4 Cara HR Software Bantu Turunkan Turnover Karyawan

Turnover adalah tingkat keluar dan masuk karyawan dalam perusahaan. Sebenarnya, hal ini adalah hal yang lumrah dan sering terjadi di berbagai perusahaan. Akan tetapi, arus turnover yang tidak terkendali justru bisa merugikan perusahaan. Itulah sebabnya perusahaan akan selalu memaksimalkan pengelolaan karyawan guna menekan tingkat turnover karyawan.

Salah satu sistem yang digunakan untuk mengelola karyawan adalah HR Software. Penggunaan HR Software diharapkan dapat membantu dalam menekan atau menurunkan turnover karyawan di suatu perusahaan. Apa saja yang dapat HR Software lakukan demi menurunkan tingkat turnover karyawan?

Mengelola Gaji Karyawan dengan Akurat dan Cepat

Salah satu hal yang penting dalam pengelolaan karyawan adalah penggajian bulanan. Namun, sering dijumpai kekeliruan atau kesalahan dalam perhitungan gaji yang dapat merugikan pihak karyawan. Perhitungan gaji yang lambat pun masih sering dijumpai. Akibatnya, karyawan bisa telat gajian.

Penggunaan HR Software dapat memproses gaji seluruh karyawan dengan cepat dan akurat walau terdapat berbagai komponen yang berbeda dalam penggajian. Dengan begitu, tingkat kepuasan kerja karyawan juga akan terjaga dengan baik.

Melakukan Penilaian Kinerja

Hal lain yang tidak kalah penting dalam pengelolaan karyawan adalah melakukan penilaian kinerja. Melalui penilaian kinerja yang tepat, karyawan akan merasa dihargai oleh pihak perusahaan.

Manajer dan HRD dapat memberikan feedback atau saran yang membangun kepada karyawan agar karyawan bisa memperbaiki kinerjanya di masa mendatang. Tidak hanya itu, jika karyawan membutuhkan pelatihan atau pengembangan lebih lanjut, HRD akan menyusun program pelatihan dan pengembangan karyawan.

HR Software dapat membantu penilaian kinerja lebih efektif, cepat dan efisien dalam satu sistem terpusat. Semua data dan informasi mengenai kinerja karyawan disimpan dengan aman dan rahasia di cloud based software.

Mengadakan Survei Karyawan

Survei karyawan dapat mengukur tingkat kepuasan karyawan selama bekerja di perusahaan. Dengan begitu, perusahaan dapat memahami kepuasan dan perasaan karyawan lebih detail mengenai kinerjanya.  Pihak perusahaan pun bisa melakukan tindakan lebih lanjut mengenai tingkat kepuasan karyawan.

Salah satu cara untuk memudahkan survei karyawan adalah dengan menggunakan HR Software dari LinovHR. Dengan menggunakan HR Software, perusahaan bisa lebih mudah dalam mengadakan dan menyebarkan survei kepada banyak karyawan secara serentak. Hasil survey dari karyawan akan masuk ke dalam sistem secara real time.

Membuka Jenjang Karir yang Pasti

Siapa yang tidak suka dengan jenjang karir yang pasti? Setiap karyawan akan lebih loyal dan setia untuk bertahan di perusahaan jika memperoleh jenjang karir yang pasti. Sehingga tingkat karyawan resign pun bisa ditekan. Untuk itulah, ada baiknya perusahaan membuka jenjang karir yang pasti bagi setiap karyawan yang berkompeten.

HR Software bisa mewujudkan jenjang karir tersebut dengan modul succession management. HRD dapat memastikan bahwa semua kandidat yang mengisi posisi penting merupakan kandidat yang kompeten dan mempunyai kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan.

Itulah penjelasan mengenai bagaimana cara HR Software dapat menurunkan turnover karyawan dalam perusahaan. Dapat dikatakan bahwa pengelolaan karyawan yang efektif adalah kunci dari tingkat turnover karyawan yang rendah. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda!

Published by @nurulrahma

aku bukan bocah biasa. aku luar biasa

45 thoughts on “4 Cara HR Software Bantu Turunkan Turnover Karyawan

  1. wah ini sungguh informasi yang bermafaat mbak Nurul
    Ternyata HR Software dapat menurunkan turnover karyawan dalam perusahaan ya
    Perusahaan wajib pakai ini ya mbak

  2. Wah ada softwarenya ya ternyata
    Kalau kayak gini, penilaian karyawan juga jadi lebih objektif ya
    Tentunya termasuk perhitungan gaji, bonus dan jenjang karir
    Jadi karyawan juga betah kerja di sana

  3. Penting banget ya ini, mengingat yang diproses itu juga menyangkut Haknya karyawan, kalau salah-salah kan kasihan karyawannya juga. Kalau ada kejelasan seperti ini, bisa menambah tingkat kreativitas karyawan nih, karena ada feedback yang baik dari perusahaannya.

  4. HR Software, hmm ternyata di dunia HRD juga berkembang pesat ya dengan adanya teknologi yang membantu kita untuk memantau dan memberikan hak karyawan dengan cepat dan tanpa kendala

  5. Kalo menurut ku software sifatnya pendukung, yang esential dan sangat berpengaruh pada turn over itu adalah komunikasi serta lingkungan kantor yang “sehat” dan manageable. Software membantu dalam bidang pengurusan administrasi yang tadinya hardpaper (hard copies) menjadi soft copies. Justru lebih ke efisiensi dan efektifitas administrasi.

    Menemukan seseorang menjadi pemimpin bukan boss itu juga penting. Pemimpin mendewasakan dan mendidik bawahan tapi boss punya arti yang bertolak belakang. Ini juga faktor yang sangat berpengaruh pada turn over karyawan.

  6. Pernah aku tiba-tiba kepikiran, bagaimana ya perusahaan menetapkan gaji karyawan dan membayarnya tepat waktu? Karena kepo akhirnya googling dan dapat tentang HR Software ini. Tenyata manfaatnya tak hanya persoalan gaji ya. Nice info kak! 😊

  7. Kalau karyawan diperhatikan kesejahteraannya, suasana kerja juga nyaman, mungkin tingkat turn over akan kecil. Kecepatan pelayanan terhadap kebutuhan karyawan bisa dibantu pakai HR Software

    1. Nah saya setuju nih dengan pendapat Mbak Nanik. Kesejahteraan dan suasana kerja itu ngaruh banget di turnover. Menumbuhkan kenyamanan dalam hati dan tentu saja untuk kemajuan sebuah team.

  8. Setuju sih kak perusahaan pasti akan lebih berkembang dengan baik jika isi dari dari perusahaan itu termasuk karyawannya juga berkualitas, mempertahankan karyawan serta membuat nyaman kerja adalah bagian dari kesuksesan semua stakeholdernya.

  9. HR software ini memang namnay ya mba? basenya apa? web based apa desktop based ini mba? mungkin aku coba menjelajah ke webnya yaa

  10. Semuaaaa suka jenjang karir, apalagi kalau gaji dan tunjangan nambah haha
    Tp kadang perusahaan ada aja yg kurang kasi apresiasi ke bkaryawan ya.
    Mungkin dr HR-nya jg dilema haha
    Kalau ngususlin pakai software2 HR gini barangkali manajemen bisa lbh melek melihat progress dan kemapuan karyawannya masing2 kali ya hehehe

  11. HR Software membantu HRD sekali ya untuk mengelola sumber daya manusia dalam perusahaan. Soalnya memang kalau gonta ganti karyawan juga pusing rekrutnya, melatih dari awal, akan makan waktu, tenaga dan biaya

  12. Beberapa perusahaan yang aku kenal, di antaranya ada adek dan beberapa saudara bekerja di perusahaan tersebut (beda2 perusahaan) sudah pakai aplikasi ini untuk mengatur penggajian karyawan, dan hasilnya lebih positif dari pada sebelum pakai. Software HR Indonesia LinovHR solusi yang hebat bagi sistem manajemen perusahaan.

  13. Penggunaan software seperti ini praktis sekali ya, jadi urusan karyawan soal jenjang karie, gaji, bonus dan sebagainya tertangani lebih baik dan akurat. Kalau ga sering gonta-ganti karyawan tentu kinerja perusahaan bisa lebih meningkat lagi.

  14. berdasarkan pengalamanku, biasanya tahun ganjil turn over karyawannya lebih tinggi bisa karena karyawan sudah masuk tahun ke-2 atau ke-3 jadi seperti ingin mencoba tempat baru. btw keren banget ini software ya, ngebantu para HRD

  15. Sepakat, sebagai keluarga yg bergelut di perusahaan swasta dan berkali2 pindah, tingkat turnover bener2 nunjukin level dari betah tidaknya karyawan

  16. Nah solutif banget nih software nya, emang bikin sedih ya kalau terlalu sering keluar masuk karyawan di kantor. Kantor jadi rugi juga karena harus mentraining orang baru lagi.

  17. Software yang tepat ternyata bisa membantu mengendalikan turn over karyawan, ya. Aku ga kepikiran lho kalau aplikasi pay roll ini juga jadi toos buat mengendalikan keluar masuk karyawan. Ku pikir ya cuma buat memudahkan pembayran gaji, lebih ke sistem akuntansi aja hihihi. Tapi kalau gaji bermasalah ya iya sih bisa bikin kryawan pundung. Manajemen karyawan ini ternyata komponennya banyaaak ya

  18. Bantu banget ya mba adanya software ini jadi bisa analisa bagian mana yang turn over besar dan dicari hingga akarnya permaslaahannua

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: