Workshop UKM Go Online bareng Sisternet di Batiqa Hotel Surabaya

Weekend kudu diisi dengan aktivitas produktif, sarat faedah dan bergizi! Senang sekali, Sabtu 12 Oktober lalu, saya tersiram positive vibes dari perempuan pengusaha UMKM dan rekan-rekan content creator/ blogger. Kami hadir dalam pelatihan yang digelar program Sisternet, besutan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata). Berkolaborasi dengan Bloggercrony Community (BCC), acara ini dihelat di Hotel Batiqa Surabaya. Fokus utamanya, pemanfaatan teknologi digital untuk kalangan perempuan, khususnya di Jawa Timur (Jatim). Kali ini, tema yang diusung “Sister UKM Go Online”. Daripelatihan ini, diharapkan kaum perempuan bisa melakukan pemasaran digital dengan memanfaatkan secara maksimal teknologi dan sarana digital untuk memacu produktivitas usaha kecil menengah.

Corporate Communication XL Axiata, Astri Mertiana mengatakan, “Kita tahu bahwa banyak UKM yang dimotori oleh kaum perempuan. Namun, banyak di antara mereka ‘gaptek’ atau tidak paham bagaimana memanfaatkan sarana digital yang ada untuk meningkatkan produtivitasnya.  Karena itu, sesuai dengan bidang yang kami kuasai, Sisternet dan BCC Surabaya ingin sekali membantu teman-teman perempuan pemilik bisnis kecil menengah dengan mengajari mereka menggunakan berbagai sarana digital.” 

Tentu saja, para perempuan penggiat UKM dari area Surabaya dan sekitarnya, sangat antusias mengikuti workshop. Apalagi, dua pemateri sekaligus praktisi handal siap berbagi wawasan dan tips dalam program ini. 

Bloggercrony Community (BCC) sebagai partner Kelas Literasi Digital Sisternet menghadirkan Owner Koleksikikie, Riski Hapsari, dan Founder Bloggercrony Community dan Owner Digital Kreativ Hub, Wardah Fajri sebagai pembicara. Materinya sungguh bernas dan bergizi tinggi! Riski Hapsari mengulas tentang “Pemasaran Digital yang Efektif untuk UMKM”. Sementara Wardah Fajri membahas seputar “Optimasi Medsos UKM dengan Konten Kreatif”. 

Surabaya merupakan kota kedua, setelah sebelumnya diadakan di Kota Malang akhir Agustus lalu dengan tema yang berbeda.  Untuk kota selanjutnya akan diadakan di Semarang dan Bali dengan tema yang sesuai dengan kebutuhan UKM di area tersebut.

Lebih lanjut, Astri Mertiana menjelaskan bahwa sejak diperkenalkan pada 2015, Sisternet terus berupaya untuk menjadi pelopor dalam menginisiasi solusi bagi banyak permasalahan sosial yang berkaitan dengan pemberdayaan wanita Indonesia. Salah satunya adalah pemanfaatan teknologi dalam kehidupan sehari-hari untuk menjembatani kesenjangan digital yang dianggap dapat menjadi akses bagi para perempuan Indonesia untuk terus maju.

 XL Axiata juga menyediakan Modul Pintar Sisternet yang berisikan informasi, edukasi dalam bentuk konten video untuk Perempuan Indonesia. Modul Pintar Sisternet memang dibuat sesuai dengan kebutuhan perempuan. Pengemasannya yang singkat dan padat informasi serta dapat diakses dimanapun dan kapanpun melalui gadget, membuat Modul Pintar mudah dijadikan pendamping belajar bagi Perempuan Indonesia. Kategori Modul Pintar yang bisa diakses antara lain ; Ibu dan Anak, Literasi Digital, Entrepreneurship dan lainnya. Keseluruhan informasi tersebut dapat diakses melalui https://www.sisternet.co.id/modulpintar. Selain media Modul Pintar tentunya kelas tatap muka juga harus tetap dilakukan untuk mendukung pembelajaran lebih dalam.

Bloggercrony Community (BCC) merupakan komunitas blogger yang mayoritas (70%) anggotanya para perempuan. Komunitas ini berdiri sejak 24 Februari 2015 berbasis di Jakarta, dengan anggota tersebar di berbagai daerah di Indonesia seperti  Cirebon, Pekalongan, Bandung, Garut, Semarang, Solo, DIY, Surabaya, Malang, Palembang, Padang, Madura, Banyuwangi, Lamongan, Lombok, Makassar, Kendal, Pemalang,  Lampung, Indramayu, Kalimantan Timur, Denpasar, Medan, Sidoarjo, Bengkulu.  Ini yang menjadi latarbelakang terciptanya kolaborasi antara Kelas Literasi Digital Sisternet dan Bloggercrony Community (BCC) yang peduli menjadi fasilitator pemberdayaan perempuan Indonesia melalui pemanfaatan teknologi digital saat ini. Harapannya, tingkat “melek digital” kaum perempuan di berbagai daerah di Indonesia akan terus meningkat.

Berdasarkan data terbaru yang dirilis oleh APJII pada 2018 memperlihatkan bahwa tingkat penetrasi pengguna Internet di Indonesia mengalami peningkatan mencapai 171,17 juta jiwa atau 64,8% dari total populasi dan diperkirakan masih terjadi peningkatan yang signifikan pada tahun selanjutnya melihat massifnya pertumbuhan teknologi saat ini. Penetrasi internet di kawasan urban dan rural pun terus mengalami pertumbuhan yang relatif seimbang. Sementara itu, masih dari data yang sama menunjukkan bahwa penetrasi internet di kalangan Ibu Rumah Tangga (IRT) di Indonesia baru mencapai 48,2%. Kondisi ini menjadi tantangan bagi XL Axiata untuk terus menghadirkan solusi kepada seluruh perempuan khususnya Ibu di Indonesia agar mampu adaptif dalam mengaplikasikan perkembangan teknologi digital saat ini ke dalam kehidupan sehari-hari.

***

Acara super keren ini dilangsungkan di Hotel Batiqa Surabaya. Hotel ini lokasinya strategis banget! Ada di Jalan Darmokali No.60, Surabaya. Sehingga, bisa menjadi primadona bagi pelancong yang menginap ataupun untuk mengadakan gathering/ rapat/ acara di kota Surabaya.

Di lantai 2 ada Fresqa Bistro. Menu-menunya superrr enak dan lengkap! Pada saat lunch after workshop, kami menikmati aneka menu yang mengggugah selera. Ada salad, rujak, soto, mie ayam, mie goreng, uenaaaak semua! Hidangan pencuci mulut juga sangat niat. Bayangkan, ada es campur, ada jamu, dan aneka cakes plus pudding yang nyam nyam nyaaaaamm. Sungguh niat memanjakan lidah para tamu!

Untuk tamu yang mau olahraga, bagaimana? Ouw, tenaaangg. Ada fitness/gym center yang berlokasi di lantai 2, dekat dengan Fresqa Bistro. Ini merupakan fasilitas yang disediakan untuk pengunjung dan yang menginap di Batiqa Hotel Surabaya.

Untuk meeting room juga tersedia di Batiqa Hotel Surabaya. Tepatnya di lantai 3, tinggal naik pakai tangga atau lift dari Fresqa Hotel. Ada 4 Meeting room, yakni: Semanggi 1, Semanggi 2, Semanggi 3 dan Sawunggaling.

Meeting room Semanggi merupakan tempat meeting yang bisa dijadikan satu jika membutuhkan lokasi yang luas dan peserta meeting hingga 100 orang. Untuk Semanggi 1, 2 dan 3 memiliki jumlah maksimal peserta meeting hingga 30 orang untuk dibuat model cocktail meeting dan theater meeting.

Hal unik di kamar Batiqa Hotel Surabaya adalah adanya batik. Nuansa lokal hadir di kamar yang jadi tempat menginap. Bahkan ornamen kearifan lokal lainnya pun ada di kamar. Suasanya lokal ini bisa jadi daya tarik tersendiri. Melihat nuansa batik terasa adem dan nyaman. Pekerja di Batiqa Hotel ini pun juga memakai batik tiap hari tertentu. Batik ini berasal dari pengrajin Dolly.

Total kamar di Batiqa Hotel Surabaya ada 87 kamar. Tipe Superior Room ada 84 kamar. Suite room ada 2 kamar dan Family room ada 1 kamar. Tiap kamar ada fasilitas Free Wifi, TV Kabel dan 24 hours room service. Pemandangan indah kota Surabaya dapat kita nikmati dari kamar ini. Kisaran harga untuk Superior room adalah 500 ribuan sedang Suite dan Family room kisaran 1 juta ke atas.

Batiqa Hotel Surabaya merupakan hotel bintang 3 yang memiliki roof top. Di Roof top Darmo Steak House tersedia makanan western food dan Indonesian food. Seruuu banget, menginap ataupun bikin acara rame-rame di Batiqa Hotel Surabaya!

68 thoughts on “Workshop UKM Go Online bareng Sisternet di Batiqa Hotel Surabaya

  1. linasophy says:

    Sekarang ini nggak susah bagi pelaku ukm untuk maju ya mbak, banyak banget pelatihan2 gratis untuk pengembangan ukm. Belum lama saya juga ikutan workshop ukm go digital di jogja. Seneng sih banyak sponsor yang ngafain acara banyak manfaat kayak gini, salut buat sisternet. Btw, hotelnya asyik juga, menunya bikin laper 😄

  2. Ruli Retno Mawarni says:

    Aku gagal fokus liat makanan enak2 hehehe.. tapi sebagai salah satu member bcc aku seneng banget ada acara ini, semoga nanti bcc juga menggelar di banjarmasin

    • Yulia says:

      Batiqa hotel ini juga sudah banyak ya dimana mana . Aku sering lihat temen ku juga posting dia di Batiqa daerah mana gitu .
      Seneng ya kalau bisa ikut acara seperti ini , bisa jadi ilmu dan pengalaman baru pastinya . Dan pasti tambah koneksi teman.

  3. Sary Melati | @saryahd says:

    Event dan workshop seperti ini semoga makin banyak bisa terselenggara di setiap penjuru Indonesia. Di daerahku aja, yang notabene dekat dengan ibukota, masih banyak loh para ibu dan peremouannya yang gaptek dan belum melek digital. Mereka pakai ponsel pintar dan internet hanya untuk chatting dan shating status/foto di sosmed saja. Mereka gak ngerti bagaimana memanfaatkan sosmed untuk jualan online, misalnya. Alasannya, susah, ribet dan gak paham

  4. naniknara says:

    Acara yang keren dan dilaksanakan di hotel yang keren pula.
    Bagus banget ini programnya, menyasar kaum perempuan agar makin berdaya, makin maju usahanya dengan memanfaatkan media online

  5. Rach Alida Bahaweres says:

    Kalau ke Surabaya kayaknya harus nyoba di Batiqa Hotel Surabaya ini deh mba. Hehhe. Asyik banget ini ya mba bisa ikutin workshop ukm secara menyenangkan seperti ini

  6. Nurul Fitri Fatkhani says:

    Bersyukur banget Sisternet bersama BCC bisa begitu peduli dan menjadi fasilitator pemberdayaan perempuan Indonesia hingga bisa memanfaatkan teknologi digital, ya …supaya perempuan Indonesia bisa melek digital.

  7. Jiah says:

    Sekarang ini serba digital, makanga pengusaha pun kudu melek internet. Kalau ada yang ngajari kaya gini mah pasti seneng karena banyak temannya juga

  8. Travlingku says:

    BCC memang jempolan banget. Ditambah lagi kolab dengan XL Axiata. Yang mana sering mengadakan event-event serupa di beberapa kota di Indonesia. Dan ternyata penggunaan internet di Indonesia sudah cukup tinggi juga ya. Sebesar 64.8% dari populasi di Indonesia. Tinggal pinter-pinternya aja nih ya, untuk memanfaatkan peluang usaha UMKM.

    Para pelaku UMKM kebanyakan memang masih gaptek. Di daerah saya juga, malah ada yang belum bisa menggukan ponsel pintar. Diajarin katanya ribet, katanya enak telepon biasa aja. *malah saya jadi curhat.

  9. Rohyati Sofjan says:

    BCC motivator andal para narablog perempuan juga dengan mengadakan acara yang sangat bermanfaat di Batiqa Hotel berkolaborasi bareng XL Asiata. Harapan saya semoga kian banyak pelaku usaha yang kaum perempuan bangkit dan melek teknologi, juga melek teknik pemasaran daring.
    Sebagai admin dan pendiri Indonesia Saling Follow saya kerap berinteraksi dengan peserta yang banyak juga melakoni dunia usaha. Ada banyak hal yang harus digarisbawahi karena merejka belum memanfaatkan interaksi instagram secara maksimal. Ada akun priadi yang juga jualan sepatu wanita tetapi sayangnya bercampur dengan foto pribadi yang kesannya tidak pantas untuk akun yang juga usaha.
    Padahal, akun jualan juga harus membentuk personal branding yang baik.

  10. Siti Hairul says:

    Sekarang pembinaan UMKM lagi marak ya di banyak daerah. Bagusnya UMKM itu banyak yang tahan banting terhadap resesi ekonomi dunia. Semoga semakin banyak UMKM kita yang mendunia

  11. Elly Nurul says:

    Menyenangkan banget ya mbak workshop UKM Go online ini.. bisa langsung belajar deh bagaimana memasarkan produk UKM secara online.. bismillah ya mbak InshaAllah ilmunya akan sangat bermanfaat.. aamiin

  12. ameliatanti says:

    Memang banyak kok UKM yang motornya perempuan.
    Sebenernya bukan tidak ngerti sos med tapi lebih ke bagaimana memanfaatkan sarana digital yang ada untuk bersaing dengan produk luar negeri yang harganya jauh lebih murah

    aku punya teman yang punya prodak bagus dan ikutan bazar, kebetulan kebantu sama aku dan teman teman blogger yang bisa punya channel ke Smesco untuk ikutan bazar

    akhirnya sekarang mendunia, coba deh cari Theong Spa, itu dipake Garuda loh prodaknya untuk dijual di kalangan terbatas

  13. lianny says:

    Acaranya ini pasti bermanfaat sekali bagi para pelaku UMKM yang banyak dipelopori perempuan tapi masih agak ‘gaptek’ dengan teknologi digital sekarang ini. Semoga jadi lebih ‘melek digital’ dan produktivitas makin meningkat.

  14. indah nuria says:

    bagus nih mbaaa …soalnya pasti bisa buat para pelaku bisnis perepmuan melek teknologi yag akan sangat membantu bangeeet. Aku juga penasaran lhoo belajar apa aja dan pengeen ikut juga

  15. Bambang Irwanto says:

    Acara seperti ini keren sekali ya, Mbak Nurul. Karena zaman now, media online sangat membantu. Apalagi gratis, Jadi harus dimanfaatkan juga.
    Jadi produk UKM sudah keren, promo gencar, Insya Allah penjualan maksimal. m

  16. Lusi says:

    Literasi digital yg sangat bagus. Semoga wanita bisa memanfaatkan internet sebaik-baiknya. Lebih baik lagi dapat duit kayak umkm. Sedih lo tiap ada yg kena pasal uu ite kok wanita terus

  17. Ilham Sadli says:

    Sekarang sudah saatnya UKM go online, karena memang pangsa pasar online sudah semakin menggelegar, sangat disayangkan jika pelaku ukm melewatkan momen bagus ini

  18. Siti says:

    Seneng banget dapat ilmu ya kak, jadi bisa lebh melek teknologi klo sudah melek teknologi, UMKM bisa lebih majuin produknya di internet.

  19. Annisa says:

    Seneng ya mbak kalau ada acara yang bermanfaat banget seperti ini. Dulu saya juga suka ikut acaranya Sisternet, waktu masih awal-awal dulu. Banyak banget content bermanfaat dan pastinya seru sih acaranya.

  20. hotmarngnsh says:

    Setuju kalau seharusnya workshop seperti ini harus banyak digalakkan oleh provider operator internet. Saat ini banyak workshop sejenis diadakan oleh salah satu market place, dan menutup ekspansi UMKM itu sendiri.

  21. lendyagasshi says:

    Karena nulias Dolly, aku jadi ingat perjuangan bu Risma dalam memperbaiki citra gang Dolly tersebut.
    Aku salut sekarang mereka sudah dibekali banyak ilmu agar bisa tetap berkarya dan bisa bermanfaat luas untuk mayarakat.

  22. wiankumala says:

    Ah keren!! Jangan cuma wanita-wanita millenial aja yang melek medsos tapi seharusnya semua wanita khususnya yang memiliki UKM wajib melek medsos (in positve way) untuk memajukan UKM mereka.

  23. dapurhamsa says:

    Mbak Kiki ini klo gak salah rumahnya Rungkut juga kan ya? aku dulu belibtang dan manik2 ke mbak Kiki. Kalau gak salah kenal pas jaman MP trus merambah ke FB hehe
    Manteb makin sukses bisnisnya

  24. Nurhilmiyah says:

    Yup satu lagi efek positif dari kemajuan teknologi, para perempuan didorong untuk produktif dengan dukungan dari internet. Jadi gak ada lg buibu yg buanh waktu dg ngegosip di tetangga ya, sebagai gantinya bs mengeloa toko online.

  25. almawahdie says:

    Senangnyaaa 😍😍😍 banyak ilmu yang didapet selama acara sisternet ini ya kak. Langsug ketemu ahlinya nih 👍👍 Aku kemarin pengen dateng yang di Palembang, sayangnya pas mendekati hari H ternyata ga memungkinkan. Hiks jadi ga ikut deh.

  26. Rosanna Simanjuntak says:

    Wah, memang bergizi banget nih materinya.
    Sepakat, sudah saatnya pelaku UKM go online, biar lebih greget!

    Semoga Sisternet menyambangi Balikpapan juga.

    annarosanna(dot)com

  27. bunda sugi says:

    Workshop seperti ini memang dibutuhkan banget bagi UKM. Jadi bagus untuk diikuti. Ngomong2, Pernah nginap di Batiqa … hotelnya bagus sich… menghadap ke pemandangan kota Surabaya. Kalao malem asyik …. saya suka ngelihat kedip-kedip lampunya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s