Kutipan Imam Syafii untuk Hidup Makin Enjoy!

Kapan hari tuh, aku baca buanyaaaakk banget portal/situs/referensi seputar keislaman. Trus, nemu sejumlah quote/ kutipan dari Imam Syafi’i yang mantuuul alias mantab betul. Ya udin, ini aku jembrengin satu per satu yak. Mari kita simak dan renungkan.

(1). “Bila kamu tak tahan penatnya belajar, maka kamu akan menanggung perihnya kebodohan.” (Imam Syafi’i)

(2). “Jangan cintai orang yang tidak mencintai Allah, kalau Allah saja ia tinggalkan, apalagi kamu.” (Imam Syafi’i)

(3). “Barangsiapa yang menginginkan husnul khatimah, hendaklah ia selalu bersangka baik dengan manusia” (Imam Syafi’i)

(4). “Doa di saat tahajud adalah umpama panah yang tepat mengenai sasaran” (Imam Syafi’i)

(5). “Ilmu itu bukan yang dihafal, tetapi yang memberi manfaat” (Imam Syafi’i)

(6). “Siapa yang menasehatimu secara sembunyi-sembunyi, maka ia benar-benar menasehatimu. Siapa yang menasehatimu di khalayak ramai, dia sebenarnya menghinamu” (Imam Syafi’i)

(7). “Berapa banyak manusia yang masih hidup dalam kelalaian, sedangkan kain kafan sedang ditenun” (Imam Syafi’i)

(8). “Jadikan akhirat di hatimu, dunia di tanganmu dan kematian di pelupuk matamu.” (Imam Syafi’i)

(9). “Amalan yang paling berat diamalkan ada 3 (tiga), yaitu: 1. Dermawan saat yang dimiliki sedikit. 2. Menghindari maksiat saat sunyi tiada siapa-siapa. 3. Menyampaikan kata-kata yang benar di hadapan orang yang ditakuti atau disegani.” (Imam Syafi’i)

(10). “Orang yang hebat adalah orang yang memiliki kemampuan menyembunyikan kemelaratannya, sehingga orang lain menyangka bahwa dia berkecukupan karena dia tidak pernah meminta.” (Imam Syafi’i)

(11). “Orang yang hebat adalah orang yang memiliki kemampuan menyembunyikan amarah, sehingga orang lain mengira bahwa ia merasa ridha.” (Imam Syafi’i)

(12) “Orang yang hebat adalah orang yang memiliki kemampuan menyembunyikan kesusahan, sehingga orang lain mengira bahwa ia selalu senang.” (Imam Syafi’i)

(13). “Apabila engkau memiliki seorang sahabat yang membantumu dalam ketaatan kepada Allah, maka genggam eratlah ia, jangan engkau lepaskan. Karena mendapatkan seorang sahabat yang baik adalah perkara yang sulit, sedangkan melepaskannya adalah perkara yang mudah” (Imam Syafi’i)

***

Aku membaca satu per satu pesan dan quote bijak dari Imam Syafi’i, dan rasanya SEMUA pesan itu DITUJUKAN untuk diriku. So relatable banget gitu lho….. Kalian juga ngerasa gitu kan ya?

Ada kalanya belajar (bidang apapun, tidak hanya tentang pelajaran di sekolah) membuat kita bosan, capek, lelah, penat, dan rasanya ingin melambaikan bendera putih aja. Apalagi kalo belajar integral, sin, cos, tangen, wkwkwkwkw, kok auto-mumet yak 😀

Tapi ayolah, kita ingat-ingat lagi, semangati diri sendiri, bahwa sebenarnya masa depan itu butuh sosok yang mandiri, tangguh, pantang menyerah. Bukan yang dikit-dikit sambat. Karena kalau kita ogah-ogahan dalam belajar, yap, betul banget apa yang disampaikan oleh Imam Syafi’i, kita mau tidak mau kudu siap menanggung perihnya kebodohan.

Quotes yang lain juga super makjleb! Terutama yang nomor 7, bahwa kain kafan kita sedang ditenun. Masya Allah. Belakangan ini, buanyaak banget berita duka yang berseliweran, seputar berpulangnya sahabat ataupun sanak famili. Ada yang berpulang di usia 60-an, ada juga yang umur 30-an. Yap, kuota hidup kita di dunia, semuanya ada dalam takdir Sang Maha Kuasa. Kita tidak tahu akan “pindah alam” di usia berapa. Yang penting, teruslah bertanya, “Setelah ini, amal sholih apa yang bakal aku lakukan secara istiqomah?”

Tentang sahabat dalam ketaatan di jalan Allah. Ini juga super duper nyessssss. Mendapatkan sahabat yang sholih dan sholihah adalah investasi super berharga. Jangan sampai lepas. Jangan sampai hasrat duniawi kita mengalahkan semangat untuk sama-sama ber-fastabiqul khoirot, demi kampung akherat dan surga yang kita damba! Terus tancapkan niat, agar kita senantiasa bergaul dengan orang-orang yang mendekatkan kita pada Islam, dan membuat kita berupaya keras untuk meraih ridho Allah.

Tentu saja, godaan bakal datang dari seluruh penjuru mata angin. Bismillah. Terus berdoa, bermohon pada Sang Maha Kuasa, agar kita senantiasa dimudahkan dan diberi petunjuk oleh-Nya.(*)

51 thoughts on “Kutipan Imam Syafii untuk Hidup Makin Enjoy!

