says:

    perjalanan umroh memang selalu memberikan banyak cerita dan pengalaman ya mba. Kalau berangkatnya enak saat musim dingin mungkin cuaca ngga menjadi masalah dibandingkan berangkat saat musim dingin yaa mba

  25. ummunawazim says:

    Wah tipsnya luar biasa, Mbak. Bookmark nih, persiapan umroh. Semoga bisa segera ke sana. Aamiin. Paling seneng baca tulisan tentang umroh atau haji. Karena ada saja hal yang saya belum tau dan belum dengar.

  26. niaharyanto says:

    Tokopedia masih jadi marketplace favorite aku nih. Ada perlu apa pun larinya selalu ke sana. Dari skin care, baju, toiletries, sampe mainan bocah, pasti dibeli di Tokopedia. Harganya beda, dan cepeeeet nyampe barangnya.

  27. Bety Kristianto says:

    Senangnya ya mba bisa mengunjungi tanah suci. Dan emang karena perbedaan suhu yang ekstrim kita harus pintar-pintar atur baju yang dibawa biar nggak saltum. Semoga ibadahnya makin kusuk ya mba.. amin

  28. Ujame Gaja says:

    masyallah.. tipsnya manfaat banget bun. bener sih dicuaca ekstrim kulit rentang banget jadi kering. ini kemarin pengalam juga di Bali. main ketempat dingin (pegunungan) lanjut ke savana yang teriknya subhanallah di satu hari yang sama malemnya kulit para kaya mau ngelupas sedih

  29. Siti Hairul says:

    Aku tahun lalu Umrohnya backpackeran gitu mbak. Berangkat pake AA pas pulang nyari yg full service dapat Turkish dan nyaman banget. Aku juga bawa minyak aromaterapi hehehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s