Wisata Surabaya TANPA Mal

Kombinasi sakit stroke, susah banget kalau jalan, plus tangan amat kaku untuk digerakkan. Itulah yang membuat ayah mertuaku ogah banget diajak kemana-mana. Saban hari, beliau hanya menghabiskan hari di depan TV. Mencet-mencet remote, dan ngomel-ngomel enggak jelas saban lihat Pak Mario Teguh berkicau. Tapi, hobi banget kalau berita kriminal plus sinetron lebay-bin-alakazam mulai nongol. Waduh.

Sebagai menantu yang yaaa.. gitu deh, saya berinisiatif cari spot yang wokeh untuk jalan-jalan di weekend. Bukan hanya untuk nyenengin Sidqi, anak saya.

Niat mulianya adalah: pengin banget lah jadi menantu yang “agak ada gunanya” gitu loh. Minimal, berguna dalam hal “memberikan ide” untuk destinasi jalan-jalan bagi bapak mertua yang sudah sepuh.

Apakah bapak mertua sebaiknya diajak ke mal?

Oh. Doi pasti bilang “Ogah”. Maklum. Mal di Surabaya kan bisa dibilang kurang ramah dengan para pinisepuh. Kasihan kalau beliau musti empet-empetan dengan para ABG alay dan emak2 hore yang memadati sekujur bodi mal.

Walhasil, setelah browsing dan nanya sana-sini, ketemu satu tempat yang cihuy banget! Namanya TAMAN LANSIA. Wah, sesuai banget nih sama namanya.

Taman Lansia di Jalan Raya Gubeng Surabaya (seberang toko busana muslim Shafira)

Taman Lansia di Jalan Raya Gubeng Surabaya (seberang toko busana muslim Shafira)

Jadi, gini. Di Surabaya itu, buanyaaaak banget spot2 taman yang makin kece-badai, setelah Bunda Risma, idola arek-arek Suroboyo, diamanahi jadi orang nomor satu di kota ini.

Mau ke Taman Bungkul? Taman Prestasi? Taman Jayengreno? Kebun Bibit alias Taman Flora? You name it! Karena segabruk taman nan indah bergentayangan di bumi Surabaya.

Karena saban weekend (sesekali) kita pengin ngajak ayah mertua, so pasti pilihannya jatuh kepada Taman Lansia.

Di sini, ayah mertua ho’oh ho’oh saja pas kita ajak turun dari mobil. (FYI, biasanya kalo yalan-yalan, doi lebih suka nangkring di dalam mobil. Padahal, tau sendiri kan, Surabaya panasnyaaa….ala neraka bocor!)

Duo krucil (Faiz dan Sidqi) plus eyang kakungnya

Duo krucil (Faiz dan Sidqi) plus eyang kakungnya

Lalu, terapi sejenak di kerikil-kerikil yang tersebar di seantero taman. Lumayan, buat refleksi kaki.

Faiz (ponakan saya) lagi praktekin refleksi kaki

Faiz (ponakan saya) lagi praktekin refleksi kaki

Dua cucu yang super-duper-aktif-dan-a-little-bit-usil juga setia nemenin eyang kakungnya. Nggelitikin kaki. Nyembunyiin tongkat. Atau, comotin tahu plus kentang goreng kakung. Hihihi.

Kabuuurr....!! Ayo kita habisin tahu/kentang goreng kakung...

Kabuuurr….!! Ayo kita habisin tahu/kentang goreng kakung…

Yang paling penting dari itu semua adalah, taman ini GRATISSSSS… (tapi kalau mau jajan tahu/kentang goreng, siap-siap keluarin duit 6 ribuan/ pax).

Teteup dong. Kalau cari spot wisata, usahakan lokasi yang ramah keluarga dan nggak perlu ngrogoh kocek dalem-dalem. Hati tenang, isi dompet pun kagak terbang! (*)

Tulisan ini diikutsertakan dalam GA pertama dari Emak Bogor

Advertisements

46 comments

  1. Cut Isyana · October 20, 2014

    Iya Mbak, sekarang cakep ya taman-taman di Sby. Ngiler aku ngeliatnya. Tinggal polusi udaranya aja dikurangin, udah enak banget deh main-main seharian di taman 🙂

  2. ysalma · October 20, 2014

    Ini mah memang mantu idamana namanya, tapi agak sedikit pelit hahaha, sukses di GA-nya,
    Orangtua yang ‘agak kurang sehat’ memang agak sensi, tapi harus rajin ngingatin ‘berkah’ lain yang masih beliau miliki dan belum tentu dimiliki oranglain seperti: mantu yang perhatian, anak, cucu yg sehat *jadi ingat almarhum bapakku*

    • bukanbocahbiasa · October 21, 2014

      Bukan ‘agak sedikit’ mbak, tapi “SANGAT BANGET NGET” hahaha… **mental cari gretongan**

      Ayah mertua saya duluuu memang aktivis mbak. Kegiatannya banyak. Begitu pensiun, yaa jadi kayak ‘hilang arah’ hihihi… Bingung mau ngapain, jadi kerjaannya nonton TV melulu, yang mana menurut saya kurang baik buat kesehatan fisik + psikis beliau.

  3. faziazen · October 20, 2014

    sukses GA nya
    moga bapak mertua sehat selalu

    • bukanbocahbiasa · October 21, 2014

      Amin, amiiin ya Robbal Alamiin.. insyaAllah, bapak mertua saya semakin sehat wal afiat kalo sering diajak yalan2, hehehe….

      • faziazen · October 21, 2014

        amin..alhamdulillah

  4. dani · October 20, 2014

    Nambah satu lagi inpoh soal taman di Surabaya. Bapak Ibuk jugak seneng loh Mbakyu hopon ke taman0taman di sana.

    • bukanbocahbiasa · October 21, 2014

      Buanyaaaak banget alternatif taman yang bisa dikunjungi Dan. Masing2 punya ciri khas juga. Asyik lah pokoke.. Makanya aku agak gimanaa gitu, kalo Bu Risma udah selese jadi Walkot. Duh, apakah pengganti beliau bisa sekeren ibu kita satu ini??

  5. Dwi Puspita · October 21, 2014

    loh mbak,,taman ini kan tempat pacaranku dulu ama suamiku,,hehehehe,,jadi ingat masa pacaran deh jadinya,,ups keceplosan,,tapi sekarang pacarannya udah halal,,,

    • bukanbocahbiasa · October 21, 2014

      Eaaaaa….. kalau ingin mengenang masa lalu, cukup yalan2 ke taman yaa… suit, suiiit :))

  6. ira nuraini · October 21, 2014

    enak bener ya main2 di taman Surabaya skrg ini, banyak pilihan…bapak sama ibuku jadi betah di Surabaya juga ini salah satu alasannya, tiap wiken mereka bisa jalan2 dari taman ke taman dan gratisss pula… 🙂
    btw taman jayengrono itu dimana ya mbk, blm pernah ke situ ky nya aq..

    • bukanbocahbiasa · October 21, 2014

      Jayengrono di DPN JMP mbak… Jembatan merah plaza. Aku jg baru lewat dpnnya aja

      • ira nuraini · October 21, 2014

        oww…baru denger soalnya mbk, pantes kalo ga tau..jauh dari rumah..hahaha

  7. nyonyasepatu · October 21, 2014

    katanya juga di Surabaya sekarang banyak banget taman2 bagus yaaa. ahh aku ninggalin surabaya tanpa ngeliat taman2 yang ok huhu

    • bukanbocahbiasa · October 21, 2014

      Main2 ke sini dong mbaaa….
      Tapi panasnya Sby masih teteeuppp istiqomah :))

  8. dWi (@Ki_seKi) · October 21, 2014

    cihuiiii sensasi batu2nya itu menggelitikku untuk komen jg disini *eh 😀

    • bukanbocahbiasa · October 21, 2014

      Hihihi… Batu2nya memang sarana “uji fisik dan mental” mak.

      Pertama nyoba sakiiit… tapi lama2 nagih juga hihihi..

  9. Orin · October 21, 2014

    wuihhh…udah menjelma jadi mantu idaman dunk Mak hohohohoho.
    Alhamdulillah banyak taman ya, gratis pula, jd ngga melulu ke emol yg tidak baik bagi kesehatan dompet 😀

    • bukanbocahbiasa · October 21, 2014

      Laahhh, beluum maak… masih edisi mantu (mencoba) shalihaat. Main-main dong ke Sby. Saksikanlah, wahai teh Orin, bahwa Sby sekarang makin assoyy… :))

  10. Chrismana"bee" · October 21, 2014

    Suroboyo wes mulai ijo yo mbak 😀

    • bukanbocahbiasa · October 22, 2014

      Mulai colorfulll mbak.. Tamannya itu didesain dgn begitu ciamik. Kombinasi hijau daun, bunga yang berwarna-warni… Wah, kalo ada “pengalihan isu” seperti taman2 cantik begini, kita jadi lupa dengan segala keriuhan politik dsbnya deh :))

      • Chrismana"bee" · October 22, 2014

        Hahahaa… enak yo mbak, minimal gak panas2 nemen, kalo di jakarta masih ngepul panase

  11. mrsmuhandoko · October 21, 2014

    duuh kita sama mbak. kadang saya jg maen ke taman lansia *meskipun bukan lansia,saya masih abegeh ketjeh* :p
    atau kdg ke bungkul, ke mangrove. wisata tepat nan hemat :p

    • bukanbocahbiasa · October 22, 2014

      Ayeyeye… ABG ketjeh :)) Aku kalo ke Mangrove malah belum pernah mak. Waktu itu, Sidqi dan bapaknya dolan ke Mangrove bareng sodara2 dari Jakarta. Sementara diriku ditinggaaaallll… hwaaa… *mewek*

  12. TianPink · October 21, 2014

    Emang lebih enak jalan – jalan ke Taman, selain adem gratis pula mak 😀 hihih

  13. hildaikka · October 21, 2014

    Huahaha, Suroboyo tenan iki Mak. Aku juga seneng loh kalo mau pacaran hemat tinggal lari ke taman. Seringnya ya yang deket kos kayak Taman Prestasi sama Taman Apsari 😀

    • bukanbocahbiasa · October 22, 2014

      Eitss… ati2 loh kalo pacaran di taman. Ntar kena garuk satpol PP, hahaha…:)))

      • hildaikka · October 22, 2014

        Hihi… kita kan pacarannya sambil main monopoly ato Truth or Dare Mak. Bisa-bisa satpol PP nya ikutan maen XD

      • bukanbocahbiasa · October 22, 2014

        Aseeekk… Baguuusss lah kalau begitu :))

  14. Indah Juli · October 21, 2014

    Di Jakarta ada juga taman lansia, dan sering main ke sana karena tempatnya nyaman dan teduh.
    Di Yogya nggak ada sepertinya, paling taman UGM 🙂

    • bukanbocahbiasa · October 22, 2014

      Oh, taman2 di Jakarta sudah mulai berbenah juga ya mak Injul? Duluuu banget, aku biasanya kalo ke Jkt nongkrong di taman apa itu namanya, yang dpn rumah Pak JK itu loh. Kalo ga salah, taman Menteng apa ya?
      Yang jelas, enyaaak, banyak yang jualan nasi gila dll.

      Lho, di Yogya fakir taman ya? Wah, eman2 banget. kota sekeren Yogya padahal :((

  15. momtraveler · October 21, 2014

    Huuaa….aku kangen bgt sama surabaya… hiks 😦

    • bukanbocahbiasa · October 22, 2014

      Hayuuk… hayuuuk… mbolang ke Suroboyo maaak…

      Btw, Semarang kan juga asyik Mak Muna.. Enyaak, bisa sewaktu2 ke Yogya atau ke Solo. Ihiks. aku pengiiin deh ke Jogja lageee :))

  16. Ririe Khayan · October 21, 2014

    mau mauuu wisata ke taman lansia, apalagi ngajakin Pak dan Simbokku, sptnya bakal seru jika kedua ortu bisa diajakin ke taman lansia tersebut.

    • bukanbocahbiasa · October 22, 2014

      Ho oh MBA riri… Taman2 di Sby ini semakin bnyk.. Lumayan JD alternatif destinasi wisata lokal.

  17. indrihapsari · October 22, 2014

    Saya cuma pernah ke taman bungkul..sama kebun bibit. Enak mbak, adem 🙂

    • bukanbocahbiasa · October 22, 2014

      Berarti kudu coba hop on/hop off ke taman2 lain mbak Indri…

      Dalam waktu dekat *tsah* saya berambisi ke taman Jayengrono. Sekalian shopping ke JMP sih. *lha*

  18. Ceria Wisga · October 22, 2014

    ho oh mbak,nyenengin bgt nongkrong di taman lansia. angin semilir plus cemilan bikin lupa waktu 😀

    • bukanbocahbiasa · October 23, 2014

      Mak Wisga juga sering ke sini yak? Kapan2 Blogger Sby kopdar di taman manaaaa gitu loh. Oke? Oke?

  19. Ika Koentjoro · October 22, 2014

    Wisata ditaman sambil bawa gelaran buat duduk2 dan makan bareng keluarga juga asik ya mbak

    • bukanbocahbiasa · October 22, 2014

      Asyiiik banget Mak.
      Sayangnya, bapak mertua saya enggak bisa lesehan di bawah. Kalau mau duduk di bangku taman, beliau juga kudu dibantuin banyak orang. Bahkan, orang2 yang lagi nongkrong di taman ikut bantu2 nuntun bapak mertua saya 🙂

  20. Dwina Yusuf · October 27, 2014

    Waaa…aku yg jauh dr Sby jd tau tempat ini. Makasih ya, mak. Sudah aku baca dan catat dr minggu kmrn tp gagal komen terus.

    • bukanbocahbiasa · October 27, 2014

      Iiih, makasiii akhirnya bisa komen di mari ya maak… Tengkiu, tengkiuuu :))

  21. Ria Rochma · October 27, 2014

    di surabaya sekarang dah mulai banyak taman-taman yang bisa dijadikan rujukan buat santai-santai. kadang kala, memang nge-mall terus itu lelah juga. apalagi kalau dompet lagi tipis. hihihi..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s