  1. Rach Alida Bahaweres says:

    Mbaaa, emang jadinya makjleb banget. Makasih sudah mengingatkan mbaa. Dan ijin untuk berbagi informasi dan motivasi hidup ini mbaaa

  2. Keke Naima says:

    Jleb banget deh semua nasihatnya. Pas banget buat jadi pegangan hidup. Saya mau komentar yang nomor 6, deh. Di era media sosial, semakin banyak yang begini. Maksud hati mungkin baik. Tetapi, disadari atau enggak, malah jadi bikin malu bahkan sakit hati orang yang dinasihati

  3. Tanti Amelia says:

    Astaghfirullah Masya Allah

    Senang dan sejuuuuk banget baca quote quote ya
    Dan merenung lamaaaa di tulisan ini;
    Mendapatkan sahabat yang sholih dan sholihah adalah investasi super berharga. Jangan sampai lepas. Jangan sampai hasrat duniawi kita mengalahkan semangat untuk sama-sama ber-fastabiqul khoirot, demi kampung akherat dan surga yang kita damba!

    Semoga kita bisa bersahabat dalam kebaikan amiiin yra yaa Allah

  4. Reyne Raea says:

    huhuhu, kayak ditampar deh, ini semacam dielu-elukan dengan foto Sidqi yang imoet di atas, terus di cubit, ditampar, di uculkan dengan kalimat-kalimat sederhana tersebut tapi menggigit batin yang penuh dosa ini hiks

  5. Ainhy Edelweiss says:

    Quotesnya tersenvar ringan namun sebenarnya berat, berat banget mengaplikasikannya kcli klu kt punya niat dan tekad yang teguh, mudah2an bisa menangkap dan mengamalkan quotes dari imam Syafi’i

    • Uniek Kaswarganti says:

      Iya pas bagian itu hatiku juga terasa jleb jleb gitu. Sedemikian kurangnya ya apa yang dilakukan manusia dalam mengisi hidupnya, padahal jelas di depan mata ada akhir masa yang menanti.

  6. Dzulkhulaifah says:

    Nomor 10, 11, 12 iya bangeeeet. Kadang kita tuh secara terang-terangan termehek-mehek ketika kesulitan. Padahal seharusnya disembunyikan yaaa. Baiklah kalau begitu. Saya bookmark halaman ini biar gampang nyarinya lagi hehe.

  7. Jiah says:

    Makasih Mbak buat pengingatnya. Kita kudu sering2 baca nasihat kaya gini biar makin mensyukuri hidup

    Barangsiapa yang menginginkan husnul khatimah, hendaklah ia selalu bersangka baik dengan manusia

    Sayangnya masih sering orang yang berburuk sangka dan malah mengakibatkan fitnah

  8. Arina Mabruroh says:

    Aku juga suka banget Mbak dengan kutipan-kutipan Imam Syafi’i. Terimakasih Mbak… selalu merasa untuk diri sendiri saat membaca kutipan2 itu.

    aku pun merasa bersyukur banget.. bertemu dengan teman dan lingkungan yang baik karena itu rezeki tak terhingga

  9. zellta02 says:

    Serius suka banget yang quote “ilmu bukan untuk dihafal, tapi yang bermanfaat” jadi inget waktu sekolah guru2 selalu menekankan hafalkan saja lulus kemudian, enggak ada kompromi itu solusi timbul darimana 😂

  10. hidayahsulistyowati says:

    Masya Allah, mbak Nurul rajinnya bikin catatan dari kutipan Imam Syafii yang sliweran di timeline sosmed. Aku simpen semuanya, meski beberapa kutipan itu udah ada juga di folder foto. Dan aku setuju banget kalo kutipan beliau bikin semangat hidup menjalani jalan yang baik dan selalu dalam lingkaran persahabatan yang diniatkan menjalankan fastabiqul khoirot

  11. ivonie says:

    kalau dilihat-lihat sekarang lagi marak yang nomer 6, niatnya sih menasehati tapi laman koemntar yang banyak orang baca sebaiknya kan bisa japri atau seperti quote itu sembunyi-sembunyi ya

  12. helenamantra says:

    Nomer 4 ini nih nanceeeep bikin semangat bangun untuk sholat malam:
    “Doa di saat tahajud adalah umpama panah yang tepat mengenai sasaran” (Imam Syafi’i)

    Makasih remindernya yaa

  13. Uniek Kaswarganti says:

    Mba, quotes2 di atas juga relatable denganku. Astaghfirullah…masih banyak aja ya kesalahan yang kita lakukan di bumi ini, sedangkan usia sudah kian mendekati penghujung pintalan kain kafan. Semoga Allah selalu melindungi dan meluruskan jalan kita ya mba.

  14. lendyagasshi says:

    Barakallahu fik…kaka.
    Meskipun Imam Syafii hidup pada zamannya, namun quotenya sepanjang masa.

    Paling ngena yang ini
    “Berapa banyak manusia yang masih hidup dalam kelalaian, sedangkan kain kafan sedang ditenun” (Imam Syafi’i)

  15. monicaang says:

    Kutipan-kutipannya makjleb banget, bisa jadi pengingat agar hidup lebih baik ya. Beberapa kutipan di tulisannya Mbak ini akhirnya juga kusalin ke jurnal nih biar bisa ingat terus

  16. Rach Alida Bahaweres says:

    Mba, aku baca terus juga loh tulisan dan kutipan yang kamu berikan, mba. Aku berikan juga ke keluargaku. Biar makin banyak pengingat . Makasih mba

  17. Larasati Neisia says:

    Quotesnya semua familiar dalam kehidupan sehari-hari. Yang paling dalam sih nomor 2 buatku. Karena pernah ngalamin kejadian yang berhubungan sama itu. Lho malah curhat 🤣

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s