Tips Memilih Asuransi Kendaraan yang Wajib Diketahui

Tips Memilih Asuransi Kendaraan yang Wajib Diketahui

Di zaman serba cepat seperti saat ini kendaraan menjadi kebutuhan pokok guna menunjang mobilitas. Dalam membeli kendaraan, selain harus menyiapkan anggaran untuk melakukan perawatan secara berkala, Anda juga perlu memiliki asuransi.

Asuransi kendaraan akan meminimalkan kerugian yang harus Anda alami saat terjadi hal yang tak diinginkan pada mobil. Simak tips selengkapnya tentang cara memilih asuransi kendaraan terbaik melalui pembahasan di bawah ini.

Apa yang Dimaksud dengan Asuransi Kendaraan Serta Manfaat Memilikinya

Asuransi kendaraan merupakan produk asuransi yang akan menjamin kerugian akibat kerusakan atau kehilangan kendaraan yang Anda alami. Nah, mengenai manfaat lain yang akan Anda peroleh dengan mengikutsertakan mobil Anda asuransi kendaraan, antara lain :

  1. Menghindarkan kerugian karena kerusakan yang terjadi pada kendaraan, seperti akibat dari perbuatan kriminal, kebakaran, berada di atas kapal dan sebagainya.

Umumnya, perusahaan asuransi telah menjalin kerja sama dengan dealer resmi atau rekanan yang tersebar di berbagai tempat di Indonesia. Dengan menjadi peserta asuransi kendaraan terbaik, perusahaan asuransi akan menutup biaya-biaya yang dibutuhkan selama perbaikan.

  1. Menghindarkan Anda dari hutang baru ketika membutuhkan biaya untuk servis saat mobil Anda mengalami kecelakaan yang menyebabkan kerusakan. Pasalnya, biaya servis mobil setelah kecelakaan akan ditanggung pihak asuransi.
  2. Mobil biasanya rawan terhadap tindak pencurian. Memiliki asuransi kendaraan terbaik memungkinkan perusahaan asuransi akan mengganti mobil yang hilang apabila terjadi pencurian sehingga meminimalkan kekhawatiran Anda. Namun jangan lupa sertakan juga bukti-bukti yang kuat seperti rekaman CCTV saat klaim asuransi.
  3. Memberi manfaat tambahan seperti misalnya layanan derek. Beberapa produk asuransi mobil yang menambahkan layanan tersebut akan memudahkan Anda saat sewaktu-waktu mobil mogok di tempat yang sulit dijangkau bengkel, seperti di jalan tol, daerah terpencil dan lainnya.

Tips Memilih Asuransi Kendaraan

Setelah mengetahui manfaatnya, selanjutnya adalah tips memilih asuransi kendaraan terbaik yang tepat dan sesuai, antara lain :

  • Sesuaikan Produk Asuransi dengan Kebutuhan Anda

Secara umum terdapat 2 jenis layanan asuransi pada kendaraan, yaitu total loss only (TLO) dan all risk (gabungan/comprehensive)

Asuransi mobil total loss only akan mengganti kehilangan total atau kerusakan 75% ke atas yang menyebabkan mobil tidak dapat digunakan. Asuransi TLO akan cocok bagi Anda yang menggunakan mobil di daerah rawan kriminal. 

Nah, mungkin Anda masih bingung dengan asuransi all risk itu apa. Layanan asuransi mobil all risk lebih cocok bagi Anda yang kerap melintasi jalanan yang padat dan rawan terkena baret, mengingat asuransi ini akan memberi perlindungan menyeluruh baik kerusakan kecil maupun besar.

  • Pilih Perusahaan Asuransi yang Kredibel dan Terpercaya

Sebelum memilih perusahaan asuransi tertentu, ada baiknya untuk melakukan survei terlebih dahulu, bisa dengan menanyakan kepada orang terdekat atau dengan membaca di forum internet dimana akan ada banyak orang yang memberi testimoni sebagai bahan pertimbangan Anda.

  • Pilih Perusahaan yang Memiliki Banyak Bengkel Rekanan

Hal ini penting untuk memudahkan Anda melakukan perbaikan mobil di bengkel rekanan yang tersebar di banyak tempat.

Nah, itulah beberapa manfaat asuransi kendaraan serta cara memilih produk dan perusahaan yang tepat. Lifepal adalah tempat yang tepat untuk mencari produk asuransi kendaraan terbaik yang telah mendapat banyak testimoni positif. Lifepal akan membantu Anda memilih produk asuransi kendaraan sesuai dengan anggaran dan kebutuhan. Tak hanya itu, Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan tim ahli dari Lifepal. Pengajuan klaim juga dapat dilakukan secara online.  Selain asuransi kendaraan, Lifepal juga memiliki pilihan aneka produk asuransi kesehatan murah yang bisa Anda pilih untuk melengkapi kebutuhan.

Published by @nurulrahma

aku bukan bocah biasa. aku luar biasa

39 thoughts on “Tips Memilih Asuransi Kendaraan yang Wajib Diketahui

  1. Wah menarik. Jadi penasaran, apakah kalau misalnya kita pemilik kendaraan menabrak kendaraan lain, apakah kerusakan pada kendaraan yang ditabrak juga bisa dikaver?

    1. Kalau yang ditabrak punya asuransi ya di-cover, kalau enggak ya jelas enggak dong. Asuransi kendaraan kan spesifik klausalnya tentang kendaraan yang mana dan apa saja yang di-cover.

  2. Wah, lengkap ya Lifepal ga cuma asuransi kendaraan tapi juga ada asuransi kesehatan murah.
    Suamiku ambil asuransi kendaraan all risk. Kasus terberat, saat kena sodok bis di Karawang pas mudik. ringsek bagian tengah, tapi semua sehat Alhamdulillah langsung balik Jakarta , bawa ke bengkel , klaim asuransi cuma kena biaya klaim 300 ribu. Padahal, kalau bayar sendiri bisa belasan juta.
    Kalau dalam setahun bisa beberapa kali klaim paling sering aku pelakunya hahaha atau karena kita disrempetin motor di macetnya jalan Jakarta

  3. Kalau aku lebih memilih asuransi all risk. Hati jauh lebih tenang ya. Lifepal ini menawarkan asuransi kendaraan plus kesehatannya. Pas banget nih terutama di masa pandemi seperti sekarang ini. Apalagi kalau kita sering bepergian ke mana2 sampai ke luar kota berkali2, kudu dilindungi dong ya.

  4. Astgaa aku belum daftarin asuransi apapun, mesti dipikirin nih agar dimasa tua tidak kesulitan jika ada kebutuhan yang mendadak harus dipenuhi.. Apalagi soal kendaraan

  5. Penting banget punya asuransi kendaraan buat jaga2 karena Kita gàk Tau ya nti kejadian kedepannya. Aku nih sering bngt sering klo bawa Mobil…baru Tau klo ada Lifepal tempat yang tepat untuk mencari produk asuransi kendaraan terbaik ..

  6. Penting banget punya asuransi kendaraan buat jaga2 karena Kita gàk Tau ya nti kejadian kedepannya. Aku nih sering bngt sering klo bawa Mobil…baru Tau klo ada Lifepal tempat yang tepat untuk mencari produk asuransi kendaraan terbaik ..

  7. noted. makasih infonya.

    biasanya aku memilih asuransi all risk selama masih cicilan 😀 nomor satu pasti selalu cek bengkel yang kerjasama sih. karena kami lebih sering keluar kota dibanding jalan-jalan dalam kota. dalam kota paling ke kantor doang, sekarang lebih banyak wfh nya

  8. Kalau di kota besar nan padat, memang sebaiknya ambil asuransi all risk ya Mba, biar bisa meng cover semua kerusakan kecil maupun besar.

    Apalagi, kalau mobilnya dikendarai oleh mamak-mamak kayak Rey, dijamin wajib pakai all risk, hahaha.
    Biar nggak sedih pas kesenggol, trus lecet deh mobilnya hihihi 😀

  9. Ternyata penting juga ya kita pilih perusahaan yang memiliki banyak bengkel rekanan. Urusan asuransi, lebih baik pilih yang all risk deh. Biar hati tenang dan nyaman saat traveling. Mobil dipakai ke mana2 road trip mah iyes all risk aja.

  10. Kalo dipikir pikir biaya mobil ini sama dengan biaya seorang anak ya mbk, hahaa…
    Banyak perusahaan asuransi dan sebagai pemakai harus pinter2 milih yang baik dan terpercaya.

  11. Memiliki asuransi kendaraan itu memang sudah jadi kebutuhan ya, Mbak. Karena kita gak pernah tau apa yang bisa terjadi di masa depan. Asuransi ini bisa digunakan untuk jaga-jaga.

  12. Dengan mengasuransikan kendaraan setidaknya bersiap akan proteksi dari pengeluaran tak terduga. Dan Sebelum membeli asuransi ada baiknya memahami secara mendalam metode dan macamnya

  13. setuju banget

    saya pernah 2 kali kehilangan mobil yang apesnya waktu itu belum sempat memperpanjang asuransi, jadi ya hilang begitu saja, hiks

    asuransi itu bak payung sebelum hujan, dan kita tak pernah tau kapan hujan akan turun

  14. Saya setuju nih dengan tips terakhir..pilih perusahaan asuransi yang memiliki banyak bengkel rekanan. Kalo ternyata kita lagi di luar kota dan kena musibah proses perbaiki mobilnya bisa jadi lebih mudah

  15. Pilih yang memiliki banyak bengkel rekanan. Nah, ini bener banget mbak, biar kita bisa lebih banyak pilihan untuk tempat memperbaiki kendaraan kita. apalagi jika bengkel rekanan tersebut ada di beberapa kota jadi kan kalau pas keluar kota dan ternyata kendaraan kita rusak bisa langsung ke bengkel rekanan tersebut tentunya dengan mengklaim asuransinya.

  16. Terus terang, asuransi kendaraan ini butuh dan gak butuh. Butuh karena buat kenyamanan hati. Tapi berasa gak butuh karena mobilku jarang dipake. Jadi dilema hahahaha. Tapi kalau teringat kejadian pernah ditabrak dan nabrak, fungsi asuransi mobil tuh menolong banget. Apalagi waktu itu kerusakan yang diakibatkan lumayan parah. Sampe sempat trauma dan gak mau nyetir dulu dalam beberapa waktu.

    Baca tulisan ini jadi semangat mempertimbangkan lagi.

  17. Tips asuransi kendaraan dari kak nurul keren banget nih. Saya juga meyakini bahwa untuk asuransi kendaraan ini penting banget ya untuk mengcover banyak hal termasuk kecelakaan dll. Harus punya nih asuransi macam begini.

  18. Lifepal bisa dikatakan sebagai pihak ketiga yang menjembatani dua pihak yang berkepentingan. Dan termasuk yang bagus sekali dalam memberikan informasi, saran maupun bantuan yang berkaitan dengan asuransi.

  19. Kalau punya kendaraan kaya mobil mahal, emang baiknya diasuransikan. Misal amit-amit kecelakaan, nanti bisa ngover mobil juga penumpang serta korban. Jadi gak nyesek banget ngabisin uang

  20. Zaman sekarang ini banyak sekali kemudahan yang ditawarkan yaa..
    Masku kemarin baru beli mobil juga langsung di bundling dengan asuransi kendaraan sekalian.
    Jadi bismillah…semoga gak ada kejadian gimana-gimana, hanya proteksi.

  21. Zaman sekarang memang kudu esktra hati-hati ya Mbak berkendara di jalan, kadang kita udah waspada eh pengendara lain yang abai. Dengan pilih asuransi yang tepat dan penyedianya tepercaya, kita jadi tenang dan ga boros biaya, apalagi bisa pilih asuransi kesehatan terjangkau pula. Keren Lifepal!

  22. pada dasarnya kalau milih asuransi apapun tuh kudu kita sesuaikan sama kebutuhan diri dulu yaa mbaa. sama kondisi kendaran secara khususnya. trus lihat budget kita juga

  23. kalau memilih asuransi kita memang harus teliti dan sesuai dengan kebutuhan ya, mbak. apalagi buat asuransi mobil ini lumayan banget kalau misalnya terjadi apa-apa bisa diklaim asuransinya

  24. Aahh jadi inget sama asuransinya ayah sama ibukku yang gabisa diklaim. Huhuu sekarang perusahaannya dah gak ada katanyaa. Nyesel dehh sekarang, lifepal keknya lebih oke nih

  25. Selama ini paling menghindar ikut asuransi. Terlebih ada beberapa teman yang tertipu saat ikut asuransi. Mungkin memang kurang riset juga. Jd penting bgt riset mndalam dulu.

  26. Dengan kebutuhan yang inginnya semua di cover, memiliki asuransi kendaraan memang menjadi terasa ringan dan memudahkan. Apalagi saat ini semua sudah cover all in dari sejak di dealer.

  27. Asuransi mobil itu penting banget Trutama pas di awal :D. Karena masih baru, masih kuatir ini itu, jadi pasti aku pakein asuransi ALL RISK :D. Tapi begitu udah 5 tahun, biasanya ga aku perpanjang mba. Krn udah mendekati tahun2 akan dijual hahahaha. Iya, aku biasanya utk asuransi mobil hanya pilih 5 tahun aja. Begitu beli lagi, pasang lagi utk yg baru :D. Walopun kadang orang2 mikir sayang, apalagi kalo ga kenapa2 (amit amit jangan sampe), uangnya kayak kebuang aja. Tapi buatku sih ini biaya yg kita bayar utk proteksi. Mnding nyisihinnuang segitu, tp pikiran tenang, daripada giliran kenapa2, duit tabungan terkuras

  28. Ternyata untuk bisa punya asuransi kendaraan gak harus mahal ya. Biasanya kalau kredit sudah selesai, orang enggan mengasuransikan kendaraan dgn alasan mahal dan sayang uangnya. Padahal manfaatnya banyak dan gak mesti mahal juga

  29. setuju banget loh asuransi kendaraan itu penting. aku dr dulu selalu ambil yg all risk biar lebih aman dan nyaman jg saat berkendara 🙂 kalau pilih yg tepat klaim2 jg mudah jd enak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: